5 Cara Membuka Usaha untuk Kamu yang Berkepribadian Introvert

cara membuka usaha

Bagi orang yang memiliki kepribadian introvert mungkin sulit baginya buat berinteraksi dengan banyak orang apalagi punya usaha. Nah bagi kamu yang memiliki kepribadian introvert jangan khawatir karena ada cara membuka usaha hasilkan cuan.  

Gak hanya introvert sebetulnya, bagi kamu yang tergolong ekstrovert dan ambivert pun pasti memiliki kesulitannya masing-masing. Namun sifat introvert yang cenderung menutup diri dan terkadang sering dianggap sebelah mata oleh sebagian pihak.

Padahal setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk bisa mendirikan bisnis dan mencapai kesuksesan buat dirinya sendiri. Dan juga berhasil atau gaknya bisnis seseorang untuk mendalami usaha bisa diukur dari kerja keras dan seberapa besar tekadnya.

Nah kalau kamu tergolong orang yang introvert jangan berkecil hati untuk memulai bisnis. Ada baiknya untuk mengikuti 7 cara membuka usaha berikut agar bisnis yang dijalankan bisa sukses.

Baca juga: Milenials, 5 Ide Bisnis di Bawah Rp 1 Juta Ini Cocok Buat Kamu

1. Pilihlah jenis bisnis yang kamu kuasai salah satu cara membuka usaha

cara membuka usaha
Pilihlah jenis usaha yang kamu kuasai bagi kamu berkepribadian introvert, (Ilustrasi/Shutterstock).

Melansir dari Entrepreneur, cara membuka usaha pertama bisa kamu lakukan adalah dengan menentukan jenis bisnis yang mau diambil. Apakah kamu bakal bergelut di bidang produk atau jasa yang notabennya bakal banyak bertemu orang. 

Faktor ini penting karena akan menentukan arah jalan usaha kamu sampai kedepannya. Kalau bisa pilih bidang yang kamu kuasai, misalkan membuka tempat makanan karena latar belakang kamu adalah dari jurusan perhotelan. Atau bisa juga mendirikan sebuah blog teknologi yang memberikan informasi kepada masyarakat banyak.

Kedua usaha itu diambil karena kamu gak harus terus menerus berinteraksi dengan orang baru layaknya sales. Jadi kamu bisa memanfaatkan skill yang dimiliki dan di saat yang bersamaan gak mengganggu sifat kamu yang introvert.

Baca juga: Bagi 6 Pelaku Usaha Ini, Bencana Banjir Justru Membawa Berkah dan Keuntungan

2. Memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi

cara membuka usaha
Manfaatkan medsos salah satu cara memulai usaha, (Ilustrasi/Shutterstock).

Urusan marketing kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan usaha yang tengah dijalani. Selain gratis, cara membuka usaha yang satu ini juga bisa kamu lakukan di manapun tanpa kendala waktu serta tempat. 

Enaknya lagi buat kamu yang introvert, internet memungkinkan untuk berjualan tanpa harus bertatap muka langsung dengan pembeli. Sehingga sifat kamu yang cenderung pemalu ini bukan lagi menjadi penghalang untuk sukses.

Udah banyak kok sekarang bisnis online yang laku keras hanya dengan memasarkannya di internet seperti makanan kemasan dan produk fashion. Omzetnya juga gak kalah menggiurkan dengan perusahaan ritel.

Baca juga: Masa Habiskan Uang Terus? Coba 4 Ide Bisnis Kuliner Hits ala Milenial yang Hasilkan Cuan

3. Pilih kolega bisnis yang satu visi dan misi

cara membuka usaha
Memilih kolega dalam berbisnis itu sangat penting, tapi jangan asal pilih ya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cara membuka usaha ketiga yang bisa kamu lakukan adalah mencari rekan bisnis sesuai dengan visi dan misi. Hal yang satu ini memang sedikit gampang-gampang susah untuk di wujudkan, sebab umumnya baru kelihatan ketika terdapat masalah.

Dan kalau bisa juga memilih rekanan bisnis yang diluar dari lingkungan teman dekat karena berpotensi merusak hubungan jika ada masalah. Tapi balik lagi keputusan ada di tangan kamu, jika memang hal ini dirasa gak ada masalah, boleh-boleh aja kamu lakukan.

Memiliki rekan kerja mempunyai satu pandangan bakal mempermudah kamu untuk mengembangkan bisnis dan mendapatkan cuan yang banyak lho. 

4. Biasakan untuk berada di situasi kurang nyaman

cara membuka usaha
Berada di posisi ini sangat penting bagi kamu yang memulai usaha, (Ilustrasi/Shutterstock).

Meskipun situasi yang kurang nyaman itu adalah musuh dari semua orang, namun di sisi lain kondisi seperti ini juga mengajarkan kita untuk bisa beradaptasi. Dalam iklim berusaha, adaptasi adalah hal yang penting untuk melewati masa-masa sulit.

Skenario terburuk yang bisa terjadi ketika kamu gak bisa beradaptasi adalah mengalami kerugian bahkan bangkrut. Pastinya kamu gak pengin usaha yang dilakukan sia-sia.  

Oleh karena itu kamu harus sedikit demi sedikit belajar untuk bisa beradaptasi di situasi yang kurang nyaman.

5. Latihan bersosialisasi

cara membuka usaha
Bagi kamu yang introvert cobalah untuk bersosialisasi dengan banyak orang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cara membuka usaha terakhir yang bisa dilakukan oleh seorang introvert adalah bersosialisasi. Meskipun hal ini adalah kebalikan dari sifat kamu yang sebenarnya, cepat atau lambat harus membiasakan diri untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Tips ini bukan justru mempersulit diri kamu, melainkan membantu untuk bisa mengembangkan usaha kedepannya. Untuk bisa mengembangkan kamu pastinya membutuhkan koneksi atau jaringan yang luas, kemampuan itu bisa didapatkan dari tingkat sosialisasi tinggi.

Terdapat beberapa tokoh sukses hari ini yang ternyata dulunya mereka memiliki kepribadian introvert seperti Barack Obama, Steven Spielberg dan Mark Zuckerberg.

Nah itulah 5 cara membuka usaha yang sukses untuk kamu yang memiliki kepribadian Introvert. Apapun keadaannya, pasti semua orang bisa berhasil selama ada kemauan dan tekad yang kuat. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →