Cara Jualan di Lazada Beserta Syarat dan Dokumen yang Diperlukan

cara jualan di lazada

Cara jualan di Lazada penting untuk diketahui di tengah aktivitas belanja online yang semakin diminati banyak orang. Tingginya angka penjualan di Lazada membuat penjual banyak mendapatkan keuntungan.

Walaupun di rumah, para penjual tersebut tetap mendapatkan keuntungan dan tidak membuat kehilangan cara mendapatkan penghasilan lebih.

Buat kamu yang mau penghasilan berlipat, membuka toko online di Lazada bisa menjadi cara untuk menambah pundi-pundi rupiah apalagi buka toko online termasuk usaha yang bisa dijalankan dari rumah. Buka toko di Lazada termasuk jualan online tanpa modal, jadi kamu gak perlu khawatir.

Penasaran bagaimana cara jualan di Lazada?

Cara jualan di Lazada

Lazada adalah situs e-commerce yang banyak menyediakan bermacam kebutuhan sehari-hari. Mulai barang elektronik, pakaian wanita, hingga peralatan bayi semuanya tersedia di Lazada.

Situs ini membuka kesempatan luas bagi siapa saja untuk bergabung menjadi seller, baik individu maupun perusahaan. Apakah kamu tertarik?

Daftar seller Lazada terbilang gampang dilakukan kok. Berikut caranya yang sudah Lifepal himpun.

  • Buka situs resmi lazada.co.id atau lzd.co/menjadiseller
  • Klik “menjadi seller” di bagian atas website
  • Klik “daftar menjadi penjual sekarang”
  • Isi data yang diperlukan dan geser untuk verifikasi
  • Baca dan pahami peraturan tertulis dalam “Perjanjian Marketplace Lazada Syarat dan Ketentuan
  • Pastikan semua informasi benar dan valid sebelum anda memutuskan untuk menandatangani kontrak. Langkah ini sangat penting dibaca dan dicermati dengan detail, biar kamu gak salah paham atau bahkan salah penafsiran yang berujung pada kerugian.
  • Data yang diperlukan

    Beberapa data yang diperlukan untuk mendaftar jadi seller di Lazada tergantung dari usaha yang bakal kamu buka, perorangan (individual) atau perusahaan (corporate).

    Data untuk Perorangan adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan buku tabungan yang sesuai dengan nama pemilik identitas. Perlu diingat kalau nama pemilik di KTP dan buku tabungan haruslah sama.

    Sementara untuk pendaftaran Perusahaan menjadi seller di Lazada, data yang diperlukan adalah Izin Usaha dan NIB serta buku tabungan atau rekening koran sesuai dengan nama perusahaan atau penanggung jawab izin usaha atau NIB. kalau belum mempunyai Izin Usaha, kamu perlu tahu langkah-langkah mengurus izin usaha.

    Oh iya, satu data rekening hanya bisa dipakai untuk akun saja.

    Mulai berjualan di Lazada

    Cara menjual barang di Lazada mudah dilakukan. Setelah semua proses selesai dan terverifikasi, kamu bisa langsung menjual produk lewat akun Lazada. Agar jualan kamu laris, kamu bisa melengkapinya dengan deskripsi detail.

    Guna memulai proses ini, tentunya kamu harus melengkapi toko online Lazada kamu dengan produk-produk yang akan dijual. Inilah cara mengupload foto produk yang dijual melalui Lazada?

  • Siapkan foto produk yang berkualitas dan layak
  • Upload foto tersebut sesuai dengan instruksi. Pastikan foto sesuai dengan kriteria sehingga bisa terunggah
  • Jangan lupa berikan keterangan produk dengan rinci, jelas dan tepat. Dengan begitu, pembeli bisa dengan mudah mengerti dan memahami keterangan produk tersebut secara baik
  • Itulah cara berjualan di Lazada dengan syarat dan ketentuan yang mudah dipenuhi. Berjualan di Lazada gak sembarangan. Agar pembeli berdatangan, kamu perlu mengupload foto produk yang menarik disertai dengan deskripsi yang jelas.

    Dengan begitu, pembeli akan yakin dan mulai membeli barang yang kamu jual. Kamu bakal dapat banyak keuntungan. Seller LazMall misalnya, mereka akan dikenakan komisi sebesar 0.9%, 2.7%, dan 4.5% (sebelum PPN) tergantung kategori produk.

    Strategi jualan di Lazada biar daganganmu laris 

    Setelah mengetahui bagaimana cara jualan di Lazada, selanjutnya kamu juga harus menyusun strategi agar produk jualan yang diunggah bisa lebih cepat dilirik oleh calon pembeli.

    Kalau kamu produk jualanmu dilirik orang, ini beberapa tipsnya:

    1. Sebarkan link jualan di media sosial

    Agar dagangan kamu di Lazada bisa dilirik pembeli, maka lakukan promosi setelah produkmu tayang. 

    Cara termudahnya dengan menyebarkan link produk kepada teman-temanmu atau di media sosial. Minta juga bantuan teman-teman kamu untuk ikut menyebarkannya biar dagangan kamu makin banyak dikenal. 

    2. Aktifkan promo yang diberikan Lazada

    Lazada seringkali memberikan promosi seperti harga subsidi, gratis ongkir, hingga campaign lainnya bagi para seller. Kalau ingin jualanmu laku, kamu bisa mendaftar dan mengikuti pendaftaraan fitur promosi tersebut agar produk bisa ditampilkan di bagian promosi situs maupun aplikasi Lazada. 

    Setiap produk yang didaftarkan akan melalui proses pemeriksaan untuk memastikan produk memenuhi kriteria. Jadi, pastikan kamu memenuhi syarat seperti stok yang mencukupi, kategori produk yang sesuai, dan atribut lainnya yang harus memenuhi kualifikasi.  

    3. Memberikan diskon dan promosi sendiri

    Selain mengikuti program promosi dari Lazada, usahakan kamu juga aktif memberikan diskon maupun promosi menarik. Diskon bisa dipilih pada momen tertentu, misalnya di tanggal-tanggal cantik setiap bulannya.

    Kamu bisa memberikan promosi seperti beli 1 gratis 1 agar semakin membuat pembeli tertarik dengan produk yang kamu jual/=.

    4. Perbanyak produk

    Setelah mengetahui cara jualan di Lazada dan tipsnya, tentu akan menjadi sia-sia jika produk yang kamu jual ternyata sedikit. Pastikan kamu memperbanyak produk jualanmu, ya. 

    Jumlah produk yang banyak ternyata bisa mempengaruhi tingkat penjualan, lho. Sebab dengan jumlah produk yang banyak, maka semakin banyak variasi produk yang dilihat oleh calon konsumen.

    5. Tidak menjual produk yang dilarang oleh Lazada

    Pastikan produk yang dijual mematuhi segala persyaratan yang ditentukan oleh Lazada, misalnya dengan tidak menjual produk-produk yang dilarang. 

    Ada beberapa kategori produk yang dilarang oleh Lazada antara lain:

  • Konten vulgar atau dewasa seperti seks toys, boneka seks dan sejenisnya
  • Senjata, senjata api dan mesiu
  • Bagian tubuh manusia dan hewan, flora dan fauna yang dilindungi
  • Barang koleksi dan artefak
  • Tembakau dan alkohol
  • Obat terlarang dan peralatannya
  • Bahan kimia yang mudah terbakar, beracun, dan berbahaya
  • Judi
  • Layanan ilegal
  • 6. Bergabung ke Lazada Club

    Lazada Club merupakan komunitas penjual Lazada yang hadir di media sosial. Dengan bergabung Lazada Club, maka kamu bisa saling berbagi dengan penjual lainnya dan city leader di kotamu. 

    Caranya, kamu bisa mencari Lazada Club di Facebook, kemudian bergabung di Group tersebut. Tunggu pihak Lazada menerima permintaan bergabungmu.  

    Cari penghasilan tambahan dari investasi

    Gak cuma jualan di toko online, masih ada cara lain yang kamu bisa andalkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, yaitu investasi. 

    Investasi adalah aktivitas finansial dengan menanamkan sejumlah uang atau benda berharga untuk kemudian dikembangkan sehingga menghasilkan margin keuntungan yang bisa diambil sebagai keuntungan pribadi.

    Tentu instrumen investasi yang menguntungkan ada banyak dan risikonya pun berbeda-beda. Kalau kamu penasaran tentang instrumen investasi apa yang cocok dengan kebutuhan dan karaktermu, temukan referensi yang tepat di sini.

    Kalau kamu punya pertanyaan terkait tips-tips mengelola keuangan pribadi dan bisnis, serta mendapatkan rekomendasi produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu, jangan ragu untuk berkonsultasi di Tanya Lifepal.

    Pertanyaan seputar cara jualan di Lazada

    Data untuk Perorangan adalah KTP dan buku tabungan atau rekening yang sesuai dengan nama pemilik identitas. Perlu diingat kalau nama pemilik di KTP dan buku tabungan haruslah sama. Sementara untuk pendaftaran Perusahaan menjadi seller di Lazada, data yang diperlukan adalah Izin Usaha dan NIB serta buku tabungan atau rekening koran sesuai dengan nama perusahaan atau penanggung jawab izin usaha atau NIB.
    Seller LazMall misalnya, mereka akan dikenakan komisi sebesar 0.9%, 2.7%, dan 4.5% (sebelum PPN) tergantung kategori produk.
    Buat kamu yang mau penghasilan berlipat, berjualan di Lazada bisa menjadi cara untuk menambah pundi-pundi rupiah apalagi usaha ini bisa dijalankan dari rumah saja.
    1. Buka situs resmi lazada.co.id atau lzd.co/menjadiseller

    1. Klik “menjadi seller” di bagian atas website
    2. Klik “daftar menjadi penjual sekarang”
    3. Isi data yang diperlukan dan geser untuk verifikasi
    4. Baca dan pahami peraturan tertulis dalam “Perjanjian Marketplace Lazada Syarat dan Ketentuan

    Pastikan semua informasi benar dan valid sebelum anda memutuskan untuk menandatangani kontrak

    Customer Service

    call me
    whatsapp