Ini Cara Diet yang Aman dan Tak Bikin Kantong Jebol!

Cara diet

Diet adalah pola atau kebiasaan dalam mengatur jumlah makanan yang dikonsumsi agar bisa menjaga berat badan secara optimal. Adapun cara diet dengan benar memang tidak mudah dan kadang membingungkan.

Sebagian orang memiliki cara diet tersendiri untuk menjaga kesehatan dengan upaya sendiri, dan ada yang atas saran dokter. 

Namun, masih banyak juga orang yang melakukannya dengan metode tidak sehat. Bahkan, sampai ada yang rela tidak makan dan mengonsumsi obat kimia. 

Padahal, cara-cara tidak konvensional seperti itu membahayakan kesehatan yang bisa menimbulkan beragam penyakit seperti jantung, kolesterol, hingga diabetes. 

Agar terhindar dari beragam penyakit berbahaya karena cara diet yang salah, beberapa teknik diet sederhana ini memberikan hasil instan, murah, dan tentunya aman untuk kesehatan.

Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasannya seperti disarikan Lifepal di bawah ini:

10 cara diet yang aman dan murah meriah

Cara Diet yang Baik dan Benar

Hal penting yang harus dilakukan ialah menjalani cara diet dengan benar demi bisa mengejar berat badan ideal. 

Bahkan, untuk sebagian orang tidak perlu menyiksa diri dengan mengurangi porsi makan hingga menahan lapar. Kuncinya adalah, jenis makanan yang dipilih. Jika makanan sudah benar, maka nutrisi yang diperoleh pun akan proporsional. 

Selain itu, cara diet yang dijalani harus penuh trik. Sehingga tidak hanya bertujuan membuat tubuh lebih langsing, tapi juga sehat.  

Membahas soal itu, ada banyak trik yang bisa dilakukan. Berikut, beberapa panduannya.

1. Perbanyak makanan dikukus dan direbus

Cara diet

Jenis makanan yang dikonsumsi memang menjadi faktor penting yang harus diperhatikan saat menjalani diet.

Kamu harus sebisa mungkin menghindari makanan dengan kandungan lemak jenuh berlebih, berminyak, terlalu asin, atau terlalu manis, dan beragam faktor yang tidak menyehatkan bagi tubuh.

Selain mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna, memilih cara memasaknya pun harus tepat. Bagi kamu yang sedang menjalani program diet, makanan yang dikukus dan direbus merupakan pilihan yang sangat baik. 

Sebuah penelitian baru-baru ini menyebutkan, sayuran jauh lebih kaya dan sehat jika direbus. Diyakini ketika sayuran direbus, itu akan membantu mempertahankan vitamin, mineral dan nutrisi lainnya.

Kandungan nutrisi dalam makanan yang dikukus dan direbus tak kalah menarik dengan makanan yang digoreng, sehingga tetap enak dikonsumsi. Apalagi, minyak goreng tinggi kandungan kalori dan lemak yang lama-lama akan menumpuk di tubuh dan membahayakan bagi kesehatan.

Menyiapkan makanan dikukus dan direbus tentu saja tidak perlu mahal-mahal. Kamu hanya cukup membeli sayur-sayuran yang bisa direbus seperti wortel, bit, kentang, kacang-kacangan, bayam, jagung manis, ubi jalar, kembang kol, kubis, atau brokoli.

Rebus beberapa jenis sayuran tersebut dalam air biasa. Kamu bisa menambahkan sedikit garam ke air dan sedikit lada juga dalam air rebusannya. Tak membutuhkan waktu lama, kamu hanya perlu merebus bahan-bahan tersebut selama 3-6 menit dan tidak lebih dari itu.

Membeli sayur-sayuran tersebut tidak mahal, bahkan jika kamu ingin membeli yang organik pun hanya berbeda ribuan rupiah saja. 

Dengan dana kurang lebih mulai dari Rp5 ribu hingga Rp20 ribuan, kamu sudah bisa membeli jenis sayuran yang akan direbus. Murah, kan

2. Sering minum air putih

Sering minum air putih

Seperti diketahui, sebagian besar tubuh manusia didominasi cairan. Sehingga, air merupakan salah satu elemen yang berperan sangat penting untuk menjaga kesehatan dan membantu proses metabolisme tubuh. Termasuk, melancarkan program diet sehat yang sedang dijalani.

Untuk menunjang penurunan berat badan, minum segelas air putih sebaiknya dilakukan sebelum makan. Sehingga, bisa mengurangi porsi makanan yang kita konsumsi. 

Pasalnya, saat perut terisi banyak air, biasanya kita akan merasa lebih kenyang dan nafsu makan berkurang. Menjaga asupan cairan juga dapat meningkatkan pencernaan dan mencegah kembung.

Minum air putih dianjurkan sebanyak dua liter atau delapan gelas per hari. Agar proses diet berjalan maksimal, hindari minuman manis seperti kopi, soda, jus atau teh manis, karena mengandung kalori yang tinggi.

Jika bosan minum air putih yang tawar, kamu bisa membuat infused water dengan irisan lemon, buah-buahan seperti apel, stroberi, hingga kiwi. 

Membuat infused water ini tidak harus merogoh kocek banyak, cukup menyediakan dua liter air dengan potongan buah-buahan tersebut. Untuk membuatnya, kamu cuma butuh bahan sebagai berikut:

2 liter air yang tentunya sudah ada di rumah

1 jenis buah-buahan Rp 10 ribu

1 lemon Rp 10 ribu

Cukup merogoh kocek Rp 20 ribu, kamu sudah bisa membuat 2 liter infused water yang sehat dan bisa membantu program dietmu.  

3. Kurangi makan garam

Cara diet

Konsumsi garam berlebih membuat tubuh sulit memproses lemak yang ada di perut, sehingga membuat perutmu jadi buncit. Umumnya, ini terjadi karena kamu mengonsumsi garam meja.

Kadar garam meja yang berlebihan akan menghambat proses metabolisme lemak. Untuk itu, cobalah menghindari pemberian garam ketika sedang memasak sayur, ayam, telur, dan lainnya. Kamu bisa menggantinya dengan garam laut karena mengandung lebih sedikit sodium.

Makan garam secara berlebih juga membuat tekanan darah tidak terkontrol, khususnya seseorang yang berisiko tinggi mengidap tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Mengganti garam meja yang hanya bisa dibeli kurang dari Rp5 ribu per bungkus dengan garam laut memang yang harga per bungkusnya bisa mencapai Rp 30 ribuan.

4. Rajin berolahraga

Cara diet

Tanpa berolahraga secara rutin, kamu akan sulit mendapatkan hasil diet yang maksimal. Pasalnya, kalori berlebih di tubuh bisa dibakar dengan cara berolahraga.

Ada beragam bentuk olahraga yang tidak terlalu rumit atau berat. Bahkan, tanpa merogoh kocek sepeser pun. 

Kamu bisa berlari, berjalan santai, bersepeda, bermain bola, dan masih banyak kegiatan lain yang dapat dilakukan secara gratis. 

Untuk melakukannya, ya di luar ruangan. Misalnya, mengelilingi area di sekitar rumah atau sekadar di teras rumah.

Sekadar diketahui, olahraga bukan hanya dapat mendukung pelaksanaan diet, tapi juga membuat tubuh bugar dan sehat. Khususnya, agar organ jantung berfungsi dengan baik.

Karena itu, luangkanlah waktu setidaknya 30 menit dalam sehari untuk berolahraga!

5. Makan sayur dan buah

Cara diet

Sebagai menu sarapan pagi, lebih baik jangan melibatkan nasi jika ingin sukses menjalani diet. 

Kamu bisa mengganti nasi dengan sayuran maupun buah-buahan karena keduanya mengandung nutrisi yang bagus untuk metabolisme tubuh.

Bahkan, makan buah dan sayur bisa melancarkan buang air besar (BAB) setiap harinya. Pasalnya, sayur dan buah memiliki kandungan serat yang banyak.  

Seperti diketahui, serat merupakan salah satu nutrisi yang bisa menurunkan berat badan dan menjaganya agar tidak cepat naik kembali. 

Dengan mengganti nasi pada nutrisi kaya serat seperti buah dan sayur, hasilnya program diet berjalan sukses dan membuat berat tubuh lebih baik.

6. Waktu tidur yang cukup

Cara diet

Selain olahraga, tidur yang cukup merupakan cara diet alami. Dalam sehari, tubuh harus tidur sekitar enam hingga delapan jam. Ketika itu terjadi, maka metabolisme tubuh akan jadi lebih baik.

Saat kita kurang tidur, hormon-hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Kurang tidur dapat meningkatkan hormon yang membuat kita ingin maka dan menekan hormon yang mengundang rasa kenyang. Kondisi ini membuat kita mengalami kenaikan berat badan.

Karena itu, jangan sampai kamu tidur larut di malam hari. Sebab, sering begadang atau tidur malam hari lebih berisiko mengalami kegemukan.

7. Konsumsi makanan tinggi nutrisi

Cara diet

Diet yang sukses berakibat kepada berat badan yang ideal. Untuk itu, kamu harus memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung mineral, potasium, antioksidan, dan vitamin C. 

Pasalnya, semua sumber nutrisi itu bisa menghancurkan selulit dan menurunkan kolesterol.

8. Hindari kebiasaan hidup tak sehat

Jika ingin diet yang kamu lakukan sukses, maka harus menghindari beberapa kebiasaan tidak sehat. Misalnya, merokok, minum alkohol, kebanyakan mengonsumsi makanan dan minuman manis, hingga sering begadang.

Sebab, kebiasaan-kebiasaan tersebut selain tidak baik untuk kesehatan tubuh juga bisa menambah berat badan.

Seperti diketahui, alkohol cenderung memiliki kandungan kalori yang tinggi yang bisa membuat usaha kalian menurunkan berat badan jadi berantakan. Alkohol juga membuat badan kehilangan mineral penting sehingga membuat tubuh mengalami dehidrasi.

Sementara itu, tak berbeda jauh dengan alkohol, makanan dan minuman manis biasanya mengandung gula tambahan. 

Makanan dan minuman ini juga biasanya tidak mengandung nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Makanan organik dan minuman seperti jus buah juga mengandung gula dalam jumlah cukup banyak. Sehingga bisa menggagalkan program dietmu!

9. Kontrol porsi makanmu

Setelah mengetahui jenis makanan dan minuman apa saja dan mengatur jadwal makan yang lebih sistematis selama program diet, maka kamu harus mengontrol porsi makanan yang dikonsumsi. 

Selama menjalani program diet, maka kamu harus mengontrol porsi makanmu. Yaitu, dengan menghindari makan porsi jumbo.

Hal paling penting yang harus diperhatikan adalah zat gizi yang terkandung dalam makanan, bukan jumlahnya. 

Untuk membantu melakukannya, sangat penting mengatur waktu makan. Sehingga, tidak akan ada penumpukan kalori yang tidak diperlukan oleh tubuh.

10. Jangan diet terlalu ketat 

Diet ketat memang bisa memberi hasil nyata. Bagi orang yang melakukannya, akan langsung terlihat penurunan berat badan yang drastis karena massa air dalam tubuh menurun. 

Hanya saja, kondisi ini sering diiringi beberapa efek negatif seperti rasa lemah, lelah dan sakit. 

Karena itu, jangan menjalani diet terlalu ketat yang akan mengganggu kesehatan fisik dan mental kita. 

Namun, hal penting yang harus dilakukan saat tengah diet ialah jangka panjang untuk menjamin kesehatan. 

Untuk membantu mendapatkan tubuh ideal dengan cara aman, kamu harus berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan saran nutrisi yang spesifik.

Itulah 10 cara diet sehat yang tak akan membuat kantongmu jebol. Ketika diet yang dijalani sukses, maka tubuh akan sehat dan bugar.

Setelah terbiasa menerapkan gaya hidup sehat dengan cara diet yang aman, maka akan lebih bijaksana untukmu menggunakan asuransi kesehatan agar meminimalisir pengeluaran. Sehingga, tak hanya membut tubuhmu sehat, finansialmu juga akan sehat!