Begini Cara-cara Hidup Bahagia agar Gak Stres karena Masalah Keuangan

Cara hidup bahagia dengan lakukan hal-hal berikut ini

Gimana cara hidup bahagia? Banyak orang mencari cara supaya bisa menikmati hidup dengan bahagia. Harus diakui kalau kebahagiaan itu mahal dan gak bisa diukur dengan apapun. Rata-rata orang sependapat kalau kebahagiaan itu dimulai dari hidup yang serba berkecukupan alias gak terbelit dengan masalah keuangan.

Badan Pusat Statistik (BPS) membuat Indeks Kebahagiaan pada 2017. Indeks ini mempublikasikan gambaran kondisi kehidupan masyarakat Indonesia yang mencakup dimensi kepuasan hidup, dimensi perasaan, dan dimensi makna hidup.

Indeks Kebahagiaan 2017 dari BPS menggunakan pendapatan rumah tangga sebagai indikatornya. Hasilnya, Indeks Kebahagiaan orang-orang yang berpendapatan > Rp 7,2 juta lebih tinggi dibandingkan orang-orang yang berpendapatan < Rp 1,8 juta.

Ada lima kategori pendapatan rumah tangga yang digunakan sebagai ukuran dengan hasil Indeks Kebahagiaan sebagai berikut:

  • < Rp 1.800.000: 65,10 persen
  • Rp 1.800.001-Rp 3.000.000: 68,83 persen
  • Rp 3.000.001-Rp 4.800.000: 71,45 persen
  • Rp 4.800.001-Rp 7.200.000: 73,76 persen
  • > Rp 7.200.000: 76,11 persen

Kesimpulannya, semakin tinggi pendapatan rumah tangga, semakin tinggi Indeks Kebahagiaan. Sebaliknya, semakin rendah pendapatan rumah tangga, semakin rendah Indeks Kebahagiaannya yang dialami oleh banyak orang saat ini. 

Emang sih orang dengan pendapatan yang tinggi cenderung lebih bahagia. Namun, ada kok beberapa cara hidup bahagia yang dapat menghindarkan kamu dari stres akibat masalah keuangan. Apa aja cara-cara tersebut? Berikut ini ulasannya.

Cara-cara hidup bahagia supaya kondisi keuangan selalu aman dan terhindar dari stres

Keluarga mungil yang tengah terlihat bahagia di rumahnya
Penghasilan yang berkecukupan ternyata bisa memiliki dampak bagi semua orang, (Shutterstock).

Kondisi keuangan yang gak sehat hingga berakibat munculnya masalah keuangan emang menjadi salah satu penyebab stres. Walaupun data dari BPS menunjukkan Indeks Kebahagiaan tinggi karena penghasilan yang tinggi, rupanya penghasilan tinggi aja masih belum cukup.

Penghasilan yang tinggi kalau gak dikelola dengan baik bisa memicu terjadinya masalah keuangan. Berikut ini cara-cara hidup bahagia yang ada baiknya dilakukan demi terjaganya kondisi keuangan supaya selalu aman.

1. Minimalkan rasa khawatir berlebihan dengan mulai membuat rencana keuangan

Kegagalan banyak orang dalam memanfaatkan penghasilannya karena mereka gak punya rencana keuangan yang baik. Adanya rencana keuangan punya maksud supaya kamu bisa mencapai tujuan-tujuan keuangan, termasuk memiliki dana darurat.

Tercapainya tujuan-tujuan keuangan dapat membawamu menuju hidup mapan secara finansial. Sebab tujuan-tujuan keuangan yang terwujud sama artinya dengan memaksimalkan setiap rupiah yang dikumpulkan.

Memulai perencanaan keuangan bisa dimulai dengan menyusun bujet agar penghasilan dialokasikan dengan tepat. 

Kamu bisa mulai pakai rumus 50/30/20. Alokasi 50 persen penghasilan buat kebutuhan sehari-hari, 30 persen buat diri sendiri (termasuk kredit ataupun hiburan), serta 20 persen buat asuransi, tabungan, dan investasi.

2. Jalani hidup santai dengan sebisa mungkin menghindari utang, kecuali buat menambah aset

Utang itu bikin pusing dan banyak orang yang pernah mengalaminya. Dengan menghindari utang, hidup terasa lebih santai buat dijalani. Namun, apakah utang sejelek yang dipandang orang-orang?

Faktanya, utang itu bisa membantu kamu memiliki banyak aset. Misalnya aja membeli rumah dengan KPR dapat menambah kepemilikan aset mu.

Apalagi kalau kamu punya suatu usaha dan membutuhkan alat-alat produksi. Alat-alat produksi yang kamu beli dengan utang tetaplah terhitung sebagai aset yang memberi manfaat berupa penghasilan usaha berikut keuntungannya.

3. Hindari rasa serakah dalam berinvestasi agar gak cepat bangkrut

Investasi di satu sisi dapat mengamankan nilai kekayaan sekaligus menggandakannya. Namun, investasi di sisi lain bisa juga menjerumuskan siapa aja dalam kebangkrutan karena rasa serakah yang berlebihan.

Lho, kenapa bisa begitu? Contohnya aja saham. Karena harga satu saham yang dimiliki terus-terusan naik, orang-orang yang memilikinya bisa kehilangan kendali atas keuangannya lalu menempatkan seluruh dananya, termasuk dana darurat demi keuntungan yang besar.

Syukur-syukur kalau saham tersebut naik terus dan memberi capital gain hingga lebih dari 50 persen. Gimana kalau harganya terjun bebas hingga membuat kerugian sampai 50 persen? Habis sudah dana yang dimiliki.

Asal tahu aja nih, investasi tanpa diversifikasi dapat membuat investor terjerumus dalam kerugian. Diversifikasi investasi membantu kamu gak cuma menempatkan dana di satu instrumen investasi, tapi di banyak instrumen semisal surat berharga negara atau deposito.

4. Hilangkan rasa cemas dengan ambil asuransi sebagai proteksi keuangan

Hidup selalu diliputi rasa cemas benar-benar gak enak rasanya. Ada aja momen yang mana kita risau dengan kondisi keluarga. 

Terkadang, hidup kita pun juga risau karena memikirkan risiko-risiko yang bisa aja kita alami nantinya. Lalu konsekuensi dari risiko tersebut juga berdampak pada kondisi keuangan keluarga.

Memiliki asuransi, baik asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa, menjadi cara hidup bahagia yang sebaiknya dilakukan demi terjaminnya kondisi keuangan. Bahkan, memiliki asuransi harus menjadi tujuan keuangan prioritas kedua setelah memenuhi dana darurat.

Minimal kamu dan keluarga dilindungi BPJS. Ini pun masih perlu ditambah dengan memiliki asuransi jiwa sebagai jaminan hidup bagi keluarga kalau sampai terjadi apa dengan dirimu. Lagi pula memiliki asuransi gak perlu mengeluarkan banyak uang kok buat bayar preminya.

Kamu bisa temukan asuransi terbaik di Lifepal dan bisa mendaftarkan diri secara online. Ditambah lagi klaim asuransi nantinya juga bakal dibantu lho, termasuk juga membantu dalam urusan yang sifatnya administratif.

Nah, manakah dari cara-cara hidup bahagia di atas yang telah kamu terapkan? Kalau belum ada, buruan deh lakukan cara-cara di atas dan temukan kebahagiaanmu yang pikiranmu tenang karena jauh dari masalah keuangan. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis