Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang Dengan Mudah

cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang

Cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang sebenarnya tidaklah sulit, khususnya semenjak perkembangan teknologi internet yang kian pesat. Dengan perkembangan teknologi saat ini, dari yang awalnya sekedar tempat menyalurkan hobi menulis, bisa menjadi tempat untuk mendapatkan penghasilan. 

Nah, pendapatan blogger ini bisa didapat melalui beberapa cara, seperti dari endorsement atau dari Google AdSense. Biar nggak bingung, yuk simak cara membuat blog gratis berkualitas dan menghasilkan uang! 

Cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang

Cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang darinya juga sebetulnya sangat mudah dilakukan. Apalagi jika kamu sudah terkenal seperti blogger Diana Rikasari, maka bisa juga berkesempatan mendapatkan banyak keuntungan menjadi blogger lainnya.

Namun perlu diingat bahwa membangun blog berkualitas adalah hal yang penting untuk bisa menghasilkan uang dari blog dalam jangka waktu lama. Jadi yang perlu ditekankan terlebih dahulu adalah kualitas blog dan setelah itu kamu bisa berpikir cara meraup penghasilan dari blog. 

Untuk kamu yang ingin tahu cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang, begini langkah-langkahnya: 

1. Pilih platform terbaik dan gratis

Ketika ditanya mengenai cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang, maka kamu perlu memilih platform blog yang tepat. Ada banyak platform blog yang bisa dipilih, mulai dari Blogspot, Joomla, Drupal, Magento, hingga WordPress. Setiap platform ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, jika kamu ingin yang gratis dan memiliki kualitas blog bagus, maka pilih WordPress yang tidak hanya cocok untuk para pemula, tetapi juga cocok untuk blogger yang sudah mahir karena blog yang dihasilkan  kelak akan memiliki kualitas tinggi. 

2. Buat konten blog menarik dan bermanfaat

Setelah memilih platform, maka cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang selanjutnya adalah membuat konten blog tersebut dan menentukan topiknya.  Pada tahap ini kamu harus merumuskan niche, yang berarti blog kamu akan fokus pada minat tertentu daripada beberapa topik. Sebab jika kamu coba-coba menulis tentang berbagai hal berbeda, ini bisa memberi pengaruh buruk terhadap traffic.

Untuk menentukan niche, pilih topik khusus  sebagai inspirasi menulis. Niche yang tepat biasanya tidak akan membuat kamu kehabisan ide. Selain itu, memilih niche juga penting untuk mengatur tone dan pilihan kata yang cocok untuk menarik pembaca, seperti bergaya santai atau agak formal. 

3. Buat konten yang bermanfaat

Sebuah konten bisa dikatakan bermanfaat ketika pembaca mendapatkan solusi melalui apa yang kamu tulis. Ingat, saat pembaca mencari sebuah kata kunci di Google, maka mereka ingin jawaban pasti dan tepat yang bisa menyelesaikan masalah mereka.

Tak hanya bermanfaat, konten yang kamu buat nantinya juga harus menarik. Ingat, akan ada banyak website dan blog di internet yang membahas satu topik yang sama. Oleh karena itu, blog yang kamu buat harus bisa memenangkan persaingan tersebut dengan membuat konten semenarik mungkin. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat konten blog menarik. Kamu bisa menggunakan beberapa format penulisan yang paling cocok untuk pembaca blog kamu atau menggunakan alat bantu visual seperti infografik atau video yang menarik. Namun jangan lupa untuk selalu mengoreksi supaya kalimat yang ada di blog tetap mudah dibaca. Jangan lupa juga untuk evaluasi setiap konten yang ada untuk dicari tahu perbaikan apa yang dibutuhkan dan yang bisa menarik minat pembaca.

4. Jaring pembaca dengan meningkatkan kualitas SEO blog

Cara membuat blog gratis dan menghasilkan uan selanjutnya adalah dengan SEO. Blog bisa dikunjungi melalui banyak sumber, seperti yang paling besar dalam pencarian Google atau biasa disebut juga pencarian organik. Oleh karena itu, yang paling penting juga perihal cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang darinya adalah memastikan bahwa kualitas SEO pada blog sudah maksimal guna menjaring banyak pembaca dari Google.

Kamu harus mengupayakan agar konten-konten yang kamu tulis muncul setidaknya di halaman pertama hasil pencarian Google sehingga ini akan lebih mudah ditemukan calon pembaca. Kualitas SEO yang baik akan membantu kamu mencapai hal tersebut, bahkan konten yang kamu buat bisa menduduki peringkat pertama Google.

Namun, membangun kualitas SEO tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat. Dibutuhkan waktu lama untuk bisa membangun SEO yang berkualitas. Waktu lama ini juga bukan berarti bahwa hal tersebut mustahil untuk dilakukan. Asalkan kamu mengikuti panduan yang tepat.

5. Promosikan blog di media sosial

Tak hanya pencarian organik, media sosial juga bisa kamu manfaatkan untuk menjangkau banyak calon pembaca blog. Ada berbagai macam media sosial yang bisa kamu manfaatkan, mulai dari Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, Kaskus, dan banyak lagi. Membagikan di media sosial atau mendapatkan review dari orang lain juga merupakan salah satu yang penting dalam cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang.

Tentukan cara monetize blog 

Kini kamu masuk ke tahap terakhir. Jika kamu sudah membuat blog yang berkualitas, maka kamu bisa mulai memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang dari blog atau cara monetize blog. Terdapat banyak cara mendapatkan uang dari blog dan kamu bisa pilih salah satunya: 

1. Cara menghasilkan uang dari blog Google Adsense

Google Adsense adalah sebuah layanan periklanan yang paling populer saat ini dan ia dimiliki oleh Google. Layanan ini diperuntukan untuk para publisher atau pemilik website menayangkan iklan.

Ada dua istilah yakni Adwords dan Adsense yang pada intinya adalah layanan yang sama. Yang membedakan, untuk Adwords mereka menyediakan layanan bagi para pengiklan untuk membeli iklan. Sedangkan publisher menghasilkan uang dari iklan yang ditampilkan di blog mereka dari layanan Adsense.

Prosesnya cukup sederhana, yaitu:

  1. Sebagai pemilik website, kamu hanya perlu meletakan kode Adsense di website.
  2. Pengiklan atau advertiser melakukan penawaran untuk iklan, dan penawaran dengan harga terbesar akan ditampilkan di website.
  3. Kamu akan mendapatkan bayaran setiap ada klik iklan oleh pengunjung website. Google akan mengurus penagihan ke pengiklan dan memastikan kamu menerima bayaran.

Google Adsense ini menggunakan algoritma kompleks untuk melakukan analisa pada konten website. Ini dilakukan untuk memastikan iklan yang tampil sesuai dengan website. Sebagai contoh, jika kamu memiliki website tentang musik, maka Adsense akan menampilkan iklan berupa promosi yang berhubungan dengan musik, alat musik, atau kursus musik. 

Bayaran setiap kliknya bisa bervariasi, mulai $0.1 sampai $5 tergantung negara, kompetitor antar advertiser dan artikel yang dibahas. Di Indonesia, bayaran yang didapatkan berkisar $0.01 sampai $5.

Kamu bisa mendaftarkan blog dengan membuat akun Adsense. Cara membuatnya juga cepat dan kamu akan mendapat email pemberitahuan dalam beberapa hari apakah disetujui atau tidak. Jika sudah diterima, kamu bisa memasang iklan Adsense di blog.

2. Sumber penghasilan blog dari endorsement

Endorsement adalah hal yang sangat umum dilakukan sekarang oleh para influencer, blogger, atau YouTuber sebagai cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang. Ini adalah bentuk promosi produk atau layanan tertentu di konten blognya, baik itu dalam bentuk review, unboxing, atau sekadar deskripsi produk.

Blogger juga bisa bekerja sama dengan perusahaan tertentu untuk melakukan endorsement untuk produk atau layanannya. Keuntungan menjadi blogger yang melakukan endorsement bisa beragam, mulai dari uang tunai hingga produk gratis. Tergantung kesepakatan antara blogger dan perusahaan.

Biasanya perusahaan yang akan menghubungimu terlebih dahulu untuk mengajak kerjasama. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah membangun blog yang berkualitas agar semakin banyak perusahaan yang ingin bekerjasama.

Itulah cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang yang bisa kamu coba praktekan. Nah, jika kamu sudah mendapatkan keuntungan menjadi blogger nantinya, maka kamu perlu memanfaatkan dengan baik pendapatan yang kamu terima. Salah satunya adalah dengan menabungnya di bank. 

Kabar baiknya, kini Lifepal hadir sebagai teman andalanmu yang dapat membantu kamu mendapatkan informasi mengenai perbankan atau bahkan asuransi terbaik sesuai kebutuhan. Untuk informasi lebih jelas, bisa mengontak tim Lifepal, ya!

Pertanyaan seputar cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang