Cara Cek Nomor XL Sendiri, Solusi yang Sering Lupa

cara cek dan mengetahui nomor xl

Cara cek nomor XL sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara yang mudah. Terutama bagi kamu yang sering lupa dengan nomor ponsel bisa menjadi malapetaka di saat-saat urgen. Sulit mengisi pulsa, melakukan registrasi berbagai macam formulir, dan bahkan saat lupa menaruh ponsel adalah beberapa contoh kasusnya.

Nah, jika nomor yang dimiliki menggunakan provider XL, kita bisa cek nomor pribadi dengan enam cara simpel ini. Berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui nomor XL sendiri.

1. Cara cek nomor XL melalui panggilan telepon

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan panggilan telepon. Cara ini sangat mudah sebab tidak dipungut biaya pulsa satu perak pun. Kita cukup melakukan panggilan ke *123#. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkahnya.

  1. Pilih ikon Telepon pada ponsel.
  2. Ketik *123#.
  3. Pilih panggilan atau dial pada ponsel.
  4. Kemudian pilih 7 untuk layanan Info.
  5. Lanjutkan dengan 1 untuk Info Kartu XL-Ku.
  6. Setelahnya pilih Detail Nomor XL Anda dengan menekan angka 2.
  7. Kemudian pilih angka 97, jika kartu XL bukan kartu Super Ngobrol, maka pilihan ini tidak akan muncul.
  8. Setelah itu, pilih 1 untuk Cek Profil dan 1 kembali untuk Info Nomor.
  9. Tunggu beberapa saat, maka informasi nomor ponsel akan bisa kita lihat.

Lebih mudahnya, kita cukup menekan *123*7*1*2*1*1 pada kotak panggilan, kemudian tunggu beberapa saat dan informasi nomor ponsel pun akan segera kita terima.

2. Cara cek nomor XL melalui aplikasi myXL

XL memiliki layanan aplikasi digital yang diberi nama myXL. Di aplikasi ini, kita bisa melakukan cek kuota XL, pembelian paket, berbagi pulsa, serta pengecekan nomor XL.

Namun, aplikasi ini baru bisa digunakan setelah kita mengunduh dan mendaftarkan nomor XL pribadi. Apabila sudah mendaftarkan nomor XL pada aplikasi ini, maka cara cek nomor XL berikut bisa mulai diterapkan.

  1. Buka aplikasi MyIM3 yang sudah diunduh sebelumnya.
  2. Lihat di bagian kiri atas, maka kita sudah bisa mengetahui nomor ponsel pribadi beserta nama dan sisa pulsa yang kita miliki.

3. Cara cek nomor XL melalui situs resmi

cara cek nomor xl situs resmi

Selain melalui aplikasi maupun panggilan telepon, kita juga bisa melakukan pengecekan nomor XL melalui situs resmi XL. Namun, cara ini baru bisa dipakai apabila sebelumnya kita pernah melakukan Login di situs resmi tersebut atau telah menyambungkan akun Facebook dengan nomor XL yang kita miliki.

  1. Buka situs resmi XL.
  2. Login dengan akun Facebook yang kita miliki.
  3. Kemudian kita akan masuk ke laman utama situs web. Pada laman tersebut tepat di bawah tulisan Welcome, tertera nomor XL kita.

4. Cara cek nomor melalui bantuan layanan bantuan XL

Jika langkah di atas masih dirasa sulit, maka kita bisa meminta layanan bantuan staf layanan XL guna membantu kita mengetahui nomor ponsel. Cara ini bisa dilakukan kapan saja sebab layanan pelanggan XL beroperasi 24 jam tiap harinya. Berikut ini adalah layanan bantuan yang bisa dipergunakan.

Call center XL

Layanan bantuan pertama yang bisa dihubungi adalah call center. Terdapat dua nomor yang bisa kita hubungi, yaitu nomor 818 dan 817.

  • Pada nomor 818, kita akan langsung terhubung dengan mesin penjawab otomatis dan tidak akan dipungut biaya pulsa sepeser pun.
  • Pada nomor 817, kita akan langsung terhubung dengan customer service yang bisa menjawab segala pertanyaan seputar keluhan mengenai XL. Sayangnya, nomor ini akan dikenakan biaya pulsa Rp350 per panggilan.

Faksimile dan nomor PSTN

Jika tidak ingin menghubungi melalui call center, kita juga bisa melakukan cek nomor XL melalui faksimile maupun nomor PSTN. Dengan nomor yang bisa dihubungi sebagai berikut.

  • Faksimile: +622157959808
  • Nomor PSTN: +622157959817

Untuk tarif menghubungi nomor PSTN akan disesuaikan dengan tarif terbaru masing-masing operator. 

Surel

Kita juga bisa melakukan cara cek nomor XL dengan mengirim pesan ke operator XL melalui surel. Surel yang bisa dituju adalah [email protected] untuk email customer service atau [email protected] untuk menghubungi staf XL melalui email corporate communication-nya.

5. Cara cek nomor melalui Whatsapp dan LINE

Selain menggunakan layanan yang telah disediakan oleh pihak XL, kita juga bisa melakukan cek nomor XL dengan memanfaatkan aplikasi chatting Whatsapp dan LINE. 

Sebab biasanya dalam pembuatan akun untuk aplikasi tersebut kita akan diminta memasukkan nomor ponsel. Apabila nomor yang digunakan adalah XL, maka kita bisa mengecek nomor kita dari aplikasi tersebut.

Cara cek nomor XL di Whatsapp

Aplikasi Whatsapp ternyata bisa menjadi cara yang efektif untuk mengetahui nomor XL kita sendiri. Mari simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Buka aplikasi Whatsapp yang ada di ponsel.
  • Pilih ikon tiga titik yang terdapat di kanan atas Whatsapp.
  • Kemudian masuk ke menu Setting atau Setelan.
  • Masuk ke profil foto yang terdapat tulisan nama kita.
  • Di sana kita akan melihat foto, nama, status, dan juga nomor ponsel yang kita daftarkan.

Cara cek nomor XL di LINE

Tidak berbeda jauh dengan Whatsapp, cara ini bisa dilakukan apabila kita menggunakan LINE sebagai aplikasi chatting sehari-hari. Yuk, simak cara-caranya berikut ini 

  • Buka aplikasi LINE yang ada di ponsel.
  • Pilih menu More yang terdapat di kanan bawah Whatsapp.
  • Kemudian masuk ke profil foto yang berada tepat di sebelah daftar poin yang dimiliki.
  • Di sana kita akan melihat foto, nama, status, user ID, dan juga nomor ponsel yang kita daftarkan.

Selain dari aplikasi chatting, kita juga bisa melakukan cara cek nomor XL melalui aplikasi perbankan yang tersimpan di ponsel kita, seperti m-banking, Gojek, Grab, OVO, Shopee, dan masih banyak lagi.

6. Cara cek nomor dengan telepon dan kirim pesan

Cara berikutnya yang tidak kalah mudah adalah menelepon atau berkirim pesan ke nomor lain. Secara otomatis ketika kita melakukan panggilan, nomor ponsel kita akan muncul pada layar ponsel tujuan.

Namun, cara ini mengharuskan kita memiliki sejumlah pulsa yang cukup untuk melakukan panggilan atau berkirim pesan. Maka, ada baiknya selalu sedia pulsa untuk mengatasi keadaan darurat seperti ini.

Tujuan Telepon Nomor XL Super Ngobrol Nomor XL
Sesama operator Gratis Rp300 per 6 detik
Operator lain Rp1 per detik Rp300 per 6 detik

Misalnya saja, waktu yang diperlukan untuk menanyakan nomor ponsel kita pada teman adalah 18 detik termasuk durasi teman menyebutkan angka-angkanya. Maka, jika kita memiliki nomor XL biasa dengan tarif telepon Rp300 per 6 detik, biaya yang dibebankan pada kita adalah:

Rp300 x (18 detik / 6 detik) = Rp900

Jadi, hanya untuk menanyakan nomor ponsel, kita harus menyiapkan pulsa yang terkuras sejumlah Rp900. Setidaknya, cara untuk mengetahui nomor XL yang ini terbilang paling cepat karena nomor kamu langsung tertera di layar ponsel tujuan.

Bicara soal bujet untuk pengeluaran, jangan lupa lindungi keuanganmu dengan asuransi deh ya. Jadi berkat adanya manfaat perlindungan dari asuransi, kamu gak usah khawatir memikirkan tagihan yang mahal saat harus berobat di rumah sakit. Sebab, tagihan kamu sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi. Mau tahu lebih lanjut, konsultasikan saja di Lifepal. Gratis!

Begitulah cara cek nomor XL yang bisa menjadi solusi saat kita lupa nomor ponsel sendiri. Namun, daripada harus melakukan cara-cara tersebut, tidak ada salahnya untuk menghafalkan nomor ponsel pribadi dari sekarang agar lebih mudah saat mau melakukan berbagai aktivitas, terutama yang harus melibatkan nomor ponsel.

FAQ seputar cara cek nomor XL

Andai kamu sedang kelupaan, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengetahui nomor XL pribadi, yaitu:

  • Hubungi nomor *123*7*1*2*1*1
  • Cek nomor XL melalui aplikasi myXL
  • Kunjungi situs resmi di https://my.xl.co.id/pre/index1.html#/login dan login dengan akun Facebook pribadi.
  • Hubungi call center XL di 818 atau +622157959817.
  • Cari tahu melalui aplikasi Whatsapp atau LINE pribadi.
  • Hubungi atau kirim pesan singkat ke ponsel kerabatmu.
Kamu bisa mengunduh aplikasi myXL secara gratis melalui Play Store atau App Store.

  • Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.apps.MyXL&hl=id
  • App Store: https://apps.apple.com/id/app/myxl-cek-kuota-beli-paket-xl/id683141076

Melalui aplikasi myXL, kamu bisa melakukan cek nomor XL dengan mudah, cek kuota bulananmu, membeli paket koneksi ponsel, dan berbagi pulsa dengan kerabat.

XL memiliki dua sambungan call center, yaitu:

  • Hubungi 818 untuk menghubungi mesin penjawab otomatis.
  • Hubungi 817 untuk berbicara dengan staf customer service. Sambungan 817 akan dikenakan tarif pulsa Rp350 per panggilan.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →