Cara Mengemudi Mobil di Jalan Sempit dan di Tanjakan

cara mengemudi mobil di jalan sempit

Cara mengemudi mobil di jalan sempit sangat dibutuhkan untuk kamu yang sering berkendara dan menemukan jalur yang sempit. Sebab, jalan yang sempit sendiri sangat penting untuk diwaspadai. 

Jalan yang sempit dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan dengan berbagai kemungkinan, mulai dari tabrakan yang melibatkan banyak kendaraan hingga kecelakaan tunggal. 

Kecelakaan yang melibatkan banyak kendaraan bisa saja terjadi saat pengemudi berhadapan dengan kendaraan yang melaju dari arah berlawanan dengan kecepatan tinggi dan tidak memiliki cukup ruang untuk menghindari tabrakan karena tengah berada di jalan sempit. 

Oleh karena itu, sebagai pengendara kamu harus selalu waspada saat tengah berada di jalan. Berikut adalah sejumlah cara mengemudi mobil di jalan raya, baik itu di jalan sempit dan di jalan tanjakan. 

Cara mengemudi mobil di jalan sempit 

Untuk bisa mengendarai mobil dengan aman dan nyaman, bahkan di jalan sempit sekalipun, kamu tentunya harus menguasai berbagai teknik berkendara. 

Simak informasi berikut untuk mengetahui cara mengendarai mobil di jalan sempit: 

Mengetahui ukuran panjang & lebar mobil 

Langkah penting pertama  dari cara mengemudi mobil di jalan sempit mengetahui betul ukuran dan panjang mobil. Meskipun menjadi informasi teknis saja, tetapi dengan begitu kita dapat mematok perkiraan antara jalan sempit yang dilewati dengan ukuran mobil

Pahami letak pilar A, B, dan C 

Pilar A merupakan pilar yang terletak pada bagian depan atau tempat meletakkan kaca depan. Sedangkan, pilar B berada pada belakang jok depan yang menjadi lokasi dudukan seat belt khusus pengendara. 

Kemudian, ada juga pilar C yang terletak di bagian kaca belakang.

Dengan memahami letak pilar A, B, dan C dapat menolong kamu untuk mengambil tindakan manuver saat menemui belokan. 

Fokus 

Fokus menjadi kunci utama yang dibutuhkan oleh pengemudi saat tengah mengendarai mobil. Ini juga termasuk dalam pada kasus cara mengemudi mobil di jalan sempit. 

Untuk itu, kamu tidak perlu memperdulikan hal-hal yang tidak penting dan dapat mengganggu konsentrasi. Lebih baik tetap waspada terhadap keadaan sekeliling supaya kamu bisa keluar dari jalan sempit tersebut dengan aman. 

Melaju dengan perlahan 

Jika kamu sudah fokus, maka jangan lupa untuk mengendarai mobil dengan perlahan saja. Sebab, kamu tidak tahu apa saja yang mungkin tiba-tiba melintas di depan, seperti orang, hewan, maupun kendaraan lainnya. 

Umumnya, jalan sempit hanya bisa dilalui oleh satu mobil saja dan hanya menyisakan sedikit ruang saja. Agar tetap mendapatkan kenyamanan berkendara, akan lebih baik saat ada mobil atau motor dari arah berlawanan, kamu mengalah dan membiarkannya lewat lebih dulu. 

Bunyikan tanda 

Bunyi tanda yang dimaksud adalah klason pada bagian mobil. Dengan membunyikan klakson, maka kendaraan dari arah berlawanan dapat mengetahui keberadaan kamu dan berkendara dengan lebih waspada. 

Terlebih jika berada pada tikungan yang tajam dan jalur terlampau sempit. Bunyi klakson bahkan juga menjadi tanda untuk pengendara lainnya yang ada di belakangmu. 

Rileks

Saat mengendarai mobil, tidak jarang para pengemudi merasa lonjakan emosi yang tiba-tiba. Padahal dengan emosi seperti itu akan menurunkan kewaspadaan dan dapat menimbulkan berbagai kemungkinan buruk. 

Oleh karena itu, jangan sampai terganggu dengan gangguan yang berpotensi menyulut emosi dan lebih baik bersikap santai serta rileks. Ini berlaku juga sebagai cara mengemudi mobil manual di jalan sempit.

Itulah beberapa tips cara mengemudi di jalan sempit yang bisa kamu praktikkan. Lalu, bagaimana jika mengemudi di tanjakan? Berikut informasinya. 

Cara mengemudi di jalan tanjakan

Mengemudi di jalan tanjakan tentunya tidak mudah, terlebih untuk para pengendara yang belum mahir. 

Oleh karena itu, berikut adalah cara mengemudi di tanjakan yang dapat kamu pahami dan terapkan saat berkendara: 

Gunakan rem tangan

Saat hendak menggunakan rem tangan, pastikan kaki kiri telah berada pada pedal kopling dan injak secara full. Setelahnya, jangan lupa bahwa kaki kanan harus tetap berada di pedal gas dan tangan kiri bersiap untuk mengendalikan tuas rem tangan.

Sebagai catatan untuk diingat, langkah pengaturan rem tangan harus dilakukan bersamaan dengan kopling. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga kondisi mobil agar tidak mundur.

Gunakan pedal rem

Teknik menggunakan pedal rem bisa dibilang tidak mudah dan disarankan untuk yang sudah andal dalam mengendalikan mobil manual. Sebab, saat mobil berada di tanjakan, pengendara perlu menginjak kopling dengan kaki kiri dan injak pedal rem dengan kaki kanan.

Kemudian, saat akan menanjak, kaki kanan dipindahkan ke pedal gas sambil menekannya hingga RPM 2000 dengan cepat. Lalu, pada saat bersamaan pengendara harus mengangkat pedal kopling setengah untuk mencegah mobil mundur ke belakang.

Injak pedal rem dan kopling bersama

Sebelumnya, teknik  berikut hanya bisa dilakukan pada mobil yang mempunyai pedal kopling dan rem berdekatan.

Saat mobil tengah berhenti, pengendara harus menginjak pedal rem dan kopling sekaligus dengan kaki kiri. Nantinya, secara otomatis mobil akan berhenti dan mesin tetap hidup.

Lindungi mobil kesayang kamu dengan asuransi terbaik

Kamu tentu tidak mau kan bila mobil kamu mengalami kerusakan? Namun, kerusakan mobil baik kecil maupun besar tidak bisa dihindari karena selalu ada resiko berkendara di jalan raya.

Untuk memberikan proteksi finansial terhadap mobil kesayangan kamu, gunakan asuransi mobil terbaik yang dapat mengcover biaya perbaikan di bengkel.

Dengan memiliki asuransi, kamu lebih tenang karena ada pihak yang menanggung kerugian jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan terjadi pada mobil kamu. 

Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis dari Lifepal berikut ini. Setelah itu, hitung biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan kalkulator yang sudah disesuaikan dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Pertanyaan seputar cara mengemudi mobil di jalan sempit

Untuk bisa mengetahui posisi ban kiri saat berada di jalan yang sempit, kamu bisa melakukan pengubahan posisi duduk menjadi lebih tinggi. Dengan begitu, visibilitas menjadi lebih luas.

Posisi duduk lebih tinggi sangat membantu untuk kamu yang melewati jalan-jalan kecil dan memerlukan maneuver dengan cepat. Cari tahu cara mengemudi mobil di Jalan sempit dalam artikel ini

Asuransi mobil menanggung biaya perbaikan di bengkel akibat kerusakan yang terjadi akibat kecelakaan, bencana alam dan lain-lain. Asuransi TLO, salah satu satu jenis asuransi mobil bahkan dapat menanggung biaya kerusakan mobil yang rusak parah yang sama dengan atau lebih dari 75%