Pengertian Phone Banking, Cara Kerja, Manfaat, dan Keuntungan

phone banking

Phone banking adalah layanan yang memungkinkan nasabah menghubungi nomor telepon tertentu dari bank untuk melakukan transaksi perbankan. 

Fasilitas phone banking dapat dilakukan untuk cek saldo atau tagihan kartu kredit tanpa perlu ke ATM. 

Kebanyakan nasabah yang melek teknologi memang lebih sering pakai fitur internet banking buat transaksi perbankan. 

Soalnya modal buat manfaatin fitur ini selalu ada di tangan, yaitu smartphone dan koneksi internet. 

Namun, smartphone gak hanya bisa dipakai buat internet banking. Banyak fitur electronic banking yang bisa dimanfaatkan lewat gadget itu, seperti diterangkan di buku Bijak Ber-E-Banking gratis terbitan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cara kerja phone banking

Gak perlu repot-repot ke ATM, semua transaksi yang tersedia selama 24 jam ini bisa dilakukan lewat phone banking

Fasilitas ini tidak jauh beda dengan SMS banking yang sama-sama bisa digunakan melalui handphone, di mana saja dan kapan saja. 

SMS banking memakai tulisan pesan yang dikirim dengan format tertentu, sedangkan phone banking menggunakan telepon/suara ke nomor yang sudah ditentukan.

Perbedaan keduanya adalah phone banking dapat melakukan transaksi dalam bentuk voice (suara) sehingga biaya yang ditanggung nasabah sebesar biaya pulsa percakapan. 

Sementara itu, transaksi mobile banking dilakukan dalam bentuk visual (teks SMS) sehingga biaya yang ditanggung nasabah sebesar biaya SMS premium.

Selain nasabah bank, masyarakat nonnasabah juga bisa mengakses layanan satu ini. Namun, tentunya bukan untuk transfer dana atau bayar tagihan ini atau tagihan itu.

Nonnasabah bisa memakai layanan perbankan ini buat cari tahu informasi soal suku bunga dari bank, nilai tukar mata uang, atau produk perbankan yang ditawarkan bank itu.

Sementara mobile banking adalah layanan perbankan lewat handphone yang mana untuk menggunakan fasilitas ini nasabah tinggal memilih menu mobile banking yang telah tersedia pada SIM Card nasabah. 

Jadi, nasabah tidak perlu menghubungi nomor telepon tertentu dari bank tersebut. 

Semua instruksi transaksi perbankan dilakukan dengan memilih menu sesuai dengan transaksi yang ingin dilakukan. 

Keamanan bertransaksi di mobile banking selain menggunakan PIN, data nasabah yang dikirim atau diterima di-encrypt (diacak), dan baru akan dibuka setelah sampai di bank atau handphone nasabah tersebut. 

Dengan begitu, selama dalam perjalanan, data tersebut tidak bisa dibaca orang yang tidak bertanggung jawab. 

Kedua layanan ini memiliki keunggulan, yaitu nasabah bisa melakukan transaksi perbankan di mana dan kapan saja tanpa harus datang ke cabang bank tersebut.

Cara aktifkan phone banking

Buat nasabah yang mau transaksi lewat phone banking, harus daftar dulu ke bank atau ATM terkait. 

Di bank, kita akan dikasih PIN yang akan dipakai buat otorisasi atau izin buat bertransaksi via telepon.

Setelah mendapat PIN, kita tinggal pencet nomor bank yang akan kita tuju. Nantinya di ujung telepon sana ada pegawai bank atau hanya mesin penjawab yang akan melayani dan memandu kita.

Keseringan mesin penjawab yang dipekerjakan sebagai pemandu phone banking yang akan menjawab kita. 

Mesin penjawab dilengkapi teknologi keren Interactive Voice Response (IVR) yang mampu mendeteksi suara dan tekanan tombol telepon lalu merespons dalam bentuk suara.

Berikut ini contoh beberapa bank dan nomor phone banking mereka:

  • BCA: 1500888
  • CIMB NIAGA: 14041
  • Mandiri: 14000
  • Danamon: 1500090
  • BNI: 500046
  • BRI: 14017.
Jamin keuangan keluarga dengan asuransi jiwa. Berkat manfaat dari asuransi jiwa, keluargamu tidak mengalami kesulitan finansial seandainya ditinggalkan.

Manfaat phone banking

Manfaat awal dikeluarkannya produk ini lebih banyak bersifat informatif, yaitu untuk informasi jasa atau produk bank dan informasi saldo rekening yang dilayani Customer Service Operator (CSO).

Kemudian profilnya berkembang menjadi semakin variatif meliputi transaksi pemindahbukuan antarrekening, pembayaran seperti tagihan kartu kredit, listrik, telepon, pembelian voucher, dan tiket pesawat hingga transfer ke bank lain. 

Fasilitas phone banking ini boleh dibilang lebih praktis dibandingkan ATM untuk transaksi nontunai. 

Pasalnya, cukup memakai handphone, kita bisa melakukan berbagai transaksi, termasuk transfer ke bank lain di manapun kita berada. 

Gak cuma itu saja, masih banyak fitur dan keuntungan lain yang akan diperoleh nasabah. Yaitu:

1. Informasi saldo

Phone banking memudahkan nasabah melakukan pengecekan saldo rekening serta pengecekan mutasi untuk lima mutasi debet dan lima mutasi kredit terakhir dari rekening.

2. Informasi tarif dan limit

Melalui layanan satu ini, beberapa informasi tarif dan limit bisa didapatkan. Misalnya, jenis Transaksi, Biaya Cek Saldo, Maksimum Pembayaran per hari, dan sebagainya.

3. Informasi kurs

Seperti halnya semua layanan perbankan lainnya, fasilitas satu ini juga menyediakan informasi kurs indikasi untuk beberapa mata uang asing.

4. Informasi produk bank

Tanpa perlu datang ke kantor cabang, fasilitas ini memudahkan nasabah mengetahui produk perbankan. 

Hanya melalui telepon, nasabah bisa mengetahui keuntungan-keuntungan dengan menabung di bank yang bersangkutan. 

Nasabah juga bisa menemukan produk bank yang sesuai dengan kebutuhannya. 

Gak cuma berlaku untuk nasabah, nonnasabah juga bisa memperoleh informasi produk dan layanan bank.

5. Ubah PIN

Layanan ini juga memungkinkan nasabah mengganti PIN Phone Banking kapan pun mereka bisa lakukan.

6. Blokir ATM

Sebagai nasabah bank, kamu juga bisa segera menghubungi Layanan Phone Banking 24 Jam setiap hari, misalnya saat mengalami musibah kehilangan Kartu ATM dan sebagainya. 

Kamu juga dapat melakukan pemblokiran ATM kapan saja dan di mana pun.

7. Pemindahbukuan

Transaksi transfer antar-rekening bank yang sudah didaftarkan juga bisa dilakukan kamu sebagai nasabah bank.

Cara daftar phone banking

Nasabah dapat melakukan registrasi atau pendaftaran melalui customer service (CS) dengan menjalani empat langkah berikut:

  1. Nasabah bisa langsung datang ke CS untuk mengisi formulir pendaftaran Phone Banking.
  2. Isi dan lengkapi formulir pendaftaran Nasabah akan dihubungi dan dikonfirmasikan CS Bank, maksimal 14 hari kerja.
  3. Nasabah akan mendapatkan PIN Mailer yang akan dikirim ke alamat nasabah (berupa kertas carbonized sama seperti PIN ATM).
  4. Proses terakhir, setelah Nasabah mendapatkan PIN Mailer Phone Banking, Nasabah dapat melakukan perubahan PIN melalui Layanan Phone Banking setelah fasilitas tersebut aktif dan selanjutnya Nasabah dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia di Layanan Phone Banking tersebut.

Tips aman pakai phone banking

Meski sudah pakai PIN dan dilakukan lewat telepon sendiri, phone banking gak berarti aman-aman saja untuk diakses. Kamu juga harus mengetahui bahaya memakai fasilitas satu ini saat transaksi.

Karena itu, penting banget untuk kamu aware soal keamanan transaksi perbankan. Ada dua tips penting untuk menjaga keamanan layanan ini, yaitu: 

1. Tidak memberikan PIN kepada siapa pun.

Di antara banyaknya data pribadi yang tidak boleh dibagi ke orang lain, ada empat data keamanan penting yang harus kamu simpan sendiri. 

Keempat data tersebut adalah OTP, CVV/CVC, nomor kartu ATM, dan PIN.

Personal Identification Number atau yang lebih dikenal dengan sebutan PIN, merupakan sebuah data sangat pribadi yang haram hukumnya diberikan kepada orang lain.

Jika orang lain mengetahui PIN kamu, mereka bisa mengakses akun pribadi kamu dan melakukan berbagai kejahatan digital, seperti scamming (media sosial), transfer dan pengambilan dana (perbankan), serta lainnya.

2. Tidak menyimpan informasi PIN di handphone.

Ya, keamanan phone banking erat kaitannya dengan kelihaian kita menjaga rapat-rapat rahasia PIN. Kalau memang susah hafal PIN, sebaiknya dicatat di kertas lalu disimpan di rumah.

Tapi gak perlu pakai pengumuman “PIN Phone Banking: XXXXX”. Cukup tulisan angka saja. Kalau dikasih pengumuman begitu, bisa disalahgunakan orang gak bertanggung jawab yang melihatnya. 

Bahaya kalau PIN disimpan di handphone terus handphone itu hilang. Bisa ilang juga itu duit hasil kerja keras di tabungan. Belum lagi kalau ada cicilan yang mengandalkan duit tabungan itu.

Ingat, phone banking dan fitur electronic banking lain dari bank disediakan buat kemudahan nasabah. Tapi, kita wajib selalu waspada dalam memanfaatkan layanan tersebut.

Buat kamu yang bingung ingin mengatasi masalah keuangan, konsultasikan saja kepada pakarnya di Tanya Lifepal.

Pertanyaan seputar phone banking

Apa itu phone banking?

Phone banking adalah layanan yang memungkinkan nasabah menghubungi nomor telepon tertentu dari bank untuk melakukan transaksi perbankan.

Fasilitas satu ini dapat dilakukan untuk cek saldo atau tagihan kartu kredit tanpa perlu ke ATM.

Bagaimana cara kerja phone banking?

Buat nasabah yang mau transaksi lewat fasilitas ini, harus daftar dulu ke bank atau ATM terkait. Di bank, kita akan dikasih PIN phone banking yang akan dipakai buat otorisasi atau izin buat bertransaksi via telepon.

Setelah mendapat PIN, kita tinggal pencet nomor bank yang akan kita tuju. Nantinya di ujung telepon sana ada pegawai bank atau hanya mesin penjawab yang akan melayani dan memandu kita.

Apa saja manfaat phone banking?

  • Informasi saldo
  • Informasi tarif dan limit
  • Informasi kurs
  • Informasi produk bank
  • Ubah PIN
  • Blokir ATM
  • Pemindahbukuan.

Apa perbedaan SMS banking dan phone banking?

SMS banking memakai tulisan pesan yang dikirim dengan format tertentu, sedangkan fasilitas ini menggunakan telepon/suara ke nomor yang sudah ditentukan.

Perbedaan di antara keduanya, dengan fasilitas satu ini transaksi dilakukan dalam bentuk voice (suara) sehingga biaya yang ditanggung nasabah sebesar biaya pulsa percakapan.

Sementara itu, transaksi mobile banking dilakukan dalam bentuk visual (teks SMS) sehingga biaya yang ditanggung nasabah sebesar biaya SMS premium.

Berapa saja nomor phone banking beberapa bank di Indonesia?

Berikut ini beberapa bank dan nomornya:

  • BCA: 1500888
  • CIMB NIAGA: 14041
  • Mandiri: 14000
  • Danamon: 1500090
  • BNI: 500046
  • BRI: 14017.

Bagaimana cara daftar phone banking?

  • Nasabah dapat melakukan registrasi atau pendaftaran melalui customer service (CS) dengan menjalani empat langkah berikut:
  • Nasabah bisa langsung datang ke CS untuk mengisi formulir pendaftaran Phone Banking.
  • Isi dan lengkapi formulir pendaftaran Nasabah akan dihubungi dan dikonfirmasikan oleh CS Bank, maksimal 14 hari kerja.
  • Nasabah akan mendapatkan PIN Mailer yang akan dikirim ke alamat nasabah (berupa kertas carbonized sama seperti PIN ATM).
  • Proses terakhir, setelah Nasabah mendapatkan PIN Mailer fasilitas ini, Nasabah dapat melakukan perubahan PIN melalui Layanan satu ini setelah fasilitas tersebut aktif dan selanjutnya Nasabah dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia di Layanan Fasilitas satu ini tersebut.

Apa tips aman pakai phone banking?

Meski sudah pakai PIN dan dilakukan lewat telepon sendiri, fasilitas satu ini gak berarti aman-aman saja untuk diakses. Kamu juga harus mengetahui bahaya memakai fasilitas ini saat transaksi.

Karena itu, penting banget untuk kamu aware soal keamanan transaksi perbankan. Ada dua tips penting untuk menjaga keamannya, yaitu:

  • Tidak memberikan PIN kepada siapa pun.
  • Tidak menyimpan informasi PIN di handphone.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →