Cara Mengatur Keuangan untuk Pemilik Gaji Rp 3 Jt agar Sukses

Cara Mengatur Keuangan (1)

Cara mengatur keuangan yang tepat bisa membuat seseorang meraih kesuksesan. Apa hubungannya cara mengatur keuangan dengan kesuksesan seseorang?

Kesuksesan termasuk di dalamnya cara mengatur keuangan. Ketika seseorang piawai mengatur keuangan, baik cara mengatur keuangan pribadi, cara mengatur keuangan bulanan hingga cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros, maka kesuksesan dalam genggaman. 

Di awal tahun baru ini, maka saat yang paling tepat untukmu lebih bijak mengatur keuangan. Meski begitu, bukan hal mudah bagi setiap orang bijak mengatur keuangan. Pasalnya, setiap orang punya pos-posnya masing-masing.

Selain itu, mengatur keuangan juga tak melulu hanya menekankan gaya hidup. Melainkan lebih efektif mengatur antara pendapatan dan pengeluaran.

Untuk itu, dibutuhkan komitmen kuat agar kamu dapat tepat mengatur keuangan di tahun Tikus Logam. 

Berikut ini cara mengatur keuangan agar sukses di tahun 2020 untuk kamu fresh graduate yang bergaji Rp 3 juta:

Tentukan Skala Prioritas

timbangan antara keinginan dan kebutuhan
Tentukan skala prioritas (Shutterstock)

Hal pertama yang dilakukan saat menerima gaji ialah membuat skala prioritas. Kebutuhan apa yang harus segera dipenuhi, dan apa saja kebutuhan yang dapat ditunda. 

Jangan menunda atau mengabaikan kebutuhanmu. Ini sangat penting untuk mengontrol uang yang masuk dan keluar.

Catat Semua Pendapatan dan Pengeluaranmu

seorang wanita tengah mencatat pemasukan dan pengeluaran di buku
Catat Semua Pendapatan dan Pengeluaranmu (Shutterstock)

Mencatat setiap pengeluaran memang terkesan sepele. Namun, penting untuk menjaga keuanganmu tetap stabil, langkah ini merupakan hal paling tepat dilakukan.  

Kamu hanya perlu selalu mencatat penerimaan dan pengeluaranmu. Ini berfungsi untuk menganalisa pengeluaran apa saja yang sudah dibuat, sehingga kamu hanya membeli barang yang benar-benar dibutuhkan.

Pastikan Pengeluaran Tidak Melebihi Pendapatan

buku pemasukan dan pengeluaran
Pastikan Pengeluaran Tidak Melebihi Pendapatan (Shutterstock)

Pastikan uang yang dikeluarkan jangan sampai melebihi pendapatan atau penghasilan yang dimiliki. 

Sekali lagi perlu diingat! Belanja sesuai kebutuhan, bukan karena keinginan saja. Pasalnya, kalau hanya karena keinginan biasanya hanya lapar mata.

Komitmen Kuat untuk Menabung

seorang wanita menabung di celengan
Komitmen Kuat untuk Menabung (Shutterstock)

Sederhana memang, tapi banyak orang yang belum bisa berkomitmen kuat untuk mewujudkannya. Untuk itu, kini saatnya menabung menjadi komitmen kuat di tahun 2020. 

Misalnya, pada usia kesekian harus sudah punya uang sekian di tabungan. Dengan begini, setidaknya kamu akan mempunyai motivasi dan mencegahmu tidak kebablasan membelanjakan uang.

Cara Mengatur Keuangan 50 30 20

menyisihkan investasi, menabung dan kebutuhan
Cara Mengatur Keuangan 50 30 20 (Shutterstock)

Cara mengatur keuangan 50 30 20 berasal dari salah satu Senator di DPR Amerika Serikat, Elizabeth Warren.

Metode ini terbilang cukup ringkas dan sederhana. Yang harus kamu lakukan hanya menyediakan tiga pos keuangan saja. 

50 diartikan sebagai 50 persen dari penghasilan bulananmu dialokasikan untuk kebutuhan pokok seperti biaya makan, sewa kos-kosan, belanja bulanan, dan lainnya.

20 persen-nya diperuntukkan khusus tabungan dan investasi. Jangan pernah ganggu gugat 20 persen yang ini, kalau memang ingin banyak duit di masa depan. Sementara itu, 30 persen sisanya digunakan untuk hiburan.

Alokasikan Dana untuk Investasi

investasi emas Antam
Alokasikan Dana untuk Investasi (Shutterstock)

Investasi ada beragam jenisnya, baik dengan modal kecil hingga ratusan juta rupiah bisa diwujudkan. Kamu bisa mengalokasikan dana untuk berinvestasi mulai dari logam mulia, reksadana hingga saham. 

Bahkan, bukan tak mungkin untukmu mencoba berinvestasi ke tanah dan bangunan. Karena harga tanah dan bangunan tidak pernah turun dan cenderung naik setiap tahun menjadi elemen yang sangat pas untuk dipertimbangkan.

Namun, kamu tetap harus melihat kemampuan. Jangan sampai memaksakan diri berinvestasi dengan menggelontorkan seluruh penghasilanmu hingga tidak memiliki sisa untuk biaya hidup.

Satu hal yang pasti, untuk berinvestasi, kamu bisa mengumpulkan uangnya dengan mencicil. 

Cari Penghasilan di Luar Gaji

kerja paruh waktu
Cari Penghasilan di Luar Gaji (Shutterstock)

Meski bergaji Rp 3 juta, bukan berarti kamu tidak bisa mengalokasikan dana untuk menabung, hiburan, hingga investasi. 

Pasalnya, gaji Rp 3 juta tidak terlalu kecil karena sudah di atas UMR di beberapa daerah. Hanya saja, kamu memang harus piawai membagi-baginya untuk memenuhi seluruh pos-pos tersebut.

Nah, untuk kamu yang memiliki hobi gak ada salahnya mendapatkan penghasilan tambahan dari hobimu itu.

Kalau kamu suka membuat kue alias baking, bisa membuka jasa pemesanan kue. Untuk kamu yang suka membuat desain, kamu bisa jadi freelancer di bagian design. Pasalnya, kini banyak sekali jasa desain yang memberikan fee tinggi. 

Itulah cara mengatur keuangan di Tahun Tikus Logam. Gimana menurutmu? Apakah cara ini cukup pas untuk kamu terapkan? 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →