Cara Membuat Kartu Kredit BNI Ternyata Gak Ribet

Telah Ditinjau: Lifepal Lifepal
cara membuat kartu kredit bni

Cara membuat kartu kredit BNI disebut-sebut agak ribet. Padahal, faktanya cara membuat kartu kredit BNI itu gak sulit kok.

Sebenarnya, asalkan menemukan cara tepat,  dijamin membuat cara membuat kartu kredit BNI gak bakalan ribet. Cara-cara yang mesti dilakukan buat mendapat kartu kredit BNI gak ribet-ribet banget kok.

Selain itu kalau kamu menjadi nasabah Bank BNI, ada banyak keuntungannya. Salah satunya bisa mendapatkan asuransi jiwa BNI Life dengan praktis karena tinggal menghubungi Bank BNI saja.

Berikut ini Lifepal paparkan dengan jelas dan singkat ke kamu gimana cara membuat kartu kredit BNI. Langsung aja yuk disimak. 

Sebelum mengetahui cara membuat kartu kredit BNI, ketahui dulu info kartu kredit BNI

Agar gak salah pilih, cara membuat kartu kredit BNI yang harus kamu lakukan pertama kali adalah mencari tahu jenis kartu seperti apa yang cocok buat kebutuhan kamu. Asal tahu aja nih, kartu kredit BNI itu banyak jenisnya lho.

Makanya jangan sampai kamu salah pilih. Kalau penggunaannya gak menguntungkan, kamu bisa repot nantinya.

Berikut ini adalah jenis-jenis kartu kredit BNI yang bisa kamu pilih.

Kartu kredit Silver dan Gold Visa

Kartu kredit ini merupakan jenis kartu kredit BNI berlogo Visa.

  • Syarat penghasilan minimal setahun: Rp36 juta
  • Iuran tahunan: Rp120 ribu (Silver) dan Rp240 ribu (Gold)
  • Limit: Rp7 juta – Rp30 juta per bulan.

Kartu kredit BNI JCB Gold

Sementara kartu kredit ini merupakan jenis kartu kredit berlogo JCB.

  • Syarat penghasilan minimal setahun: Rp36 juta
  • Iuran tahunan: Rp240 ribu
  • Limit: –

Kartu kredit BNI Affinity

Kartu kredit ini adalah kartu hasil kerja sama antara BNI dan organisasi atau institusi nonprofit. Kartu ini terdiri dari tiga jenis, yaitu kartu kredit BNI Affinity – universitas, kartu kredit BNI Affinity – ikatan alumni, dan kartu kredit BNI Affinity – organisasi.

  • Syarat penghasilan minimal setahun: Rp36 juta
  • Iuran tahunan: Rp600 ribu (buat kartu kredit BNI WWF Visa Platinum)
  • Limit: Rp75 juta (buat kartu kredit BNI WWF Visa Platinum).

Kartu kredit Co-Branding

Kartu kredit ini terdiri dari kartu kredit Garuda BNI, BNI-Pertamina, Ferrari Credit Card by BNI, BNI – Lotte Mart, BNI – Sumsel Babel, hingga BNI – Bank BJB.

  • Syarat penghasilan minimal: Rp36 juta
  • Iuran tahunan: Rp600 ribu (kartu kredit BNI Garuda Signature platinum)
  • Limit: Rp7 juta (kartu kredit BNI Pertamina Gold) dan Rp20 juta (kartu kredit BNI Pertamina Platinum).

Apa saja syarat dari cara membuat kartu kredit BNI

Setelah mengetahui informasi seputar jenis-jenis kartu kredit BNI, kamu juga perlu tahu apa saja syarat-syarat membuat kartu tersebut. Penting banget nih buat melengkapi syarat-syarat yang diminta. Sebab, syarat-syarat ini cukup menentukan apakah pengajuan disetujui atau ditolak.

Berikut ini adalah syarat-syarat dokumen membuat kartu kredit BNI.

Dokumen Karyawan/TNI/Polisi Dokter/Profesional lainnya Pengusaha Pemegang kartu kredit bank lain
KTP/SIM/Paspor
Slip Gaji, SPT, atau bukti penghasilan lainnya
Fotokopi Akte Pendirian/SIUP/TDP
Surat Izin Profesi
Nomor Kartu Kredit Bank Lain
Nasabah Emerald
NPWP

Cara membuat kartu kredit BNI isi formulir secara online atau offline

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah, melakukan pengisian formulir. Kamu bisa mengisi formulir, baik secara online maupun offline.

Kalau pengin mendaftarkan diri dan mengisi formulir, kamu bisa melakukannya dengan membuka www.bni.co.id/creditcard/id-id/produk/produkkartukreditbni. Kamu tinggal pilih saja mana kartu kredit yang pengin kamu ajukan dengan klik Apply.

Sementara itu, buat pengajuan secara offline, kamu bisa mendatangi kantor cabang BNI yang berada di sekitarmu. Tinggal menyampaikan maksud kedatanganmu dan bank nantinya bakal mengarahkan kamu buat mengisi formulir.

Menunggu proses verifikasi sebagai cara membuat kartu kredit BNI

Kalau semua prosedur mulai dari melengkapi persyaratan hingga mengisi formulir sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah menunggu kabar dari petugas Bank BNI. Nantinya kamu bakal ditanya sebagai bagian dari verifikasi.

Di sini kamu harus memberi jawaban yang sebenarnya dan gak ada yang meragukan. Terus, nantinya pihak bank juga bakal menghubungi nomor saudara atau kerabat yang kamu cantumkan.

Informasikan saudara atau kerabatmu juga perihal pengajuan kartu kredit yang kamu lakukan. Dengan begitu, saudara atau kerabatmu bisa memberi jawaban yang pasti dan menyakinkan.

Fasilitas dan fitur unggulan kartu kredit BNI

Selain informasi syarat pengajuan dan jenis yang akan diambil, sebaiknya kamu juga harus tahu fasilitas dan fitur dari kartu kredit BNI. Ini beberapa fasilitas yang bisa digunakan nasabah kartu kredit BNI, antara lain : 

  • Semua kartu kredit BNI jenis Visa, MasterCard, atau JCB bisa digunakan di seluruh dunia di ATM berlogo Cirrus/Plus. Selain itu semua kartu kredit BNI juga bisa digunakan di ATM BNI se-Indonesia 
  • Syarat pembayaran yang mudah juga murah jadi fasilitas tambahan buat nasabahnya. Kamu cukup membayar minimum 10% dari total tagihan kartu kredit setiap bulannya. 
  • Layanan telepon 24 jam siap membantu kamu setiap saat. Cukup menghubungi 1500046 atau 68888 dari ponsel kamu, layanan BNI Call pun siap membantu. 
  • Tersedianya kartu tambahan dengan nomor berbeda bisa memudahkan kamu dalam mengontrol pemakaian kartu kredit. Pembayaran pun cukup diajukan pada nomor kartu kredit utama. Mudah kan? 
  • Dengan BNI tunai memudahkan nasabahnya untuk mentransfer dana tunai dari batas kredit melalui TelePlus BNI ke rekening mana saja di Indonesia 
  • Kamu gak perlu bingung lagi untuk mengisi pulsa, karena kartu kredit BNI memiliki fasilitas BNI Isi Pulsa melalui layanan telepon 24 jam BNI
  • Nasabah kartu kredit BNI mendapat perlindungan asuransi bebas premi 
  • Selain itu ada fitur Perisai Plus, dimana kamu dapat perlindungan terhadap saldo terhutang jika satu saat gak mampu membayar karena sakit, kecelakaan, cacat atau meninggal. Premi yang ditarif pun hanya sebesar 0,60%
  • Kamu bisa memanfaatkan BNI Bill Payment dengan membayar tagihan bulanan langsung dari kartu kredit dengan biaya administrasi hanya Rp5.000 saja
  • Buat kamu yang suka jalan-jalan ada fasilitas layanan TeleTravel BNI untuk kemudahan memesan tiket pesawat, reservasi hotel dan banyak paket wisata menarik dari BNI untuk liburan kamu
  • Nasabah kartu kredit BNI pun akan mendapat newsletter untuk informasi penawaran atau diskon menarik dari merchant yang bekerjasama dengan BNI
  • BNI merchandising dengan harga istimewa yang bisa kamu dapatkan informasinya dari katalog BNI
  • BNI layanan mobile untuk transaksi kartu kredit dengan SMS atau secara online dengan BNI Mobile Service 
  • Nasabah kartu kredit BNI juga bisa menikmati fasilitas executive airport lounge 
  • Kamu juga bisa mendapat 1 poin reward setiap bertransaksi dengan nilai Rp2.500 atau kelipatannya menggunakan kartu kredit 
  • Manfaatkan cicilan tetap dengan bunga yang kompetitif.

BNI Life Perisai Plus

Bagi nasabah kartu kredit, Bank BNI melindunginya melalui produk asuransi jiwa BNI LIfe Perisai Plus. Polis ini hanya bisa dimiliki pemegang kartu kredit BNI dengan manfaat lengkap. Manfaat pertanggungan yang diberikan antara lain: 

  • 300% UP jiwa atau santunan meninggal dunia 
  • Santunan ketidakmampuan sementara 
  • Santunan ketidakmampuan tetap total 
  • Santunan penyakit kritis.

Benefit tersebut dapat kamu nikmati hanya dengan membayar premi sebesar 0,69% dari total saldo tagihan. 

Tips cara membuat kartu kredit BNI cepat di-approve

Banyaknya fasilitas dan fitur yang ditawarkan kartu kredit BNI, pasti membuat kamu langsung tertarik dong. Selain praktis dan banyak promo, kartu pengganti uang tunai ini juga memiliki banyak keuntungan lain. Gak heran, banyak yang menginginkan alat pembayaran berbentuk kartu plastik tipis ini. 

Tapi, ternyata ada sejumlah syarat ketat yang ditetapkan bank untuk calon nasabah kartu kredit. Sehingga seringkali pengajuan kartu kredit calon nasabah gak disetujui. Terlebih jika itu adalah pengajuan kartu kredit pertama. 

Lifepal coba memberi tips agar pengajuan kartu kredit disetujui. Simak langkah-langkahnya di bawah ini! 

1. Lengkapi semua syarat dan data diri dengan jelas dan benar

Pastikan kamu melengkapi semua persyaratan dan formulir yang diminta oleh pihak bank. Dengan kamu jelas dan benar mengisi maka akan mempermudah proses pengajuan aplikasi. Jangan sampai aplikasinya gak lengkap atau gak sesuai ketentuan yang ditetapkan bank. Alih-alih mendapat persetujuan, pengajuan kamu malah ditolak bank. Gak mau juga kan? 

2. Pastikan riwayat kredit bersih

Saat kamu mengajukan permohonan kartu kredit, maka bank akan memeriksa riwayat kredit di bank lain atau lembaga non perbankan. Bank pun akan meminta Informasi Debitur Individual dari Bank Indonesia untuk memastikan kemampuan dan komitmen kamu dalam menerima fasilitas kartu kredit. 

3. Tempat tinggal sesuai KTP

Ajukan kartu kredit di wilayah tempat tinggal kamu atau sesuai dengan alamat di KTP. Dengan begitu bank akan lebih percaya dan mudah menemukan alamat tempat tinggal kamu. Ditambah lagi jika rumah kamu ada telepon fix line untuk verifikasi dan survei ke rumah. 

4. Pekerjaan sesuai standar yang ditetapkan bank

Biasanya bank memiliki standar khusus bagi karyawan yang mengajukan permohonan kartu kredit. Umumnya bank akan menyetujui karyawan yang bekerja di perusahaan besar. Meski begitu, jangan kecil hati buat kamu yang bekerja di perusahaan kecil. Selama faktor-faktor penunjang seperti fasilitas telepon kantor mudah dihubungi untuk verifikasi, penghasilan minimal Rp3 juta per bulan, kelayakan kantor dengan fasilitas pendukung dan masa kerja di perusahaan tersebut minimal satu tahun akan jadi pertimbangan lain dari bank. 

5. Pertimbangkan bank sesuai payroll 

Pilih bank yang sesuai payroll kantor bisa jadi salah tips agar pengajuan kartu kredit kamu disetujui. Pasalnya jika melalui bank dimana kantor kamu membayar gaji karyawan, riwayat keuangan kamu jadi bisa dianalisis oleh bank. 

6. Ajukan di tempat yang tepat

Ada beberapa pilihan tempat untuk kamu bisa mengajukan permohonan kartu kredit, antara lain: 

  • Datang langsung ke bank terdekat untuk mengajukan kartu kredit 
  • Online melalui website resmi bank yang kamu pilih 
  • Bisa juga melalui program member get member, biasanya cara ini akan lebih disetujui oleh bank 
  • Di mal atau supermarket saat bank mengadakan promo di sana. 

Itu tadi cara-cara membuat kartu kredit BNI yang bisa kamu lakukan. Jika kamu membutuhkan saran untuk menyusun anggaran pribadi atau keluarga yang ideal, Lifepal memberikan konsultasi gratis buat kamu!

Pertanyaan seputar cara membuat kartu kredit BNI

  • Usia minimum pemegang kartu utama 21 tahun
  • Usia maksimal pemegang kartu utama 65 tahun
  • Usia minimum pemegang kartu tambahan 17 tahun
  • WNI.

  • Fotokopi KTP/KITAS
  • Bukti penghasilan seperti slip gaji, SKP atau SPT
  • Fotokopi rekening tabungan dalam dua bulan terakhir
  • Fotokopi surat izin profesi
  • NPWP
  • Fotokopi akta pendirian/SIUP/TDP.
Selain menghubungi layanan 24 jam BNI Call di 1500046, kamu juga bisa mengaktivasi kartu kredit BNI melalui pengiriman SMS ke 3346. Namun, aktivasi ini tidak berlaku untuk iB Hasanah Card, Corporate Card dan Private Label Card.

Iuran tahunan

Biaya tahunan kartu tambahan (jika ada)

Biaya admin dan denda keterlambatan pembayaran

Biaya penarikan tunai minimum.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →