Mau Kaya Raya? Ini 7 Cara Cerdas Kelola Keuangan Ala Miliarder

Cara cerdas

Mengelola keuangan sangat penting hukumnya bagi kebanyakan orang agar tidak terjerat utang atau susah di masa depan. Banyak cara cerdas mengelola keuangan agar kamu kaya raya ala miliarder. 

Jelang akhir tahun dan menyambut tahun 2020, ada baiknya nih kamu memikirkan gimana mengelola keuangan agar sehat. Gak mau kan masa setiap bulan selama 2019 kamu selalu mengalami kesulitan lantaran tidak pandai dalam mengatur keuangan. 

Kalau sudah mengalami hal di atas, kamu selalu dihadapkan dengan kesulitan ekonomi alias gak merdeka finansial. Seperti dikutip dari Okezone.com, Minggu, (22/12/2019), ada lho cara cerdas mengelola keuangan ala miliarder. Mau tahu caranya gimana? Yuk langsung aja intip di bawah sini ya. 

Baca juga: 15 Kebiasaan Mengatur Keuangan Pribadi yang Bisa Bikin Masa Depan Cerah

1. Cara cerdas gimana maksimalkan skor kredit

cara cerdas
Perhitungkan skor kredit mu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah menghitung skor kredit bukan berdasarkan dari jumlah banyaknya kekayaan mu. Hal ini didasarkan kelayakan kredit yang didapatkan dan mampu disimpulkan “Apakah kamu dapat diandalkan untuk memenuhi kewajiban utang yang kamu miliki?”. 

Jadi usahakan kamu tetap menjaga saldo dan dapat melakukan pembayaran dengan tepat waktu. Hal ini sangat perlu lho, jangan sampai kamu mengalami tagihan yang menggendut alias bengkak. 

Lakukan laporan skor kredit agar kamu mengetahui sejauh mana tentang situasi utang mu sebelum melangkah lebih jauh. 

Baca juga: Cegah Kesulitan Finansial Saat Menyambut Kelahiran Bayi, Orang Tua Wajib Baca Ini

2. Atur dan pahami pendapatan serta pengeluaran

cara cerdas
Atur pendapatan dan pengeluaran ya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Banyak orang yang udah mengetahu seberapa besar pendapatannya secara rutin tiap bulannya. Namun berbeda dengan pengeluarana, terkadang mereka asyik mengeluarkan atau membelanjakan sesuatu. 

Lakukan pencatatan atau pelacaka seberapa besar pengeluaran mu. Jangan sampai pengeluaran lebih besar daripada pendapatan setiap bulannya. 

Baca juga: Cocok untuk Milenial, Ikuti 5 Peraturan Mengelola Keuangan yang Sehat Ini

3. Pentingnya anggaran

cara cerdas
Bikin anggaran salah satu cara kamu bakal kaya raya ala miliarder, (Ilustrasi/Shutterstock).

Melakukan sebuah anggaran baik pengeluaran dan pendapatan memang sangat penting dan diperlukan nih bagi kamu semua. Ketika sudah memiliki catatan anggaran yang pas, hal itu bakal bikin kamu gak belanja secara berlebihan dari yang seharusnya. 

Hal ini sangat perlu dilakukan demi memiliki disiplin dalam mengeluarkan uang. Pikirkan dengan bijak besaran rupiah yang dikeluarkan buat pengeluaran. 

4. Prioritas 

cara cerdas
Membuat suatu prioritas sangat penting lho dalam mengatur keuangan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Saat memiliki penghasilan alias pendapatan, maka perlu juga nih memikirkan pengeluaran. Maka dari itu coba deh punya prioritas dalam melakukan pengeluaran. 

Setiap bulannya pasti kamu memiliki pengeluaran wajib yang mesti dilakukan. Oleh karena itu prioritaskan mana yang lebih dahulu ya. 

5. Aktif menabung

cara cerdas
Menabung salah satu cara klasik agar kaya raya bak miliarder, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menabung salah satu cara klasik nih dari zaman dahulu sampai sekarang yang namanya menabung merupakan salah satu cara agar kaya raya. Gak ada salahnya nih kamu buat rajin menabung baik dalam bentuk uang, emas maupun investasi lainnya. 

Cara ini memang banyak dilakukan oleh para miliarder agar mereka tetap memiliki aset alias kaya raya. Sisihkan pendapatan mu buat menabung agar kelak dapat dinikmati di hari tua. 

6. Kurangi biaya pengeluaran kamu

cara cerdas
Kurangi pengeluaran mu salah satu cara agar merdeka finansial nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dengan memotong biaya pengeluaran kamu otomatis yang namanya menabung bakal mudah nih. Cara ini merupakan salah satu yang mudah agar kamu mengetahui bagaimana membelanjakan uang. 

Kamu bisa lho mengurangi biaya-biayanya yang sebenarnya gak diperlukan sekali buat keseharian. Cara ini banyak juga dilakukan oleh para miliarder. 

7. Belajar terus soal keuangan dan evaluasi jangan lupa

cara cerdas
Selalu belajar dan lakukan evaluasi demi mengetahui soal mengelola keuangan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buat yang pengin memiliki kehidupan merdeka finansial, kamu mesti belajar terus dan evaluasi dengan pengeluaran mu. Dengan begitu kamu bakal mengetahui seberapa baik dirimu dalam melakukan pengeluaran dari pendapatan setiap bulannya. 

Jangan pernah puas dengan apa yang sudah diraih saat ini. Setiap tahunnya kamu bakal dihadapi dengan masalah keuangan maka dari itu belajar dan eveluasi selalu ya. 

Nah itu cara cerdas gimana mengelola keuangan ala miliarder. Rasanya patut nih dilakukan demi memiliki kehidupan yang nyaman dan merdeka finansial. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →