4 Cara Mengatur Keuangan di Awal Tahun Biar Gak Kantong Kering

4-Cara-Mengatur-Keuangan-di-Awal-Tahun-Biar-Gak-Kantong-Kering

Di awal tahun ada baiknya nih kamu pandai-pandai mengetahui cara mengatur keuangan pribadi. Hal ini dilakukan demi menghilangkan sindrom kantong kering di akhir bulan, masa mau mengalami hal begitu terus?

Tips mengatur keuangan yang kali ini akan dipusatkan untuk mempermudah kamu melakukan budgeting secara lebih spesifik. Cara ini hanya seputar gimana kamu mengatur kas secara bulanan lho ya! Dan yang perlu kamu perhatikan kalau cara ini gak ada embel-embel investasi sama sekali. 

Mau tahu caranya gimana? Yuk mendingan langsung aja baca selengkapnya cara jitu gimana mengatur keuangan mu. 

Baca juga: Begini Cara Mengelola Keuangan yang Sehat Menurut Financial Planner Mada Aryanugraha

1. Spesifik salah satu cara mengatur keuangan

cara mengatur keuangan
Dalam mengatur keuangan, kamu mesti spesifik lho dalam mengalokasikannya, (Ilustrasi/Pixabay).

Bersikaplah dengan lebih spesifik soal target yang ingin kamu capai dalam budgeting. Tentukan saja di awal, berapa juta rupiah yang ingin kamu lihat di rekeningmu. Nah itu cara mengatur keuangan kamu dengan mudah. 

Tanpa target yang spesifik, secanggih apapun cara mengatur keuangan kamu terapkan, hasilnya gak akan maksimal. Gak menutup kemungkinan juga malah gagal total. Mumpung masih bulan Januari nih, tentukan saja targetnya sedini mungkin.

Kalau target sudah ada, bisa makin semangat juga buat kamu untuk menerapkan strategi-strategi budgeting. 

Baca juga: Ini Tips Bagi Generasi Sandwich Agar Kondisi Keuangan Tetap Jaya

2. Realistis

cara mengatur keuangan
Buat menunjang poin pertama, kamu mesti realistis nih dalam mengatur keuangan, (Ilustrasi/Pixabay).

Spesifik saja gak akan cukup, kamu juga harus realistis atau rasional. Terutama dalam menentukan target budgeting dalam setahun. 

Gak usah muluk-muluk dalam menentukan target dalam merencanakan keuanganmu. Ketika targetnya terlalu tinggi, maka kamu sendiri yang bakal kelelahan untuk mengejarnya.

Sedangkan jika terlalu kecil, maka hal itu gak akan berpengaruh positif terhadap kesehatan finansial mu di masa depan.

Tentukan saja target yang ambisius, namun bisa kamu capai sesuai dengan penghasilanmu saat ini. Jadi, seandainya kamu gak memiliki waktu untuk mencari penghasilan tambahan dengan kerja sampingan, kamu bisa mengakalinya dengan memotong pengeluaran untuk gaya hidup.

Baca juga: Hindari Deretan Kebiasaan Buruk Pemakaian Uang Bulanan yang Bikin “Tongpes”

3. Tepat waktu

cara mengatur keuangan
Tepat waktu juga mesti diterapkan dalam mengatur keuangan mu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sedetail apapun targetnya, serealistis apapun pendekatannya, tapi kalau gak tepat waktu ya percuma. Cara mengatur keuangan yang kamu lakukan gak akan memberikan manfaat maksimal. 

Tepat waktu diartikan sesuai dengan target waktu yang ditentukan. Jadi kamu mesti memiliki target dalam mengatur keuanganmu. 

Misalnya, di akhir tahun 2020 kamu berharap bisa menambah saldo di rekening mu sebanyak Rp 100 juta, maka tentukan saja berapa rupiah yang harus kamu tabung dalam waktu satu bulan. Pertimbangkan pula instrumen investasi yang kiranya bisa kamu pilih untuk merealisasikan target itu.

Jika target menabung dan imbal hasil investasi itu bisa dihitung dalam sebulan, maka realisasi target keuanganmu di tahun 2020 pun makin mudah.

4. Tahu semua pengeluaran besar di tahun lalu

cara mengatur keuangan
Gak ada salahnya nih kamu melakukan rekap ulang pengeluaran mu di tahun lalu, (Ilustrasi/Pixabay).

Mengapa harus berkaca dari masa lalu? Mungkin kamu harus mengingat ucapan Bung Karno soal Jasmerah alias “jangan sekali-kali melupakan sejarah.” Mau gimana juga, pengeluaran besar di tahun lalu bisa jadi refleksi pelajaran besar bagi kita untuk lebih berhati-hati dalam mengatur keuangan di kemudian hari.

Ketahuilah dengan baik soal waktu-waktu di mana kamu mengeluarkan uang dalam jumlah besar di tahun lalu. Jangan lupa juga, untuk mengetahui apa tujuan dari pengeluaran itu.

Karena bisa jadi, hal serupa pun memungkinan untuk terulang di tahun 2020. Jika kenyataannya memang seperti itu, maka di awal tahun ini kamu bisa mengambil ancang-ancang, tentunya dengan cara membatasi pengeluaran di bulan-bulan tertentu.

Itulah empat cara mengatur keuangan di awal tahun yang kiranya bisa membantumu untuk lebih sehat secara finansial. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →