5 Cara Cek Saldo Asuransi CAR dan Klaim Asuransi

cara cek saldo asuransi car

Bagi pemilik polis asuransi CAR, mengetahui cara cek saldo asuransi CAR merupakan hal krusial yang perlu kamu ketahui. Nasabah bisa menggunakan cara cek saldo asuransi CAR lewat SMS, ke kantor cabang, mengetahui dari agen hingga cara cek saldo secara online melalui aplikasi.

Asuransi CAR termasuk produk asuransi berkredibilitas di Indonesia yang secara resmi beroperasi sejak tahun 1975. Sudah puluhan tahun beroperasi di Indonesia, layanan yang ditawarkan CAR terbilang cukup lengkap. Mulai dari asuransi individu, group, bancassurance, dana pensiun hingga produk yang terbaru asuransi syariah.

Namun sayangnya, tak sedikit nasabahnya yang minim informasi tentang bagaimana cara klaim asuransi CAR, berapa lama pencairan asuransi CAR hingga cara cek saldo asuransi CAR.

Berikut ini uraian lengkap tentang cara cek saldo asuransi CAR, pengajuan klaim hingga produk asuransi.

Cara Cek Saldo Asuransi CAR

Tahukah kamu bahwa nasabah dapat mengetahui saldo asuransinya? Biasanya produk asuransi unit link yang membutuhkan pemeriksaan saldo asuransi secara rutin. Sebab, produk asuransi merupakan gabungan produk antara asuransi jiwa dan investasi. Terdapat 5 cara cek saldo asuransi CAR, yakni:

1. Cek saldo melalui call center

Kamu juga dapat mengecek saldo dengan menghubungi call center asuransi CAR di nomor (021) 56961929. Call center ini merupakan salah satu layanan one stop service bernama L@NCAR dari asuransi CAR. Dibuatnya layanan ini adalah untuk memastikan pelanggan dapat menyelesaikan permasalahan dan mendapatkan pelayanan asuransi dengan lancar.

2. Cek saldo via SMS

Selain layanan call center, L@NCAR juga menyediakan layanan SMS auto reply. Kamu juga bisa mengecek saldo melalui layanan ini. Berikut adalah formatnya sesuai dengan jenis polis:

Informasi Saldo Investasi Produk CARLINK

  • Cara: Ketik INFO<spasi>INVESTASI<spasi>No. Polis Carlink 16 digit
  • Contoh: INFO INVESTASI 1100000000123456
  • Informasi Saldo Investasi Produk CARLISYA

  • Cara: Ketik INFO<spasi>INVESTASI<spasi>No. Polis Carlisya 16 digit
  • Contoh: INFO INVESTASI 5000000000123456
  • 3. Pakai aplikasi

    Adapun alternatif terakhir cara cek saldo asuransi CAR bisa kamu lakukan secara online melalui aplikasi 3i Mobiss Network. 

    Aplikasi 3i Mobiss Network dapat kamu unduh di Play Store atau App Store. Setelah aplikasi tersebut terunduh dan terinstal, maka langkah selanjutnya antara lain:

  • Melakukan login pada aplikasi 3i Mobiss Network dengan menginput ID atau nama pengguna dan password.
  • Pilih menu “Portofolio” pada halaman beranda.
  • Terdapat pilihan menu, “Saldo”, “Investasi”, “History Transaksi” dan pilihan menu lainnya.
  • Pilih menu, “Saldo Investasi”.
  • Kemudian pilih tombol “View”.
  • Pada halaman layar ponsel kamu akan keluar informasi tentang nomor polis asuransi, tanggal NAB dan total saldo.
  • 4. Melalui agen asuransi

    Alternatif selanjutnya adalah mencari tahu informasi melalui agen asuransi. Mayoritas pemilik polis asuransi membeli polis tersebut dari agen asuransi. 

    Agen asuransi akan menjelaskan secara lengkap tentang produk asuransi yang dimiliki perusahaan sekaligus menjadi konsultasi nasabah untuk menentukan polis terbaik yang dibutuhkan.

    Seluruh proses pembelian polis asuransi akan dilalui melalui agen tersebut. Namun kebanyakan nasabah setelah membeli polis asuransi justru tidak menghubungi agen asuransi. 

    Padahal kamu dapat bertanya seputar asuransi, seperti premi, manfaat pertanggungan hingga cek saldo asuransi melalui agen.

    Para agen asuransi ini akan memberikan nomor kontak mereka yang bisa nasabah hubungi. Oleh karena itu, bila kamu ingin mengetahui saldo asuransi maka bisa segera menghubungi agen asuransi kamu.

    Agen akan melakukan verifikasi data sesuai polis asuransi kamu, kemudian memberikan informasinya kepada nasabah.

    5. Kantor cabang terdekat

    Nasabah pemegang polis asuransi dapat mengetahui saldo asuransinya dengan datang langsung ke kantor cabang asuransi terdekat dari rumah kamu. 

    Umumnya setiap kota memiliki kantor cabang sehingga memudahkan nasabah dalam mencari informasi seputar asuransi.

    Akan tetapi, nasabah perlu membawa dokumen penting untuk mengetahui informasi tentang polis asuransinya seperti saldo asuransi. Dokumen yang diperlukan antara lain berkas polis asuransi, surat perjanjian polis asuransi, dan identifikasi resmi pribadi seperti KTP. 

    Dokumen-dokumen tersebut dibutuhkan untuk memperlancar proses verifikasi.

    Petugas di kantor cabang akan melakukan verifikasi dan proses pemeriksaan saldo atau polis asuransi nasabah. Bila ada informasi yang kurang jelas, kamu dapat bertanya langsung kepada petugas asuransi di kantor cabang.

    Cara Mengajukan Klaim Asuransi CAR

    Setelah mengetahui cara cek saldo asuransi CAR, kamu perlu mengetahui bagaimana cara klaim asuransi CAR dan berapa lama pencairan asuransi CAR. 

    Syarat dan cara pencairan atau pembayaran klaim berbeda tergantung dari produk asuransinya.

    Syarat

    Berikut ini dokumen yang kamu butuhkan sebagai persyaratan untuk mengajukan klaim asuransi CAR.

    Klaim Meninggal DuniaKlaim Cacat TetapKlaim Penyakit Kritis
    Polis asuransi asliFotokopi polis asuransiFotokopi polis asuransi
    Fotokopi KTP atau paspor pemegang polis dan tertanggungFotokopi KTP atau paspor pemegang polis dan tertanggungFotokopi KTP atau paspor pemegang polis dan tertanggung
    Formulir pengajuan klaim meninggal duniaKartu keluargaFotokopi kartu keluarga
    Surat kuasa yang diperuntukkan untuk ahli warisFormulir pengajuan klaim kesehatan atau santunan tunai harian berdasarkan polisFormulir pengajuan klaim asuransi penyakit kritis
    Surat keterangan kematian resmi dari instansi yang berwenangSurat kuasaSurat kuasa
    Surat keterangan penyebab kematian dari dokterSurat keterangan cedera atau penyakit dari dokterSurat keterangan cedera atau penyakit dari dokter
    Surat keterangan kematian dari polisi bila tertanggung meninggal karena kecelakaan lalu lintas yang diduga mengandung unsur pidanaKwitansi atau invoice asliHasil pemeriksaan dokter yang menggambarkan penyakit nasabah
    Untuk produk asuransi dengan manfaat santunan rawat inap, nasabah perlu melampirkan fotokopi kwitansi biaya perawatan yang telah dilegalisirDokumen pendukung lainnya
    Dokumen pendukung lainnya

    Pembayaran klaim

    Sementara itu, cara pembayaran klaim pada asuransi CAR cukup mudah. Mulanya siapkan kelengkapan dokumen penting sebagai persyaratan pengajuan klaim asuransi. 

    Sebaiknya segera melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan sebelum 30 hari, sebab batas maksimal pengajuan klaim selama 30 hari pasca terjadinya peristiwa atau risiko.

    Caranya cukup mudah yakni bisa mendatangi langsung kantor cabang asuransi CAR dengan membawa dokumen-dokumen penting tersebut, termasuk formulir pengajuan klaim asuransi.

    Serahkan dokumen tersebut kepada petugas asuransi untuk dilakukan verifikasi data. Setelah pengajuan klaim asuransi kamu diverifikasi oleh petugas asuransi, maka tunggu penggantian atau manfaat pertanggungan yang berhak kamu dapatkan berdasarkan polis asuransi.

    Bila manfaat pertanggungan dalam bentuk uang tunai, maka pencairannya akan ditransfer langsung ke rekening pemegang polis asuransi atau rekening ahli waris untuk produk asuransi meninggal dunia.

    Jenis Asuransi CAR

    Bagi kamu yang belum memiliki atau sedang mempertimbangkan produk asuransi, berikut ini produk-produk asuransi pada asuransi CAR.

    1. Individu

    Umumnya nasabah pemegang polis asuransi individu adalah nasabah perorangan yang membeli asuransi untuk dirinya sendiri. 

    Bisa untuk nasabah yang hidup sendiri maupun yang masih tinggal bersama orang tua. Kamu bisa juga membeli polis asuransi ini untuk anggota keluarga yang lain.

    Terdapat beberapa jenis produk asuransi yakni asuransi kesehatan hingga asuransi yang berkaitan dengan jiwa.

    2. Group

    Asuransi group atau kelompok yang dimiliki asuransi CAR memiliki proteksi lengkap mulai dari proteksi kesehatan hingga proteksi jiwa bagi nasabahnya. 

    Sesuai dengan namanya, asuransi group ini diperuntukkan untuk sekelompok masyarakat ataupun karyawan dalam satu perusahaan yang sama. 

    Dengan asuransi group ini, proteksi yang diberikan dapat berlaku untuk satu kelompok termasuk preminya. Sehingga tak perlu membayar premi sendiri melainkan membayarnya secara kolektif.

    3. Bancassurance

    Adapun produk asuransi Bancassurance merupakan jaminan dan kepastian memberikan proteksi dan pengembalian kredit serta nilai tumbuh produk perbankan atau jasa keuangan. Adapun produk Bancassurance dari asuransi CAR, antara lain:

    Lending – Credit Life, yang memberikan jaminan terhadap kredit kendaraan, KPR, hingga asuransi jiwa kredit untuk pinjaman tanpa agunan. 

    Ada juga produk asuransi Funding yang memberikan proteksi terhadap deposito dan tabungan masa depan kamu.

    4. Retail Insurance

    Asuransi retail insurance adalah produk asuransi CAR yang fokus memberikan proteksi terhadap masa depan keluarga. Kini kamu tak perlu khawatir mengenai risiko dan potensi gangguan kesehatan yang bisa sewaktu-waktu terjadi pada anggota keluarga.

    Asuransi CAR memberikan solusi dan membantu perencanaan masa depan keluarga nasabahnya melalui asuransi retail. Mulai dari manfaat pertanggungan atas gangguan kesehatan, penyakit kritis, cacat, jiwa, hingga meninggal dunia.

    Salah satu manfaat pertanggungannya adalah dengan memberikan kebijakan bebas premi tetapi pertanggungan tetap berlanjut bila tertanggung mengalami cacat tetap total selama masa pembayaran premi.

    5. Asuransi Mikro

    Jenis asuransi CAR lainnya adalah asuransi mikro. Asuransi mikro merupakan produk asuransi yang memberikan proteksi khusus terhadap masalah kesehatan yang telah disepakati di awal pembelian asuransi.

    Nasabah hanya akan membayarkan premi sesuai dengan jenis proteksi yang diminta dan manfaat pertanggungan hanya dikhususkan untuk proteksi dari jenis gangguan kesehatan tersebut.

    Kerugiannya tentu saat kamu mengklaim jenis gangguan kesehatan atau penyakit lain maka pengajuan klaim akan ditolak. 

    Akan tetapi, keuntungannya premi yang dibebankan akan lebih rendah dibandingkan dengan premi asuransi normal pada umumnya dan manfaat pertanggungan tepat sasaran sesuai yang kamu butuhkan.

    6. Dana Pensiun

    Bila ingin mencapai kebebasan finansial di masa depan, salah satu caranya adalah dengan memiliki asuransi masa tua, salah satunya yang dimiliki asuransi CAR yakni Dana Pensiun.

    Jenis asuransi ini akan memberikan proteksi kepada nasabahnya saat memasuki usia tua atau 20 sampai 30 tahun ke depan di mulai dari pertama kali membeli polis asuransi ini.

    Jadi kamu tak perlu khawatir saat tidak dapat bekerja di masa tua, sebab seluruh kebutuhan dan aktivitas kamu di masa tua, termasuk manfaat kesehatan, akan kamu dapatkan.

    7. Asuransi Syariah

    Produk asuransi CAR terakhir adalah asuransi syariah. Nasabah yang yang ingin memiliki produk asuransi khusus dengan cara perhitungan sesuai syar’i bisa memilih jenis asuransi ini. 

    Ada beberapa pilihan produk asuransi syariah CAR, antara lain:

  • Asuransi Istikmal
  • Asuransi CARLisya Ultimate
  • Beasiswa Fathanah
  • Dana Haji Istiqomah
  • CARlisya
  • Asuransi CAR Wakaf Sakinah
  • Tips dari Lifepal! Beli produk asuransi sesuai kebutuhan kamu agar manfaat pertanggungan yang akan kamu dapatkan tepat sasaran. Lebih cermat dan pertimbangkan apakah kamu benar-benar membutuh produk asuransi tersebut atau bahkan tidak.

    Misalnya saja bila kamu memiliki penyakit khusus maka beli produk asuransi yang memberikan proteksi terhadap penyakit tertentu atau penyakit kritis atau produk asuransi yang dapat menanggung biaya rawat inap dan rawat jalan, bukan membeli asuransi jiwa atau unit link.

    Termasuk juga bila kamu telah berumah tangga dan berkeluarga, maka beli produk asuransi yang dapat memberikan proteksi untuk diri sendiri sekaligus anggota keluarga yang lain.

    Pertanyaan Seputar Cara Cek Saldo Asuransi Car 

    Cara klaim asuransi CAR untuk setiap manfaat pertanggungan berbeda-beda. Misalnya saja cara klaim untuk meninggal dunia, cacat tetap, dan penyakit kritis. Akan tetapi umumnya, dokumen yang dibutuhkan antara lain polis asuransi, KTP tertanggung, formulir pengajuan klaim, surat keterangan dokter, hasil pemeriksaan dokter dan surat kuasa.
    Asuransi kesehatan menawarkan penggantian biaya pengobatan di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya sehingga penggunanya tidak perlu mengeluarkan uang untuk berobat. 

    Salah satu jenisnya adalah asuransi kesehatan cashless yang memungkinkan pengguna berobat ke faskes hanya dengan menunjukkan kartu asuransi yang dimiliki.