Pengin Buka Usaha tapi Kurang Modal? Ini 5 Cara Jitu Dapatkannya

Cara jitu dapatkan modal usaha. (Shutterstock)

Semuanya pasti pengin jadi merdeka finansial, cara yang diambil buat mewujudkan itu adalah dengan membuka usaha, Tapi, apa kabar kalau modal usaha kurang?

Memang sih yang namanya modal usaha itu jadi faktor penentu hidup dan matinya sebuah usaha. 

Tanpa modal, gak mungkin bisa menjalankan usaha. Kurang modal, mustahil usaha dapat jalan melulu. Bisa dibilang, modal ini seperti nutrisi yang bikin usaha tetap sehat.

Tapi kamu gak usah khawatir deh soal ini. Biar kegalauan hilang, ada cara-cara yang bisa ditempuh. Buat lebih jelasnya, simak deh ulasan berikut ini.

1. Nabung minggu ke minggu dengan jumlah berbeda

Nabung minggu ke minggu salah satu cara menghemat

Gak sedikit orang-orang yang merasa kesulitan melakukan urusan yang satu ini. Padahal uang yang ditabungkan itu gak sampai 50 persen lho.

Sekadar diketahui, biar kesehatan keuangan selalu terjaga, ada baiknya menyisihkan 20 persen dari penghasilan bulanan buat ditabung.

Sebagai solusi kalau cara ini juga gak bisa atau susah dilakukan, menabunglah dari minggu ke minggu dengan jumlah yang berbeda.

Jadi, pada minggu pertama nabung Rp 1 juta, minggu keduanya tabung Rp 500 ribu, kemudian minggu ketiga tabung Rp 300 ribu. Minggu terakhir, baru deh nabung Rp 200 ribu.

Di sini kamu bakal benar-benar diuji buat menabung. Biar termotivasi, ingatlah selalu kalau uang tabungan ini bakal digunakan sebagai modal usaha.

2. Jual semua barang yang gak terpakai

Jual semua barang gak terpakai salah satu cara menghemat

Cara ini hampir semua orang tahu, cuma kadang-kadang gak terpikirkan saja. Selain bikin sesak ruang penyimpanan, barang gak terpakai kalau dibiarkan gitu saja lama-lama bisa kehilangan nilainya lho.

Daripada disimpan gitu saja, mendingan barang yang gak terpakai itu dijual biar menghasilkan uang. Mumpung masih bernilai, kenapa gak?

Sudah gitu, ada banyak cara buat menjual barang yang gak terpakai ini. Bisa dengan membuka garage sale atau dijual secara online, misalnya lewat OLX atau Tokopedia. Tinggal pilih deh cara yang kamu suka. Hasilnya lumayan banget lho.

3. Ajak orang terdekat buat investasi

Ajak orang terdekat buat investasi salah satu cara menghemat

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Masih kurang modal usaha juga walaupun udah nabung dan jual barang bekas? Ajak deh orang terdekat buat investasi.

Di sini kamu harus pandai-pandai mempresentasikan usaha yang bakal kamu rintis. Kalau perlu, bikin business plan.

Selain tambah modal usaha, mengajak teman buat investasi alias patungan bikin usahamu mungkin saja cepat berkembang. 

Siapa tahu temanmu yang diajak itu berminat turun tangan dan memberi kontribusi yang cukup signifikan.

4. Dapatkan dari arisan

Dapatkan dari arisan salah satu cara menghemat

Cara yang satu ini juga bisa digunakan buat mendapatkan modal usaha. Coba saja bayangkan, kalau kamu ikut arisan dengan jumlah 10 orang yang iurannya Rp 300 ribu, itu berarti yang keluar dalam kocokan langsung Rp 3 juta. Mantap, kan?

Seandainya pada giliran pertama kamu yang dapat, uangnya bisa langsung dipakai sebagai modal usaha. Terus buat bayar iuran arisannya nanti bisa dari profit yang didapat.

5.  Lewat crowdfunding

Lewat crowdfunding salah satu cara menghemat

Cara ini juga cukup efektif sebagai sumber modal usaha, asalkan punya konsep yang menarik.

Buat yang belum tahu, sistem crowdfunding adalah mengumpulkan donasi dari orang-orang yang bisa jadi gak kamu kenal. 

Biar banyak yang tertarik, permintaan dana harus dibuat semenarik mungkin. Kamu bisa tulis apa manfaat bisnismu buat masyarakat, misalnya.

Di Indonesia ada beberapa situs crowdfunding yang bisa kamu coba. Mulai dari Kitabisa hingga Gandengtangan.

6. Investasi jangka pendek

Investasi jangka pendek salah satu cara menghemat

Investasi jangka pendek tentu bisa dimanfaatkan untuk mencari modal usaha. Sebut saja dengan menggunakan instrumen reksa dana, saham, atau yang lainnya.

Intinya tentukan saja tenor dalam jangka waktu tertentu untuk berinvestasi. Imbal hasil dari investasi itu pun bisa kamu gunakan untuk tambahan modal.

Akan tetapi, patut diingat juga bahwa saham punya risiko yang cukup tinggi. Terutama untuk investasi jangka pendek.

Jika kondisi pasar lagi gak bagus, maka nilai returns dari investasi sahammu bisa jadi minus.

7. Equity Crowdfunding

Equity Crowdfunding salah satu cara menghemat

Cara yang satu ini mirip-mirip dengan yang ada di poin ketiga dan poin kelima. Hanya saja, orang yang diminta berinvestasi di bisnismu adalah orang yang gak kamu kenal.

Sudah ada kok platform equity crowdfunding di Indonesia yang diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Kalau crowdfunding sifatnya seperti donasi. Nah, equity crowdfunding sifatnya lebih kepada pembelian saham. Kamu tentunya masih akan menjadi pemilik usahamu dengan kepemilikan saham mayoritas.

Mereka yang ikut berinvestasi di perusahaanmu, akan menerima pembagian dividen tiap tahun.

Itulah tujuh cara yang bisa kamu gunakan buat himpun modal usaha. Semua bisa kamu coba buat membangun bisnis dengan target akhir. Gimana, tertarik? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →