Cara Cek Rangka Mobil Secara Online dan Manual Terlengkap

cara cek rangka mobil

Tahukah kamu bagaimana cara cek rangka mobil? Atau, apakah kamu mengetahui nomor rangka mobil yang dimiliki saat ini? Bila tidak, maka segera cari tahu cara cek rangka mobil.

Nomor rangka mobil atau vehicle identification number (VIN) merupakan nomor identifikasi rangka mobil yang berfungsi sebagai alat pendeteksi informasi tentang kendaraan seperti status kendaraan, sejarah, servis kendaraan, dan rekam jejak kendaraan lainnya seperti pembayaran pajak kendaraan yang rutin dibayar atau tidak.

Terlebih lagi bila kamu membeli mobil bekas, kamu perlu mengetahui nomor rangka kendaraan. 

Artikel ini akan membahas tentang cara cek nomor rangka mobil online, manual dan cara cek nomor rangka dan mesin mobil melalui dokumen kendaraan.

Cara cek nomor rangka mobil di dokumen kendaraan 

Cara cek rangka mobil melalui dokumen kendaraan bisa dilakukan dengan melihatnya di beberapa dokumen kendaraan seperti STNK, BPKB, dan faktur kendaraan. 

Selain itu, ada dokumen kendaraan penting lainnya seperti buku panduan perawatan kendaraan, catatan servis mobil di bengkel, dan riwayat pemakaian mobil lainnya.

Cara cek nomor rangka mobil di STNK

Untuk melihat nomor rangka mobil pada dokumen Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) adalah dengan melihat informasi di bagian depan STNK, di sana akan tertulis informasi seperti nomor registrasi, jenis kendaraan, nomor rangka kendaraan dan informasi lainnya.

Akan tetapi, perlu cermat dalam membaca STNK. Sebab, ada banyak kasus di mana beberapa oknum memalsukan STNK. Karenanya, kamu perlu memastikan bahwa STNK tersebut asli.

Cara cek rangka mobil di BPKB

Hampir sama dengan kasus STNK, banyak juga kasus pembeli mobil bekas yang kena tipu dengan oknum yang membuat Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). 

Tips untuk mengetahui apakah BPKB yang kamu terima asli atau palsu di antaranya:

  • Periksa halaman cover BPKB, BPKB asli warnanya lebih mengkilap dibandingkan buku yang palsu. Buku yang palsu biasanya berwarna lebih buram dan kusam.
  • Periksa bagian hologram di halaman pertama. Jika diterawang, hologram pada BPKB yang asli akan berubah warna, sedangkan BPKN palsu tetap berwarna abu-abu saat diterawang.
  • Periksa lambang korlantas, kamu bisa mengeceknya dengan melihat lambang di halaman ke-14. BPKB asli memiliki lambang korlantas di halaman tersebut saat disinari ultraviolet. Di halaman tersebut teksturnya sedikit kasar karena lambang akan timbul, berbeda dengan BPKB palsu.
  • Cara cek nomor rangka mobil secara manual 

    Cara cek rangka mobil secara manual bisa dilakukan bila kamu sudah mengetahui letak atau posisi nomor rangka tersebut tertulis pada mobil. Sebab, setiap mobil memiliki letak nomor rangka mobil yang berbeda-beda.

    Mobil yang diproduksi negara Jepang biasanya meletakkan nomor rangka kendaraan di bagian sasis, baik di bagian tengah sasis, belakang ataupun bagian depan sasis.

    Sedangkan mobil yang diproduksi negara Eropa meletakkan nomor rangka di bagian body mobil, misalnya di bawah jok kursi mobil bagian depan, dekat mesin mobil dengan firewall, di dekat kaca depan, di sela pintu atau di kap mesin.

    Setelah menemukan lokasi penulisan nomor rangka mobil, kamu bisa perhatikan apakah ada kode MHF di depan nomor tersebut. 

    Bila ada maka mobil tersebut diproduksi di Indonesia. Sebaliknya, bila tidak ada maka mobil tersebut diproduksi di luar negeri.

    Cara cek nomor rangka mobil via online 

    Perkembangan teknologi yang semakin canggih, semua sektor telah menerapkan sistem digitalisasi tak terkecuali Kepolisian Republik Indonesia, khususnya bagian pelayanan masyarakat untuk menerbitkan STNK dan pajak kendaraan bermotor (PKB) melalui Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap).

    Kamu bisa mengetahui nomor rangka mobil secara online. Khusus untuk warga DKI Jakarta bisa mengakses informasi tersebut melalui aplikasi Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta. Cara cek rangka mobil secara online, di antaranya:

    1. Download dan instal aplikasi Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta di PlayStore yang tersedia di smartphone kamu.
    2. Lakukan Log in menggunakan akun Google. Apabila kamu belum mempunyai akun Google, maka kamu bisa membuat akun melalui button Sign In.
    3. Siapkan beberapa data di antaranya NIK dan plat nomor kendaraan bermotor sebagai syarat Sign In. Perlu diperhatikan bahwa NIK yang diinput di aplikasi harus sama dengan data pemilik kendaraan.
    4. Klik button “Cari” yang ditandai dengan kaca pembesar berwarna biru.
    5. Tunggu sebentar lalu akan tampil informasi lengkap seperti nomor rangka kendaraan, nomor polisi, pajak kendaraan dan informasi penting lainnya.

    Cara cek nomor rangka dan mesin mobil online bisa juga dilakukan di beberapa daerah lain selain DKI Jakarta, yakni di Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

    Caranya cukup mudah yakni kamu perlu mengakses website berikut ini:

  • Jawa Barat : https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/ 
  • Yogyakarta : http://infonjkbdiy.com/ 
  • Jawa Tengah : https://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/ 
  • Jawa Timur : https://esamsat.jatimprov.go.id/ 
  • Selain melakukan pengecekan nomor rangka secara online. Selanjutnya pembayaran pajak kendaraan juga bisa dilakukan online melalui aplikasi SIGNAL Samsat.

    Tips dari Lifepal! Setelah mengakses informasi melalui nomor kerangka mobil dan didapati bahwa pemilik mobil sebelumnya kurang rutin melakukan servis mobil secara berkala, maka hal tersebut merupakan berita buruk. Jangan sampai kamu sama seperti pemilik mobil sebelumnya.

    Supaya mobil dan komponen-komponennya memiliki usia pakai yang cukup lama dengan performa mesin mobil yang bagus, kamu perlu melakukan servis mobil rutin secara berkala. 

    Untuk memilih bengkel mobil terbaik untuk mobil bekas yang harus diperhatikan adalah apakah bengkel tersebut memiliki teknisi yang berpengalaman di bidangnya, memiliki alat teknisi yang lengkap dan bagaimana kelengkapan spare part yang sesuai untuk jenis mobil kamu. 

    Untuk menekan biaya servis mobil, kamu bisa mengandalkan asuransi mobil.

    Manfaatkan asuransi mobil untuk meng-cover biaya perbaikan di bengkel 

    Memiliki mobil tentu sudah harus siap dengan berbagai biaya yang menyertainya. Yang biasanya paling menguras kantong adalah biaya perbaikan mobil di bengkel. 

    Karena itu, agar keuangan kamu tidak terbebani karena mahalnya biaya servis mobil, gunakan asuransi mobil terbaik yang bisa meng-cover biaya kerusakan baik kecil maupun besar. 

    Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini. 

    Setelah itu, hitung biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan kalkulator premi asuransi mobil yang sudah disesuaikan dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

    Pertanyaan seputar cara cek rangka mobil 

    Ada tiga cara untuk cek nomor rangka mobil, kamu bisa mengetahuinya melalui dokumen kendaraan, melihat langsung secara manual pada kendaraan, atau cek nomor kerangka mobil secara online melalui aplikasi dan website khusus.
    Asuransi mobil dapat melindungi keuanganmu dari biaya perbaikan dan perawatan kendaraan yang harganya cukup mahal. Dengan mengasuransikan kendaraan, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya saat servis mobil di bengkel rekanan perusahaan asuransi.