5 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Usai Libur Panjang!

cara mengatur keuangan pribadi

Cara mengatur keuangan pribadi memang harus segera dilakukan saat memasuki awal tahun. Pasalnya, momen Tahun Baru memang sangat menguras kantong, terutama untuk kamu yang berlibur ke luar kota atau luar negeri.

Banyak orang yang rela menarik habis tabungannya hanya untuk menikmati Tahun Baru di tempat impian. Gak heran, banyak yang langsung jatuh miskin usai Tahun Baru, hingga butuh tahu bagaimana cara mengatur keuangan pribadi.

Pasalnya, kalau tak segera mengatur kembali keuangan yang berantakan bisa membuat keuanganmu akan terus amburadul hingga tahun 2020 berakhir.

Gak mau kan hal ini menimpamu? Tenang saja, ibarat pepatah banyak jalan menuju Roma, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memulihkan keuanganmu sesegera mungkin agar uang gajimu tak hanya numpang lewat.

Berikut ini lima cara mengatur keuangan pribadi usai liburan Tahun Baru yang bisa kamu terapkan. Yuk, simak di sini:

1. Evaluasi Pengeluaran

cara mengatur keuangan pribadi
Evaluasi pengeluaran

Langkah awal yang harus dilakukan untuk memulihkan kembali keuangan yang berantakan adalah melakukan evaluasi pengeluaran. Catat semua bentuk pengeluaran selama liburan Tahun Baru, termasuk uang receh untuk bayar parkir.

Bisa dibilang, detail itu lebih baik. Kamu juga perlu mengetahui seberapa besar pengeluaranmu, baik untuk kebutuhan primer, sekunder, hingga tersier.

Tujuannya, untuk mengetahui berapa total uang yang sudah kamu habiskan sebagai target pemulihan keuanganmu dalam satu bulan ke depan.

Selain itu, kamu juga bisa membandingkan dengan sisa uang yang dimiliki sekarang biar ada bayangan seberapa besar dana yang dapat digunakan selanjutnya.

Baca juga: 4 Cara Mengatur Keuangan di Awal Tahun Biar Gak Kantong Kering

2. Dahulukan Membayar Utang

cara mengatur keuangan pribadi
Dahulukan membayar utang

Saat liburan, seringkali kita memilih berutang untuk beberapa pengeluaran. Misalnya, menggunakan Traveloka PayLater untuk membeli tiket pesawat biar bisa dicicil setiap bulan.

Jangan lupa juga mencatat berapa uang yang harus kamu keluarkan untuk membayar utang. Pasalnya, hidup penuh dengan tanggungan utang itu sangat tidak nyaman.

Sebisa mungkin hindari untuk membayar lewat dari jatuh tempo agar uang kamu keluarkan tidak semakin membengkak.

Baca juga: 5 Cara Mengatur Keuangan Efektif untuk Karyawan, Gak Bakal Bokek Pas Tanggal Tua!

3. Harus Paham Antara Kebutuhan dan Keinginan

cara mengatur keuangan pribadi
Harus paham antara kebutuhan dan keinginan

Tanpa disadari, banyak orang masih belum bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Hal itulah yang membuat mereka akhirnya terlilit utang dan tersiksa dengan urusan utang piutang setiap bulan.

Agar gak nyebur ke lubang hitam tersebut, dan tak membuat keuanganmu berantakan usai liburan Tahun Baru, kamu harus memahami betul antara kebutuhan dan keinginan.

Bahkan, jika ada beberapa kebutuhan yang bisa tekan atau dihemat, harus banget kamu terapkan. Misalnya, membeli sampo atau sabun mandi kemasan refill.

Ingat, meski hanya menghemat beberapa ratus rupiah tetap saja penghematan dan percaya atau gak hal itu ternyata bisa memengaruhi kehidupanmu di masa depan.

Baca juga: Agar Makin Makmur di 2020, Begini Lho Cara Kelola Keuangan yang Mudah

4. Cari Penghasilan Tambahan

cara mengatur keuangan pribadi
Cari penghasilan tambahan

Gaji pas-pasan, tapi pengeluaran sangat membengkak. Solusinya sederhana, yaitu mencari penghasilan tambahan.

Gak perlu susah-susah kok, kamu bisa membereskan lemarimu dan mulai memilih pakaian yang masih bagus untuk dijual kembali. 

Kamu bisa membuka garage sale di teras rumah atau memanfaatkan sosial media untuk sarana berjualan.

Jika satu pakaian laku Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu dan ada sekitar 20 pakaian, uang yang kamu dapatkan akan lumayan banget kan?

Selain dapat uang tambahan, menggelar garage sale juga bisa sekalian untuk merapikan lemari pakaian kamu. Banyak keuntungannya kan?

5. Puasa ke Mal

cara mengatur keuangan pribadi
Puasa ke mal

Percaya atau gak, window shopping di mal seringkali membuat pengeluaranmu jebol karena membeli sesuatu atau menyantap makan di luar rencana yang bikin keuanganmu semakin amburadul.

Karena itu, sebelum keuanganmu kembali sehat, sebaiknya puasa dulu jalan-jalan ke mal. Tapi gimana kalau ada kebutuhan rumah yang harus dibeli dan mau gak mau harus ke mal?

Ya gak masalah, asalkan kamu gak tergoda cuci mata keliling mal. Jadi, langsung datang ke toko tersebut, beli barang yang dibutuhkan, dan langsung pulang deh. Cara tersebut tentu saja menjadi solusi terbaik untuk mengamankan uangmu.

Itulah lima cara mengatur keuangan pribadi yang bisa kamu lakukan untuk memulihkan keuanganmu yang amburadul usai liburan Tahun Baru. Semoga informasi tadi bermanfaat! (Editor: Chaerunnisa)