Laris Manis! Ini 8 Strategi Menarik Pembeli bagi Usaha Kecil-Kecilan

cara menarik pembeli

Bagi para pengusaha, tentu harus memiliki strategi dan cara menarik pembeli yang tepat, atau bahasa kerennya strategi pemasaran. Tanpa adanya strategi, tentu sebuah usaha yang kecil maupun yang besar sekali pun sulit untuk mencapai kata sukses. 

Tentunya kata sukses bisa kita sematkan ke sebuah bisnis jika mereka mampu meningkatkan penjualan, dan mengembangkan bisnis ke level yang lebih besar lagi. Tapi, semua itu tidak bisa diraih tanpa sumbangsih pembeli atau konsumen. 

Nah, untuk yang lagi merintis usaha kecil-kecilan dan sedang berjuang mencapai kesuksesan, berikut ini delapan cara menarik pembeli yang bisa kamu terapkan sekarang juga! 

1. Berikan diskon ke pelanggan baru 

Berikan diskon cara menarik pembeli

Perilaku konsumen saat ini cenderung untuk melihat nilai dan penawaran yang terdapat di sebuah produk, bahkan mereka cenderung melupakan kualitasnya. 

Misalnya, diskonan pakaian bermerek dengan kualitas yang biasa saja bakal lebih dilirik ketimbang produk lokal murah meriah kualitas nomor wahid. 

Cara tersebut penting untuk kamu terapkan di dalam bisnis kecil-kecilan kamu untuk menarik lebih banyak pelanggan, yaitu memberikan diskon atau penawaran menarik bagi pelanggan baru. 

Tapi, ingat, potongan harganya yang masuk akal ya, jangan malah merugikan bisnis kamu! 

Misalnya, kamu bisa memberikan diskon 20 persen untuk pembelian produk kedua, atau buy one get one.

2. Jangan malu-malu minta bantu promosi ke pelanggan 

Minta bantu promosi cara menarik pembeli

Lambat laun, kamu pasti bakal mendapatkan pelanggan yang loyal terhadap bisnis kecil-kecilanmu. Nah, cara menarik pembeli selanjutnya adalah, kamu harus bisa memanfaatkan pelanggan loyalmu ini. 

Jangan sungkan-sungkan meminta mereka mempromosikan produk kamu ke orang-orang terdekatnya. Selama mereka puas dengan produkmu, tentu hal itu bukanlah masalah. 

Sebagai imbalannya, berikan mereka penawaran menarik kalau bisa membawa pelanggan baru ke tokomu. 

Misalnya, berhasil ajak satu orang, dapat potongan harga 5 persen, dua orang 10 persen, dan seterusnya sampai batas wajar. 

3. Tawarkan ke teman-teman lama sambil menjalin silaturahmi 

Tawarkan ke teman cara menarik pembeli

Kamu punya teman yang sudah lama tidak berkomunikasi? Misalnya, teman kantor atau teman semasa kuliah? Jangan ragu untuk mengontak mereka sambil silaturahmi sambil menawarkan bisnis yang telah kamu bangun. 

Contoh, kamu memiliki usaha kedai kopi, ajak mereka semua nongkrong dan ngobrol-ngobrol di kedaimu. Berikan harga spesial untuk teman-temanmu ini setiap mereka datang ke kedai. 

Kalau mereka puas dengan pelayanan dan kualitas dari produk kedaimu, lambat laun bakalan jadi pelanggan loyal deh

4. Meningkatkan jejaringan bisnis  

Meningkatkan jejaringan bisnis cara menarik pembeli

Dalam bisnis, saling berbagi adalah hal yang biasa. Para pengusaha saling sharing tentang pengalaman mereka ke sesama pengusaha yang bergerak di bidang yang sama dalam sebuah wadah atau komunitas.

Banyak hal yang mereka bagikan, mulai dari soal kualitas produk, sampai soal penyajiannya ke pelanggan. Tentu ilmu-ilmu tersebut sangat berguna buat bisnis kamu ke depannya, khususnya dalam pengembangan kualitas produk. 

Hal ini mungkin bukanlah salah satu cara menarik pembeli secara langsung, tapi dampak kedepannya bisa meningkatkan jumlah pembeli yang loyal karena kualitasnya produkmu mengalami perkembangan. 

5. Selalu update media sosial

Selalu update medsos cara menarik pembeli

Salah satu cara untuk menjaring pembeli baru adalah melalui media sosial. Karena itu, buatlah media sosialmu semenarik mungkin dan selalu up-to-date

Buatlah posting-an dengan kualitas foto-foto yang terbaik dan menarik. Kalau perlu, kamu bisa sewa jasa fotografer andal untuk membuat produkmu semenarik mungkin di layar kaca. 

6. Bermitra dengan bisnis lainnya

Bermitra dengan bisnis lainnya cara menarik pembeli

Bermitra adalah hal yang biasa di dalam dunia bisnis. Tentu saja, tujuannya untuk melengkapi produk satu salam lainnya. 

Misalnya, kamu memiliki bisnis roti croissant, kamu bisa tawarkan kemitraan dengan kedai-kedai kopi terdekat yang hanya menjual kopi saja. 

Kemitraan bisa dijalin dengan adanya kontrak yang jelas antar kedua bisnis. Misalnya, mereka mau kamu menyediakan roti untuk kedai kopi mereka selama satu tahun dengan jumlah per harinya yang pasti. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Artinya, dengan kemitraan, kamu sudah mendapatkan pemasukan yang tetap. Hal ini tentu saja bisa menjadi cara menarik pembeli yang paling efektif sekaligus memperluas pangsa pasar, karena produk dikenal di banyak gerai atau toko. 

7. Memaksimalkan rating di Google 

Memaksimalkan rating di Google cara menarik pembeli

Sebelum melakukan pembelanjaan, konsumen biasanya bakal melakukan pengecekan dahulu di internet. Oleh sebabnya, perlu bagi bisnis kamu untuk memantau penilaian dan ulasan online di Google. 

Pastikan kalau bisnismu memiliki rating yang tinggi dan ulasan yang positif. Kalau semuanya sudah serba positif, bakal lebih mudah menarik pembeli untuk berbelanja. 

Terus gimana caranya bisa meningkatkan rating di Google? Kamu bisa meminta bantuan dari konsumen yang telah berbelanja di tempatmu, lalu meminta mereka untuk memberikan ulasan yang positif dan rating yang tinggi, dengan imbalan potongan harga. 

8. Ikut berpartisipasi berbagai acara menarik 

Ikut berpartisipasi berbagai acara menarik cara menarik pembeli

Banyak acara-acara seperti bazar yang memamerkan banyak bisnis kecil atau UKM. Untuk menjaring lebih banyak pembeli, kamu bisa berpartisipasi di acara-acara sejenis ini. 

Selain menjaring pembeli, acara seperti ini juga sekaligus sebagai ajang untuk memperkenalkan bisnismu ke banyak orang. 

Itulah delapan cara menarik pembeli yang bisa kamu lakukan saat ini juga. Tapi yang terpenting, kamu harus memastikan kalau kualitas produkmu sudah baik. 

Karena percuma, kalau produkmu gak berkualitas, pembeli juga bakalan ogah balik lagi ke tempatmu. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →