Cara Mengatur Keuangan yang Simpel Banget: Metode 50/20/30

Siapa bilang cara mengatur keuangan, khususnya keuangan pribadi itu sulit. Metode pembagian yang benar aja gak cukup, terlebih kalau selama ini kamu emang sulit membagi penghasilan kamu.

Nah, salah satu metode yang benar namun ringkas yang bisa kamu coba adalah metode 50/20/30. Kamu cukup sediakan tiga pos keuangan aja. Jadi, kamu gak perlu pusing buat bikin hitung-hitungannya.

Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

[Baca: 15 Kebiasaan Mengatur Keuangan Pribadi yang Bisa Bikin Masa Depan Cerah]

1. 50 persen buat kebutuhan bulanan

Cara mengatur keuangan
Bikin bujet kebutuhan dasar (samaa)

Biar gampang, kamu segera sisihkan 50 persen dari penghasilan bulan ini buat kebutuhan bulanan kamu.

Ntah gimana pembagiannya, itu tergantung pada kamu. Yang pasti kebutuhan dasar buat bulan tersebut terpenuhi.

Beberapa kebutuhan dasar setiap bulan tentu kamu tahulah, seperti misalnya:

  • Sewa atau cicilan tempat tinggal
  • Makan, bisa masak sendiri ataupun beli
  • Belanja bulanan seperti misalnya peralatan mandi, rumah dan sebagainya
  • Tagihan telepon, ponsel, dan Internet
  • Asuransi
  • Tagihan kartu kredit atau cicilan

2. 20 persen buat tabungan dan investasi

tabungan dan investasi
Bikin tabungan dan investasi (infoperbankan)

Dua puluh persen persen dari total penghasilan bisa kamu sisihkan buat financial goal kamu. Berupayalah buat patuh pada aturan 20 persen ini dan gak ganggu gugat. Kamu bisa sisihkan dana ini buat tabungan ataupun investasi.

[Baca: Jangan Ragu Berinvestasi, Ini Investasi yang Menguntungkan Walau Bukan Investor]

3. 30 persen buat hiburan

Cara mengatur keuangan - liburan
Jangan lupa ajak ortu (nationalexpress)

Jika biasanya dana buat hiburan disisihkan begitu sedikit maka metode ini malah sebaliknya. Alasannya adalah dana yang terlalu ketat malah bikin kamu berontak sendiri, baik secara sadar gak sadar.

Misalnya, kamu cuma sisihkan dana 10 persen buat hiburan. Padahal bisa aja dalam sebulan kamu butuh beberapa hiburan. Misalnya, makan di restoran, liburan, nonton, televisi atau aplikasi musik berlangganan, dan belanja baju dan dekorasi rumah.

Selain dana hiburan, dari 30 persen tersebut, jangan lupa sisihkan buat dikasih ke orangtua ya.

[Baca: Ini Nih 5 Kebiasaan Buruk Mengatur Keuangan yang Harus Kamu Tinggalkan]

Gimana kalau kebutuhan dasar kamu ternyata melebihi dari 50 persen? Kamu perlu penyesuaian. Salah satunya tetapkan peraturan pos buat tempat tinggal gak boleh lebih dari 30 persen.

Udah siap buat coba metode 50/20/30 ini sebagai bagian dari cara mengatur keuangan pribadi kamu?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →