Tata Cara Jualan Online di Shopee dan Kiatnya Supaya Laris Manis

Cara jualan di Shopee

Jualan secara online sekarang sudah sangat mudah, termasuk cara jualan di Shopee. Shopee merupakan salah satu e-commerce terpercaya di Indonesia, selain Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lain-lainnya. 

Saking mudahnya, banyak pemilik usaha konvensional beralih ke online, termasuk menjalani cara jualan di Shopee. 

Pasalnya, berjualan secara offline membutuhkan lebih banyak modal, misal untuk modal membuka toko, merenovasi, dan implementasi strategi pemasaran yang membutuhkan banyak biaya. 

Sementara online, kamu cuma butuh produk, difoto, upload, selesai deh tinggal duduk manis sambil menunggu pesanan datang. 

Meski modalnya lebih minim, keuntungan yang didapat lebih menggiurkan daripada berjualan offline

Pertanyaannya kini, bagaimana langkah-langkah cara jualan di Shopee? Yuk, simak di sini: 

Keuntungan jualan di Shopee 

Cara jualan di Shopee
Keuntungan jualan di Shopee

Sebelum membahas lebih jauh tentang tata cara jualan di Shopee, ada baiknya mengetahui dulu apa sih keuntungannya dagang lewat Shopee

1. Modal lebih minim karena gak perlu sewa lapak

Shopee merupakan platform e-commerce yang memungkinkan penjual menjajakan barang secara online. Jadi, kamu gak perlu deh sewa toko mahal-mahal buat dagangan. 

Pengeluaran modal untuk sewa tempat itu termasuk yang paling besar lho, belum lagi sama biaya renovasinya. Karena itu, berjualan secara online bisa efektif memangkas pengeluaran. 

Kalau memangkas modal saja gak cukup, kamu bisa kok berjualan tanpa modal sekalipun. Caranya adalah dengan menjadi dropshipper atau reseller

Baca juga: Ini 3 Produk Shopee Paling Laris Saat Harbolnas 2018

2. Pangsa pasarnya lebih luas

Toko online memiliki banyak keunggulan bila dibandingkan toko offline. Salah satunya, berpeluang besar menarik pangsa pasar yang lebih luas. 

Contohnya, kamu sebagai domisili di Jakarta, tapi daganganmu bisa dilihat oleh orang-orang di luar Jakarta bahkan di luar Jawa. 

Belum lagi jam operasionalnya yang bisa 24 jam nonstop. Artinya di jam 12 malam pun kamu masih bisa menerima orderan, meskipun proses pengiriman dilanjutkan esok.

3. Memungkinkan dagangan berkembang lebih pesat 

Mendapatkan pangsa pasar yang luas berpotensi membuat bisnismu semakin berkembang pesat. Tapi, pastikan dulu kalau seluruh pembelimu merasakan kepuasan berbelanja di tokomu, agar mereka memberikan rating yang tinggi. 

Jika rating tinggi, otomatis tokomu bakal mendapatkan kepercayaan lebih bahkan dari calon konsumen. 

4. Minim risiko kerugian 

Nah, yang paling menguntungkan lainnya adalah, kamu bisa meminimalisir kerugian seminimal mungkin, apalagi kalau kamu cuma jadi dropshipper atau reseller

Cukup beli barang secukupnya saja di distributor terpercaya. Jika barang habis kamu bisa membelinya lagi untuk stok daganganmu. 

Dropshipper atau reseller merupakan cara jualan di Shopee tanpa stok barang. Cara ini juga memungkinkan kamu berjualan tanpa modal sepeserpun. 

5. Transaksinya lebih praktis

Jual beli di toko online seperti Shopee bisa memungkinkan kamu untuk bertransaksi secara praktis. Kamu gak perlu mempersiapkan metode pembayarannya, cukup input data rekening toko saja, nanti uang bakal masuk sendiri. 

Tapi ingat, kamu gak bakal terima uang jika pesanan konsumen tidak dikirimkan. 

Cara daftar Shopee sebagai penjual 

Cara jualan di Shopee
Cara daftar Shopee sebagai penjual

Cara jualan di Shopee bisa dilakukan jika kamu sudah memiliki akunnya. Tapi tenang saja, membuat akunnya gak ribet kok, bisa dilakukan di ponsel pintar iOS maupun Android OS. Berikut ini langkah-langkah mudahnya:

  1. Unduh dulu aplikasi Shopee di perangkat ponsel pintarmu bisa di Playstore maupun di App Store. 
  2. Mendaftarkan dengan menggunakan Facebook, Email atau nomor ponsel yang masih aktif.
  3. Masukkan username dan password serta foto profil tokomu
  4. Akun sudah jadi dilanjutkan dengan mengisi data diri 
  5. Isi profil toko, mulai dari nama, nomor telepon, sampai alamat, dan masukkan jasa pengiriman yang digunakan.
  6. Masukkan data kartu/rekening bank toko yang digunakan untuk menerima transaksi pembayaran. 

Baca juga: Harbolnas 11.11! Ini Sederet Diskon Gede-gedean dari Shopee Sampai Tokopedia

Cara jualan di Shopee 

Cara jualan di Shopee
Cara jualan di Shopee (Instagram/@shopee_id)

Setelah memiliki akun toko, sekarang kamu sudah bisa memulai untuk berjualan. Tapi, ada beberapa langkah lagi yang harus kamu lakukan untuk membuat daganganmu terpampang di Shopee. 

  1. Masuk ke aplikasi Shopee di ponsel pintarmu.
  2. Kemudian, pilih menu ‘Saya’ yang ada di pojok kanan bawah tampilan awal.
  3. Setelah itu, masuk ke pilihan ‘Mulai Jual’ yang tertera di pojok kiri atas.
  4. Klik ‘Tambah Produk’
  5. Unggah foto-foto produkmu yang ingin dijual, kalau bisa pilih foto yang semenarik mungkin. 
  6. Lengkapi data-data mengenai produk dan berikan informasi sejelas mungkin, mulai dari nama, kategori produk, deskripsi, harga, stok, varian, dan lain-lain. 
  7. Setelah semua data terisi, klik tombol ‘Simpan’ atau tanda centang di pojok kanan atas. 

Pastikan dulu kalau barang-barang yang kamu jual tidak masuk ke dalam daftar barang-barang yang dilarang. 

Contoh barang tersebut di antaranya alkohol, satwa liar, barang antik, kosmetik bekas, mata uang dan perangko palsu, obat-obatan, senjata api, sampai obat pelangsing ilegal, dan lain-lainnya. 

Daftar tersebut bisa kamu lihat di website resminya Shopee

Baca juga: Jelang Habolnas, Ini Fakta-Faktanya yang Mencengangkan

Rahasia jualan laris di Shopee 

Cara jualan di Shopee
Rahasia jualan laris di Shopee

Berjualan di Shopee bukan jaminan daganganmu bisa laku keras ya. Tetap saja, kamu butuh tips and trik agar toko kamu dilirik konsumen. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

1. Gunakan foto produk yang menarik 

Salah satu faktor terbesar konsumen mau melirik dagangan online adalah dari foto yang ditampilkan. 

Usahakan foto produkmu semenarik mungkin, kalau perlu menggunakan latar yang bersih, pencahayaan yang pas, dan kualitas foto yang besar agar produk terlihat lebih jelas.

2. Beri deskripsi yang jelas

Kedua, jangan pelit-pelit ngasih informasi. Cantumkan deskripsi produk sejelas mungkin, mulai dari harga, kondisi, warna, ukuran, bahan, dan lain-lainnya. 

3. Melayani pembeli dengan baik 

Sebagai penjual, kamu harus melayani seluruh pembeli dengan sangat baik, termasuk konsumen yang cuma sekadar basa-basi. Jawab semua pertanyaan mereka terkait produkmu dengan ramah dan cepat. 

4. Sering-sering memberikan promosi 

Siapa sih yang gak senang harga promo, semua konsumen pasti suka. Untuk menarik lebih banyak pembeli, gak ada salahnya buat memberikan promo potongan harga. Tapi pastikan dulu jika promo tersebut tidak merugikanmu. 

5. Tetapkan harga terbaik 

Ada banyak ribuan toko online yang menjual produk yang sama denganmu di Shopee. Salah satu cara memenangkan persaingan adalah memberikan harga terbaik, kalau bisa sih kasih harga termurah dibandingkan lainnya. 

6. Pasarkan toko online-mu di media sosial 

Mengetahui cara jualan di Shopee saja gak cukup membuat daganganmu mendapatkan pangsa pasar yang luas, tetapi kamu juga membutuhkan sarana pemasaran lainnya, seperti di media sosial. 

Media sosial, baik Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya terbukti ampuh menjaring banyak calon pembeli. Jadi gak ada salahnya untuk menyebarkan akun toko Shopee yang telah kamu buat di media sosial pribadi. 

Itulah tadi pembahasan mengenai cara jualan di Shopee. Semoga bisa membantumu mengepakkan sayap lebih lebar lagi di dunia bisnis, tanpa harus keluar modal besar! (Editor: Chaerunnisa)

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →