Cara Membuat Kartu Kredit BCA dengan 3 Langkah Mudah

cara membuat kartu kredit bca

Cara membuat kartu kredit BCA memang lebih sulit jika dibandingkan dengan di bank lain karena salah satu perusahaan perbankan terbesar di Indonesia ini menerapkan persyaratan yang lebih kompleks.

Tujuannya adalah memastikan bahwa calon nasabah adalah orang atau perusahaan yang memiliki latar belakang finansial dan tujuan ekonomi yang ideal agar tidak mempersulit proses pembayaran kartu kredit nantinya. Hal ini dinilai wajar-wajar saja bagi sebuah perusahaan dalam menentukan kebijakan internalnya.

Namun yang pasti, langkah mengantisipasi risiko kredit macet layak diutamakan juga. Salah satunya adalah dengan melindungi diri dengan asuransi jiwa. Manfaat asuransi jiwa akan menjamin pertanggungan bagi nasabah yang mengalami risiko kehilangan pekerjaan yang mana perusahaan asuransi akan membantu meringankan pelunasan utang kreditnya.

Terutama buat kamu yang pertama kali mau bikin kartu kredit, Bank BCA menerapkan prosedur pengajuan yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bank-bank pemerintah dan swasta pada umumnya. Kita cari tahu aja bagaimana caranya di bawah ini.

Jadi begini cara membuat kartu kredit BCA

Nah, buat kamu yang masih bingung dengan tahap-tahap pengajuan kartu kredit BCA yang benar, berikut prosesnya.

1. Isi formulir pengajuan kartu kredit BCA

Yang pertama kali kamu harus lakukan adalah, mengisi formulir pengajuan kartu kredit BCA. Untuk mendapatkan formulir tersebut, kamu bisa datang ke kantor cabang BCA langsung.

Selain datang ke kantor cabang, apalagi buat pekerja kantoran yang sibuk, kamu bisa coba apply secara online. Kamu bisa buka situs web BCA dan unduh formulirnya di sini.

2. Siapkan dokumen yang diminta

Sembari mengisi formulir pengajuan, kamu bisa siapkan dokumen yang diminta. Sebagai cara membuat kartu kredit BCA, kamu memerlukan dokumen berikut.

  • Identitas diri, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), SIM, atau Paspor.
  • Dokumen administrasi berupa slip gaji sebagai pertanda kamu punya penghasilan tetap. Buat yang berwirausaha, kamu bisa selipkan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) atau TDP (Tanda Daftar Perusahaan). Sementara itu, buat para profesional seperti dokter dapat melampirkan surat pengangkatan.
  • Dokumen pelengkap seperti NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Di sini tidak ada syarat wajib untuk meminta lampiran fotokopi kartu kredit dari bank lain, kok. Jadi, gak perlu khawatir buat kamu yang baru pertama kali mau apply kartu kredit.

3. Ikuti proses verifikasi

Setelah melengkapi semua persyaratan dokumen dan mengirimkannya ke pihak BCA, saatnya ikuti proses verifikasi.

Proses verifikasi ini bertujuan buat memastikan bahwa benar kamu sendiri yang memasukkan data tersebut. Penting buat kamu buat gak melewatkan telepon dari bank. Karena itu, letakkan ponsel kamu dekat dengan kamu.

Selain menelepon kamu, pihak BCA juga bakal menghubungi nomor telepon saudara gak serumah yang kamu cantumkan. Jadi, ingatkan saudara kamu untuk mengangkat telepon.

Yang pasti, saat proses verifikasi tersebut, kamu maupun saudara gak serumah harus bisa menjawab pertanyaan dengan meyakinkan.

Kalau kamu sering lupa mengenai informasi data diri, misalnya alamat lengkap rumah atau kantor, silakan pakai trik berikut. Kamu sebaiknya catat data tersebut di notes ponsel atau buku. Jadi, pas dihubungi oleh BCA, kamu bisa jawab pertanyaan tersebut dengan lancar.

Dari proses verifikasi hingga pemberitahuan bahwa kamu disetujui atau gak, bakalan butuh beberapa minggu. Selama kamu memang memenuhi kriteria bank dan gak lewatkan telepon dari bank, yakin deh pasti disetujui.

Saat sudah menerima pemberitahuan persetujuan, kamu tinggal tunggu deh kartu kredit tersebut bakal dikirimkan ke alamat rumahmu.

Sekarang gak perlu bingung memikirkan gimana cara membuat kartu kredit BCA, kan? Langkah-langkah di atas bisa segera kamu coba.

Yang pasti, setelah punya kartu kredit, kamu harus bijaksana dalam menggunakannya. Kartu kredit bakal banyak kasih untung bila dipakai dengan benar. Namun, kamu bisa jadi buntung kalau boros pakai kartu kredit.

Bicara soal keuntungannya, kamu juga perlu tahu jenis-jenis kartu kredit yang ditawarkan oleh bank ini supaya kamu bisa sesuaikan juga dengan kebutuhanmu, apalagi reward-nya berbeda-beda. 

Jenis-jenis kartu kredit BCA

Secara umum, pengajuan kartu kredit BCA terbagi menjadi tiga kelompok pilihan, yakni BCA Card, BCA Mastercard, dan BCA Visa Card. Sebenarnya pembagian ini disesuaikan dengan nama saja, misalnya kartu BCA Card tidak ada logo Mastercard dan Visa sehingga tidak bisa digunakan untuk pembayaran melalui dua jaringan pembayaran internasional tersebut. 

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak rincian jenis-jenis kartu kredit BCA.

1. BCA Card

  • BCA Everyday Card
  • BCA Card Platinum
  • BCA Card Indomaret

Untuk BCA Everyday Card, reward yang ditawarkan ada banyak pilihan dan berlaku sepanjang tahun. Sementara BCA Card Indomaret menawarkan banyak potongan bila kamu berbelanja di jaringan Indomaret. 

2. BCA Mastercard

  • BCA Mastercard Platinum
  • BCA Mastercard Black
  • BCA Mastercard Matahari

Untuk BCA Mastercard Black, nasabah diberi penawaran fasilitas cicilan BCA nol persen di luar negeri. Jenis kartu tersebut juga diterima di seluruh jaringan Mastercard. Sementara BCA Mastercard Platinum menawarkan fasilitas cicilan dengan bunga ringan. Sedangkan BCA Mastercard Matahari, menawarkan birthday gift sebanyak 2 kali reward Matahari Club card. 

3. BCA Visa Card

  • BCA Visa Batman
  • BCA Visa Black Signature
  • BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature
  • BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite
  • BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Infinite

Keuntungan yang didapat dari BCA Visa Card juga bermacam-macam. Untuk BCA Visa Batman misalnya, menawarkan reward pay 1 for 2 untuk nonton di jaringan bioskop dan kota tertentu. 

Kemudian, BCA Visa Black menawarkan fasilitas cicilan nol persen di luar negeri dan promo makan malam di hotel bintang 5 di kota tertentu. Untuk BCA Visa yang bekerja sama dengan Singapore Airlines, tentu akan ada reward tertentu dari maskapai tersebut. 

Keuntungan memiliki kartu kredit BCA

Terlepas dari proses pengajuan kartu kredit BCA yang kompleks, terdapat sederet keuntungan bagi nasabah yang memilikinya. Apa saja?

1. Suku bunga yang kompetitif

BCA menetapkan suku bunga untuk transaksi penarikan tunai sebesar 2 persen per bulan dan suku bunga untuk transaksi belanja sebesar 2 persen per bulan. 

2. Leluasa bepergian di luar negeri

BCA menawarkan Mastercard dan Visa yang diterima di seluruh jaringan mesin ATM atau perangkat pembayaran yang ada logo kedua sistem pembayaran tersebut. Selain itu, nilai tukar kursnya juga rendah segingga lebih meringankanmu saat berbelanja. 

3. Jaringannya luas

Kartu kreditnya diterima luas lebih dari 65.000 Merchant. Dengan dukungan lebih dari 1.200 cabang BCA di seluruh Indonesia. Soal pembayaran juga bisa dilayani di semua fasilitas e-channel BCA seperti ATM BCA, KlikBCA, m-BCA, BCA by Phone tanpa dikenakan biaya apa pun.

Kartu kredit untuk mahasiswa, apa bisa ya?

Apakah pengajuan kartu kredit BCA bisa dilakukan oleh mahasiswa? Jawabannya bisa, tapi tentu dengan sejumlah siasat.

Karena pada dasarnya, sebenarnya pengajuan kartu kredit mensyaratkan pemiliknya harus memiliki pekerjaan atau penghasilan tetap. Selain itu, bank juga biasanya mematok usia minimum 21 tahun untuk bisa mengajukannya. 

Tidak menutup peluang bahwa mahasiswa pun membutuhkan kredit untuk mempermudah usahanya. Misalnya saat sedang menjajal bisnis online, kebetulan ada beberapa perlengkapan usaha yang harus dibeli di luar negeri dengan pembayaran kartu kredit. 

Bagaimana cara membuat kartu kredit BCA untuk mahasiswa?

Jawabannya, gunakan fasilitas kartu kredit tambahan. Jenis kartu yang ini merupakan turunan dari kartu utama yang misalnya dimiliki oleh orang tua. Kartu ini juga hanya bisa diajukan oleh pemegang kartu utama dengan limit yang juga menyesuaikan kartu utama. 

Jadi pengajuan kartu kredit BCA berjenis tambahan ini bisa dilakukan oleh orang tua untuk anaknya atau oleh seseorang untuk pihak lain yang dikehendakinya. 

Dengan begitu, pemegang kartu kredit tambahan bisa memanfaatkan fitur dengan limit yang telah disepakati oleh pemegang kartu kredit utama. Pemegang kartu utama juga bisa memantau transaksi yang dilakukan oleh pemegang kartu tambahan.

Meski begitu pastikan bahwa kamu sudah memiliki perencanaan keuangan ya agar terhindar dari kegagalan pembayaran utang kredit. Nah ada baiknya nih untuk cek kondisi keuanganmu untuk memastikan kamu sudah aman dari segala sisi. Coba cek secara online di Lifepal financial checker.

Penasaran dengan berapa cicilan bulananmu nanti saat punya kartu kredit?

Kalau kamu butuh simulasi singkat tentang berapa cicilan bulanan yang kamu harus bayar nanti saat memiliki utang kartu kredit, coba hitung aja dengan kalkulator bunga flat Lifepa ini.

Namun untuk mendapatkan informasi tentang biaya bunga dan administrasi lainnya secara lengkap, kamu bisa tanyakan kepada staf Bank BCA secara langsung ya.

Semoga tips mengenai pengajuan kartu kredit BCA ini bisa memberimu manfaat ya. Semoga berhasil!

Lengkapi proteksi keuanganmu dengan BCA Insurance

Cakupan bisnis BCA Group nyatanya tidak hanya unggul pada produk perbankan saja, melainkan ada juga produk perlindungan finansial dari BCA Insurance yang berfokus pada layanan perlindungan asuransi umum. Selain asuransi umum, ada juga produk asuransi lainnya dari BCA Group, yaitu:

Satu lagi adalah produk asuransi pendidikan BCA. Namun khusus mengenai yang ini, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) hanya bertindak sebagai pemasar produk asuransi pendidikan yang dimiliki oleh PT AIA Financial (AIA).

Jika kamu mau tahu lebih banyak tentang apa lagi produk asuransi lainnya, kamu bisa tanyakan melalui fitur Tanya Lifepal atau berkonsultasi langsung di Lifepal.

FAQ seputar pengajuan kartu kredit BCA

Ada tiga tahap yang kamu wajib penuhi jika ingin memiliki kartu kredit BCA, antara lain:

  1. Mengisi formulir pengajuan kartu kredit BCA. Untuk mendapatkan formulir resminya, kamu bisa datang langsung ke kantor cabang BCA atau mengunduh secara online di situs resmi BCA.
  2. Persiapkan KTP, NPWP, dan slip gaji bagi karyawan atau SIUP bagi pengusaha. Jika kamu berprofesi sebagai tenaga kerja profesional, kamu bisa melampirkan dokumen sertifikasi.
  3. Melakukan verifikasi melalui sambungan telepon. Pihak Bank BCA akan melakukan konfirmasi dengan cara menghubungi ponselmu dan sebaiknya kamu menyempatkan waktu untuk menjawab dan melakukan konfirmasi ulang mengenai pengajuan kartu kredit BCA yang kamu telah lakukan.
Kredit kredit BCA terbagi menjadi tiga jenis yang kamu bisa pilih, yaitu:

  • BCA Card, terdiri atas pilihan BCA Everyday Card, BCA Card Platinum, dan BCA Card Indomaret.
  • BCA Mastercard, terdiri atas pilihan BCA Mastercard Platinum, BCA Mastercard Black, dan BCA Mastercard Matahari.
  • BCA Visa Card, terdiri atas pilihan BCA Visa Batman, BCA Visa Black Signature, BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature, BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite, dan BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Infinite.
Bank BCA harus memastikan bahwa calon nasabahnya memiliki tujuan ekonomi yang sesuai dengan fungsi produk kartu kredit yang ditawarkan sehingga manfaatnya bisa menjadi tepat guna.

Selain itu, calon nasabah harus terbukti memiliki kemampuan ekonomi yang mendukung pelunasan utang kredit pada nantinya sehingga meminimalkan risiko kredit macet.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →