Pengin Punya Banyak Uang Seperti Hotman Paris? Begini Kiat Jadi Pengacara Kondang

Pengacara kondang yang sudah sukses (Shutterstock).

Siapa yang gak kenal dengan salah satu pengacara kondang Indonesia Hotman Paris. Tak hanya gaya uniknya yang menarik perhatian, kesuksesan yang ia raih juga berhasil menginspirasi banyak orang.

Meski kliennya kebanyakan berasal dari kalangan atas, tapi Hotman Paris rupanya sering membela kaum tidak mampu lho tanpa meminta bayaran sepeserpun. Salut banget kan?

Gak heran kalau ia selalu tampil perlente, mulai dari mengenakan jam tangan mahal, cincin berlian mewah hingga mobil canggih yang harganya selangit.

Semua kesuksesan dan kemewahan yang diraih seorang Hotman Paris tentu tak semudah membalikkan telapak tangan. Penuh perjuangan dan kerja keras yang sangat luar biasa untuk meraih semuanya.

Tapi nih, gak harus jadi pengacara kok untuk dapatkan uang banyak. Kamu bisa lho memiliki penghasilan hingga Rp30 juta per bulan. Caranya gabung aja dengan Agen Lifepal!

Nah buat kamu yang pengin punya banyak duit seperti Hotman Paris sebagai pengacara kondang. Yuk, simak beberapa ulasannya di bawah ini:

Pengertian profesi pengacara

Seorang pengacara perempuan tengah menerima telpon dari klien.
Pengacara adalah profesi di bidang jasa pembelaan orang (Shutterstock).

Pengacara merupakan salah satu jenis profesi dibidang jasa yang berperan melakukan atau memberikan nasihat dan pembelaan yang mewakili orang lain (klien) untuk menyelesaikan suatu kasus hukum.

Profesi pengacara juga setara dengan kepolisian, kejaksaan dan juga kehakiman. Nah, yang membedakan itu adalah perannya.

Kalau pengacara bertugas untuk mewakili kepentingan masyarakat. Sedangkan kepolisian, kejaksaan dan kehakiman berperan sebagai lembaga yang mewakili kepentingan pemerintah atau negara.

Nah gimana kamu yang pengin punya kebebasan finansial layaknya Bang Hotman ini?

Yuk, hitung menggunakan Kalkulator Kebebasan Finansial Lifepal!

Cara menjadi pengacara

Seorang pengacara wanita tengah berdiskusi bersama klien.
Pengacara dan klien (Shutterstock).

Untuk menjadi seorang pengacara tentu tidaklah mudah. Kamu harus melewati serangkaian proses hingga bisa mendampingi klien dan “bertarung” di ruang sidang.

Syarat untuk menjadi pengacara telah diatur dalam Pasal 2 ayat (1) UU No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat (“UU Advokat”) yaitu sarjana yang berlatar belakang pendidikan tinggi hukum dan setelah mengikuti pendidikan khusus profesi Advokat yang dilaksanakan oleh Organisasi Advokat.

Berikut prosesnya:

  • Lulusan hukum berijazah sarjana.
  • Mengikuti pendidikan khusus profesi advokat yang dilaksanakan oleh Organisasi Advokat.
  • Lulus ujian dari Organisasi Advokat.
  • Magang minimal dua tahun di kantor Advokat yang sama.
  • Diangkat menjadi advokat dari Organisasi Advokat.
  • Mendapat salinan surat keputusan pengangkatan advokat yang disampaikan oleh Mahkamah Agung dan Menteri Hukum dan HAM.
  • Sebelum bertugas, kamu juga wajib bersumpah menurut agama masing-masing yang diadakan di sidang terbuka Pengadilan Tinggi di wilayah domisili hukumnya.
  • Mendapatkan salinan berita acara sumpah oleh Panitera Pengadilan Tinggi.

Menjadi pengacara kondang dan sukses

Pengacara wanita kian marak di Indonesia.
Pengacara wanita sukses (Shutterstock).

Jika sudah menyelesaikan semua prosesnya dan memiliki izin untuk menjalankan profesinya sebagai pengacara. Kamu perlu melakukan trik cerdas nih agar bisa menjadi pengacara kondang dan sukses.

Pengin tahu bagaimana caranya? Berikut tiga di antaranya:

1. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik

Untuk dapat menjadi seorang pengacara handal rahasia paling penting adalah dengan membangun citra. Karena memang kualitas seorang pengacara itu dilihat dari pengalamannya menghadapi berbagai kasus hukum.

Namun, hal itu tentu membutuhkan waktu yang cukup lama. Nah, tahap awal untuk bisa membentuk citra tersebut adalah seorang pengacara itu harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang sangat baik.

Jadi kamu harus belajar tuh bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan klien, masyarakat maupun hakim. Komunikasi di sini juga bukan hanya soal speaking ya tapi juga lewat tulisan.

Seorang pengacara harus bisa menulis dengan jelas, persuasif dan juga ringkas. Kamu juga harus menjadi pendengar yang baik untuk dapat memahami kasus.

2. Dapat mengendalikan emosi dan sabar

Saat kamu memutuskan untuk menjadi pengacara, maka kamu harus siap dihadapkan dengan banyak argumen bahkan ancaman yang tentu saja dapat memengaruhi suasana hati.

Karena itu, kamu harus dapat mengendalikan emosi dan juga harus ekstra sabar. Apalagi jika kasusnya cukup rumit yang butuh waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikannya.

3. Kreatif dalam setiap aksi

Rahasia lainnya untuk bisa menjadi pengacara kondang dan sukses yakni harus memiliki kreatif tinggi baik untuk bisa menyelesaikan kasus dengan sempurna.

Kamu harus ekstra berpikir untuk dapat menemukan jalan keluar dan hasil terbaik untuk klien. Kalau seorang pengacara tidak memiliki pola pikir kreatif, ia akan mudah diserang yang bahkan bisa membalikkan keadaan hingga menyudutkan.

Nah, itu dia beberapa poin penting jika kamu bercita-cita menjadi seorang pengacara kondang yang memiliki citra baik dan tentu saja dapat menghasilkan banyak pundi-pundi kekayaan.

Jika kamu pengin bertanya kepada ahli mengenai bisnis hingga asuransi, kamu bisa ajukan di Tanya Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →