Cara Ambil Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan [Klaim JHT]

antrian online bpjs ketenagakerjaan

Semua peserta BPJS Ketenagakerjaan wajib mendaftarkan dirinya terlebih dahulu di layanan Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) sebelum melakukan klaim Jaminan Hari Tua (JHT).

Apa itu Antrian Online BPJSTK? Sistem antrian online BPJS Ketenagakerjaan sudah mulai berlaku sejak 9 Mei 2018. Kamu bisa langsung mengaksesnya melalui situs resmi BPJS. 

Antrian online diluncurkan melihat kondisi antrian yang panjang dan lama karena peserta yang datang ke kantor BPJS dalam waktu bersamaan, baik untuk mendaftar maupun mengklaim dana JHT BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini dilakukan agar para peserta lebih merasa nyaman saat proses pengajuan klaim. Selain itu, para peserta juga dapat mengetahui dengan pasti tanggal dan waktu pelayanan pengajuan klaim JHT. Hal itu tentu saja lebih efektif sebab peserta tak perlu mengantre sejak pagi.

Berikut ini informasi dari Lifepal seputar Antrian Online BPJSTK dan klaim saldo JHT. Yuk, disimak.

Cara daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan

Antrian Online BPJS

Mendaftarkan diri buat dapat kode booking antrian online BPJSTK itu cukup mudah. Berikut ini langkah-langkah sederhana dan mudah buat melakukan pendaftaran.

  • Buka halaman Antrian Online BPJS Online di https://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  • Lakukan registrasi Antrian Online Bpjs Ketenagakerjaan dengan mengisi: NIK (nomor e-KTP), nomor peserta KPJ atau Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan, nama lengkap sesuai e-KTP, nomor handphone, wilayah pelayanan (isi wilayah provinsi tempat tinggal), cabang pelayanan, tanggal kedatangan, dan jam kedatangan.
  • Kemudian pilih jawaban buat pertanyaan “Apakah Anda menjalankan kegiatan atau usaha ekonomi secara mandiri?”.
  • Pilih Simpan setelah mengisi dan menjawab pertanyaan dari sistem.
  • Lembaran Kode Booking Antrian muncul dan peserta bisa memilih buat mencetak langsung atau meminta sistem mengirim lembaran kode booking ke email dengan memasukkan alamat email peserta.

Namun, mendapatkan tanggal dan jam kedatangan tergantung pada ketersediaan kuota yang ada. Waktunya itu sendiri juga dibatasi hanya selama 1 jam semisal pukul 8 – 9 pagi dan begitu seterusnya.

Waktu operasional Antrian Online BPJSTK

Layanan operasional BPJS Ketenagakerjaan tidak beroperasi selama 24 jam. Waktu operasional BPJSTK dimulai hari Senin – Jumat dari pukul 08.00 – 15.30. 

Sebagai saran, peserta dapat mendaftarkan diri mulai dari pukul 07.00 supaya masuk kuota antrian online BPJSTK sehingga tidak mendapat notifikasi antrian penuh.

Kenapa susah daftar Antrian Online BPJS?

Waktu operasional yang terbatas menyebabkan tidak semua peserta yang mengajukan klaim JHT. Karena itu, setiap kantor cabang BPJSTK memberlakukan pembatasan dengan mekanisme kuota. Mau gak mau peserta harus cepat dalam mendapatkan kode booking.

Cara klaim online JHT BPJS Ketenagakerjaan

Pelayanan Tanpa Kontak Fisik atau Lapak Asik BPJSTK

Setelah melakukan registrasi Antrian Online BPJS, peserta BPJSTK bisa mengklaim dana JHT miliknya. Nah, buat klaim, ada syarat-syarat lain yang harus dipenuhi yang tertera di lembaran kode booking.

Syarat klaim JHT BPJSTK

  • Kartu Peserta (asli)
  • KTP (asli dan 1 lembar fotokopi)
  • KK (asli dan 1 lembar fotokopi)
  • Surat paklaring dari perusahaan (asli dan 1 lembar fotokopi)
  • Buku rekening tabungan (asli dan 1 lembar fotokopi)
  • NPWP (asli dan fotokopinya)

Langkah-langkah klaim online BPJSTK

  • Peserta yang berhasil registrasi antrian online bakal mendapatkan email konfirmasi dari BPJSTK berupa alamat email kantor cabang pengajuan, data diri, syarat dokumen pencairan, formulir pencairan dana JHT yang harus diisi, dan barcode.
  • Peserta mengirimkan dokumen yang menjadi syarat (bentuk digital atau hasil scan atau foto), barcode antrian online, dan foto diri ke email kantor cabang dengan subjek email: ANTRIAN_TANGGAL KEDATANGAN_NAMA LENGKAP_NOMOR KPJ.
  • Data diri peserta yang dilampirkan di badan email, berupa: Nama, NIK, email, no handphone, tanggal kedatangan (booking).
  • Kantor cabang melakukan verifikasi data.
  • Kalau lolos, peserta bakal dihubungi pihak kantor cabang maksimal H-1 sebelum tanggal pencairan yang telah ditentukan lewat video call WhastApp (peserta wajib mempunyai aplikasi WA), email, atau SMS.

Sangat disarankan bagi peserta buat mengirim syarat-syarat dokumen pencairan JHT satu hari sebelum tanggal antrian online. Kalau perlu, peserta bisa mengirimnya jauh-jauh hari selama subjek email diisi dengan benar.

Pemberlakuan layanan pencairan JHT online atau Pelayanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) ini dilakukan sebagai langkah membantu Pemerintah dalam rangka mengoptimalkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama pandemi Corona.

Dengan begitu, penularan antarmanusia bisa diminimalkan sehingga peserta BPJSTK terjamin kesehatannya karena terhindar dari persinggungan langsung antarmanusia.

Pertanyaan seputar Antrian Online BPJSTK dan klaim JHT

Berikut ini pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan terkait layanan Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan dan klaim JHT.

Bagaimana jika surat paklaring tidak ada?

Surat paklaring menjadi salah satu persyaratan dokumen penting untuk mencairkan saldo BPJS. Sayangnya, banyak kasus tidak memiliki surat paklaring karena hilang atau perusahaan sudah tutup.

Tenang, gak perlu panik. Karena kamu bisa membuat surat paklaring sendiri di dinas tenaga kerja (disnaker) yang lokasinya dekat dengan perusahaanmu. 

Tapi kamu perlu ingat-ingat tuh tepatnya masuk dan keluar dari perusahaan. Pasalnya data-datanya harus sama dengan yang sudah tercatat di kantor BPJS Ketenagakerjaan. Jika berbeda, maka pengajuan klaim kamu bisa ditolak.

Apakah pencairan BPJS harus daftar online?

Sebenarnya, pencairan BPJS tidak melulu harus online, tapi peserta wajib punya kode booking Antrian Online BPJS. Namun, pada masa pandemi Corona ini, pelayanan tatap muka langsung ditiadakan sehingga peserta BPJS mau gak mau melakukan klaim secara online.

Selain melalui antrian online, adakah cara lain mencairkan BPJS?

Sejauh ini, layanan difokuskan lewat Antrian Online BPJSTK atau Lapak Asik. Layanan pencairan sebelumnya dapat dilakukan di Service Point Office (SPO) pada bank-bank yang bekerja sama dengan BPJS. Namun, layanan tersebut ditiadakan buat sementara.

Bagaimana kalau ada notifikasi KPJ tidak terdaftar?

Masalah tersebut biasanya terjadi karena sistem BPJS yang bermasalah atau error akibat banyaknya peserta yang mengakses layanan. 

Itu tadi cara registrasi Antrian Online BPJS dan cara mencairkan saldo JHT BPJS. Semoga informasi di atas dapat membantu!

Oh, iya. Agar pelindungan terhadap keuangan makin maksimal, saran yang tepat buat memiliki proteksi tambahan dari asuransi saat ini. Dapatkan penawaran terbaik berupa diskon dan premi yang terjangkau dari asuransi kesehatan ataupun asuransi jiwa di Lifepal.co.id.