Cara Kerja Phone Banking: Mau Transfer Dana sampai Isi Pulsa? Tinggal Telepon

cara kerja phone banking

Berani taruhan, banyak di antara kita yang gak ngerti bagaimana cara kerja phone banking. Jangankan cara kerjanya. Hakulyakin cuma sedikit yang tahu apa itu phone banking.

 

Kebanyakan nasabah yang melek teknologi emang lebih sering pakai fitur Internet banking buat transaksi perbankan. Soalnya modal buat manfaatin fitur ini selalu ada di tangan, yaitu smartphone dan koneksi Internet.

 

Tapi smartphone gak hanya bisa dipakai buat Internet banking. Banyak fitur electronic banking yang bisa dimanfaatkan lewat gadget itu, seperti diterangkan di buku Bijak Ber-E-Banking gratis terbitan Otoritas Jasa Keuangan.

 

Salah satunya adalah phone banking. Bahkan, gak perlu pakai ponsel seharga jutaan buat pakai layanan ini. Hape jadul sekelas Nokia 3315 juga bisa. Pakai pesawat telepon di rumah apalagi.

 

Definisi

Phone banking adalah layanan yang memungkinkan nasabah menghubungi nomor telepon tertentu dari bank untuk melakukan transaksi perbankan. Buat sekadar cek saldo atau tagihan kartu kredit juga bisa dilakukan lewat phone banking.

 

[Baca: Tagihan Bulanan Kartu Kredit: Angka-Angka Itu Maksudnya Apa Sih?]

 

 

cara kerja phone banking

Gak perlu repot-repot ke ATM kalo semua transaksi bisa dilakukan lewat phone banking, iya kan?

 

Lewat layanan ini kita gak perlu lagi datang ke bank atau ATM buat transaksi. Yang lebih keren, layanan ini umumnya tersedia selama 24 jam.

 

Mau ikut flash sale di lapak online jam 12 malem, misalnya, pakai phone banking aja buat transaksi. Lebih aman daripada harus ke ATM jam segitu.

 

Selain nasabah bank, masyarakat non-nasabah juga bisa mengakses phone banking. Tapi tentunya bukan untuk transfer dana atau bayar tagihan ini-itu.

 

[Baca: Kebiasaan Bayar Minimum Tagihan Kartu Kredit Bisa Bikin Celaka]

 

 

Non-nasabah bisa pakai phone banking buat cari tahu informasi soal suku bunga dari bank, nilai tukar mata uang, atau produk perbankan yang ditawarkan bank itu. Asal gak dipakai buat ngecengin pegawai bank aja ya. Kasihan, capek-capek kerja dicengin lewat telepon.

 

Cara Kerja

Cara kerja phone banking simpel banget. Buat nasabah yang mau transaksi lewat phone banking, harus daftar dulu ke bank atau ATM terkait.

 

Di bank, kita akan dikasih PIN phone banking. PIN ini yang akan dipakai buat otorisasi atau izin buat bertransaksi via telepon.

 

Setelah dapetin PIN, kita tinggal pencet nomor bank yang akan kita tuju. Nantinya di ujung telepon sana ada pegawai bank atau hanya mesin penjawab yang akan melayani dan memandu kita.

 

Yang lebih sering sih mesin penjawab yang dipekerjakan sebagai pemandu phone banking. Mesin penjawab ini punya teknologi keren bernama interactive voice response (IVR) yang mampu mendeteksi suara dan tekanan tombol telepon lalu merespons dalam bentuk suara.

 

Berikut ini contoh beberapa bank dan nomor phone banking mereka:

 

BCA: 1500888

CIMB NIAGA: 14041

Mandiri: 14000

Danamon: 1500090

BNI: 500046

BRI: 14017

 

Meski sudah pakai PIN dan dilakukan lewat telepon sendiri, phone banking gak berarti aman-aman aja. Tetap ada bahaya memakai phone banking buat transaksi.

 

cara kerja phone banking

Penting banget untuk aware soal keamanan transaksi perbankan. Serem kan kalo data-data pribadi kita jatuh ke tangan orang-orang yang gak bertanggungjawab!

 

 

Ada dua tips penting untuk menjaga keamanan phone banking, yaitu:

 

1. Tidak memberikan PIN kepada siapa pun.

2. Tidak menyimpan informasi PIN di hape.

 

 

Ya, keamanan phone banking erat kaitannya dengan kelihaian kita menjaga rapat-rapat rahasia PIN. Kalau memang susah hafal PIN, sebaiknya dicatat di kertas lalu disimpan di rumah.

 

[Baca: Aje Gileee, Masak Bisa Transaksi Kartu Debit Tanpa PIN]

 

 

Tapi gak perlu pakai pengumuman “PIN Phone Banking: XXXXX”. Cukup tulisan angka aja. Kalau dikasih pengumuman begitu, bisa disalahgunain orang gak bertanggung jawab yang ngelihat.

 

Bahaya kalau PIN disimpan di hape terus hape itu ilang. Bisa ilang juga itu duit hasil kerja keras di tabungan. Belum lagi kalau ada cicilan yang mengandalkan duit tabungan itu.

 

Ingat, phone banking dan fitur electronic banking lain dari bank disediakan buat  kemudahan nasabah. Tapi kita wajib selalu waspada dalam memanfaatkan layanan tersebut.

 

 

 

Image Credit : 

  • http://www.kabarbisnis.com/images/picture/201509/1046-atm.jpg
  • http://2.bp.blogspot.com/-LxnUvPcuOjw/U3bd6MH7KFI/AAAAAAAAKPY/W3xErVIocrk/s1600/hacker.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →