Bikin Laporan hingga Membatasi Belanja, Begini Cara Mengatur Keuangan Keluarga Tanpa Ribet

Cara mengatur keuangan keluarga begini caranya

Ketika sudah menjalani status “menikah”, banyak pasangan yang menemukan kendala gimana car mengatur keuangan keluarga. Persoalan ini sudah menjadi makanan sehari-hari bagi pasangan yang sudah tinggal satu atap dengan status menikah.

Oleh karena itu sangat penting nih mempersiapkan secara masak saat membiduk rumah tangga. Mulai dari mengurus keluarga hingga urusan keuangan sekalipun.  Nah hal ini apakah salah satu persoalan yang tengah dihadapi oleh mu bersama pasangan?

Berbeda dengan kamu yang masih betah menyandang status sebagai bujangan alias single. Namun berbeda nih bagi kamu yang sudah memutuskan buat mantap menikah dengan pasangan. Ya tentunya bagi yang sudah menjalani status pernikahan seluruh aspek kehidupan bakal berubah 360 derajat.

Mulai dari aktivitas, gaya hidup serta uang bulanan yang biasanya dikelola secara mandiri kini mau gak mau mesti dibicarakan bareng pasangan. Gak sedikit pasangan yang mengalami beda pemikirian bahkan selisih hanya karena pendapat tentang cara mengatur keuangan keluarga.

Bahkan gak sedikit juga memutuskan untuk memisahkan keuangan antara istri dan suami karena gak menemukan solusi yang pas. Nah untuk menghindari hal tersebut ada baiknya kamu menyimak cara mengelola keuangan keluarga yang baik berikut ini:

1. Mencatat seluruh transaksi

Mencatat seluruh pengeluaran setiap bulannya
Gak ada salahnya lho kamu mencatat pengeluaran setiap bulannya, (Shutterstock).

Cara mengelola keuangan keluarga pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencatat seluruh transaksi setiap bulannya. Hal ini berguna agar kamu mengetahui berapa nominal pengeluaran kebutuhan setiap hari atau bulanan.

Contohnya seperti bensin, dengan mencatat seluruh pengeluaran bensin kendaraan maka kamu bisa mengetahui berapa post anggaran yang harus dialokasikan setiap bulannya.  Poin pertama ini akan memiliki keterkaitan dengan poin kedua.

2. Buat laporan keuangan

Catat pengeluaran setiap bulan wajib hukumnya
Gak ada salahnya nih bikin catatan pengeluaran setiap bulan, (Shutterstock).

Setelah kamu mencatat seluruh transaksi yang dikeluarkan, gak ada salahnya nih membuat laporan keuangan untuk melihat secara umum berapa besar sih pengeluaran setiap bulannya.

Dengan begitu akan memudahkan kamu untuk membuat anggaran kebutuhan lainnya apakah bisa masuk dalam bujet atau gak. Laporan keuangan juga berguna ketika kamu bingung tiba-tiba ke mana uang yang ada keluar.

Salah satu post anggaran yang kadang bikin bingung adalah dana darurat sebab uangnya bisa saja digunakan untuk keperluan mendadak. Jika ini terjadi mau gak mau kamu mengeluarkan uang yang belum masuk dalam anggaran.

3. Batasi jumlah pengeluaran

Mengencangkan pengeluaran saat menikah perlu lho
Ketika sudah menikah, ada baiknya nih mengencangkan pengeluaran kamu, (Shutterstock).

Cara mengatur keuangan keluarga yang ketiga adalah dengan membatasi jumlah pengeluaran bulanan. Banyak orang gak melakukan tips yang satu ini entah karena lupa atau memang di sengaja.

Padahal membatasi jumlah pengeluaran mampu membantu kamu untuk mengalokasikan dana bulanan untuk kebutuhan tertentu. Untungnya lagi nih ya dengan membatasi jumlah pengeluaran, kamu bisa menambahkan kelebihan uang untuk kebutuhan lain yang gak kalah penting seperti investasi dan tabungan.

4. Ketahui apa yang kamu serta keluarga pengin capai

Anggarkan pengeluaran buat anak
Ketika sudah menikah, pastinya memiliki tujuan yang pengin dicapai bareng pasangan, (Shutterstock).

Sebagai sebuah keluarga pastinya kamu memiliki tujuan atau goals yang pengin dicapai bersama-sama. Entah itu liburan, membeli mobil ataupun berinvestasi dalam bentuk tanah maupun instrumen lainnya.

Ketiga hal tersebut tentunya membutuhkan biaya yang gak sedikit untuk bisa dilaksanakan. Oleh karena itu mengetahui apa yang kamu ingin capai merupakan cara mengatur keuangan keluarga selanjutnya yang penting diperhatikan.

5. Jangan lupa anggaran untuk anak!

Anggaran buat si kecil sangat perlu lho bagi pasangan yang sudah menikah
Memiliki biaya khusus buat si kecil itu perlu banget lho bagi pasangan suami istri, (Shutterstock).

Cara mengatur keuangan buat keluarga terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah anggaran untuk anak. Ini berlaku buat kamu yang belum atau sudah memiliki anak.

Bila kamu belum memiliki dan berencana melakukan program, alokasikan sedikit dana supaya nanti biaya yang dikeluarkan seperti melahirkan, susu dan pendidikan sudah ter-cover.

Sedangkan yang sudah memiliki anak pastinya mengetahui kebutuhan apa saja yang harus dianggarkan. Salah satu yang harus kamu coba lakukan adalah dengan menggunakan asuransi pendidikan untuk mencegah hal tidak diinginkan pada si kecil.

Nah itulah 5 cara mengatur keuangan keluarga yang penting kamu ketahui. Jadi bagi kamu yang berencana dan sudah menikah gak ada salahnya nih menerapkan dan melakukan kelima poin di atas. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →