5 Cara Cek Saldo Asuransi Sun Life dan Pengajuan Klaim
Selain kewajiban membayar premi asuransi, seorang nasabah juga memiliki hak untuk mengetahui besaran nilai saldo yang dimiliki dari polis yang kamu beli. Di bawah ini adalah cara cek saldo asuransi Sun Life untuk para nasabah perusahaan perlindungan tersebut.
Sebelum itu, ada baiknya kamu memahami apa pengertian asuransi. Asuransi adalah salah satu produk proteksi finansial yang akan memberikan jaminan pertanggungan atas berbagai risiko yang kamu hadapi nantinya, seperti risiko terkena penyakit, risiko kecelakaan, hingga risiko meninggal dunia.
Dengan asuransi, kamu akan merasa lebih aman dan tenang karena tak perlu memikirkan biaya-biaya lainnya. Semua akan ditanggung asuransi sesuai dengan polis.
Berikut ini ulasan terkait asuransi Sun Life beserta cara cek saldo asuransinya jika kamu memang tertarik dengan produk asuransi ini.
Cara cek saldo asuransi Sun Life
Polis asuransi adalah perjanjian tertulis antara pihak asuransi atau penanggung dengan tertanggung atau pemegang polis. Semua kontrak asuransi seperti asuransi kesehatan, jiwa, unit link disebut sebagai polis asuransi.
Saldo atau nilai tunai asuransi biasanya ditemui pada produk unit link atau asuransi dwiguna. Nilai tunai tersebut bisa diambil oleh nasabah dalam periode waktu tertentu. Misalnya untuk unit link, pemegang polis bisa mencairkan saat polis berusia di atas tiga tahun.
Lalu, bagaimana cara mengecek saldo asuransi Sun Life?
Setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan sendiri dalam menerapkan sistem pengecekan polis seperti nilai saldo bagi nasabahnya. Begitu pun dengan asuransi Sun Life.
Dalam memberikan cara untuk mengetahui nilai tunai dari sebuah polis, asuransi Sun Life memberi kemudahan melalui berbagai cara, yaitu:
Cara cek saldo asuransi Sun Life melalui aplikasi
Seperti dijelaskan sebelumnya, saldo atau nilai tunai pada produk asuransi unit link atau dwiguna baru bisa diambil setelah polis berusia di atas 3 tahun. Tapi ada saatnya, kamu penasaran berapa nilai tunai yang dimiliki saat imi.
Salah satu langkah yang bisa dilakukan nasabah untuk mengetahui besaran saldo adalah melalui aplikasi My Sun Life Indonesia. Aplikasi ini tersedia dan bisa diunduh bagi pengguna iOS dan android.
Dalam aplikasi ini nasabah bisa mengecek informasi polis, manfaat polis, penerima manfaat dan nilai investasi.
Sebelum cek saldo, pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar pada aplikasi tersebut. Caranya sebagai berikut:
- Klik “Daftar”, kemudian masukkan tanggal lahir dan nomor handphone atau email yang terdaftar.
- Setelah itu kamu akan menerima SMS atau email berupa user ID dan kata sandi.
- Login menggunakan user ID dan password yang diberikan dan kamu bisa lakukan pembaruan kata sandi.
- Baca syarat dan ketentuan yang berlaku secara seksama dan berikan konfirmasi bahwa kamu mengerti dengan mencentang pada kotak yang tersedia.
- Buat passcode sebagai akses masuk singkat ke aplikasi.
- Akun My Sun Life Indonesia pun sudah aktif dan dapat digunakan.
- Setelah akun kamu aktif, kemudian login lagi dengan user ID dan password yang sudah diubah.
- Klik “Detail Polis Saya”.
- Kemudian pilih “Nilai Tunai” yang menjelaskan saldo yang kamu miliki saat ini.
Cara cek saldo asuransi Sun Life melalui call center
Selain melalui aplikasi, nasabah Sun Life pun bisa menghubungi call center untuk mengetahui milai saldo yang dimiliki.
Berikut nomor kontak Pusat Layanan Nasabah Sun Life yang bisa kamu hubungi:
Tlp: 1 500786 (1 500 SUN)
Fax: (021) 2966 9806
Email: sli_care@sunlife.com
Agar nyaman bertanya dengan bagian layanan nasabah, kamu bisa menghubungi call center Sun Life di jam kerja Senin-Jumat di jam 07.30-18.30 wib. Sedangkan untuk wilayah Indonesia bagian tengah, diberlakukan waktu yang menyesuaikan area tersebut yaitu, 08.30-16.30 WITA di jam kerja.
Cara cek saldo asuransi Sun Life melalui aplikasi desktop
Selain mobile, Sun Life juga memberi kemudahan bagi nasabahnya dengan menyediakan Portal Nasabah (My Sun Life Indonesia versi desktop).
Portal ini hadir sesuai dengan kebutuhan informasi digital nasabah. Beberapa fitur yang tersedia antara lain:
- Informasi umum polis
- Perkembangan nilai investasi/nilai tunai
- Daftar rumah sakit rekanan
- Kontak dengan agen asuransi Anda
- Riwayat klaim, dan
- Riwayart administrasi polis
Untuk dapat mengetahui nilai saldo asuransi Sun Life, kamu bisa klik fitur “Perkembangan nilai investasi/nilai tunai”.
Seperti versi mobile, sebelumnya kamu bisa memilih “Akses Masuk”, “Nasabah”. Informasi dan penggunaan aplikasi, bisa menghubungi ke 1 500 SUN (786).
Cara cek saldo asuransi Sun Life di kantor layanan
Bagi kamu yang memiliki waktu luang, bisa mengunjungi langsung Pusat Layanan Nasabah di beberapa kota di Indonesia.
Buat kamu penduduk Jakarta, bisa datang ke alamat berikut ini:
Pusat Layanan Nasabah Jakarta
Menara Sun Life, Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Blok 6.3, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, 12950
(021) 5289 0000
Sedangkan untuk daerah lain di luar DKI Jakarta, adalah sebagai berikut:
Pusat Layanan Nasabah Medan
Jl. Jendral Sudirman No.12 Kel. Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Medan.
(061) 88741550
Pusat Layanan Nasabah Yogyakarta
Jl. Pangeran Dipenogoro No. 31, Gowongan, Jetis, Yogyakarta 55232
(0274) 5017267
Pusat Layanan Nasabah Surabaya
Jl. Raya Darmo No. 9 Surabaya Rt/ Rw. 001/ 002 Kel. Keputran, Kec. Tegalsari , Surabaya, Jawa Timur, 60265
(031) 5686750
Pusat Layanan Nasabah Denpasar
Jl. Raya Puputan No. 46, Mandala Sari, Dangin Puri Klod, Denpasar Timur, Denpasar, Bali
(0361) 4743525.
Cara cek saldo asuransi Sun Life ke agen
Langkah mudah lain untuk mengetahui nilai saldo adalah dengan menghubungi agen dimana kamu membeli polis Sun Life. Nilai tunai akan diketahui dengan mudah melalui cara ini, karena agen yang akan langsung melihat detail polis asuransi Sun Life kamu beserta nilai saldo yang dimiliki.
Cara mengajukan klaim polis asuransi Sun Life
Selain mengetahui cara cek saldo asuransi Sun Life, sebagai nasabahnya kamu juga harus tahu bagaimana cara klaim asuransi ini. Dengan begitu, kamu nggak bingung saat harus membutuhkan biaya untuk kebutuhan mendesak,
Berikut tips yang harus kamu pahami:
- Isi formulir Surat Permohonan Asuransi Jiwa (SPAJ) dengan jujur dan benar
- Sebelumnya pastikan polis kamu dalam kondisi aktif
- Pastikan juga kamu tepat waktu dalam melakukan pembayaran premi
- Mengetahui dan memahami jenis manfaat asuransi yang dimiliki
- Pastikan juga kamu tahu berapa besar nilai pertanggungan yang dimiliki
- Formulir pengajuan klaim sudah diisi dengan lengkap dan benar
- Lengkapi semua dokumen pendukung yang dibutuhkan mulai dari rekam medis, hasil laboratorium, salinan ID, salinan buku tabungan, dll sudah tersedia dan sesuai yang dipersyaratkan.
- Sebelum mengirimkan dokumen, ada baiknya cek lagi dengan seksama
Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengajuan klaim, silakan hubungi Pusat Layanan Nasabah di 1 500 786, atau email ke SLI_care@sunlife.com. Atau kamu dapat mengunjungi Pusat Layanan Nasabah Sun Life.