Kamu Anaknya Sosmed Banget? Yuk Kenalan Profesi Sebagai Buzzer Social Media

Yuk kenalan dengan pekerjaan sebagai buzzer social media

Sosial media sudah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang di seluruh dunia, kamu salah satunya? Nah kamu pernah gak mendengar dengan salah satu profesi buzzer social media? 

Facebook, Twitter dan Instagram adalah deretan media sosial yang kerap banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia. Mulai dari bangun pagi hingga malam, rasanya gak seru nih kalau gak mengecek sosial media. 

Nah melihat peluang penggunan sosial media kini semakin banyak, gak heran jika ada profesi baru terkait dengan pemakaian sosmed. Pernah mendengar profesi buzzer social media? 

Buzzer adalah sebuah kata bahasa Inggris yang berarti lonceng atau alarm. Lonceng atau alarm ini berfungsi untuk memanggil, memberitahu dan mengumpulkan orang untuk berkumpul atau melakuka sesuatu. 

Nah buzzer ini muncul seiring dengan pertumbuhan penggunaan media sosial yang makin canggih, profesi buzzer juga hadir di sosial media. 

Jadi buzzer di sosial media memiliki peran kurang lebih menyerupai dengan lonceng atau alarm. Biasanya para buzzer ini akan mengumpulkan seseorang untuk melakukan sesuatu  dan memberitahu secara bersamaan. 

Di era yang serba canggih dan digital, mudah sekali lho memberitahu orang dalam waktu hitungan detik. Terutama bagi orang yang memiliki profesi sebagai buzzer. 

Buzzer sendiri pada umumnya memiliki followers dengan jumlah yang cukup banyak. Gak heran kalau followers tersebut yang mendengarkan informasi dari seorang buzzer. 

Asal kamu tahu nih kalau profesi buzzer social media telah menjadi ladang buat mencari penghasilan. Udah gitu cara menjadi seorang buzzer terbilang mudah lho, kamu cukup memiliki akun sosial media dan pengikut yang aktif untuk setiap postingan setiap harinya. 

Sebagai seorang buzzer kamu juga dituntut memiliki keahlian agar followers mu gak bosan lho. Oleh karena itu kamu perlu mengetahui nih kayak apa sih pekerjaan seagai buzzer social media? Yuk cari tahu di sini aja. 

Apa sih buzzer social media itu? 

Buzzer di media sosial kerjanya kayak gimana sih?
Buzzer di media sosial kerjanya kayak gimana sih?, (Shutterstock).

Buzzer social media adalah salah satu profesi yang baru tetapi cukup umum lho di Indonesia. Pekerjaan ini sudah banyak dilakukan oleh kebanyakan orang namun hanya sebagai kerja sampingan karena kamu bisa mengerjakan secara fokus seraya melakukan yang lainnya. 

Buat menjadi seorang buzzer kamu gak perlu nih mengeluarkan modal besar. Cukup dengan memiliki akun media sosial, baik itu Facebook, Twitter atau Instagram serta mempunyai followers yang cukup banyak. 

Kehadiran followers memang sangat diperlukan bagi seorang buzzer. Oh iya followers yang loyal ya bukan hanya sekedar pengikut yang datang dan pergi begitu saja. 

Apa yang dilakukan oleh seorang buzzer?

Apa saja yang dilakukan oleh seorang buzzer?
Apa saja yang dilakukan oleh seorang buzzer?, (Shutterstock).

Seorang buzzer bukan hanya membicarakan produk, tapi membahas isu-isu yang sedang marak dibicarakan. Misalkan maraknya pemberitaan Virus Corona atau isu pemanasan global, di sini buzzer menjadi salah satu orang yang alternatif saluran memberikan informasi. 

Gak sedikit seorang buzzer mau gak mau membangun kepercayaan dengan pengikutnya agar setiap followersnya tetap loyal dengan isu yang tengah dibicarakan. 

Tantangan bagi seorang buzzer

Apa ya tantangan bagi seorang buzzer saat melontarkan isu di media sosial
Apa ya tantangan bagi seorang buzzer saat melontarkan isu di media sosial, (Shutterstock).

Sulitnya buat menekuni profesi ini adalah gimana kita mengolah kata dan mencari sudut pandang lain. Ya pastinya bagi seorang buzzer gak cuma bermodalkan akun sosial media maupun gadget. 

Ketangkasan dalam melemparkan isu serta menciptakan kalimat yang ciamik sangat diperlukan nih. Tentunya dengan menguasai isu atau topik yang tengah dibicarakan. 

Nah untuk memperkenalkan sebuah produk, seorang buzzer social media gak boleh nih melakukan hal terlalu mencolok atau hard selling. Memberikan informasi dengan tenang serta penuh data sangat diperlukan nih agar followers lebih paham dan gak bingung atas informasi yang diberikan. 

Apa yang mesti dilakukan bagi kamu sebagai buzzer?

Apa saja yang mesti dilakukan oleh seorang buzzer?
Apa saja yang mesti dilakukan oleh seorang buzzer?, (Shutterstock).

Ketika kamu sudah memutuskan menjadi buzzer, biasanya dirimu bakal dituntut untuk membuat planner dan mulai mengatur apa saja yang perlu di posting. Kamu mesti mencatatnya dengan rapih sehingga memudahkan dirimu untuk melontarkan isu, cuitan atau informasi di media sosial. 

Buat menekuni sebuah profesi memang gak akan jauh dengan nominal alias gaji. Nah gaji seorang buzzer berbeda-beda lho dan gak semuanya sama. 

Beberapa buzzer memilih buat digaji per postingan yang diminta oleh klien. Biasanya nih perusahaan akan menggaji buzzer dengan nilai yang bagus ketika orang ini memiliki followers loyal dan engagement menarik bagi si buzzer. 

Bukan hanya soal followers yang tinggi saja, seorang buzzer tentunya dituntut untuk memiliki keahlian tertentu. Misalkan keahlian dalam public speaking diperlukan agar buzzer semakin persuasif. 

Nah itu dia secuil profesi seorang buzzer social media yang kini bisa kamu lirik sebagai salah satu kerja sampingan. Sebelum menjalankan profesi ini, kamu mesti memiliki kriteria dan menyanggupi apa yang akan dilakukan bagi seorang buzzer. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)