5 Cara Beli Emas Antam Langsung yang Gak Ribet!

Cara beli emas Antam

Gak sedikit orang masih bingung cara beli emas Antam, terutama saat kondisi mendesak. Misalnya, ingin memberikan kenang-kenangan tapi gak punya banyak waktu yang mau gak mau harus diberikan hari itu juga.

Pasalnya, kini sudah banyak orang yang berpikiran kalau lebih baik memberikan hadiah yang lebih bermanfaat seperti emas batangan ketimbang fashion.

Karena memang harga emas terus meroket setiap tahunnya, dan nilainya gak tergerus inflasi. Jadi, bisa jadi pilihan tersebut untuk investasi dan saving juga lho.

Seperti yang dikutip dari situs resmi Pegadaian, harga emas di tanggal 21 Juni 2020 yakni sebesar Rp916 ribu per gramnya. Padahal, di bulan Juni 2019, harga emas per gramnya masih di angka Rp707 ribu.

Dalam jangka waktu setahun, harga emas mengalami kenaikan Rp209 ribu per satu gram. Angka yang lumayan tinggi bukan? Coba hitung kalau kamu punya logam mulia sebanyak 20 gram.

Maka, dalam waktu setahun kamu sudah bisa mengantongi uang sebesar Rp4,1 juta. Lumayan banget, kan?

Selain itu, investasi emas juga minim banget risiko, jadi gak seperti investasi saham langsung yang bisa berisiko bikin uang kamu ludes. Gak heran, instrumen investasi satu ini menjadi pilihan banyak orang. Bahkan, dari berbagai kalangan, mulai anak remaja hingga para ibu rumah tangga.

Itulah mengapa kalau kamu mendapatkan rezeki nomplok, sebaiknya membeli beberapa gram emas batangan, ketimbang habis cuma buat foya-foya doang.

Jadi begini cara beli emas Antam

Sayangnya gak sedikit orang yang belum mengetahui cara beli emas Antam secara langsung saat memiliki tumpukan uang. Daripada kelamaan di tabungan yang bisa berisiko kalap belanja, mending segera alihkan beli emas batangan kan?

Pengin tahu gimana caranya? Berikut, beberapa tahapannya yang sudah dilakukan secara langsung oleh tim editorial. Yuk, simak di sini.

1. Cek harga emas di website resmi

Sebelum beli logam mulia, sebaiknya cek terlebih dahulu berapa harga emas per hari itu. Tujuannya agar kamu bisa memperkirakan berapa gram emas batangan yang bisa kamu beli.

Kamu bisa mengeceknya di situs-situs resmi yang menjual logam mulia, seperti Pegadaian atau Antam. Di sana kamu juga bisa mengetahui kisaran harganya kalau membeli emas lebih dari satu gram.

Contohnya saja kalau dikutip dari situs Pegadaian, harga satu gram emas Antam yaitu sebesar Rp916 ribu. Kalau perhitungan awam, maka kamu harus menyiapkan bujet sebesar Rp916 ribu x 2 yakni Rp1,528 juta.

Nyatanya, kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp1,832 juta per dua gram emas batangan. Karena itu, pentingnya mengecek dahulu harga emas batangan di hari kamu ingin membeli ya!

Baca juga: Murah dan Aman! Cara Gampang Investasi Emas Antam Lewat Brankas Logam Mulia

2. Menghubungi kantor Antam

Jika sudah mengetahui berapa gram logam mulia yang pengin kamu beli. Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan ialah menghubungi kantor Antam untuk memastikan apakah barang masih tersedia.

Pasalnya, banyak orang memborong emas batangan setiap harinya. Biasanya sih yang membelinya para pedagang toko emas yang memang nantinya akan dijual kembali.

Jika kamu tertarik membeli emas di Antam secara tunai, kamu bisa langsung mendatangi seluruh outlet Butik Emas Antam dengan persyaratan melampirkan identitas diri. 

Cabang Antam

Alamat

Butik Pulogadung

Gedung Graha Dipta Antam, Jl. Pemuda No.1 Jatinegara Kaum, Pulo Gadung, Jakarta Timur 13250

(021) 29980900, 0812 4444 1305 (WhatsApp chat only)

[email protected]

Butik Jakarta 01

(Gd. ANTAM)

Gedung Aneka Tambang, Lantai 1 Jl. Let.Jen. T.B. Simatupang No.1 Tanjung Barat, Jakarta Selatan 12530

(021) 7812722, 08111098000 (WhatsApp chat only)

[email protected]

Butik Jakarta 02

(Ravindo)

Menara Ravindo, Lantai Dasar, Jalan Kebon Sirih Raya, No. 75, Menteng, Jakarta Pusat 10340

021-3902769 ; 087872235027 (WhatsApp chat only)

[email protected]

Butik Jakarta 03

(Ambassador)

Mall Ambassador Lt. Dasar No.57, Jl. Prof. DR. Satrio, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan 12940

021-29980942 ; 08111389880 (WhatsApp chat only)

[email protected]

Butik Bandung

Jalan Ir. H. Djuanda, No.151

Dago, Lebak Siliwangi, Coblong,

Bandung, Jawa Barat 40132

(022) 20457462 ; 088218637334 (WhatsApp chat only)

[email protected]

Butik Yogyakarta

Jl. Laksda Adisucipto 26 Gondokusuman, Demangan

Yogyakarta 55221

(0274) 561074 ; 0813 1515 2425 (WhatsApp chat only)

[email protected]

Butik Semarang

Ruko DP Mall Blok A Kav.A/7, Jl. Pemuda No.150, Sekayu, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50132

(024) 3561188 ; 0822 5888 8130 (WhatsApp chat only)

[email protected]

Butik Surabaya 01

(Pemuda)

Gedung Medan Pemuda Lt. 2, Jl. Pemuda No.27-31 Genteng, Surabaya, Jawa Timur 60271

031-52405839

[email protected]

Butik Surabaya 02

(Mall CITO)

Mall City of Tomorrow (CITO) Lt. GE 23 & GS 06/16

Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 288 Surabaya

Jawa Timur 60234

Butik Balikpapan

Jl. Jenderal Sudirman No.328 Markoni,

Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur 76114

(0542) 8501602 ; 0812 5858 5900 (WhatsApp chat only)

[email protected]

Butik Banjarmasin

Jl. A. Yani Km.2 Sungai Baru, Banjar Tengah, Banjarmasin – Kalimantan Selatan 70233

(0511) 3268496 ; 082195150880 (WhatsApp chat only)

[email protected]

Butik Medan

Komplek Centre Point Jl. Timor, Blok M No.04, Medan – Sumatera Utara 20231

(061) 80510091 ; 0823 9210 6824 (WhatsApp chat only)

[email protected]

(031) 58251988

[email protected]

Butik Palembang

Gedung Samudra Indonesia, Jl. Jenderal Sudirman No.3528/2083 Km.3.5, Palembang, Sumatera Selatan 30126

(0711) 318910 ; 085669386664 (WhatsApp chat only)

[email protected]

Butik Makassar

Kantor Perwakilan Antam Makassar, Jl.Ratulangi No.60 Makassar

(depan Mall Ratu Indah, samping Toko Agung)

082191251310 ; 082191251310 (WhatsApp chat only)

[email protected]

Butik Bali

Jl. Teuku Umar 2-4 Blok 7 Dauh Puri Klod, Denpasar, Bali 80113

(0361) 4723263 ; 0821 4747 7247 (WhatsApp chat only)

belm.bali[email protected]

Baca juga: Laris di Pasaran! Ini Pilihan Emas Antam Gift Series yang Sering Dicari

3. Mengambil nomor antrean

Saat sampai di kantor Antam, katakan ke petugas keamanan yang ada di depan kantor kalau kamu ingin membeli emas batangan. Mereka akan sangat membantu kamu kok, mulai dari mengambil nomor antrean hingga masuk ke dalam ruang tunggu.

Baca juga: Begini Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

4. Siapkan dokumen seperti KTP dan NPWP

Sebelum membeli emas batangan, pihak Antam akan menanyakan apakah kamu pernah membeli emas sebelumnya. 

Jika belum, maka kamu akan diminta untuk melampirkan kartu identitas diri yaitu KTP dan NPWP.

Jadi, kamu akan mendapatkan faktur yang berisi data diri kamu serta jumlah emas batangan yang menandakan kamu sudah berhasil membeli emas dan terdaftar di Antam.

5. Diarahkan untuk ke loket penyerahan emas

Setelah selesai melakukan transaksi, kamu akan dialihkan ke ruangan loket untuk penyerahan emas. Ruangan tersebut juga tertutup, jadi sangat aman karena ada pembatas kaca antara pembeli dengan pihak Antam.

Selesai deh! Emas batangan sudah bisa dibawa pulang. Mudah banget, kan? Jadi, udah gak kebingungan lagi kan kalau pengin beli logam mulia langsung?

Kenapa lebih aman beli emas di Antam?

investasi emas

Sebenarnya ada beberapa cara untuk membeli emas. Namun, apa sih yang menjadikan membeli emas di Antam lebih aman dibandingkan di tempat lainnya? Gak perlu ragu untuk membeli emas di Antam. Sebab, selain sebagai salah satu produsen emas terbesar di Indonesia, membeli emas di Antam juga aman. 

Emas batangan ANTAM LM memberikan jaminan keaslian produk dan kemurnian 99,99 persen atau 24 karat. 

Hitungan itu menunjukkan bahwa kemurnian emas diukur berdasarkan jumlah persentase emas murni yang terkandung dalam suatu logam. Semakin tinggi persentase emas murni di dalam logam, maka semakin baik pula kualitas emasnya dan semakin tinggi harganya. 

Gak hanya itu saja, Emas Antam kini hadir dengan fitur keamanan terbaru dalam teknologi CertiCard, dimana sertifikat menyatu dengan kemasan. 

Keaslian produk dapat dilihat dengan memindai barcode pada bagian belakang kemasan dengan aplikasi CertiEye, atau dengan melihat watermark di plastik kemasan di bawah sinar UV. Jika kemasan rusak, maka watermark dan plastik akan terlihat buram. Pastikan kemasan masih dalam kondisi baik untuk jaminan keaslian dan kemurnian produk 99,99 persen, ya!

Bagaimana, makin tertarik beli emas di Antam?