Cara Hemat Kuota Zaman Now: Pakai 6 Aplikasi Canggih Ini

Cara Hemat Kuota

Sebagai anak Internet, data seluler adalah segalanya. Cara menghemat kuota apapun pasti bakal dilakoni, dari nongkrong di fast food hingga warkop kekinian yang memberi fasilitas free Wi-Fi.

Tapi cara menghemat kuota data itu gak selalu bisa dipraktikkan setiap saat. Masak, tiap hari nongkrong di warkop cuma pesen kopi secangkir buat Internetan sepanjang hari?

Atau karena tengsin jadi banyak beli biar gak dikira numpang pakai Wi-Fi doang. Malah rugi bandar dong.

Untungnya perusahaan teknologi sepertinya merespons kebutuhan buat cara menghemat kuota ini dengan baik. Mereka berlomba-lomba menciptakan aplikasi atau layanan digital yang bisa digunakan untuk menghemat kuota data.

Berikut ini contoh aplikasi canggih yang menyediakan cara hemat kuota itu:

1. Samsung Max

cara hemat kuota
Opera Max sudah almarhum. Ini gantinya (betanews.com)

Aplikasi ini menjalankan fungsi pengelola data sekaligus VPN. Sebagai pengelola data, Samsung Max bisa mengompres file berupa gambar, video, hingga teks agar gak terlalu besar, sehingga kuota data bisa dihemat.

Adapun fungsi VPN adalah memberi koneksi yang privat dan aman bagi penggunanya saat mengakses Internet. VPN yang satu ini berbeda dengan yang biasa dipakai buat buka blokir situs ya.

Cara kerja Samsung Max untuk cara menghemat kuota adalah menelisik program-program yang secara tersembunyi menggunakan akses Internet, sehingga sedikit demi sedikit membuat kuota boros. Untuk menggunakannya, cukup install dan pilih “Connect” untuk menghubungkannya dengan data Internet di ponsel.

Mungkin beberapa sudah ada yang tahu. Aplikasi ini dulu merupakan Opera Max. Setelah resmi gak dijalankan lagi pada akhir 2017, Opera Max diakuisisi oleh Samsung.

Sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia di ponsel Samsung. Kamu punya smartphone Samsung? Cobalah. Mereka mengklaim bisa hemat kuota data hingga 50 persen lho.

Aplikasi Samsung Max gratis tersedia di PlayStore.

[Baca: 9 Cara Hidup Hemat Ini Bikin Anak Kos Sejahtera Meski Akhir Bulan]

2. Datally

cara hemat kuota
Tahu gak, Datally diluncurkan di Indonesia lho (pcworld.com)

Aplikasi ini kayak Samsung Max, fresh from the oven alias terhitung masih baru. Fungsinya mirip dengan Samsung Max, juga dengan VPN.

Sebagai aplikasi besutan raksasa Google, Datally telah menjalani banyak uji penggunaan dan bisa dijamin keandalannya. Menurut Google, data yang bisa dihemat dengan aplikasi ini mencapai 30 persen.

Datally bisa digunakan untuk melacak penggunaan data dan aplikasi mana yang paling banyak menyedot kuota dalam sebulan. Fungsi penting lainnya adalah pengingat kuota.

Jika kita mau hemat kuota, bisa tetapkan batas penggunaan sendiri. Saat membuka aplikasi tertentu, bakal ada balon berisi informasi kuota yang tersedot. Saat merasa kuota sudah cukup banyak terpakai, bisa langsung keluar dari aplikasi itu.

Selain jadi cara hemat kuota, Datally bisa juga dipakai untuk menemukan jaringan Wi-Fi terkuat. Tapiiii, tetap perlu password untuk masuk ke jaringan itu. Gak bisa jebol password Wi-Fi pakai Datally.

Aplikasi Datally gratis di PlayStore.

3. Opera Browser dan Opera Mini

cara hemat kuota
Opera Browser dan Opera Mini seperti kakak-adik kembar (m2mobileinsights.com)

Menyudahi layanan Opera Max, tapi masih menyediakan Opera Browser dan Opera Mini. Keduanya ampuh digunakan sebagai cara hemat kuota.

Aplikasi ini adalah browser alias peramban, digunakan untuk berselancar di Internet. Fungsi penghematan kuota bisa dijalankan dengan memilih setting atau pengaturan pada browser.

Di sana, kita bisa mengatur penghematan untuk video, gambar, juga teks. Satu hal penting lainnya adalah kita bisa mengeblok iklan pada browser.

Jadi, ada dua manfaat sekaligus. Kita bisa hemat kuota data dan bebas dari gangguan iklan yang gak diinginkan. Lantas apa beda Opera Browser dan Opera Mini?

Secara umum, Opera Browser memberi layanan lebih lengkap. Adapun Opera Mini berfokus pada penghematan data yang ketat. Artinya, data yang bisa dihemat dengan aplikasi ini bisa dimaksimalkan.

Tapi ada konsekuensinya, yaitu layanan yang diberikan minim. Misalnya fungsi drop down pada suatu situs gak bisa diakses.

Baik Opera Mini maupun Opera Browser tersedia gratis di PlayStore.

[Baca: 5 Cara Menghemat Uang Makan Saat Menikmati Liburan]

4. Facebook Lite

cara hemat kuota
Kepo sambil hemat kuota, mau? (businessinsider)

Kamu suka main Facebook? Aplikasi ini menjadi jawaban buat kamu yang hobi kepo status orang tapi gak mau boros kuota.

Dengan menggunakan Facebook Lite, fitur Facebook dibikin simpel dengan tampilan yang juga simpel. Gambar dan video dibikin seminimal mungkin ukurannya sehingga gak membebani kuota.

Namun sayangnya aplikasi ini gak tersambung dengan Facebook Messenger. Jadi, harus install aplikasi Messenger tersendiri.

Meski begitu, Facebook Lite betul-betul memudahkan penghematan kuota data. Dan gak cuma kuota, memori smartphone pun bisa lebih dihemat.

Artinya, kamu yang memakai smartphone minimalis dengan memori terbatas bisa menginstalnya tanpa takut memori banyak termakan. Aplikasi Facebook Lite tersedia gratis di PlayStore.

5. Net Guard

cara hemat kuota
Semua akses data yang sekiranya boros bisa diblok pakai Net Guard (tech-wd.com)

Ini nih, aplikasi firewall yang gak membutuhkan rooting. Beberapa aplikasi serupa mengharuskan smartphone di-root.

Namun rooting bisa membuat garansi gak berlaku, meski bisa dikembalikan lagi. Khusus buat driver ojek online, hape yang di-root bisa menyebabkan suspend.

Aplikasi Net Guard berfungsi untuk penghematan kuota data sekaligus menjaga privasi dalam penggunaan Internet. Penyedia aplikasi ini juga mengklaim baterai bisa lebih dihemat kalau pakai Net Guard.

Masuk akal sih. Aplikasi yang berjalan dan menyedot kuota akan dihabisi olehnya. Otomatis hape gak banyak bekerja, yang ujungnya membuat baterai lebih tahan lama.

Net Guard tersedia gratis di PlayStore dan App Store.

6. YouTube Go

cara hemat kuota
Nonton video cuma habis 5 MB doang? Bisa pakai YouTube Go (dirmank.id)

Waktu dirilis, aplikasi YouTube Go terang-terangan ditujukan bagi wilayah dengan koneksi Internet jelek atau harga data seluler yang mahal. Mungkin nyinggung Indonesia ya.

Apa pun itu, YouTube Go adalah jawaban buat yang hobi nonton video di YouTube tapi takut kehabisan kuota. Dengan aplikasi ini, kita bisa mengatur berapa banyak kuota yang mau kita pakai buat nonton video.

Adapun fungsi standar YouTube seperti share dan download tetap ada. Dengan demikian, kita pun bisa download video dan menontonnya di lain waktu. Oh iya, iklan aplikasi ini sudah sering wara-wiri di televisi.

Aplikasi YouTube Go tersedia gratis di PlayStore dan App Store.

Itulah sederet aplikasi canggih yang bisa digunakan buat hemat kuota data. Ada satu lagi cara hemat kuota yang mungkin gak kita sadari, yakni beli aplikasi yang berbayar agar bebas iklan.

Tahukah kamu bahwa iklan yang muncul pada aplikasi gratis itu juga menyedot data plus baterai? Makin banyak aplikasi gratis beriklan, makin besar sedotannya.

Jadi, mungkin bisa dipertimbangkan beli aplikasi agar bisa hemat kuota. Mulailah dengan aplikasi yang paling sering dipakai. Hitung-hitung buat apresiasi developer-nya juga dan cari cara menghemat kuota.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →