Supaya Gak Mogok di Jalan, Ini Cara Mengendarai Mobil Saat Menerobos Banjir

cara mengendarai mobil saat banjir

cara mengendarai mobil saat banjir

Memasuki musim penghujan, beberapa orang harus melakukan penyesuaian ketika menggunakan kendaraan bermotor. Salah satunya adalah penyesuaian cara mengendarai mobil ketika terpaksa menerobos banjir. Karena, jika asal-asalan yang ada malah mesin jadi mogok.

Banjir yang kembali melanda Ibu Kota dan sekitarnya di awal tahun 2020 ini memang sangat mengkhawatirkan. Tinggi air yang bisa mencapai pinggang orang dewasa bisa menjadi masalah yang besar bagi masyarakat yang pulang pergi kantor menggunakan mobil.

Bahkan di media sosial banyak video yang memperlihatkan kendaraan nekat menerobos banjir untuk bisa sampai ke tujuan dengan cepat. Gak sedikit dari mereka yang terpaksa terhenti di tengah genangan karena mesinnya mati. Kalau udah begitu pastinya pusing gimana cara mengurusnya, kan?

Nah amit-amit kamu mengalami kejadian tersebut, ada baiknya menyimak cara mengendarai mobil yang aman saat menerobos banjir berikut ini:

Baca juga: Waspada Hujan Deras! Begini Cara Aman City Car Terobos Banjir di Jalan

1. Gunakan gigi 1 saat melibas banjir

cara mengendarai mobil saat banjir
Gunakan gigi rendah. (Shutterstock)

Cara mengendarai mobil pertama yang aman saat banjir adalah memanfaatkan gigi satu. Tentunya tips ini hanya berlaku untuk kamu yang menggunakan transmisi manual.

Ini berfungsi agar air genangan gak masuk ke dalam knalpot yang bisa menyebebkan gangguan pada mobil. Kalo ini terjadi, tentunya kamu harus mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan servis kendaraan.

Sedangkan untuk mobil yang bertransmisi matic bisa memanfaatkan transmisi L dan menahan RPM di posisi stabil.

Tapi, ada catatan juga yang harus diperhatikan. Kalau sudah bisa dipastikan bahwa knalpot mobilmu akan terendam jika nekat menerobos genangan tersebut, urungkan niat untuk melanjutkan perjalanan. Lebih baik menepi dan cari tempat aman sembari menunggu air surut.

Baca juga: Terendam Banjir, Jangan Lupa Cek 7 Komponen Penting Ini pada Mobil

2. Jaga jarak dengan mobil di depan

cara mengendarai mobil saat banjir
Jaga jarak dengan kendaraan di depan. (Shutterstock)

Selanjutnya kamu juga perlu mengatur jarak dengan kendaraan di depan agar mencegah mobil berhenti di tengah banjir. Cara mengendarai mobil yang satu ini seringkali diabaikan oleh pengemudi karena pengin buru-buru melewati genangan.

Padahal jika mobil udah berhenti di tengah banjir bisa menyebabkan air menggenangi saluran knalpot mobil. Selain itu menjaga jarak juga bisa mencegah kamu dari tabrakan jika sewaktu-waktu kendaraan di depan berhenti tiba-tiba.

Baca juga: Hidupkan Lagi Ponsel yang Terendam Banjir, Begini Lho Caranya!

3. Setelah melewati genangan, periksa kondisi rem

cara mengendarai mobil saat banjir
Periksa rem. (Shutterstock)

Jika kamu udah berhasil melewati genangan banjir, hal selanjutnya yang harus di cek pertama kali adalah kondisi rem. Bagian ini sangat krusial karena ketka menerobos banjir bagian kampas rem dan cakram terendam air. 

Caranya mudah, tinggal rem sedikit lalu injak lagi pedal gas selama beberapa kali guna memastikan kampas bisa mencengkram piringan kembali dengan baik.

Poin ketiga cara mengendarai mobil yang aman ketiga banjir ini wajib kamu lakukan supaya hal-hal yang gak diinginkan terjadi. Sebab jika lengah sedikit aja akibatnya bisa fatal!

4. Periksa filter udara

cara mengendarai mobil saat banjir
Bersihkan dan keringkan filter udara. (Shutterstock)

Sebetulnya, salah satu penyebab paling umum mobil mogok ketika melewati genangan air adalah karena filter udara yang terkena air, bukannya air yang masuk ke dalam knalpot.

Bila berhenti setelah melewati genangan, ada baiknya kamu mengecek langsung bagian filter udara. Bersihkan atau paling tidak keringkan filter tersebut.

5. Cari alternatif jalan lain

cara mengendarai mobil saat banjir
Cari alternatif jalan lain. (Shutterstock)

Cara mengendarai mobil yang aman saat banjir terakhir adalah mencari alternatif jalan yang lain. Daripada harus memaksakan dan kondisi mesin jadi bermasalah mending kamu cari jalan yang lain.

Meski memakan waktu yang lebih lama dan harus keluar bensin lagi, hal ini adalah jalan keluar paling aman dibandingkan 4 poin sebelumnya lho!

Nah itulah 5 cara mengendarai mobil yang aman saat berhadapan dengan banjir. Semoga tips di atas bisa bermanfaat dan menghindarkan kamu dari masalah ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis