Cara Daftar Grabfood Secara Online Ternyata Mudah Lho!

cara daftar grabfood secara online

Grabfood telah merambah ke dunia kuliner dan mengembangkannya ke fase yang lebih canggih, di mana masyarakat sudah bisa memesan makanan hanya dengan bermodalkan ponsel pintar. Itu sebabnya banyak pengusaha atau warung makan yang berniat mencari tahu cara daftar Grabfood untuk menunjang usaha mereka dalam jangka panjang.

Selain mendaftarkan diri pada jasa ekspedisi tersebut, beberapa pemilik usaha kuliner juga menyediakan asuransi buat karyawan dan bisnis mereka. Dengan begitu, kerugian finansial akibat risiko saat berbisnis bisa ditekan.

Tapi, kali ini kita bakal membahas bagaimana cara daftar Grabfood secara online. Karena ternyata, bergabung dengan aplikasi-aplikasi online seperti ini bisa mendatangkan banyak keuntungan. 

Apa itu Grabfood?

Grabfood adalah salah satu layanan pesan antar makanan milik perusahaan transportasi berbasis online asal Singapura, Grab. 

Dengan Grabfood, konsumen dapat dengan bebas memesan makanan yang diinginkan hanya lewat ponsel pintar, gak perlu berjalan jauh ke warung makan yang diinginkan. 

Sementara itu, untuk penjual atau pemilik usaha, kamu bisa menjual dan mengatur pengantaran makanan hanya lewat aplikasi. Tugas antar mengantar bakal dikerjakan oleh driver mitra dari Grab. 

Sistem baru di dunia jual beli ini menimbulkan banyak minat para pegusaha, khususnya pemilik rumah makan, untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana cara daftar Grabfood secara online. Karena sekalinya bergabung dengan Grabfood, mereka juga bakal mendapatkan banyak keuntungan. 

Manfaat bergabung dengan Grabfood 

Peralihan era dari konvensional ke digital juga berdampak pada tren pembelian makanan. Kalau orang tadinya beli makanan harus berjalan jauh dulu untuk membeli makan, tapi kini hanya dengan ponsel pintar, mereka sudah bisa pesan, bayar, tinggal tunggu pesanan tiba di rumah. 

Kepraktisan ini menjadi salah satu indikator yang membuat omzet rumah makan meningkat. Salah satu platform yang bisa memenuhi era ini adalah Grabfood. 

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara daftar Grabfood secara online, berikut ini kita bahas beberapa kelebihan atau keuntungan yang bakal didapat oleh rumah makan ketika bergabung menjadi mitra Grabfood. 

1. Bisa menjangkau konsumen lebih luas 

Pengguna Grabfood sudah ada di mana-mana, dan jumlahnya mencapai jutaan orang. Dengan menjadi mitra, tentu kamu berpotensi untuk menjaring calon konsumen dengan jangkauan yang lebih luas lagi. 

Misalnya, selama ini hanya orang-orang di komplek-komplek sekitar warungmu saja yang menjadi pelanggan setia, tapi setelah bergabung, warga dari kecamatan sebelah juga bisa menikmati makanan yang kamu jajakan. 

2. Meningkatkan pendapatan 

Kalau konsumen yang tahu dengan warungmu semakin meluas, otomatis omzet yang didapat juga bakalan meningkat drastis. Tapi bukan jaminan juga, karena yang menentukan laris atau tidaknya adalah kualitas dari produkmu. 

Dikutip dari Detikcom, 80 persen merchant UMKM yang tergabung di dalam Grabfood mengalami peningkatan omzet mencapai 30 persen lebih. Dari liputan ini bisa disimpulkan bahwa merealisasikan cara daftar Grabfood ini akan memberi hasil yang sepadan, bukan? 

3. Promosi murah meriah  

Ketika foto restoran atau warung makananmu terpampang di aplikasi Grabfood, secara tidak langsung itu akan memperluas eksistensi dari rumah makanmu sendiri. Apalagi kalau reputasi yang diberikan oleh konsumen tinggi, jadi makin terkenal deh

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

4. Gak perlu repot-repot antar pesanan 

Kelebihan yang paling terasa tentu kamu gak perlu jauh-jauh mengantarkan makanan sendiri. Karena para driver siap untuk mengantarkannya ke manapun sesuai pesanan. 

Persyaratan untuk bisa daftar Grabfood Indonesia  

Agar restoran atau warung makan milikmu terpampang nyata di aplikasi Grabfood, harus ada beberapa persyaratan yang dipenuhi. 

Persyaratan-persyaratan berupa dokumen khususnya, harus kamu sertakan saat pendaftaran nanti. Berikut ini dokumen beserta informasi yang dibutuhkan oleh Grabfood sebagai bagian dari cara daftar Grabfood secara resmi. 

  • Profil restoran atau warung makan, mulai dari nama, alamat, email, dan nomor telepon
  • Foto KTP pemilik atau orang yang paling bertanggung jawab di warung tersebut
  • Foto selfie sambil memegang KTP di tangan
  • Foto NPWP asli, tidak boleh fotokopi. Artinya kamu gak bakal bisa lanjut ke cara daftar Grabfood tanpa NPWP
  • Foto daftar menu makanan dan minuman yang dijajakan. Harus lengkap dengan harga yang akan dicantumkan di aplikasi Grabfood
  • Foto makanan sesuai dengan menu
  • Foto warung dari tampak luar
  • Foto warung dari tampak dalam
  • Foto logo warung kalau ada
  • Foto buku rekening tabungan atau tampilan e-banking. Pastikan nomor rekening tertera dengan jelas.

Bagaimana cara daftar Grabfood secara online? 

Setelah memenuhi beberapa persyaratan di atas, kamu harus melalui beberapa alur untuk cara daftar Grabfood secara online. Berikut ini alurnya seperti dikutip dari laman resminya Grab. 

1. Verifikasi email

Cara daftar Grabfood secara online yang pertama adalah menelusuri laman resmi Grabfood. Lalu isi formulir awal seperti nama warung, alamat, email, dan lain-lain. 

Setelah mengisi semuanya, kamu bakal dikirimkan email verifikasi ke email pribadi atau warung. Kamu harus melakukan verifikasi itu dalam waktu 72 jam. Kalau telat, kamu harus mengisi data diri lagi di laman resmi Grabfood. 

2. Mengisi informasi toko

Setelah berhasil melakukan proses verifikasi kamu akan dibawa masuk ke halaman help Grab untuk mengisi formulir pendaftarannya.  (Subject Email : Menjadi Partner GrabFood – Data dan dokumen yang dibutuhkan). 

Di dalam formulir itu ada banyak kolom yang harus kamu isi terkait dengan informasi warungmu. Nah, cara daftar Grabfood yang ini sangat penting, jadi harus diisi dengan saksama dan jangan sampai salah ya.

Jadi informasi yang kamu perlu isi antara lain nama, jadwal beroperasinya, menginput jenis, isi, dan daftar menu beserta dengan harga dan fotonya untuk dicantumkan ke aplikasi Grabfood. Kalau bingung, kamu bisa klik tombol biru Tips Mengisi Formulir. 

Melihat banyaknya kolom yang harus diisi, sebaiknya kamu lakukan isian formulir ini pelan-pelan saja. Periksa lebih teliti lagi dengan data-data yang kamu isikan sebelum melanjutkan ke proses cara daftar Grabfood yang selanjutnya. 

Jika kamu sudah yakin semua data sudah terisi dengan benar, tekan tanda panah hijau yang ada di paling bawah.

Tahap selanjutnya adalah ke menu jadwal buka dan tutup restoran dalam sepekan. Pilih hari dan jam saat resto buka dan tutup. Klik tanda panah hijau yang ada di bawah untuk melanjutkan proses pendaftaran. 

Selanjutnya kamu akan dibawa ke laman tambahkan menu dengan menekan tombol plus (+). Kamu juga bisa menghapus menu dengan tombol X. Isi nama resto, jenis makanan, menu dan juga harga sesuai dengan yang ada di tempat makan kamu. Nah, setelah tahap ini berarti kamu sudah menyelesaikan pendaftaran. 

3. Penandatanganan kontrak

Sebagai tahapan pada cara daftar Grabfood secara online, kamu dan pihak Grabfood perlu menjamin sebuah kesepakatan. Hal ini diwujudkan ke dalam surat kontrak.

Jadi, setelah mengisi formulir online dengan informasi mengenai warungmu, kamu akan mendapatkan email balasan dari pihak Grab yang berisi tentang kontrak kerja sama yang harus kamu tanda tangani (Subject Email : Tandatanganilah perjanjian kerja sama GrabFood). 

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

4. Mendapat email verifikasi outlet 

Selanjutnya, pihak Grab bakal melakukan pengecekan terhadap data-data mengenai warungmu yang telah diisi di formulir. Jika sudah disetujui, kamu bakal mendapatkan email verifikasi warung dengan Subject Email : GrabFood – Verifikasi Email Anda.

Lakukan verifikasi dalam waktu 72 jam dengan klik link yang dilampirkan di dalam email. Kalau lewat dari batas waktu yang ditentukan, verifikasi warungmu bakalan gagal, atau kamu bisa meminta email verifikasi lagi dengan menghubungi tim telesales Grabfood. 

5. Melewati proses tim dari OVO 

Seperti yang diketahui, segala pembayaran digital Grabfood hanya melalui OVO. Karena itu, penting bagi kamu pemilik warung untuk melewati proses OVO. Proses ini terkait dengan pembuatan rekening dan pengaktifannya. 

Kenapa cara daftar Grabfood online harus melibatkan OVO? Penyebabnya adalah Grab telah menjalin kerja sama dengan OVO, jadi segala proses pembayarannya akan melibatkan OVO. 

Lalu selanjutnya bakal ada tahapan validasi antara akun OVO dengan warung makanmu. Nantinya tim OVO akan meminta verifikasi nama kamu, restoran, dan alamat restoran kamu. Nah, setelah semua data selesai divalidasi, kamu akan mendapat notifikasi dari tim OVO. 

6. Materi pelatihan bakal dikirimkan lewat email 

Setelah semua proses dipenuhi, kamu bakal dikirimkan materi-materi pelatihan yang berisi tentang cara menggunakan aplikasi Grabfood dan cara mengaktifkan akun. 

Selesai deh tahapan soal bagaimana cara daftar Grabfood yang benar! Tidak terlalu ribet, bukan?

Cara mendapatkan koordinat restoran 

Setelah kamu menyelesaikan tahapan dalam cara daftar Grabfood online di atas dan berhasil menjadi mitra, saatnya kamu menentukan titik koordinat lokasi restoran atau rumah makan yang kamu punya. Kenapa harus punya titik kordinat? Karena hal ini untuk memberi tahu pelanggan perihal lokasi tokomu. Selain pelanggan, pengantar makanan pun bisa dimudahkan untuk melacak lokasi tokomu melalui Google Maps. 

Kamu cukup pakai browser computer atau aplikasi Google Maps saja untuk mendapatkan titik lokasi restomu. Berikut ini Lifepal merangkumnya buat kamu!

1. Pakai browser komputer

Salah satu cara untuk tahu lokasi kamu sesuai dengan koordinat, memakai browser komputer dengan tahapan seperti ini: 

  • Masuk ke situs Google Maps – https://www.google.com/maps
  • Cari alamat tempat usaha kamu di situs ini 
  • Masukkan nomor jalan yang bisa jadi patokan alamat kamu 
  • Kalau sudah ketemu lokasinya, klik titik terkait (pin merah) di Google Maps
  • Kemudian klik kanan di titik tersebut
  • Klik “What’s Here” atau “Ada Apa Disini” 
  • Copy titik koordinat yang muncul pada kotak kecil
  • Simpan titik koordinat untuk proses pendaftaran dan pengisian formulir

2. Via aplikasi Google Maps

  • Buka aplikasi Google Maps. 
  • Cari tempat usaha kamu di Google Maps.
  • Kalau lokasi sudah ketemu, geser dan tahan pin warna merah hingga muncul informasi “Pin Dipasang” atau “Dropped Pin”.
  • Tekan “Info Selengkapnya” dan geser laman ke atas.
  • Tahan titik koordinat lalu lepas sampai muncul notifikasi “Koordinat disalin ke clipboard”.
  • Simpan titik koordinat resto atau warung makan kamu yang nantinya kamu isi di formulir pendaftaran.

Perhitungan pajak makanan bagi merchant 

Namanya berbisnis pasti dong inginnya dapat margin besar. Lalu, gimana perhitungannya kalau kamu menggandeng GrabFood sebagai partner berbisnis? 

Lewat situs resminya, Grab menjelaskan kalau mitra toko atau restoran, profit sharing yang dibebankan sebesar 30% (di luar PPN), dari pesanan yang masuk. Misalnya, dalam sehari kamu dapat pesanan hingga Rp500 ribu, jadi 30% dari total pesanan itu sekira Rp150 ribu jadi milik Grab. 

Nah, kalau dilihat dari nominalnya memang besar ya. Tapi kalau kamu lihat dari sisi lain dari sistem bagi hasil ini, sebenarnya ini hal yang wajar kok. Karena kamu dapat keuntungan seperti yang disebutkan di atas (promosi murah, gak perlu repot antar, pendapatan meningkat dan jangkauan konsumen lebih luas). 

Jika kamu masih merasa belum cukup, ada trik lain kok untuk menyiasatinya. Yuk, disimak!

1. Hitung lagi margin

Cara paling mudah adalah bedakan harga jual offline dengan aplikasi GrabFood. Kamu bisa naikkan harga jual makanan atau minumanmu di aplikasi GrabFood. Jadi dengan begini, selisih harga aplikasi dan offline bisa menutupi system bagi hasil 30% dari Grab.

2. Ongkos kirim

Sering kali Grab mengadakan promo besar-besaran sistem antarnya. Nah, ini salah satu yang harus kamu pikirkan sebelum menentukan besaran harga jual di aplikasi. 

Karena begitu kamu setuju dengan perjanjian kolaborasi dengan Grab, maka mereka punya hak penuh dalam menentukan ongkos kirim. Ini terjadi saat perang tarif antar kompetitor, pihak aplikator bisa memasang ongkir semurah mungkin. 

Dari promo yang dikeluarkan pihak Grab, secara gak langsung imbasnya ke kamu sebagai mitranya. Perlu perhitungan yang maksimal dalam menyusun skema harga. 

Baiknya segala hal yang terkait dengan ongkos produksi bisa kamu perhitungkan untuk menghitung harga jual.

3. Gali info dari mitra lain

Terjun di dunia usaha kuliner, pastinya kamu gak sendirian yang masuk jadi mitra Grab. Manfaatkan hal ini untuk bertanya review mereka sebagai sesama mitra di aplikator yang sama. 

Jika ada sesuatu yang kamu gak tahu, tanyakan ke pihak Grab sebelum kerja sama. Tanya sedetail mungkin, agar usaha kamu lancar ke depannya.

4. Alur pembayaran

Agar meminimalkan antrean panjang di kasir pembayaran, baiknya kamu siapkan dua kasir khusus aplikasi dan offline

Langkah ini juga bisa menghindari review buruk untuk usaha kamu. Gak mau kan usahamu dinilai jelek karena konsumen menunggu lama gara-gara antre bayar.

Sistem bagi hasil 

Itu tadi cara daftar Grabfood atau alur yang harus kamu lalui untuk bisa membuat bisnis kulinermu mejeng di daftar restoran atau warung makan Grab. Mungkin kalian bertanya-tanya, lantas apa keuntungan yang didapatkan pihak Grab?

Biasanya besaran bagi hasil bakal dirundingkan oleh pihak Grab dan pemilik warung makan hingga mencapai kata sepakat. Tapi rata-rata Grab bakal mendapatkan hasil sekitar 15-30 persen dari total pemesanan.

Jadi, perhitungannya, misalnya harga makanan yang kamu patok sekitar Rp20.000, berarti, Grab bakal mendapatkan keuntungan Rp 6.000, sementara nilai penjualanmu tentu bakal berkurang menjadi Rp14.000.  

Untuk mengakalinya, biasanya penjual bakal menaikkan harga jualnya di aplikasi Grab dari harga aslinya. Tujuannya, tentu saja agar nilai penjualannya tidak mengalami penurunan yang signifikan karena dipotong oleh sistem bagi hasil. 

Sekian informasi mengenai cara daftar Grabfood. Kalau usahamu kini sepi pembeli dan penjualannya segitu-gitu aja, gak ada salahnya untuk bergabung dengan Grab. Siapa tahu saja penjualan naik, popularitas juga naik!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →