Dapat Rp 50 Juta dalam Satu Tahun, Ternyata Begini Cara Menabung yang Gak Nyiksa!

Menabung itu mudah asal ada niat (Shutterstock).

Tak sedikit orang yang pesimis bisa mendapatkan uang Rp 50 juta dalam waktu satu tahun. Padahal triknya itu simpel banget kok, kamu hanya perlu menerapkan cara menabung yang tepat untuk mencapai tujuan keuanganmu.

Setiap orang memiliki tujuan menabung yang berbeda-beda, seperti untuk ibadah umroh, menikah dan juga dana darurat.

Tapi untuk mencapai tujuan itu, kamu perlu memainkan trik cerdas dan strategi ciamik agar semua rencana berjalan lancar tanpa halangan. Salah satunya adalah dengan cara menabung alias menyisihkan beberapa persen penghasilanmu ke tabungan.

Contoh kasus:

Vera bekerja di salah satu perusahaan besar di Indonesia dengan gaji Rp 15 juta per bulan. Dalam waktu satu tahun, Vera berencana pergi umroh bersama ibunda tercinta dan membutuhkan uang sebesar Rp 50 juta. Bagaimana cara Vera mendapatkan uang Rp 50 juta dalam setahun?

Ada beberapa cara yang bisa Vera lakukan, yakni menabung dengan mengikuti teori 50/20/30 dan mencari penghasilan tambahan dari freelance atau menjual barang-barang bekas.

Untuk lebih jelas dan detail-nya, yuk simak rincian ulasannya di bawah ini:

Teori 50/20/30

Rumus menabung (Shutterstock).
Rumus menabung (Shutterstock).

Langkah pertama yang harus Vera lakukan yaitu membagi penghasilannya ke beberapa pos keuangan dengan mengikuti teori 50/20/30.

Teori yang dipopulerkan oleh Elizabeth Warren yang tak lain adalah seorang pakar keuangan sekaligus profesor Harvard, menyarankan agar kita membagi keuangan menjadi tiga pos. Yakni:

  • 50 persen dari penghasilanmu dialokasikan untuk membayar cicilan dan juga kebutuhan sehari-hari.
  • 20 persennya lagi dialihkan ke tabungan dan juga investasi.
  • 30 persen untuk kebutuhan gaya hidup, seperti belanja hingga nongkrong di kafe kekinian.

Maka, Vera harus menggelontorkan uang sebesar Rp 3 juta untuk dialokasikan ke tabungan dan juga investasi. Berikut rincian detail-nya:

 

Pos pengeluaran Teori 50/20/30 Penghasilan per bulan Total
Kebutuhan sehari-sehari 50 persen Rp 15.000.000 Rp 7.500.000
Tabungan dan investasi 20 persen Rp 15.000.000 Rp 3.000.000
Gaya hidup 30 persen Rp 15.000.000 Rp 4.500.000

 

Dengan menabung uang Rp 3 juta setiap bulannya secara konsisten, maka dalam satu tahun Vera bisa mengumpulkan uang sebesar Rp 3 juta X 12 bulan yakni Rp 36 juta.

 

Jumlah uang yang harus di tabung Bulan Total
Rp 3.000.000 12 bulan Rp 36.000.000

 

Jika kamu gelontorkan seluruh dana ke tabungan, tentu jumlahnya masih kurang sebesar Rp 14 juta. Bagaimana cara mengakalinya? Alokasikan aja ke reksa dana. Berikut penjelasannya:

Alokasikan dana tabungan ke investasi reksa dana

reksa dana saham terbaik
Investasi reksa dana saham terbaik (Shutterstock)

Agar uangmu semakin beranak pinak, kamu bisa mengalokasikan dana tabungan kamu ke instrumen investasi reksa dana. Pasalnya kamu akan mendapatkan return atau imbal hasil yang bisa bikin kantong tebal.

Enaknya lagi nih, kamu gak perlu tuh repot-repot mantengin pergerakan pasar terus menerus layaknya investasi saham langsung. Selain itu reksa dana juga cocok banget buat para investor pemula yang baru terjun berinvestasi. Kenapa?

Soalnya dana yang kamu gelontorkan akan dikelola oleh manajer investasi yang memang sudah ahli dibidangnya. Jadi kamu hanya perlu melakukan aktivitas seperti biasa dan biarkan manajer investasi yang memutar otak agar uangmu terus beranak pinak.

Ada dua instrumen investasi yang bisa kamu pilih, yakni investasi reksa dana pendapatan tetap dan juga reksa dana campuran. Kenapa? Karena dua instrumen reksa dana ini bisa hasilkan return tinggi dan risikonya juga minim.

Lalu berapa perhitungannya jika Vera mengalokasikan uang Rp 3 juta ke dua jenis di atas reksa dana dengan masing-masing nominal sebesar Rp 1,5 juta? Berikut rincian hitungannya:

Investasi reksa dana pendapatan tetap

Investasi reksa dana pendapatan tetap mayoritas mengalokasikan dananya ke pasar obligasi. Sisanya dialihkan ke instrumen pasar uang yang pergerakannya lebih stabil.

=Return yang ditawarkan juga cukup besar yakni bisa di atas 10 persen dalam kurun waktu satu tahun. Seperti yang dikutip dari data Bareksa.com, di tahun 2019 manajer investasi Sucorinvest Bond Fund menghasilkan return sebesar 13,07 persen.

Jika Vera mengalokasikan uang sebesar Rp 1,5 juta selama 12 bulan dan mendapat return sebesar 13 persen. 

Nominal uang yang diinvestasikan Rp 1.500.000
Lama investasi 12 bulan
Total Rp 1.500.000 x 12 bulan Rp 18.000.000
Imbal hasil Rp 18.000.000 x 13% Rp 2.340.000
Total uang yang didapat Rp 20.340.000

 

Maka dalam waktu satu tahun investasi reksa dana pendapatan tetap, Vera akan mendapatkan uang sebesar Rp 20.340.000. Lumayan kan?

Investasi reksa dana campuran

Investasi reksa dana campuran umumnya akan membagi dananya ke beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi dan juga pasar uang.

Sama dengan pendapatan tetap, reksa dana campuran juga bisa memberikan imbal hasil di atas 10 persen per tahun.

Seperti manajer investasi TRIM Syariah Berimbang yang berada di bawah naungan PT Trimegah Asset Management, diketahui kalau di tahun 2019 berhasil meraup imbal hasil mencapai 12,6 persen.

Berikut perhitungan uang yang didapatkan Vera jika investasi Rp 1,5 juta setiap bulannya selama satu tahun dan mendapatkan imbal hasil sebesar 12,6 persen. 

 

Nominal uang yang diinvestasikan Bulan Total imbal hasil Total
Rp 1.500.000 12 bulan 12,6 persen Rp 20.268.000

 

Maka dalam waktu satu tahun Vera bisa meraup uang sebesar Rp 20.268.000 dengan menggelontorkan uang ke investasi reksa dana campuran.

Jumlah yang diperoleh dari reksa dana

Memiliki investasi dengan keuntungan tinggi menjadi keinginan setiap investor (Shutterstock).
Memiliki investasi dengan keuntungan tinggi menjadi keinginan setiap investor (Shutterstock).

Jika total keuntungan yang didapat Vera dari investasi reksa dana pendapatan tetap dan campuran digabungkan, maka ia berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp 40.608.000 dalam satu tahun, dengan perincian:

 

Instrumen investasi Jumlah
Reksa dana pendapatan tetap Rp 20.340.000
Reksa dana campuran Rp 20.268.000
Total Rp 40.608.000

 

Berarti disimpulkan kalau Vera masih membutuhkan uang sebesar Rp 50.000.000 – Rp 40.608.000 yakni sekitar Rp 9.392.000.

Cari penghasilan tambahan

 

Tapi sebelum itu, sebaiknya tentukan terlebih dahulu minimal uang yang harus kamu dapatkan di setiap bulannya. Berikut perhitungannya:

 

Uang yang dibutuhkan Bulan Total
Rp 9.392.000 12 bulan Rp 783 ribu

 

Berarti dalam waktu satu bulan, kamu diharuskan mendapat uang tambahan minimal Rp 783 ribu. Gimana caranya? Salah satunya adalah dengan menjadi freelance writer yang memang pekerjaannya bisa dilakukan di akhir pekan.

Kalau satu artikel yang kamu kerjakan dibayar Rp 100 ribu. Maka, setidaknya dalam waktu satu bulan kamu harus mengerjakan artikel minimal delapan. Lebih boleh, tapi kurang tentu saja tidak boleh.

Lalu berapa perhitungannya?

 

Bayaran per artikel Jumlah artikel per bulan Jumlah artikel per bulan Total
Rp 100.000 8 per bulan (8×12) 96 Rp 9.600.000

 

Dengan menulis artikel sebanyak delapan setiap bulannya. Maka, Vera bisa menghasilkan uang tambahan sebesar Rp 9,6 juta selama setahun.

Uang yang berhasil dikumpulkan

Banyak uang (Shutterstock)
Banyak uang (Shutterstock)

Jika diakumulasikan dari investasi reksa dana dan juga menjadi freelance. Vera berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp 50.208.000 dalam waktu satu tahun.

Berikut rinciannya:

 

Sumber pendapatan Jumlah
Investasi reksa dana Rp 40.608.000
Freelance  Rp 9.600.000
Total Rp 50.208.000

Gimana, sekarang udah tahu kan gimana cara menabung yang tepat untuk mendapatkan uang Rp 50 juta dalam waktu satu tahun. Jadi, impian punya banyak uang dalam setahun bukan khayalan lagi dong. (Editor: Winda Destiana Putri).