Butuh Pinjaman Modal Usaha Rp 10 Juta? Ajukan Saja UMi, Syaratnya Mudah

Pernah dengar pinjaman UMi? Jangan diartikan sebagai pinjaman ibu lho ya. UMi adalah pembiayaan ultra mikro yang diberikan pemerintah sebagai pinjaman modal usaha.

Bisa dibilang UMi ini punya tujuan yang sama dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Bedanya, pinjaman modal usaha ini ditujukan pada orang-orang yang butuh pinjaman Rp 10 juta.

Pemerintah menyediakan pinjaman modal usaha ini sebagai upaya membantu pelaku usaha kecil atau mikro yang berniat berbisnis. Sebab gak sedikit yang kesulitan dalam mengakses KUR. Makanya UMi disediakan sebagai alternatif pilihan.

Pengin tahu lebih jauh tentang pinjaman modal usaha dari Pemerintah yang satu ini? Cari tahu yuk selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Sekilas tentang UMi, pinjaman modal usaha dari Pemerintah

Bantuan usaha dari pemerintah (Kemenkeu).

Walaupun Kredit Usaha Rakyat (KUR) udah disediakan Pemerintah, keberadaannya belum cukup membantu banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kenapa bisa gitu? Bukannya jumlah pinjamannya yang kurang, tapi gak sedikit yang mengajukan KUR, tapi gak lolos.

Melihat ini tentunya Pemerintah gak tinggal diam. Pembiayaan Ultra Mikro atau UMi disediakan sebagai alternatif bagi pelaku usaha mikro buat mendapatkan pinjaman modal usaha. Apalagi program ini ditujukan menciptakan pengusaha-pengusaha baru.

Sejak 2017 UMi udah bisa diakses para pelaku usaha mikro yang butuh modal usaha. Dengan adanya program pinjaman modal usaha ini, pelaku usaha yang dinyatakan bank gak layak pinjaman atau gak punya agunan bisa memperoleh pinjaman dari program UMi ini.

Pinjaman yang bisa dicairkan dari UMi besarnya maksimal Rp 10 juta. Besaran bunga UMi sejauh ini sekitar flat 0,95 persen per bulan. Sementara tenornya bisa mencapai 48 bulan.

Untungnya lagi kalau si debitur menyelesaikan kewajibannya dalam pembayaran cicilan hingga lunas, si debitur berkesempatan dapat pinjaman KUR Mikro senilai Rp 25 juta hingga KUR Ritel senilai Rp 500 juta.

Seperti yang diberitakan Tribunnews, Pemerintah berencana mengucurkan dana hingga Rp 4 triliun sebagai anggaran UMi.

Bedanya pinjaman modal usaha UMi dengan KUR

Pinjaman modal usaha (Ilustrasi).

Emang benar UMi dan KUR sama-sama program Pemerintah. Namun, UMi dan KUR ini punya perbedaan yang sebaiknya perlu kamu ketahui. Apa aja? Seperti yang dikutip dari portal Kemenkeu, ini dia bedanya.

 

  • Lembaga penyalur: UMi disalurkan lembaga keuangan bukan bank (LKBB), sedangkan KUR disalurkan perbankan atau lembaga keuangan.

 

  • Besaran pinjaman atau plafon kredit: UMi mengucurkan dana maksimal Rp 10 juta, sedangkan KUR mengucurkan maksimal Rp 25 juta (mikro) dan Rp 500 juta (ritel).
  • Penerima pinjaman: UMi menyasar pelaku usaha ultra mikro, sedangkan KUR menyasar pelaku usaha kecil dan menengah.
  • Tenor pinjaman: UMi menawarkan jangka waktu pinjaman hingga 52 minggu, sedangkan KUR memberikan jangka waktu lebih dari 1 tahun.
  • Agunan atau jaminan: UMi gak meminta syarat jaminan atau agunan buat pembiayaan kelompok, sedangkan KUR mensyaratkan agunan atau pinjaman.
  • Pendampingan dan pelatihan: UMi mewajibkan adanya pendampingan dan pelatihan, sedangkan KUR gak mewajibkan.
  • Dukungan Pemerintah: UMi dapat kucuran dana dari Pusat Investasi Pemerintah (PIP) yang diberikan ke LKBB dengan bunga 2-4 persen. Sementara KUR dapat subsidi bunga dari Pemerintah.
  • Prosedur pinjaman: UMi gunakan mekanisme LKBB, sedangkan KUR memakai mekanisme perbankan.

Apa aja syarat yang diperlukan buat ajukan UMi?

Mengajukan pinjaman (Ilustrasi).

Buat kamu yang tertarik pengin ajukan pinjaman modal usaha UMi ini, ada sejumlah syarat yang mesti kamu penuhi.

  • Usaha kamu gak lagi dibiayai lembaga keuangan atau koperasi.
  • Orang yang mengajukan berstatus sebagai WNI yang dibuktikan lewat KTP.
  • Punya izin usaha atau surat keterangan usaha.

Menariknya, seandainya aja orang yang mengajukan UMi gak berikan informasi secara jujur soal adanya kucuran pinjaman dari pihak lain, penyalur dan Pemerintah bisa mengetahuinya.

Sebab penyalur dan Pemerintah punya Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) yang jadi database penerima UMi. Dari SIKP ini, penyalur bisa tahu si calon debitur sedang punya cicilan berjalan di tempat lain atau gak.

Gimana cara dapatkan UMi?

Uang pinjaman modal usaha (Ilustrasi).

Seperti yang udah diterangkan di atas, UMi disalurkan ke lembaga keuangan bukan bank (LKBB). Jadi, Pemerintah lewat PIP menjadi sumber permodalan UMi yang disalurkan ke penyalur, seperti:

  • PT Pegadaian, yang programnya dinamai Kreasi UMi. Syarat yang mesti sedia kalau ajukan lewat Pegadaian adalah Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).
  • PT Permodalan Nasional Madani, yang programnya dinamai Mekaar. Pemberian modal usaha dari lembaga ini ditujukan buat kelompok wanita prasejahtera.
  • PT Bahana Artha Ventura, yang programnya dinamai Koperasi.

Itu tadi informasi seputar pinjaman modal usaha UMi. Jadi, kalau pengajuan pinjamanbuat buka usaha ditolak bank, pilih aja UMi. Syaratnya mudah dan bunganya juga terjangkau. Gimana, berminat mengajukan? (Editor: Winda Destiana Putri).

 

View this post on Instagram

 

Lagi cari modal buat usaha kamu? Coba ikutin tips-tips ini deh! ? . . . #moneysmartid #financialcoach #tips #modal #usaha

A post shared by MoneySmart.ID (@moneysmartid) on

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis