Musim Hujan Tiba, Begini Cara Mudah Mencegah Karat pada Kolong Mobil

Kolong mobil menjadi salah satu bagian dari kendaraan mobil yang kurang diperhatikan oleh penggunanya. Letaknya yang berada di bawah mobil dan tidak mudah terlihat menjadi alasan utama sering lupa dibersihkan.

Saat musim hujan sekarang ini, disarankan untuk lebih memperhatikan bagian kolong mobil. Pasalnya pada bagian ini sering  terjadi korosi atau karat yang disebabkan reaksi antara logam dengan oksigen dan hidrogen (air).

Korosi atau karatan ini akan lebih cepat terjadi jika airnya mengandung garam. Tidak hanya air laut saja yang mengandung garam, tetapi juga air hujan. Di sisi lain, mobil sering melintasi jalanan yang terdapat banyak genangan air hujan.

Melansir laman Carmudi Indonesia, bahkan tidak hanya air hujan saja yang bisa membuat kolong mobil berkarat. Kotoran seperti lumpur dan tanah juga bisa membuat karatan lebih cepat terjadi.

Meskipun seringkali sudah diberikan anti karat, kemungkinan kolong mobil terkena kotoran masih besar. Karat di kolong mobil tidak hanya menyebabkan penampilan mobilnya menjadi terganggu, tetapi juga bisa merusak fungsi dari komponen mobil tersebut.

Cara Mencegah Karat di Kolong Mobil

Cara Mencegah Karat
Seorang montir tengah berada di kolong mobil (Shutterstock).

Ada berbagai cara mudah yang bisa dilakukan para pengguna mobil untuk mencegah kolong mobil berkarat saat musim hujan. Jika karatan belum terjadi, langkah-langkah ini bisa kamu lakukan untuk upaya pencegahan.

1. Rajin Membersihkan Kolong Mobil yang Kotor

Cara ini dinilai sangat mudah karena bisa dilakukan di rumah. Kolong mobil cukup dibersihkan setiap seminggu sekali.  Namun, jika sedang musim hujan, disarankan frekuensi pencuciannya dibuat lebih singkat.

Selain itu, jika melewati banjir, disarankan bagi pengguna mobil agar segera mencuci mobilnya kurang dari 24 jam hingga bersih. Usahakan jangan membiarkan kotoran menempel terlalu lama pada logam kolong mobil.

Kamu juga bisa membawa mobilnya ke tempat cuci mobil yang dijamin bisa membersihkan mobil hingga kolongnya benar-benar bersih. Ini perlu dilakukan sebagai langkah perawatan agar mobil tidak mudah berkarat, khususnya di bagian kolong mobil.

2. Mencuci Kolong Mobil Menggunakan Hidrolik

Cara mudah lainnya dalam mencegah karatan pada kolong mobil adalah mencuci dengan menggunakan hidrolik. Langkah ini dinilai efektif karena kamu bisa mengetahui sampai mana karatnya terjadi.

Namun, cara ini memiliki kelemahan, yaitu membutuhkan biaya yang cukup mahal, serta tidak bisa dilakukan di rumah. Ini dikarenakan hidrolik tidak semudah dan semurah itu didapatkan.

3. Mencuci Steam Mobil

Langkah lainnya adalah mencuci bagian steam mobil jika terdapat kotoran seperti lumpur, tanah, dan air hujan sampai benar-benar bersih. Setelah dicuci bersih, semprot lapisan undercoat agar bagian kolong mobil tidak mudah karatan jika terkena air hujan ataupun banjir.

Bagian lain yang perlu disemprot adalah spatbord, lantai bawah mobil, panel bagian pintu, panel bawah mobil, dan bagian lainnya yang mudah berkarat jika terkena air.

Disarankan sebelum disemprot, bagian ban ditutupi terlebih dahulu agar cairan tidak terkena ban. Kemudian, tunggu sampai semua bagian kering agar perlindungan yang diberikan bisa maksimal.

Tips Menghilangkan Karat di Kolong Mobil

Cara Mencegah Karat
Mencegah Karat pada Kolong Mobil (Shutterstock).

Apabila sudah terjadi karatan pada bagian kolong mobil, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek seberapa jauh karatan tersebut terjadi. Jika kolong mobilnya terlihat sedikit kasar dan berwarna kekuningan, maka kamu hanya perlu mengamplas bagian kolong mobil yang berkarat.

Setelah di amplas, kamu bisa memberikan cat atau cairan anti karat. Namun, jika sudah cukup parah, harus segera membawa mobilnya ke body repair untuk diperbaiki dengan cara memotong bagian yang berkarat dan menggantinya dengan logam baru.

Cara lainnya adalah menggunakan cuka. Gunakan sikat dan lap khusus sebelum memakai cuka yang dicampurkan sedikit air. Cuka dinilai dapat menghilangkan karat pada kolong mobil karena mengandung asam, seperti asam sitrat atau asetat. Kamu juga hanya perlu merendam bagian yang berkarat dengan air cuka selama 1-2 hari jika kolong mobil yang berkarat bisa dibongkar.

Jika tidak ada cuka, bisa menggunakan baking soda. Baking soda dapat menetralisir karat pada mobil. Caranya adalah menyikat bagian yang berkarat dengan sikat atau lap khusus yang direndam dalam baking soda terlebih dahulu.

Langkah terakhir adalah menggunakan jeruk nipis atau lemon. Pertama, tabur garam di atas bagian yang berkarat, lalu rendam dengan jeruk nipis atau lemon. Terakhir, kikis dengan bola penggosok alumunium.

Sebenarnya, prinsip menghilangkan karat pada mobil sama dengan menghilangkan karat pada logam atau benda-benda di rumah. Jika karat mengenai kolong mobil, maka mobil tersebut akan terlihat rapuh. 

Maka dari itu, karat harus dihilangkan agar mobilmu tetap terlihat menarik dan tidak cepat rusak, khususnya pada bagian kolong mobil yang memiliki banyak komponen mesin penting bagi kelangsungan mobil saat dibawa berkendara.

Nah itu tadi cara mencegah karat dengan mudah dan bisa dilakukan sendiri. Semoga bermanfaat ya! (Editor: Winda Destiana Putri).