Cara Cek Riwayat Servis Mobil Suzuki di Bengkel Resmi

cara cek riwayat servis mobil suzuki

Saat akan menjual kembali mobil Suzuki yang sudah dimiliki, terkadang pihak dealer perlu mengetahui riwayat servis yang pernah dilakukan. Cara cek riwayat servis mobil Suzuki cukup mudah, selama servis dilakukan di bengkel resmi.

Riwayat servis atau historical service adalah laporan berisi rekam perawatan mobil, seperti servis rutin atau penggantian komponen sepanjang kepemilikan mobil. 

Kelengkapan riwayat servis mobil Suzuki merupakan bukti bahwa mobil yang ingin dijual punya kualitas terbaik karena bukti servis dan perawatannya lengkap. 

Bahkan, mobil bekas yang memiliki riwayat servis mobil lengkap bisa memasang harga Rp 5-10 juta lebih mahal daripada mobil sejenis yang tidak dilengkapi dengan riwayat servis. 

Cara cek riwayat servis mobil Suzuki

Mobil-mobil merek ternama sudah menyediakan riwayat servis berupa print-out yang ditarik dari sistem database, termasuk Suzuki. 

Nantinya, riwayat servis dari awal sampai akhir dapat diunduh berupa dokumen PDF atau dicetak sebagai lembar bukti riwayat servis.

Bagi pemilik mobil Suzuki, cara cek riwayat servis mobil Suzuki bisa dilakukan dengan menghubungi contact centre service after sales Suzuki di nomor (62-21) 2955 4800 atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa). 

Untuk memintanya lewat email, kamu bisa mengirimkan permintaan ke email resmi Suzuki di aftersales-portal@suzuki.co.id

Kamu juga bisa datang langsung ke bengkel mobil Suzuki terdekat dan mengatakan pada Customer Service bahwa kamu ingin meminta riwayat servis mobil Suzuki.

Salah satu dokumen penting yang digunakan saat mengecek riwayat servis mobil Suzuki adalah buku servis. Banyak orang menyepelekan benda satu ini padahal, buku servis menyimpan data yang akan dicocokkan di sistem database untuk dapat melihat riwayat servis mobil dari awal sampai akhir.

Jadi, jangan lupa untuk menyimpan buku servis dengan baik dan membawanya saat hendak mengecek riwayat servis mobil Suzuki ya!

Selain Suzuki, merek mobil lain juga bisa dicek riwayat servisnya. Hanya saja, cara pengecekan mungkin akan berbeda.

Misalnya saja, untuk mobil Toyota, cara cek riwayat servis mobil Toyota tidak perlu mendatangi bengkel, tetapi cukup dengan mengunduh aplikasi Auto2000.

Cara mengetahui kapan mobil Suzuki perlu ke bengkel

Servis rutin biasanya dilakukan setiap 6 bulan atau saat angka kilometer menyentuh kelipatan 10.000 km. Dengan melakukan servis berkala, maka segala kerusakan atau gangguan pada mobil dapat terdeteksi sedini mungkin.

Sehingga, setelah kerusakan dideteksi, mobil bisa segera ditangani tanpa perlu menunggu sampai rusak parah atau bahkan ikut merusak komponen mesin lainnya.

Adapun cara mengetahui kapan mobil Suzuki perlu ke bengkel adalah dengan melihat tanda-tanda berikut ini:

1. Berkendara terasa tidak nyaman

Sebagai pengendara mobil yang rutin menggunakannya, tanda pertama yang paling terasa untuk mengetahui kapan mobil Suzuki perlu ke bengkel adalah ketika berkendara terasa tidak lagi sama. 

Entah itu tarikan gas yang menjadi berat, rem kurang pakem, atau tombol-tombol di mobil tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jika sudah begini, jangan anggap enteng tanda tersebut dan segera bawa mobil ke bengkel.

2. Mesin bergetar dan berdecit

Masalah selanjutnya yang merupakan tanda mobil perlu dibawa ke bengkel adalah terdengar suara derit dan mesin mobil bergetar saat digas

Hal ini bisa disebabkan karena alasan yang bermacam-macam, bisa karena masalah suspensi, bahan bakar, atau oli. Maka dari itu sebaiknya kamu segera membawa mobil ke bengkel untuk mengetahui penyebab kondisi tersebut.

3. Terjadi kebocoran

Jika kamu menemukan ada cairan yang keluar di lantai saat mobil diparkirkan, maka itu adalah tanda mobil harus segera dibawa ke bengkel. 

Sebab, kebocoran meski hanya sedikit bisa berdampak pada kerusakan yang lebih parah jika dibiarkan dan tidak segera ditangani. 

Kebocoran pada mobil biasanya terjadi pada oli, minyak rem, air radiator, oli transmisi, gardan, power steering, dan lain sebagainya.

4. Asap knalpot pekat atau hitam

Dalam keadaan normal, asap knalpot tidak berwarna atau transparan. Ketika knalpot mengeluarkan asap pekat dan berwarna, maka kamu perlu waspada dan segera membawa mobil ke bengkel. 

Jika knalpot mengeluarkan asap berwarna putih, abu-abu, biru, atau hitam maka ini mengindikasikan adanya masalah pada mesin mobil.

5. Sinyal sistem kelistrikan menyala

Pada mobil ada beberapa sinyal berupa lampu atau penanda yang akan menyala ketika terjadi masalah. Misalnya overheat, aki tekor, dan lainnya. 

Ketika sinyal sistem kelistrikan ini menyala artinya ada yang tidak beres dengan mobilmu. Segera bawa ke bengkel untuk memastikan kerusakan mobil dan mendapatkan penanganan tepat sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jenis servis di bengkel resmi Suzuki

Ada beberapa jenis servis di bengkel resmi Suzuki yang tersedia untuk mobil. Servis ini dijadwalkan berkala dengan patokan kilometer atau bulan. Berikut ini adalah jenis servis di bengkel Suzuki mobil terdekat:

1. Service berkala 1.000 km s/d 50.000 km 

Servis berkala yang pertama bagi mobil baru dilakukan ketika jarak tempuh sudah mencapai 1.000 km atau kurang lebih 1 bulan sejak tanggal terbit yang tertera di STNK. 

Selanjutnya, servis berkala akan dilakukan pada setiap kelipatan 10.000 km sampai dengan 50.000 km atau setiap kelipatan 6 Bulan.

Di periode free servis ini mobil akan diperiksa secara menyeluruh sesuai standar pemeriksaan yang ditetapkan oleh Suzuki. 

Adapun pemeriksaan fungsi pada bagian kendaraan yang dilakukan oleh teknisi handal, diantaranya pengecekan mesin, transmisi, steering, suspensi, roda dan sistem kelistrikan mobil.

Di bengkel resmi Suzuki sendiri menyediakan layanan servis berkala gratis sampai dengan 50.000 km, sehingga kamu hanya perlu rutin membawa mobil ke bengkel untuk servis saja tanpa harus mengeluarkan biaya. 

Bonusnya, setiap selesai servis mobil akan dicuci dan divakum untuk memastikan mobil diserahkan kembali ke pemiliknya dalam kondisi bersih dan prima.

2. Service berkala kelipatan 5.000 km

Setelah mobil mencapai 50.000 km, maka kamu diwajibkan untuk servis berkala pada jarak tempuh kelipatan 5.000 km atau kurang lebih setiap 3-4 bulan sekai. Pasalnya, pada periode ini biasanya ada beberapa komponen yang harus diganti, seperti filter oli. 

Selain itu bagian kampas rem, sistem steering, hingga cairan yang ada pada mobil juga akan mendapatkan pengecekan. 

Karena di periode ini servis berkala tidak lagi gratis, maka kamu perlu menyiapkan kocek untuk servis dan penggantian komponen yang diperlukan ya.

3. Service berkala kelipatan 10.000 km

Dibandingkan dua periode servis sebelumnya, pada service berkala ini, ada lebih banyak pemeriksaan yang akan dilakukan pada mobil.  

Mulai dari pengecekan dan pembersihan rem di keempat roda, pengecekan mesin, penggantian oli transmisi, rotasi ban menyilang, balancing, serta spooring. Sehingga biaya servisnya pun biasanya akan lebih mahal dibanding dua periode berikutnya.

4. Service berkala kelipatan 20.000 km & 40.000 km

Semakin sering mobi digunakan maka kamu juga harus semakin rajin membawanya ke bengkel untuk servis berkala. 

Pada jarak tempuh 20.000 km ini bisa dibilang pengecekan dan servis yang dilakukan cukup banyak dan membutuhkan waktu lebih lama. 

Antara lain mulai dari pembersihan saringan udara, pengecekan rem pada semua roda, pengecekan dan penyetelan klep, pembersihan throttle body, kalibrasi idle, penggantian filter AC, penggantian busi hingga balancing, spooring, serta rotasi ban menyilang. 

Nah, ketika mobil sudah mencapai jarak tempuh kelipatan 40.000 km nantinya akan ada penambahan pekerjaan seperti membersihkan radiator dengan cara menguras dan mengganti cairan coolant.

Keuntungan servis di bengkel resmi Suzuki

Jika kamu memiliki mobil Suzuki maka sebaiknya lakukan servis di bengkel resmi Suzuki saja. Mengapa? 

Karena ada berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan di bengkel resmi daripada di bengkel umum. Apa saja keuntungannya? Simak terus ya!

1. Servis gratis

Suzuki memberikan keuntungan berupa servis gratis di awal periode pemakaian ketika jarak tempuh sudah mencapai 1.000 km sampai 5.000 km. 

Ini tentu merupakan keuntungan servis di bengkel resmi Suzuki yang tidak akan kamu dapatkan di bengkel umum.

2. Garansi

Dengan melakukan servis mobil di bengkel resmi Suzuki, maka masa garansi kendaraan dan performa kendaraan akan terjaga. 

Selain itu, keuntungan servis di bengkel resmi lainnya yaitu bisa menambah nilai jual ketika kamu berniat untuk menjual kembali kendaraan kamu.

3. Menggunakan suku cadang asli

Ketika melakukan servis di bengkel resmi Suzuki kamu tidak perlu khawatir mengenai keaslian suku cadang atau aksesoris lain yang digunakan. 

Sebab, suku cadang di bengkel resmi sudah terjamin kompatibel sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Otomatis daya tahan suku cadang pun lebih baik, memiliki garansi, dan teruji kemampuannya.

4. Layanan lengkap dan teknisi profesional

Di bengkel resmi Suzuki seluruh pelayanan dan teknisi telah dilatih secara khusus untuk menguasai mesin dan produk kendaraan serta tersertifikasi oleh Suzuki. 

Bahkan, saat ini bengkel resmi Suzuki telah dilengkapi dengan pengecekan komputer untuk mendeteksi kerusakan secara otomatis sehingga dapat diperbaiki secara akurat.

5. Riwayat servis tercatat lengkap

Ini merupakan salah satu keuntungan yang berguna jika kamu akan membutuhkan riwayat servis mobil Suzuki. 

Segala jenis servis mulai dari perawatan berkala, penggantian suku cadang, perbaikan komponen, semuanya tercatat dengan baik di sistem data Suzuki. 

Jika riwayat servis tercatat lengkap maka akan mempermudah kamu untuk menentukan perawatan berikutnya serta melakukan cara cek riwayat servis mobil Suzuki di kemudian hari.

6. Transparansi harga

Tak jarang saat ke bengkel kita merasa was-was mengenai biaya servis atau penggantian suku cadang. Apalagi di bengkel umum biasanya pemilik bengkel akan mematok harga sesukanya. 

Sementara di bengkel resmi Suzuki, informasi mengenai layanan dan pekerjaan yang dilakukan teknisi serta perincian biaya akan dijabarkan secara transparan berdasarkan standar harga Suzuki Indonesia. 

Kamu juga akan mendapatkan penjelasan dan pencatatan untuk setiap perawatan.

Biaya servis mobil Suzuki di bengkel resmi

Servis di bengkel resmi Suzuki memakan biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi, untuk servis berkala selama beberapa km pertama, kamu akan dibebaskan dari biaya servis alias gratis.

Untuk servis jenis lainnya, biaya servis akan berbeda-beda, tergantung mobil Suzuki yang kamu miliki. Berikut ini rincian biaya service mobil Suzuki di bengkel resmi sesuai jenis mobilnya.

  • Biaya servis mobil Suzuki Ertiga, mulai dari Rp570 ribu sampai Rp1,7 juta
  • Biaya servis mobil Suzuki Baleno, mulai dari Rp570 ribu sampai Rp2 juta
  • Biaya servis mobil Suzuki All New Swift, mulai dari Rp380 ribu sampai Rp1,8 juta
  • Biaya servis mobil Suzuki APV, mulai dari Rp540 ribu sampai Rp1,8 juta
  • Biaya servis mobil Suzuki Ignis, mulai dari Rp570 ribu sampai Rp1,6 juta
  • Biaya servis mobil Suzuki SX4, mulai dari Rp430 ribu sampai Rp1,8 juta
  • Alasan perlu punya asuransi mobil

    Melakukan servis rutin berkala di bengkel resmi sangatlah penting. Namun ada pula hal yang tak kalah penting, yaitu memiliki asuransi mobil.

    Tidak bisa dipungkiri kalau perawatan mobil dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Apalagi jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan atau kehilangan yang tak terduga. 

    Maka kamu harus menyediakan lebih banyak bujet untuk kejadian tersebut. Namun jika kamu memiliki asuransi mobil, hal ini bisa diantisipasi. Untuk lebih jelasnya, simak video berikut ini.

    Asuransi mobil dapat memberikan pertanggungan saat terjadi kerusakan mulai dari yang kecil hingga besar. Bahkan asuransi juga dapat mengganti rugi apabila kamu mengalami kehilangan mobil akibat dicuri.

    Selain itu, premi asuransi mobil yang dibayarkan setiap bulan juga akan terasa lebih ringan dibandingkan kamu harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar sekali perbaikan. 

    Inilah keuntungan memiliki asuransi mobil terutama bagi kamu yang memang frekuensi penggunaan mobilnya cukup tinggi.

    Lantas, berapa premi yang harus dibayarkan saat membeli asuransi mobil? Coba perkirakan harga preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini.

    FAQ seputar cara cek riwayat servis mobil Suzuki

    Dalam lembar riwayat servis mobil Suzuki, tertera semua jenis servis mulai dari perawatan berkala, penggantian suku cadang, hingga perbaikan komponen.

    Semuanya tercatat dengan baik di sistem database bengkel. Cara cek riwayat servis mobil Suzuki bisa dilakukan dengan langsung datang ke bengkel resmi mobil atau memintanya melalui telepon ke customer service Suzuki.

    Setiap kali servis mobil akan diperiksa secara menyeluruh sesuai standar pemeriksaan yang dilakukan oleh teknisi handal. Mulai dari pengecekan mesin, transmisi, steering, suspensi, roda, dan kelistrikan pada kendaraan. 

    Jika ada yang perlu diganti dan diperbaiki maka teknisi akan menjelaskannya kepada kamu. Masing-masing jenis servis memiliki biaya yang bervariasi. Untuk lebih menghemat biaya servis, sebaiknya gunakan asuransi mobil yang menjadi rekanan bengkel resmi Suzuki.