Cara Beli Mobil Mewah Second Biar Untung Banyak

mobil mewah second

Beli mobil mewah adalah salah satu idaman banyak orang. Tapi gak jarang orang pengin beli mobil mewah tapi duitnya disayang untuk keperluan lain.

Sebagai alternatif, bisa beli mobil mewah second yang harganya lebih murah. Performa mobil second emang gak sekinclong mobil gres. Namun yang namanya mobil mewah pasti bikin mata orang memandang agak gimana gitu.

Apalagi jika yang beli termasuk udah dipandang sebagai orang berduit. Sepatu KW yang dipakai pun bisa dianggap asli.

Jika kamu termasuk yang sedang mempertimbangkan untuk beli mobil mewah second, tips berikut ini bisa dijadikan acuan biar gak rugi. Bahkan tips ini bisa bikin kamu untung banyak:

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Ada banyak jenis mobil mewah. Tapi pastinya gak semuanya pas dengan kebutuhan. Ini erat kaitannya dengan bujet.

Kalau memang gak suka ngebut, misalnya, berarti mobil mewah sport kurang sesuai dengan kebutuhan. Rugi kalau beli mobil sport tapi gak dimaksimalkan kelebihannya. Apalagi kalau harganya lebih mahal ketimbang mobil yang dibutuhkan, misalnya sedan klasik keluaran Mercy.

2. Konsultasi

Kalau ngerti mobil, baguslah. Tapi kalau gak paham otomotif, mending konsultasi dengan mereka yang paham. Gak perlu jauh-jauh, bisa tanya ke saudara atau rekan kerja kalau mereka tahu.

mobil mewah second

Siapa yang nggak ngiler liat mobil mewah macam begini (Mobil Mewah / Tmpo) 

Namun jika gak ada yang ngerti juga, bisa tanya ke teknisi mobil. Mungkin pas servis mobil lama bisa sekalian tanya-tanya rekomendasi mobil sport second yang oke.

3. Test drive

Beli mobil second biasa aja wajib test drive, apalagi mobil mewah yang harganya berlipat-lipat. Saat test drive, cek semua performanya, termasuk kilometernya.

Coba bawa mobil di jalan yang bervariasi, dari lurus, berkelok-kelok, rata, sampai bergelombang. Coba juga cek mekanisme elektroniknya. Jangan sampai dapat mobil second yang ringkih alias gampang rusak.

4. Riwayat mobil

Ketahui juga riwayat mobil itu, mungkin pernah kerendem banjir. Atau pernah terlibat kecelakaan sehingga mempengaruhi performa mobil.

Riwayat servis juga mesti diketahui. Kadang mobil mewah dianggurin saja di garasi karena disayang-sayang.Ujungnya, si pemilik merasa gak perlu servis atau sekadar memanasi mesin karena mobil jarang dipakai. Beli mobil mewah second yang rutin dirawat pemiliknya.

5. Cek surat

Surat-surat kendaraan itu wajib dicek, dari STNK sampai BPKB. Jika ada, sekalian faktur pembelian. Ini penting untuk memastikan legalitas mobil tersebut.

mobil mewah second

Kalau beli mobil tanpa surat-surat alias bodong, ya bakal menuai masalah (Polisi Memeriksa Plat / Liputan6)

Kalau beli mobil mewah second tanpa cek surat-surat, risikonya adalah dapat mobil bodong. Mobil kayak gini bisa jadi curian atau selundupan, sehingga gak bisa diurus surat-suratnya di kepolisian.

6. Lihat harga pasaran

Saat ditawari, mungkin kita merasa harga yang disodorkan untuk mobil mewah itu super miring. Tapi itu kan menurut kita sendiri.

Bisa saja ternyata harga mobil itu jauh di atas harga pasaran. Jadi, lihat dulu harga pasaran sebelum beli mobil mewah second.

7. Hitung dengan saksama

Ini yang paling penting. Beli mobil mewah second perlu perhitungan matang. Jangan sampai hanya karena mengejar gengsi lalu mengabaikan segalanya.

Umpamanya ditawari mobil mewah second yang perlu perbaikan hingga 30 persen dengan harga murah. Memang, harganya murah. Tapi hitung juga berapa biaya perbaikan mobil itu.

Jangan-jangan setelah dibeli dan diperbaiki, mobil itu malah lebih mahal daripada harga mobil serupa lainnya. Lihat juga kemampuan finansial pribadi untuk menentukan beli mobil cash atau kredit.

Ingat, mobil bisa jadi merupakan kebutuhan. Tapi mobil mewah mungkin hanya keinginan. Toh, dengan mobil biasa kita masih bisa bepergian tanpa takut kehujanan.

Karena itu, harus benar-benar teliti sebelum beli mobil mewah second. Meski bekas, harganya tetap saja lebih tinggi ketimbang mobil biasa. Jangan sampai duit kebuang sia-sia gara-gara beli mobil mewah second tanpa perhitungan matang.

Yang terkait artikel ini:

[Baca: 5 Bukti Kemewahan Bukan Berarti Kebal dari Derita Mobil Mogok Kena Banjir]

[Baca: Mobil Bekas, Why Not? Tapi Awas, Jangan Sampai Ketipu Dapat Surat Mobil Palsu]

[Baca: Beli Mobil Kredit Rugi, Ah Masak Iya Sih?]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →