Ini 6 Trik Jitu Memperbaiki Kondisi Keuangan yang Memburuk

Gak sedikit orang yang sulit mencapai #MerdekaFinansial karena berbagai alasan, salah satunya adalah kondisi keuangan yang buruk sehingga gak bisa menabung apalagi investasi.

Walaupun kamu sedang mengalami masalah keuangan, tapi bukan berarti gak bisa diperbaiki lho. Bukan berarti pula kamu bakal semakin tenggelam dalam kondisi keuangan yang buruk itu.

Masih ada kesempatan untuk memperbaiki kondisi keuangan supaya gak kesulitan sendiri dan susah di masa tua. Agar kondisi tersebut gak semakin berlarut, penting banget nih kamu mengetahui solusi terbaik untuk memperbaikinya.

Gimana caranya? Berikut enam di antaranya:

1. Cari tahu apa saja penyebabnya

Cara perbaiki kondisi keuangan yang memburuk. (Shutterstock)
Cara perbaiki kondisi keuangan yang memburuk. (Shutterstock)

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk memperbaiki kondisi keuangan yang memburuk adalah dengan mencari tahu apa saja yang menjadi biang keroknya. Jika sudah ketemu, langkah selanjutnya adalah mencari solusi terbaik.

Misalnya ternyata pengeluaranmu membengkak karena telalu sering nongkrong di luar. Solusinya ya adalah dengan mulai mengerem atau membatasi kebiasaan burukmu itu.

Anggaran yang semula buat nongkrong bisa kamu alokasikan untuk menabung atau investasi. Justru lebih bermanfaat kan?

2. Menyusun Anggaran

Cara perbaiki kondisi keuangan yang memburuk. (Shutterstock)
Cara perbaiki kondisi keuangan yang memburuk. (Shutterstock)

Kondisi keuangan yang berantakan juga seringkali disebabkan karena tidak adanya susunan anggaran yang jelas.

Baru gajian, beli ini itu, nongkrong di sana-sini. Ujung-ujungnya, baru satu minggu setelah gajian, gaji udah ludes. Duh, males banget gak sih?

Untuk menghindari hal tersebut, disarankan agar kamu membuat daftar anggaran sejak awal. Tulis dengan jelas pemasukan dan pengeluaranmu secara detail lengkap dengan pos-posnya.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengontrol apa saja kebutuhan yang harus kamu utamakan dan apa saja yang bisa ditunda.

3. Mengubah gaya hidup

Cara perbaiki kondisi keuangan yang memburuk. (Shutterstock)
Cara perbaiki kondisi keuangan yang memburuk. (Shutterstock)

Umumnya, masalah keuangan disebabkan oleh gaya hidup yang konsumtif, bahkan cenderung hedonis.

Parahnya lagi, gak sedikit dari mereka yang rela ngutang demi memiliki tas terbaru karya desainer ternama.

Ujung-ujungnya, gaji habis cuma buat bayar utang setiap bulan. Karena itu, mulai sekarang mulailah untuk mengerem keinginan implusif kamu itu. Gak mau kan masa tua nanti masih harus pusing mikirin keuangan dan gak kunjung #MerdekaFinansial.

4. Bayar Utang

Cara perbaiki kondisi keuangan yang memburuk. (Shutterstock)
Cara perbaiki kondisi keuangan yang memburuk. (Shutterstock)

Kondisi keuangan yang memburuk biasanya meninggalkan sesuatu yang sangat berbekas. Apalagi kalau bukan utang.

Kalau kamu sudah terlanjur berutang, yuk segera lunasi dengan cara mencicilnya sedikit demi sedikit. Jangan malah nambahin utang dengan gak mengontrol pengeluaran.

Jika sudah lunas, sebisa mungkin jauhkan diri dari utang karena hal itu dapat membebani keuangan kamu lagi ke depannya. Masa kamu gak kapok harus menghabiskan gaji setiap bulan cuma buat bayar utang.

5. Tetapkan prioritas keuangan

Cara perbaiki kondisi keuangan yang memburuk. (Shutterstock)
Cara perbaiki kondisi keuangan yang memburuk. (Shutterstock)

Agar kondisi keuangan perlahan membaik, salah satu cara yang harus kamu lakukan adalah dengan menentukan apa yang menjadi prioritasmu.

Pasalnya, prioritas keuangan itu ternyata akan sangat membantumu mengambil keputusan yang sulit seperti melunasi utang, membayar tagihan, menabung dan lainnya.

Gak cuma itu aja, menetapkan prioritas keuangan juga akan membuatmu kembali ke jalur keuangan yang lebih baik dari sebelumnya.

6. Cari penghasilan tambahan

Cara perbaiki kondisi keuangan yang memburuk. (Shutterstock)
Cara perbaiki kondisi keuangan yang memburuk. (Shutterstock)

Kini ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah pundi-pundi rekeningmu. Salah satunya adalah dengan mencari penghasilan tambahan.

Apalagi, di era digital seperti sekarang, semakin banyak jenis pekerjaan yang bisa kamu lakukan tanpa mengharuskanmu untuk datang ke kantor. Contoh mudahnya adalah dengan menjadi penulis freelance.

Dengan mencari penghasilan tambahan, isi rekening pun akan semakin bertambah dan tentu saja dapat membuat kondisi keuanganmu membaik.

Itu dia enam langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kondisi keuangan yang memburuk demi mencapai #MerdekaFinansial. Yuk, mulai terapkan langkah-langkah tersebut dari sekarang.

Buat kamu yang mau dapat Smartphone Samsung A6+ dan 20 Voucher Sodexo, yuk ikutan kontes #MerdekaFinansial MoneySmart.id di tautan berikut ini: bit.ly/Merdeka_Finansial

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →