Cara Membuat CV yang Benar Supaya Cepat Dapat Kerja!

Cara Membuat CV

Saat kita melihat sebuah lowongan pekerjaan, pasti kita akan melihat tulisan lampirkan CV sebagai salah satu persyaratan lamaran

Melampirkan CV (curriculum vitae) atau riwayat hidup memang penting untuk dilakukan terlebih saat kita akan melamar sebuah pekerjaan atau mau mengajukan kerja magang. Sebagaimana dokumen satu ini berisi hal-hal berikut ini.

  • Riwayat pendidikan.
  • Prestasi.
  • Pengalaman profesional yang pernah dilakukan.
  • Keterampilan lainnya yang dimiliki.

Nah, dikarenakan fungsinya yang amat penting, mari simak cara membuat CV yang benar di sini.

Cara Membuat CV dengan Benar

cara membuat cv

Agar CV kita dilirik perusahaan pastinya kita tidak boleh membuatnya dengan asal-asalan. Lalu bagaimana cara membuat CV yang benar supaya bisa meningkatkan peluang kita direkrut? Berikut adalah poin-poin penting yang harus disertakan di dalam CV.

Data diri pribadi

Data diri pribadi seperti nama, alamat rumah, surel, dan nomor telepon wajib banget nih disertakan dalam CV. Sebab, data diri ini yang pertama kali akan dilihat oleh perekrut. Oleh karena itu, pastikan memasukkan data diri yang sebenar-benarnya sesuai dengan KTP yang dimiliki.

Poin ini bisa kita sertakan pada bagian paling atas CV dengan ukuran dan jenis font yang lebih besar terutama pada bagian nama. Di bawah nama, sertakan alamat, nomor telepon, kemudian di bagian paling bawah adalah alamat email.

Contoh:

Mutia Nurindah

Jl. Sukaria No. 533

08131666155556

[email protected]

Riwayat pendidikan

Dalam menulis poin ini, kita tidak perlu memasukkan riwayat pendidikan sejak kita Sekolah Dasar atau Taman Kanak-Kanak. Cukup cantumkan nama sekolah SMA, universitas, atau sekolah tinggi kita. Hal tersebut sudah cukup menggambarkan latar belakang pendidikan kita, kok

Untuk lebih lengkapnya, sertakan pula poin-poin berikut.

  • Nama kampus tempat menempuh pendidikan.
  • Jurusan yang diambil.
  • Lamanya waktu menempuh pendidikan.
  • Nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) atau rata-rata nilai saat Ujian Nasional (UN).

Selain pendidikan formal, kita juga bisa mencantumkan pendidikan nonformal, seperti kursus maupun workshop yang sesuai dengan posisi yang sedang kita lamar.

Contoh:

Universitas Sederhana

Jurusan Teknik Informatika

2014 sampai 2018

IPK: 3,85

Pengalaman kerja

Saat mau melamar pekerjaan tentunya perekrut akan melihat pengalaman kerja kita sebagai bahan pertimbangan. Maka dari itu, saat membuat CV harus menyertakan pengalaman kerja kita selama ini.

Dalam penulisan pengalaman kerja tentunya harus ditulis sebenar-benarnya alias bukan rekayasa. Lebih lengkapnya yang harus disertakan adalah:

  • Lamanya bekerja.
  • Nama perusahaan.
  • Jabatan pekerjaan.
  • Tanggung jawab selama menjalani pekerjaan tersebut.

Jika, belum pernah memiliki pengalaman kerja, kita juga bisa memasukkan pengalaman selama magang, freelance, ataupun pekerjaan paruh waktu lainnya. Dengan begitu perekrut bisa melihat kita sebagai pribadi yang berpengalaman.

Contoh:

2014 – Sekarang

Rumah Belajar Inti Keharmonisan

Staff Pengajar

Bertanggung jawab menjadi wali kelas dan membuat laporan administrasi

Kemampuan yang dikuasai

Meskipun kita memiliki banyak kemampuan yang dikuasai bukan berarti semua kemampuan perlu disertakan ke dalam CV. Oleh sebab itu, pilihlah beberapa kemampuan yang sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar. 

Misalnya, pekerjaan yang akan dilamar adalah desain grafis, maka kemampuan yang bisa dimasukkan adalah kemampuan mengoperasikan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Coreldraw, dan sebagainya.

Selain itu, hindari menyertakan kemampuan yang hampir semua orang mampu mengoperasikannya, seperti Microsoft Office Word.

Prestasi yang dimiliki

Selain memasukkan informasi-informasi penting seperti di atas, prestasi yang pernah kita miliki pun bisa turut disertakan.

Pilih beberapa prestasi yang sesuai dengan pekerjaan yang akan kita lamar, misalnya pernah memenangi perlombaan desain grafis. Dengan begitu, prestasi tersebut bisa menjadi poin tambah kita di mata perekrut.

Aplikasi Pembuatan CV Gratis

situs cv menarik

Jika merasa masih bingung bagaimana format pembuatan CV yang menarik. Maka, kita bisa memanfaatkan berbagai layanan penyedia pembuatan CV yang banyak tersedia di internet. 

Tidak perlu takut harus membayar, sebab situs maupun aplikasi pembuatan CV tersebut bisa kita akses secara gratis. Yuk, simak apa saja daftarnya. 

Canva

Canva adalah salah satu situs yang menyediakan berbagai fitur untuk memudahkan membuat desain-desain yang menarik, salah satunya adalah pembuatan CV. 

situs yang juga dapat diakses melalui aplikasi internet ini, menawarkan dua kategori akun, yaitu Canva Reguler yang dapat diakses secara gratis dan Canva Pro dengan harga berlangganan USD12,95 atau sekitar Rp183 ribu setahun. Di mana Canva Pro menyediakan lebih banyak template, gambar, dan ilustrasi yang menarik. 

Easy Resume Builder

Untuk membuat CV yang simpel dan profesional dalam, hitungan menit, kita bisa menggunakan aplikasi satu ini. Apalagi Easy Resume Builder mempunyai user interface yang sederhana dan mudah digunakan bagi para pengguna baru, sehingga banyak orang telah memanfaatkannya. 

Nah, buat kamu yang mau mengakses fitur-fitur menariknya, tenang saja sebab seluruh fitur bisa diakses sepuasnya alias gratis. 

Resume Builder Free CV

Aplikasi ini cocok banget buat kita yang baru pertama kali membuat CV. Seperti namanya, kita bisa mengakses berbagai fitur menariknya secara gratis. Apalagi ada lebih dari 70 template CV di dalamnya yang bisa digunakan kapan saja kita membutuhkannya.

CV & Resume Creator

Aplikasi besutan Desygner Pty Ltd ini memiliki lebih dari 100 template, fonts, dan icons yang bisa kita gunakan untuk pembuatan CV secara gratis. Selain itu, di CV & resume Creator kita bisa membuat CV dengan berbagai format,seperti jPEG,  PNG, dan PDF, lho. 

Ms. Word

Bukan cuma aplikasi di atas saja yang bisa membantu kita membuat CV yang simpel dan menarik. Sebab Ms. Word juga menyediakan template-template menarik. Untuk bisa mengaksesnya, yuk, simak langkahnya di bawah ini. 

  1. Buka Ms. Word 2010.
  2. Pilih menu File.
  3. Kemudian pilih New dan Resumes and Cover Letters. 
  4. Jika sudah, pilih salah satu template yang diinginkan untuk pembuatan CV. 

Contoh CV yang Benar

contoh membuat cv

Untuk memudahkan dalam pembuatan CV, yuk simak contoh pembuatan CV yang benar berikut ini.

Riwayat Hidup

Data Diri

Mutia Nurindah

Jl. Sukaria No. 53

0813166615555

[email protected]

Riwayat Pendidikan 

SMA Permata Buana

2011 sampai 2013

Rata-Rata NEM: 88.75

Universitas Sederhana

Jurusan Desain Komunikasi Visual

2014 sampai 2018

IPK: 3,85

Pengalaman kerja

2016 – 2018

DesainGrafis

PT Suka Makmur

Bertanggung jawab membuat desain banner dan media sosial.

2018 – Sekarang

Senior Desain Grafis

PT Suka Jaya Abadi

Bertanggung jawab menentukan ide dan membuat desain.

Kemampuan yang dikuasai

  • Adobe Photoshop
  • Adobe  Illustrator
  • Coreldraw

Prestasi

  • Juara Gambar Realis Antar Mahasiswa Desain Universitas (2013)
  • Juara Harapan Kompetisi Desain Grafis Nasional (2014)

Nah, itu tadi informasi cara membuat CV yang benar dan bisa kita ikuti. Namun, perlu diingat untuk tidak memberikan informasi pribadi yang tidak perlu, seperti agama, suku, maupun status pernikahan. Selain itu, jangan juga membuat CV dengan desain yang terlalu ramai dan mencolok agar pihak perekrut tetap nyaman membaca CV kita.

Semoga sederet informasi di atas bisa membantu sobat Lifepal dalam membuat CV, ya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →