Ini Tips Bagi Generasi Sandwich Agar Kondisi Keuangan Tetap Jaya

generasi sandwich

Pernah mendengar istilah generasi sandwich? Nah generasi sandwich ini adalah generasi yang gak memiliki tanggung jawab terhadap keadaan finansialnya sendiri. Kamu salah satunya? Agar kondisi keuanganmu tetap jaya ikuti tips ini ya. 

Sejatinya generasi ini adalah orang atau sekelompok yang memiliki setumpuk tanggung jawab soal finansial. Mereka kebanyakan gak memiliki tanggung jawab soal finansial, tapi kebanyakan dari generasi ini juga punya segudang tanggung jawab sedemikian berat. 

Dengan memiliki beban yang berat, seharusnya mereka mampu nih mengatur keuangan agar mereka gak kewalahan soal pengeluaran. Seperti dikutip dari Hipwee.com, Minggu, (5/1), ada lho sederetan bagi generasi ini menerapkan displin keuangan agar mereka tetap merdeka finansial. Apa saja sih? Yuk mendingan langsung aja baca artikelnya di sini. 

Baca juga: 15 Kebiasaan Mengatur Keuangan Pribadi yang Bisa Bikin Masa Depan Cerah

Bikin pos anggaran, ini sangat diperlukan oleh generasi sandwich

generasi sandwich
Bikin pos anggaran itu sangat penting lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bagi kamu generasi sandwich ada baiknya nih membuat pos anggaran setiap bulannya. Di saat kamu menanggung beban banyak, siap gak siap bakal mengeluarkan pengeluaran yang gak diduga. 

Oleh karena itu ada baiknya kamu membuat pos anggaran. Misalkan kamu bagikan atau split buat dana darurat, tabungan, investasi, kehidupan sosial kamu hingga konsumsi. 

Usahakan setiap pos memiliki porsinya masing-masing dan disesuaikan dengan kebutuhan ya. Sangat dianjurkan jika semua anggaran yang dibebankan oleh kamu gak lebih dari 60 persen dari penghasilan mu. 

Baca juga: Jangan Sampai Terulang! Manajemen Finansial Seperti Ini Bikin Kamu Tekor Sepanjang Tahun

Pisahkan rekening buat menabung dan pengeluaran

generasi sandwich
Salah satu cara ini sangat berguna bagi kamu yang mengalami, (Ilustrasi/Shutterstock).

Salah satu hal yang sulit dilakukan oleh banyak orang adalah berkomitmen gak menggunakan uang  sesuai tujuannya. Oleh karena itu, solusi yang tepat adalah kamu memisahkan mana rekening buat menabung dan pengeluaran. 

Hal tersebut meminimalisir pengeluaran yang boros alias berlebihan. Jadi saat kamu sudah berhasil memisahkan mana rekening buat menabung dan pengeluaran, setidaknya seseorang mengetahui berapa banyak uang yang ia selamatkan. 

Baca juga: Agar Makin Makmur di 2020, Begini Lho Cara Kelola Keuangan yang Mudah

Mawas diri dengan melakukan proteksi ke diri sendiri

generasi sandwich
Bikin proteksi bagi generasi ini sangatlah penting, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kamus sebagai generasi sandwich, penghasilanmu memang sangat dibutuhkan oleh keluarga. Memproteksi diri sendiri sangatlah penting dengan memiliki asuransi kesehatan merupakan keputusan yang bijak banget. 

Jika membeli produk asuransi kesehatan dirasa mahal buat kamu, dirimu bisa lho memanfaatkan BPJS Kesehatan. Atau memiliki asuransi jiwa agar kondisi keuangan keluarga gak collapse. 

Mulai berinvestasi sejak dini

generasi snadwich
Memiliki investasi sangat penting bagi generasi ini, (Ilustrasi/Shutterstock.

Memiliki investasi sejak dini sangat perlu lho bagi kamu generasi sandwich. Gak ada tuh yang namanya kata terlambat buat memulai investasi. Sisihkan sekitar 10 persen dari penghasilan setiap bulannya buat berinvestasi. 

Banyak kok instrumen investasi yang sifatnya konservatif seperti deposito, reksa dana pasar uang, dan Surat Berharga Negara (SBN). Atau dengan memulai dengan berinvestasi dalam bentuk logam mulia juga bisa lho. 

Sudah menyiapkan dana pensiun, ini penting!

generasi sandwich
Memiliki dana pensiun juga sangat diperlukan oleh kamu yang memiliki label generasi ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menyiapkan dana pensiun bagi generasi sandwich sangatlah penting sekali nih! Gak bisa dipungkiri kalau tantangan terbesarmu adalah memutuskan rantai bagi generasi ini. 

Dengan menyiapkan dana pensiun, artinya kamu sudah mempersiapkan finansial mu disaat dirimu sudah gak produktif lagi. Hal ini dilakukan agar nantinya gak merepotkan anak-anakmu. 

Terlihat sederhana memang, tapi cara ini sangat diperlukan konsistensi dalam menerapkan, pasalnya dirimu kelak yang bakal menikmatinya. 

Nah itu dia deretan tips bagi generasi sandwich agar kondisi keuangannya tetap jaya dan merdeka finansial. Semoga artikel di atas cukup bermanfaat bagi kamu yang tergolong generasi ini. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →