Ini Cara Simpel yang Bisa Dilakukan agar Hemat dan Gak Terlihat Pelit

Bisa hidup hemat pada dasarnya menguntungkan. Namun, lama-lama bisa bikin kamu capek juga kalau hematnya udah gak ketulungan. Alih-alih dicap irit, kamu malah dibilang pelit nanti. Karena itu, kamu perlu tahu nih cara hemat seperti apa yang cocok buat dijalankan.

Pastinya cara hemat tersebut benar-benar gak bikin uang belanjaan kamu keluar banyak. Pastinya juga gak sampai mencitrakan dirimu seolah-olah orang yang pelit.

Emangnya ada ya cara hemat kayak gitu? Ada kok, siapa bilang gak ada. Pilihan simpel semisal memanfaatkan kupon promo aja udah termasuk cara berhemat, tapi gak menunjukkan diri kita pelit. Sebab semua orang juga kepengin dapat kupon promo.

Baca juga: Makan di Warteg, Begini Cara Hemat Hamish Daud yang Gak Biasa

Nah, masih ada lagi nih cara-cara hemat simpel lainnya yang bisa kamu terapkan seperti yang dikutip dari Mint berikut ini. Yuk, dicek ulasannya di bawah ini: 

1. Beli voucher belanja secara online

Cara hemat yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara membeli voucher belanja secara online, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sekarang voucher belanja udah dijual secara online. Untungnya beli online selain mudah, harganya juga terjangkau. Katakan aja kamu pengin beli voucher belanja senilai Rp 100 ribu. Beli online di beberapa platform belanja, kamu bisa dapat harga Rp 80 ribu.

Baca juga: Malah Bikin Rugi, Ini 4 Cara Hemat yang Gak Banget Buat Diterapin

Pastinya dong kamu diuntungkan dengan pembelian voucher tersebut. Kamu bisa belanja senilai Rp 100 ribu dengan mengeluarkan uang cuma Rp 80 ribu. Kalau kamu belum pernah beli voucher online, mulai jadikan deh sebagai cara hemat kamu.

2. Beli barang seken yang waktu pemakaiannya gak lama

Cara hemat lainnya adalah membeli barang seken yang waktu pemakaiannya gak lama, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak melulu beli barang baru. Sebagai gantinya, kamu juga bisa membeli barang seken selama itu masih layak digunakan. Kalau bisa barang sekennya masih tampak baru.

Cukup banyak lho barang-barang seken yang bisa kamu temukan, baik online maupun offline. Di online kamu bisa mendapatkan barang-barang seken dengan mencarinya di OLX, Carousell, Prelo, BelanjaBekas, Tokopedia, Jualo, hingga Bukalapak.

Baca juga: Jamu Tamu Pakai Sayuran, Ini Lho Cara Hemat Uang ala Orang Jerman

Sementara di offline, kamu bisa menemukan barang-barang bekas di beberapa lokasi di Jakarta. Mulai dari Pasar Taman Puring, Pasar Baru, Jalan Surabaya, Jembatan Item, Pasar Senen, hingga Kwitang.

3. Pakai promo kartu kredit

Gunakan dan manfaatkan segala promo kartu kredit yang kamu miliki dan itu salah satu cara hemat juga lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Siapa bilang pakai kartu kredit itu bikin tekor? Boros atau gaknya penggunaan alat pembayaran ini tergantung dari si penggunanya sendiri.

Kenyataannya nih kamu bisa berhemat dengan transaksi pakai kartu kredit. Asal tahu aja nih, kartu kredit itu selalu menawarkan promo-promo yang tentunya bisa hemat pengeluaran kamu.

Promo-promo yang ditawarkan beragam. Mulai dari promo Fashion & Lifestyle, Food & Beverages, Gadget & Electronics, promo online, hingga travel. Tinggal dipilih aja mana yang lagi kamu butuhkan.

Paling enaknya lagi tuh memanfaatkan promo cicilan bunga 0 persen. Kamu bisa membeli barang-barang tertentu selama 24 dengan cicilan bunga 0 persen. Dijamin pakai cara hemat ini untung banget deh.

Biasanya barang yang bisa dibayar dengan cicilan bunga 0 persen ini adalah smartphone ataupun gadget. Namun, ada baiknya tanyakan ke tokonya dulu, apakah terima cicilan 0 persen atau gak. Terus yang harus kamu ingat, ketentuan ini bisa gugur kalau telat bayar.

4. Mendaftarkan email buat berlangganan kalau baru belanja

Mendaftarkan email buat berlangganan kalau baru belanja, (Ilustrasi/Shutetrstock).

Potongan harga bisa kamu dapatkan cuma dengan mendaftarkan email berlangganan newsletter lho. Cukup banyak situs-situs belanja atau ecommerce yang kasih keuntungan ini. Cara hemat ini cukup manjur buat menekan biaya belanja lho.

Kamu gak usah ragu buat memberi email. Sebab dengan berlangganan newsletter, kamu jadi tahu info-info promo yang lagi berlangsung. Jadinya, kamu gak ketinggalan buat menikmati promo-promo yang ditawarkan.

5. Setiap belanja selalu bandingkan harga

Setiap belanja usahakan buat membandingkan harga barang bakal dibeli, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sekalipun kamu udah suka banget dengan barang yang pengin dibeli, ada baiknya jangan langsung membelinya. Lakukan perbandingan harga dulu dengan mencari barang yang sama di toko yang berbeda. Gak menutup kemungkinan, kamu bisa mendapat harga yang murah.

Cara hemat ini lebih enak dilakukan buat belanja online. Soalnya lebih hemat waktu ketimbang dilakukan secara offline. Namun, kalau kamu mau melakukan secara offline, gak apa-apa juga kok. Asalkan kamu siap aja keluarkan energi ekstra buat keliling demi dapat harga terjangkau.

Nah, itu tadi tips-tips hemat yang bisa kamu lakukan tanpa bikin kamu terlihat pelit. Gimana? Tips-tips di atas simpel dan mudah, bukan? Selama benar-benar menjalankannya, kamu benar-benar bakal hemat uang belanjaan deh. (Editor: Mahardian Prawira).