11 Cara Membuat Podcast yang Hasilkan Untung Besar

Telah Ditinjau: Avatar Aulia Akbar
cara membuat podcast

Kehadiran podcast saat ini bukanlah hal yang asing, bahkan dapat dijadikan mata pencaharian menjanjikan. Bagi yang masih bertanya, bagaimana  sih cara membuat podcast menarik perhatian pendengar dan akhirnya bisa menghasilkan cuan?

Penikmat platform digital seperti Spotify atau sejenisnya saat ini memang tengah dihujani dengan channel podcast yang unik. Mulai bertemakan soal asmara, lawakan dan bumbu guyonan yang menggelitik, tak heran kalau saat ini podcast sangat digandrungi anak muda.

Kalau kamu tertarik ingin terjun ke dunia ini, bisa lho membaca sampai selesai artikel Lifepal perihal bagaimana cara membuat podcast sampai tuntas. Podcast dalam bahasa Indonesia adalah ‘siniar’ yang artinya siaran (berita, musik, dan sebagainya) dibuat dalam format digital (baik audio maupun video) dan dengan mudah diunduh melalui internet, mengutip dari KBBI Kemendikbud.

Sedangkan secara umum sendiri siniar merupakan sebuah perbincangan antara satu atau lebih dari satu orang dengan para pendengarnya melalui platform internet. Biasanya nih topik-topik yang dibahas itu banyak lho. Mulai membahas soal cerita pribadi, gimana caranya berpakaian saat interview kerja hingga belajar saham maupun investasi.

Belakangan profesi seperti Youtuber, vlogger maupun influencer disebut-sebut menjamin nih pelakunya buat mendapatkan cuan banyak. Eits! Jangan salah dengan bikin saluran siniar sendiri kamu juga bisa mendapatkan banyak uang kok.

Jika kamu udah lihai nih gimana caranya bikin saluran siniar (red: podcast) sendiri yang namanya endorsement atau iklan juga diyakini bisa menguntungkan banget. Penasaran gimana cara membuat podcast yang bagus dan enak didengarkan oleh pendengar? Yuk, kita simak aja nih ulasannya di bawah ini.

1. Cari topik podcast yang menarik

Cara membuat podcast yang pertama adalah dengan menentukan topik pembahasan. Usahakan nih kamu memilih tema yang bakal tren dan menjadi trademark saluran podcast kamu.

Banyak topik yang bisa kamu pilih dari hal kecil dengan aktivitas sehari-hari atau mengulas tema mengenai event tahunan atau konser. Saat bikin saluran atau channel podcast ini, usahakan lho kamu mengulasnya mendalam lalu gunakan gaya bahasa yang enak didengar.

Bila kamu kurang memperhatikan tips ini nantinya bakal mempersulit buat mencari penggemar atau sponsor karena identitas channel tergolong lemah.

2. Pilih platform media sosial

Hari ini terdapat banyak platform media sosial yang beredar di internet agar bisa menampilkan hasil karya seseorang.

Mulai dari paling umum seperti YouTube, Instagram dan Facebook hingga yang terbilang anti-mainstream di platform berbagi musik seperti Spotify. Gak ada salahnya juga bila kamu mencoba satu per satu.

Tapi kalau dirasa itu memakan waktu buat kamu, bisa kok mencari platform yang sekiranya sesuai dengan topik yang dipilih.

3. Buat nama dan desain logo channel

Cara membuat podcast yang benar selanjutnya adalah dengan mencari nama channel kamu. Bikin nama channel mu yang mudah diingat buat pendengar. Udah gitu, desain logo juga sangat penting lho buat menunjang suksesnya saluran siniar milik kamu.

Usahakan menggunakan nama yang gak terlalu panjang dan mudah diucap orang. Selain itu logo juga mampu memberi impresi tersendiri buat sebagian orang.

4. Gunakan perlengkapan yang memadai

Buat di poin ini, kamu mau gak mau mesti menyediakan perlengkapan yang memadai lho saat bikin channel podcast. Seperti microphone dan provider internet yang oke merupakan cara yang memudahkanmu dalam membuat podcast.

Sebab, materi yang sudah kamu rencanakan dengan matang bisa kurang menarik perhatian pendengar cuma karena kualitas suara yang jelek. Selain itu kecepatan internet yang lambat juga bisa mempengaruhi ketekunan kamu dalam mengunggah konten.

Emang sih tips ini membutuhkan dana yang lebih dibandingkan yang lainnya. Tapi jangan takut mengeluarkan uang yang banyak buat membeli peralatan merupakan investasi jangka panjang.

5. Persiapkan materi konten secara maksimal

Cara membuat podcast kelima yang gak kalah penting adalah dengan mempersiapkan materi atau konten nantinya bakal disajikan ke pendengar.

Usahakan konten yang kamu buat itu berbeda dengan channel lainnya agar bisa menarik lebih banyak viewers. Bikin channel semenarik mungkin agar pendengar bisa menikmatinya.

Materi yang dibawakan juga usahakan selalu up to date maupun tengah hangat diperbincangkan nih.

6. Rekam pembicaraan podcast 

Poin yang satu ini jadi sangat penting karena jika gak direkam maka podcast yang kamu rencanakan dari awal tidak akan jadi. Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, kamu udah bisa memanfaatkan handphone untuk merekam suara.

Gak seperti dulu yang harus memiliki recorder untuk merekam suara narasumber. Oh iya, jangan lupa untuk langsung mengeksekusi rencana yang sudah dipersiapkan, sebab kebiasaan menunda justru akan menghambat kamu memiliki channel podcast yang menghasilkan uang.

7. Evaluasi cara membuat podcast setiap episode yang udah dirilis

Tips terakhir adalah kamu harus rutin mengevaluasi konten atau video yang telah di publish di media sosial. Kamu  bisa menanyakan orang terdekat seperti teman, keluarga atau langsung ke narasumber yang udah memiliki pengalaman. Di situ kamu bisa minta koreksi dari pendengar yang datang dari kalangan terdekat.

Dengan begitu sedikit demi sedikit usaha yang kamu buat bakal menjadi lebih baik dengan adanya ciri khas.

8. Buat serial podcast setiap minggu

Supaya para penonton yang mendengarkan podcast kamu terhibur dan menunggu episode yang selanjutnya. Ada baiknya kamu membuat serial tertentu yang membahas sebuah topik khusus.

Contohnya seperti tema keuangan atau finansial yang belakangan ini lagi diperbincangkan oleh generasi milenial. Dari topik tersebut, kamu bisa membagi ke beberapa episode lagi tentang pembahasannya seperti investasi, dana darurat atau membahas polis asuransi.

Dengan begitu, nantinya para pengikut channel kamu akan setia pantengin tiap episode baru yang kamu unggah ke media sosial.

9. Promosikan di media sosial

Mulai dari membuka usaha hingga membuat podcast, kamu perlu untuk mempromosikannya di media sosial agar banyak orang yang mengetahui dan merasa penasaran. Selain gratis, tips yang satu ini juga tergolong sangat mudah dilakukan. Hanya membutuhkan tenaga jempol untuk memperkenalkannya kepada teman-teman di HP.

Apabila channel podcast kamu udah menghasilkan untuk yang banyak, bisa juga menggunakan fitur promosi berbayar seperti di Instagram atau Facebook.

10. Buka peluang untuk melakukan endorse

Cara membuat podcast yang kesepuluh yang bisa menghasilkan cuan adalah dengan membuka kesempatan kepada teman atau perusahaan lainnya yang suka melakukan endorse produk maupun jasa.

Trik ini terbukti ampuh menambah penghasilan para podcaster di Tanah Air maupun seluruh dunia lho! Tapi untuk nominal pendapatan, umumnya mereka mematok harga sesuai banyaknya pendengar atau jumlah pengikut yang kamu miliki ya!

11. Perhitungkan budget sesuai kebutuhan

Terakhir adalah memperhitungkan budget sesuai dengan kebutuhan agar pengeluaran dan pendapatan bisa diseimbangkan. Jangan sampai kamu menghambur-hamburkan uang hanya untuk membeli peralatan mahal tanpa memikirkan konten yang menarik dan mempunyai value yang lebih. Nantinya akan percuma dan pendengar gak akan enjoy mendengar podcast yang udah kamu buat

Nah, itulah 10  cara membuat podcast yang baik dan benar agar bisa menghasilkan uang ke rekening mu. Paling penting adalah kamu mesti tekun dan konsisten dalam menjalani suatu pekerjaan, silahkan mencoba ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →