Begini Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba Gak Pakai Ribet!

cara membuat surat keterangan bebas narkoba

Surat Keterangan Bebas Narkoba mungkin masih asing di telinga masyarakat. Tapi buat yang doyan ngelamar kerjaan sana-sini apalagi yang instansi negara pasti udah sering denger. 

Surat ini memang biasa dijadikan sebuah persyaratan proses seleksi. Mulai dari seleksi calon pegawai, sampai seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri. Sama pentingnya dengan surat keterangan berkelakuan baik yang dikeluarkan oleh Kepolisian. 

Untuk mengetahuinya lebih lanjut lagi, berikut ini penjelasan lengkap dan cara membuat surat keterangan bebas narkoba. 

Apa itu Surat Keterangan Bebas Narkoba?

Surat Keterangan Bebas Narkoba
Narkoba (Ilustrasi by Shutterstock).

Mungkin masih banyak yang belum tahu apa itu Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN), karena surat ini bukanlah surat untuk persyaratan-persyaratan umum. Tapi belakangan, instansi pemerintahan, perusahaan BUMN, sampai perusahaan swasta mulai meminta SKBN sebagai syarat seleksi. 

Pengertian dari SKBN adalah surat keterangan yang menunjukkan seseorang terbebas dari zat-zat psikotropika, narkotik, dan zat adiktif lainnya. Benda-benda yang masuk ke dalam kategori ini seperti ganja, sabu, kokain, sampai obat penenang lainnya. 

Untuk mendapatkan surat tersebut, tentunya harus melalui tahapan tes laboratorium. Cara mengetahui apakah seseorang itu positif atau negatif narkoba adalah lewat uji laboratorium darah, maupun tes urine. 

Pihak berwenang, seperti rumah sakit, puskesmas, atau kepolisian nantinya bakal meneliti sampel cairan tubuhmu itu. Hasilnya bakal tertera dan ditulis di dalam surat keterangan, sebagai bukti bahwa kamu bebas atau positif narkoba. 

Fungsi Surat Keterangan Bebas Narkoba 

Surat Keterangan Bebas Narkoba
Obat-obatan terlarang (Shutterstock).

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, SKBN kini menjadi salah satu persyaratan yang wajib untuk proses seleksi calon karyawan. Biasanya, instansi pemerintah seperti tes CPNS, seleksi anggota TNI dan Polri, atau seleksi pegawai BUMN membutuhkan surat keterangan ini. 

Kenapa surat ini begitu penting? Untuk menjawab pertanyaan itu, kita perlu merujuk ke dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per/02/Men/1980 tentang Pemeriksaan Kesehatan Tenaga Kerja dalam Penyelenggaraan Keselamatan Kerja. Di dalam aturan itu tertulis kalau perusahaan wajib melakukan pencegahan terhadap penyalahgunaan dan peredaran narkoba di tempat kerja. 

Salah satu bentuk pencegahannya adalah perusahaan mewajibkan calon pegawainya untuk terbebas dari narkoba dibuktikan dengan SKBN. Namun ada juga perusahaan yang tidak menjadikan SKBN sebagai syarat, melainkan dibuktikan lewat tes medical check up yang digelar untuk setiap kandidatnya. 

Dasar terbitnya peraturan menteri itu tentu saja dari dampak negatif yang dihasilkan dari penyalahgunaan narkoba, khususnya bagi kesehatan. Jika dilihat dari berbagai sumber, penggunaan narkoba bisa berakibat gangguan fungsi otak, bisa buat seseorang kebingungan dan halusinasi, serta menurunnya kondisi fisik. 

Bayangkan kalau gangguan kesehatan itu menimpa karyawan-karyawan sebuah perusahaan maupun instansi pemerintahan, pastinya proses bisnis atau pelayanan publik bisa terhambat. 

Selain buat masuk kerja, SKBN juga kerap dijadikan sebagai syarat masuk ke sekolah atau perguruan tinggi tertentu. 

Cara membuat

Surat Keterangan Bebas Narkoba
Pos polisi (Shutterstock).

SKBN bisa didapatkan dari rumah sakit umum milik daerah, puskesmas, laboratorium BNN, dan kantor kepolisian. Untuk mengetahui apakah kamu positif atau negatif zat-zat psikotropika, narkotika, dan adiktif lainnya, diperlukan beberapa tes laboratorium. 

Tes yang dilaksanakan biasanya lewat uji urine menggunakan alat Urine Screen Plus. Dengan alat ini, bisa ketahuan apakah di dalam tubuhnya terkandungan zat-zat benzodiazepin, morphine, methamphetamine, amphetamine, dan tetrahydrocannabinol.

Cara buat dengan datang ke rumah sakit

Sebagian besar rumah sakit bisa menerbitkan surat keterangan terbebas dari narkoba, tapi yang sudah pasti menyediakan layanan ini adalah rumah sakit milik pemerintah. Kamu bisa langsung mendatangi RSUD, klinik kesehatan, puskesmas, atau laboratorium yang terdekat dari rumahmu. 

  1. Datang ke rumah sakit atau klinik terdekat dari rumah
  2. Ke meja pendaftaran untuk menyampaikan maksud dan tujuan ke pihak rumah sakit 
  3. Isi formulir yang disediakan oleh pihak rumah sakit
  4. Serahkan pas foto 4 x 6 dua lembar 
  5. Nanti kamu akan dikasih alat Urine Screen Plus
  6. Kemudian ambil sampel urine untuk kemudian dilakukan tes oleh petugas rumah sakit 
  7. Tunggu sekitar 30 menit untuk mengetahui hasilnya

Biaya yang dikeluarkan biasanya berkisar mulai dari Rp 150 ribu sampai Rp 500 ribu, tergantung dengan rumah sakit yang kamu pilih. Supaya lebih murah, pilihlah rumah sakit milik pemerintah. 

Cara membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba di kantor polisi 

Gak cuma di rumah sakit, kamu juga bisa bikin di kantor kepolisian. Biasanya yang melayani tes ini adalah kantor polisi setingkat Polres. Di sana nanti urinemu bakal diuji langsung sama divisi reserse narkoba. 

Tapi sebelum tes, pastikan kamu membawa beberapa persyaratan yang diminta, membawa KTP asli, salinan KTP sebanyak dua lembar, dan menyerahkan pas photo berwarna berukuran 4 x 6 dua lembar. 

Setelah memastikan setiap persyaratan dibawa, berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lalui untuk mendapatkan Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Polisi. 

  1. Datangi Polres di daerahmu masing-masing
  2. Melakukan pendaftaran dengan menyerahkan persyaratan-persyaratannya
  3. Lakukan pengambilan sampel urine
  4. Menunggu hasil pemeriksaan sekitar 30 menit (atau bisa mengambil di hari lain)
  5. Surat dikeluarkan 
  6. Legalisir dengan cap kepolisian

Berdasarkan dari situs Polresta Sidoarjo, setelah melakukan tes, kamu diminta untuk membayar Rp 150 ribu sebagai biaya pengganti alat tes Urine Screen Plus 5 Panel.

Membuat langsung di kantor BNN 

Kamu juga bisa datang langsung ke kantor BNN setempat. Kalau di Jakarta, bisa langsung ke BNN pusat yang ada di Cawang, Jakarta Timur. Syarat yang dibutuhkan beda sama kayak yang diminta oleh rumah sakit atau kantor polisi, di BNN kamu hanya dimintai salinan KTP saja. 

Membuat SKBN di BNN bisa dibilang gratis, tapi kamu harus membawa alat tes sendiri yang bisa kamu beli seharga mulai dari Rp 60 ribu – Rp 200 ribu di toko-toko alat kesehatan. Berikut ini persyaratannya, 

  1. Salinan KTP
  2. Membawa alat tes urine beserta pot/wadah sendiri
  3. Mengisi formulir pendaftaran
  4. Membuat surat permohonan dikeluarkannya SKBN (sertakan tujuannya untuk keperluan apa) 
  5. Ambil nomor antrian di meja resepsionis

Layanan uji lab di BNN ini cuma buka dari pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB. Setelah itu, hasil lab akan keluar di hari yang sama. Setelah hasilnya jadi, jangan lupa difotokopi untuk kemudian dilegalisir menggunakan cap dari BNN. 

Contoh SKBN dari BNN

contoh membuat surat keterangan bebas narkoba dari BNN
sumber: alphapay.id

Contoh SKBN dari Rumah Sakit

cara membuat surat keterangan bebas narkoba dari rumah sakit
sumber: scribd.com

Contoh SKBN dari Kepolisian

Surat Keterangan Bebas Narkoba
Contoh Surat Keterangan Bebas Narkoba

Itulah penjelasan singkat mengenai Surat Keterangan Bebas Narkoba dan cara membuatnya. Sebagai informasi tambahan, sebenarnya tidak ada batasan waktu yang pasti terkait masa berlakunya. Karena surat tersebut sejatinya bakalan tidak berlaku lagi kalau kamu memutuskan untuk menggunakan obat-obatan terlarang. Beda seperti SKCK yang berlaku selama 6 bulan. (Editor: Winda Destiana Putri)