Mau Cepat Dapat Kerja? Ini Bocoran dari HRD Amazon hingga Facebook

Cara cepat dapat kerja

Mendapat pekerjaan disebut susah-susah gampang. Karena itu, ada beberapa orang yang bisa menganggur selama lebih dari tiga bulan. Agar gak mengalami hal tersebut, ada cara cepat dapat kerja yang bisa kamu terapkan.

Kepada CNBC, beberapa hiring manager dari perusahaan ternama seperti Amazon, Tesla, hingga Facebook, memberi nasihat buat para pencari kerja.

Menurut mereka, ada beberapa cara cepat dapat kerja yang dijamin bikin job seeker berpeluang dapat pekerjaan.

Penasaran seperti apa cara cepat dapat kerja menurut mereka? Yuk, simak dalam ulasan berikut ini:

Fokus pada skill yang dikuasai

Fokus pada skill yang dikuasai
Fokus pada skill yang dikuasai

Cara cepat dapat kerja yang pertama kali bisa kamu lakukan adalah, fokus pada skill yang kamu kuasai.

Di Indonesia, hal ini ataupun gelar akademik menjadi nilai di atas kertas dan patokan buat mencari karyawan. Namun, gak sedikit perusahaan yang kini mengutamakan skill.

Saat ini, kandidat yang menguasai skill lebih berharga bagi perusahaan di bandingkan kandidat yang punya gelar akademik. Nasihat inilah yang disampaikan Janelle Gale, Vice President of Human Resources dari Facebook.

Menurutnya, penguasaan skill sangat penting. Dia pun memberi nasihat kepada para jobseeker buat apply lamaran sekalipun pengalaman kerja di CV gak sesuai dengan deskripsi pekerjaan.

Asalkan menguasai skill yang dibutuhkan, si jobseeker berpeluang kok mendapat pekerjaan.

Namun, kamu perlu tahu, penguasaan skill itu gak cukup dengan duduk di bangku kuliah aja. Kamu bisa mengikuti kursus online hingga daftarkan diri buat mengikuti workshop.

Baca juga:

Dari Go-Jek, Tokopedia hingga Bukalapak, Pekerjaan Ini Bergaji Dua Digit Lho 

Berkomitmen pada misi perusahaan

Berkomitmen pada misi perusahaan

Komitmen menjadi salah satu hal yang paling dicari dari para jobseeker. Wajar aja kalau perusahaan mencari kandidat yang kayak gitu.

Pasalnya, karyawan yang punya komitmen sangat bisa diandalkan. Selain itu, karyawan dengan kategori tersebut memberi kontribusi signifikan bagi perusahaan.

Lebih baik lagi kalau si jobseeker punya komitmen buat menjalankan misi perusahaan. Dijamin deh jobseeker tersebut berpeluang besar mendapat pekerjaan. Seleksi berdasarkan komitmen inilah yang mulai dilakukan perusahaan milik Elon Musk, Tesla.

Cindy Nicola, Head of Global Recruiting dari perusahaan pembuatan mobil listrik ini, mengatakan para kandidat yang melamar ke Tesla diminta menghafal misi perusahaan.

Mereka juga harus menunjukkan kalau mereka emang sejalan dengan misi yang dijalankan perusahaan. Pengabdian pada misi perusahaan bertujuan agar goal yang pengin dicapai perusahaan tercapai sesuai dengan harapan.

Baca juga:

Udah Kerja Keras tapi Gak Kaya-Kaya? Coba Cek Daftar Kesalahan Ini

Tunjukkan rasa ingin tahu

Tunjukkan rasa ingin tahu
Tunjukkan rasa ingin tahu

Cara ini juga dinilai ampuh sebagai cara cepat dapat kerja. Dengan menunjukkan rasa ingin tahu, berarti kamu punya ketertarikan buat bekerja di perusahaan tersebut.

Paling gampang menunjukkan rasa ingin tahu adalah dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan ke pewawancara saat interview. Ajukan pertanyaan-pertanyaan kreatif yang bikin kamu berada dalam kondisi sedang berdialog.

Hal inilah yang diinginkan Sean Kelley, Worldwide Operations Talent Acquisition Director dari Amazon. Dia ingin sekali melihat kandidat yang melamar ke Amazon merasa berdialog saat interview berlangsung.

Sampaikan secara jujur setiap pertanyaan yang ingin kamu ketahui jawabannya. Jangan bikin pertanyaan yang tampak dibuat-buat. Dengan begitu, perusahaan melihat kamu punya rasa antusias yang alamiah pada pekerjaan yang kamu lamar.

Kuasai soft skills agar peluang dapat kerja semakin terbuka

Selain penguasaan skill teknik alias hard skill seperti yang disebutkan pada poin pertama, kamu juga perlu menguasai sejumlah soft skill agar berpeluang dapat pekerjaan.

Asal tahu aja nih, penguasaan soft skill juga cukup menentukan kamu bisa peroleh kerja atau gak.

Seperti yang diungkap jejaring sosial profesional Linkedin, ada beberapa soft skills yang perlu kamu kuasai di tahun 2019:

  • Kreativitas
  • Persuasi
  • Kolaborasi
  • Kemampuan beradaptasi
  • Manajemen waktu

Daftar soft skills tersebut didapat Linkedin setelah melakukan analisis terhadap ratusan ribu lowongan kerja. Sampailah Linkedin pada kesimpulan kalau soft skills di atas paling dicari dari para jobseeker.

Gak cuma itu, setelah menyelesaikan pendidikan, fokus selanjutnya dalam hidup adalah mencari-cari pekerjaan. Di sinilah tantangannya. Ternyata mendapatkan pekerjaan itu bukanlah perkara mudah. Kalau kamu pengin segera dapat pekerjaan, ada beberapa cara cepat yang bisa kamu terapkan.

Selain menggunakan cara cepat tersebut, usaha yang kamu lakukan juga berperan penting dalam memperoleh pekerjaan yang diidamkan. Apalagi susahnya mendapatkan pekerjaan karena kamu harus bersaing dengan ribuan job seeker lainnya di luar sana dengan cara-cara ini:

1. Registrasi diri ke portal pencarian kerja sebanyak mungkin

Kemajuan teknologi dengan munculnya internet yang dilanjutkan dengan hadirnya smartphone begitu memudahkan hidup banyak orang. Itu juga yang dirasakan banyak orang saat mencari pekerjaan. Mereka gak perlu lagi datang dari kantor ke kantor buat menaruh surat lamaran.

Ditambah lagi banyaknya orang-orang yang mencari kerja dimanfaatkan sebagai peluang dengan munculnya portal-portal pencarian kerja. Kamu pun juga bisa memanfaatkan kehadiran portal-portal tersebut dengan meregistrasikan diri atau terdaftar memiliki akun di portal tersebut.

Ada beberapa portal pencarian kerja yang bisa kamu manfaatkan. Mulai dari Glints, Qerja, Urbanhire, Jora, Jobstreet, JobsDB, Indeed, Jobscdc, Job-Like, Loker, Karir, Jobindo, hingga Jobfinder. Kamu juga bisa memanfaatkan Linkedin agar memudahkan HR dalam menemukanmu.

2. Terus apply job yang tersedia

Biar cepat dapat pekerjaan, apply satu job aja masih belum cukup. Kamu mesti apply banyak job sebagai cara cepat supaya harapanmu buat dapat pekerjaan bisa terwujud.

Selama ini gak sedikit job seeker yang berpikir apply satu job aja udah cukup. Jadi, menurut mereka buat apa juga apply banyak lowongan pekerjaan.

Kalau kamu punya pikiran demikian, mulai dari sekarang ubah deh pikiran tersebut. Berpikirlah realistis kalau berharap pada satu job kadang-kadang bisa bikin kecewa.

3. Ikut job fair di kampus

Keberadaan event semisal job fair tentunya turut membantu para job seeker buat mendapatkan pekerjaan. Banyak yang menilai kalau ikut job fair menjadi cara cepat agar meraih pekerjaan impian.

Namun, ada baiknya kamu mengikuti job fair yang diselenggarakan di kampus-kampus. Sebab perusahaan-perusahaan yang ikutan job fair di kampus menerima banyak fresh graduate.

Adanya info job fair ini gak gitu aja langsung datang ke kamu. Soalnya buat mendapatkan informasi tersebut, kamu juga dituntut aktif mencarinya.

4. Buat CV yang up to date dan jelas

Tanpa disadari banyak job seeker, terutama yang fresh graduate, gak lolos seleksi administrasi. Gara-garanya CV yang mereka berikan selain ketinggalan zaman juga gak memuat informasi yang jelas.

Buat bikin CV yang up to date, kamu gak usah khawatir. Sekarang ini banyak kok template CV yang bertebaran di internet. Udah gitu gak sedikit juga yang disediakan cuma-cuma alias gratis.

Intinya, dalam mengisi CV, kamu harus menyampaikan informasi sejelas-jelasnya. Misalnya aja informasi yang disampaikan singkat, padat, dan jelas. Kemudian cantumkan IPK, pengalaman magang, dan usahakan gak ada kesalahan dalam penulisan.

5. Apply di perusahaan yang baru berdiri asalkan…

Sebenarnya, boleh-boleh aja apply di perusahaan yang baru berdiri. Cuma dianjurkan sebaiknya apply di perusahaan yang udah mapan alias perusahaan besar.

Bekerja di perusahaan besar selain memengaruhi reputasi karena nama perusahaan, di sana kamu bisa membangun pertemanan dengan banyak orang berpengalaman.

Namun, jangan diartikan bekerja di perusahaan yang baru berdiri gak ada untungnya ya. Di perusahaan baru kamu bakal belajar banyak hal. Ditambah lagi kamu bisa memegang beberapa tanggung jawab sekaligus.

Berat? Emang benar beban kerjanya bakal berat. Tapi, pengalaman yang kamu dapat jadi modal yang berarti nantinya. Udah gitu enaknya apply di perusahaan baru itu peluang kamu dapat pekerjaan lebih besar.

Sebelum apply di perusahaan yang baru berdiri, kamu harus tahu gimana perusahaan tersebut nantinya ke depan. Kalau itu adalah startup, kamu perlu tahu dana yang perusahaan tersebut miliki dan seberapa mampu membuat perusahaan tersebut bertahan.

Gimana nih jobseeker? Ada gak cara cepat dapat kerja di atas yang udah kamu lakukan? Kalau belum, segera deh dimulai dari sekarang. Dengan begitu, peluang kamu semakin besar buat dapat pekerjaan impian. Selamat menerapkan ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →