Begini Cara Ajukan Asuransi Jiwa Kredit buat Lunasi Utang

Telah Ditinjau: Avatar Aulia Akbar

Asuransi jiwa kredit adalah jenis asuransi yang memberikan proteksi dari tanggungan atau utang yang tidak bisa dilunasi oleh peserta karena beberapa sebab seperti meninggal dunia. Singkatnya, asuransi ini memberikan jaminan bahwa peserta tidak meninggalkan utang kepada anggota keluarganya pada saat meninggal dunia nanti.

Selain asuransi jiwa kredit, kamu bisa membeli produk asuransi jiwa yang akan memberikan uang pertanggungan apabila terjadi risiko meninggal dunia. Terdapat diskon premi hingga 25% lho dari Lifepal! Dengan demikian, ahli waris bakal bisa menutupi utang yang kemungkinan ada selama kamu hidup.

Mengapa Penting?

Mewariskan utang memang menjadi sesuatu yang tidak terelakkan dan seringkali jadi beban istri atau anak yang ditinggal. Asuransi jenis ini mungkin akan cocok dengan kamu yang saat ini terbiasa menggunakan kartu kredit namun takut suatu saat tidak sanggup untuk melunasi tagihannya.

Asuransi kredit termasuk ke dalam jenis asuransi jiwa yang bakal meng-cover pelunasan sisa pinjaman kreditur. Mekanismenya berjalan saat peserta meninggal dunia. Jadi, nggak perlu khawatir lagi deh meninggal utang ke orang tersayang.

Karena itulah, asuransi ini patut kamu pertimbangkan untuk dimiliki. Untuk lebih jelas lagi, simak yuk informasinya berikut ini.

Biasanya Sudah Bundling dengan Pinjaman

Perlu kamu ketahui, seorang ahli waris akan memiliki kewajiban untuk membayar utang dari ayah atau ibunya yang telah meninggal dunia. Hal ini berdasarkan Pasal 833 ayat (1) KUHP Perdata yang menyatakan bahwa ahli waris memperoleh hak milik atas segala barang, piutang, dan hak pewaris.

Namun, ada beberapa pinjaman yang sudah disertakan dengan asuransi jiwa kredit sehingga pada saat kreditur meninggal dunia, utangnya secara otomatis terlunasi. Salah satunya Bank Mandiri yang bekerjasama dengan sejumlah perusahaan asuransi untuk menyediakan fasilitas ini.

Untuk itu, kamu perlu melakukan pengecekan apakah utang yang diwariskan tersebut sudah bundling dengan asuransi jiwa kredit atau belum. Jika sudah, tentu ini bakal sangat melegakan.

Nantinya, ahli waris hanya perlu mengurus surat kematian ke pihak pemberi pinjaman agar tanggungan utangnya dapat dilunasi. Mudah, bukan?

Mengajukan Permintaan Asuransi Jiwa Kredit

Cara mengajukan permintaan asuransi jiwa kredit sebenarnya cukup mudah. Pada pinjaman kartu kredit, kamu hanya perlu mengajukan kartu kredit seperti biasanya.

Pada saat pengisian formulir, terdapat form ceklis yang menyatakan apakah peserta akan mengikuti program asuransi jiwa kredit atau tidak. Centang form tersebut lalu isi data secara lengkap dan benar agar pengajuan kartu kredit kamu diterima.

Ada beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan fasilitas asuransi jiwa kredit seperti Mandiri Insurance, Chubba Indonesia, dan MNC Life. Lihat di sini untuk daftar lengkap perusahan asuransi jiwa kredit.

Setoran dapat dibayarkan setiap bulan dan disesuaikan dengan kemampuan kamu. Usahakan agar kamu mengkalkulasikan dengan cermat alokasi budget untuk membayar premi asuransi kredit mengingat kamu juga masih memiliki utang.

Kalau kamu mengajukan permohonan asuransi kredit pada saat mengajukan pinjaman, sebaiknya informasikan hal ini kepada keluarga. Jadi, pihak ahli waris nantinya akan mengetahui apa yang harus dilakukan saat mengklaim asuransi jiwa kredit.

Lengkapi Syarat yang Dibutuhkan

Jangan lupa lengkapi berkas pengajuan dengan dokumen seperti identitas pribadi, sertifikat keanggotaan, dan surat permohonan pembukaan asuransi jiwa dari perusahaan asuransi yang bersangkutan.

Adapun berkas-berkas yang dibutuhkan saat mengajukan klaim nantinya adalah sebagai berikut.

  • Surat permohonan klaim dari ahli waris
  • Surat kematian dari rumah sakit atau pihak terkait lainnya
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi tagihan kartu kredit
  • Fotokopi surat ahli waris
  • Dokumen lain yang diminta oleh perusahaan asuransi

Demikian penjelasan mengenai asuransi jiwa kredit yang saat ini mungkin sedang kamu butuhkan. Memiliki utang bukanlah sesuatu yang tercela apalagi utang yang kamu ambil dapat menunjang produktivitas.

Asuransi jiwa kredit membantu kamu untuk menghindarkan ahli waris dari jeratan utang bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Tidak perlu khawatir, asuransi jiwa kredit adalah jenis asuransi yang legal dan sudah ada dasar hukumnya yakni  Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 124/PMK.010/2008 tentang Penyelenggaraan Lini Usaha Asuransi Kredit dan Suretyship.

Semoga bermanfaat!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →