Cara Mengganti Ban Mobil yang Wajib Diketahui Pengemudi

cara mengganti ban mobil

Setiap pengendara mobil sebaiknya memahami cara mengganti ban mobil depan atau belakang yang benar. Hal ini penting agar pengendara mobil selalu siaga saat menghadapi kejadian tidak terduga saat berkendara. Salah satu kejadian tidak terduga yang dimaksud adalah ban bocor di tengah jalan yang jauh dari bengkel.

Dalam keadaan seperti ini, kamu tentu harus segera mencari solusi dengan mengganti ban mobil sendiri. Karena itu, pengetahuan mengenai cara mengganti mobil sangat diperlukan.

Pada dasarnya, mengganti ban mobil bukan perkara sulit. Asalnya, kamu telah menyediakan semua peralatan yang dibutuhkan di mobil.

Lantas, seperti apa cara mengganti ban mobil? Apa saja peralatan yang dibutuhkan untuk mengganti ban mobil? Untuk mengetahui lebih jauh, kamu perlu membaca tulisan ini sampai selesai.

Cara mengganti ban mobil yang benar

Ban mobil bocor sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya, yaitu benda asing, seperti paku, besi, dan lainnya yang ada di jalanan dapat melukai ban mobil dan menyebabkan bocor.

Ban yang bocor tentu bisa menjadi hal yang membuat pengemudi kerepotan di jalan. Karena itu, pengemudi perlu mengetahui cara mengganti ban mobil yang bocor dengan ban cadangan yang sudah disiapkan, baik ban mobil depan atau belakang.

Menambal ban yang bocor memang bisa dijadikan solusi. Namun, tidak semua ban bocor bisa ditambal kembali. Menambal ban bocor justru bisa berpotensi menimbulkan bahaya saat berkendara.

Pasalnya, bila ukuran kebocoran pada ban melebihi 10 mm, pengemudi harus segera menggantinya dengan ban cadangan. Hal ini lantaran lubang bocor yang sudah sangat besar rentan membuat ban sobek.

Mengutip Auto2000, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan sebagai cara ganti ban mobil secara mandiri. Berikut ini cara ganti ban mobil yang wajib diketahui pengemudi mobil.

1. Mengendurkan baut roda mobil, langkah pertama dalam cara ganti ban mobil

Setelah mengetahui bahwa ban mobil bocor, kamu harus mencari perkakas untuk mengganti ban mobil. Perkakas ini biasanya terletak di bagasi. Pada dasarnya, setiap pabrikan mobil selalu memberikan serangkaian perkakas untuk mengganti mobil.

Bila sudah menemukan perkakas yang dimaksud, kamu bisa langsung menggunakan kunci roda untuk mengendurkan baut roda mobil. Caranya mudah, kamu hanya perlu memutar baut roda mobil berlawanan dengan arah jarum jam.

Satu hal yang perlu diperhatikan, yakni baut roda mobil cukup dikendurkan saja dan jangan sampai semua terlepas.

2. Memasang dongkrak ban mobil

Sesudah mengendurkan semua baut roda mobil yang bocor, kamu perlu memasang dongkrak ban mobil. Cara menggunakannya, yakni tentukan bagian mobil yang kokoh untuk menempatkan dongkrak bagian atas.

Titik pemasangan dongkrak ban mobil biasanya terletak sekitar kaki-kaki mobil yang memang sudah dirancang khusus oleh produsen mobil, seperti Toyota.

Selanjutnya, kamu dapat meletakkan ban cadangan di bawah bodi mobil sekitar bagian roda. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga apabila dongkrak ban mobil mengalami gangguan dan tidak mampu menopang bodi mobil dengan baik.

Kamu bisa melanjutkan dongkrak mobil hingga ban bocor yang ingin dilepaskan terangkat dari aspal sehingga dapat dikeluarkan.

3. Melepas ban lama

Cara mengganti ban mobil selanjutnya, yakni melepaskan ban yang bocor. Kamu bisa menggunakan kunci roda dan kembali mengendurkan semua baut roda mobil sampai terlepas. Jangan lupa untuk menyimpan baut roda mobil di tempat yang aman agar dapat digunakan kembali.

Selanjutnya, tarik ban lama hingga keluar dari rumah roda. Ban lama dapat ditaruh di bawah mobil dengan tujuan yang sama seperti meletakkan ban cadangan.

4. Memasang ban mobil cadangan

Sebelum melakukan cara memasang ban mobil cadangan, kamu perlu memastikan bahwa kondisinya baik dan memiliki tekanan angin yang ideal. Dengan kondisi ini, ban cadangan dapat digunakan untuk menempuh sisa perjalanan.

Sesudah itu, cara memasang ban mobil pertama adalah masukkan ban ke rumah roda. Lalu, pasang baut roda mobil dengan sempurna dan kencangkan.

Kamu dapat memasang baut roda mobil dengan memutar kunci roda searah jarum jam. Yang perlu diperhatikan saat memasang baut, yakni jangan mengencangkan baut roda mobil satu per satu.

Kamu harus mengencangkan sedikit demi sedikit secara bergantian untuk setiap baut roda mobil. Hal ini untuk memastikan baut roda mobil terpasang kencang tanpa mengalami kerusakan.

Langkah terakhir dalam cara memasang ban mobil adalah memastikan baut roda mobil terpasang dengan kencang dan tidak longgar.

5. Melepas dongkrak ban mobil

Selanjutnya adalah melepas dongkrak. Bila semua baut roda mobil sudah terpasang sempurna, kamu bisa melepas dongkrak dengan menurunkan bodi mobil secara perlahan. Pastikan ban menapak menyentuh permukaan jalan.

6. Simpan ban bocor

Setelah berhasil melepas dongkrak, kamu perlu menyimpannya di mobil. Jangan lupa juga untuk memasukkan ban bocor ke bagasi. Bila ada kesempatan, kamu perlu memperbaiki ban mobil yang bocor di bengkel agar bisa digunakan kembali.

Yang menjadi catatan di sini adalah jangan membiarkan ban cadangan dipakai terus-menerus. Ban cadangan sebenarnya memiliki ukuran ban mobil lebih kecil dan tidak layak digunakan untuk berkendara sehari-hari.

7. Mengembalikan semua peralatan ke tempat semula, langkah terakhir dalam cara mengganti ban mobil

Cara mengganti ban mobil yang terakhir adalah, mengembalikan semua peralatan. Setelah ban cadangan terpasang dengan sempurna, jangan lupa untuk mengembalikan dongkrak dan semua peralatan ke tempat semula. Jangan sampai ada peralatan yang tertinggal.

Tips memilih dongkrak mobil

Salah satu alat yang amat penting saat ingin mengganti ban mobil adalah dongkrak mobil. Alat ini wajib ada di setiap mobil. Lalu bagaimana cara memilih dongkrak mobil? Berikut ada beberapa tips untuk memilih dongkrak mobil.

1. Riset terlebih dahulu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan riset tentang dongkrak mobil yang cocok dengan kendaraan dan budget kamu. Sebab dongkrak mobil memiliki tipe dan karakteristiknya yang berbeda-beda. Untuk itu diperlukan riset terlebih dahulu, terkait dongkrak yang cocok untuk mobil kalian.

2. Pilihlah yang kuat dan tahan lama

Setelah cukup melakukan riset berbagai jenis dongkrak, maka pilihlah dongkrak yang kuat dan tahan lama. Untuk hal kekuatan dan daya tahan, sebaiknya kamu memilih dongkrak buaya, yang mampu mengangkat beban yang sangat berat dan tetap stabil. Bahkan mampu mengangkat mobil besar dan offroad.

Dongkrak buaya bersifat hidrolis, sehingga kalian bisa dengan mudah mengangkat beban hanya dengan menggerakkan tuas ke atas dan bawah.

3. Pilih pula dongkrak yang praktis

Jika setelah melakukan riset ternyata kamu membutuhkan dongkrak yang praktis, maka pilihlah dongkrak jembatan. Hal ini selain karena berat dongkrak yang ringan bentuknya yang kompak juga jadi pilihan.

Meskipun ringkas dan ringan, dongkrak jembatan menggunakan sistem hydraulic pantograph jack untuk mengangkat bodi mobil.

Dongkrak jembatan ini juga dilengkapi tuas dan mekanisme pengangkatan beban dengan menggerakkannya ke atas dan bawah.

Namun karena bentuknya yang mungil, maka dongkrak ini tidak bisa digunakan untuk mobil besar atau offroad. Meskipun begitu, harga dongkrak mobil ini jelas yang paling murah dari semua jenisnya.

4. Pilih dongkrak yang sesuai beban kendaraan

Sesuaikan kemampuan dongkrak mobil dengan beban mobil. Jika kemampuan angkat dongkrak mobil hanya 2 ton, berarti beban mobil kalian harus kurang dari 2 ton.

5. Cek tinggi maksimal dongkrak

Kamu juga harus mengecek tinggi maksimal dongkrak tersebut ketika mengangkat mobil. Biasanya dongkrak mobil bisa mengangkat mobil sampai ketinggian sekitar 400 mm. Jika tinggi dongkrak yang kamu beli terlalu pendek, dongkrak tidak akan mampu untuk mengangkat ban.

6. Gunakan dongkrak double piston

Dongkrak mobil tipe hidrolik bisa diubah ketinggiannya dengan menggerakkan tuas ke atas dan bawah. Namun akan jauh lebih mudah lagi jika memakai dongkrak dengan double piston.

Karena ketinggian dongkrak bisa dengan cepat dan mudah disesuaikan. Dongkrak double piston umumnya digunakan para profesional. Namun saat ini produk dongkrak double piston bisa kita gunakan.

Tips dari Lifepal! Mempelajari cara ganti ban mobil memang menjadi salah satu pengetahuan utama yang perlu dikuasai oleh pemilik kendaraan, untuk menghindari kejadian tidak terduga saat berkendara.

Apalagi jika posisi kamu sedang berada jauh dari pusat kota atau akses ke bengkel ban mobil terdekat. Namun, ada kalanya kamu tetap memerlukan bantuan atau pendampingan saat kendaraan memerlukan penanganan lebih lanjut. 

Memiliki asuransi mobil akan memudahkanmu saat menemukan masalah tak terduga di tengah perjalanan. Dengan rekanan bengkel resmi yang tersebar di seluruh Indonesia, kamu tidak perlu khawatir lagi jika timbul kejadian yang tidak mengenakkan.

Simak pula ulasan mengenai ban mobil sering kempes tapi tidak bocor di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Hitung premi asuransi mobil kamu sendiri

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Yuk, gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Siapkan dana darurat

Dana darurat adalah sejumlah dana yang perlu kamu siapkan dalam anggaran. Dana ini nantinya dapat kamu pakai untuk menghadapi berbagai kondisi yang tidak diinginkan dalam keseharian.

Jadi dana ini hanya akan digunakan untuk keperluan darurat, yang tidak bisa teratasi dengan anggaran lainnya.

Oleh karena itu, siapkan juga dana darurat untuk keamanan finansialmu. Kamu bisa menggunakan kalkulator dana darurat berikut untuk mengetahui kebutuhan dana daruratmu setiap bulannya:

Cek uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Kita juga bisa memilih asuransi jiwa yang paling cocok dengan menggunakan kuis jenis asuransi jiwa berikut ini:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Pertanyaan seputar cara mengganti ban mobil

Langkah-langkah mengganti ban mobil dimulai dengan mengendurkan baut roda mobil sebelum memasang dongkrak. Siapkan juga ban cadangan di dekatmu sebelum kamu melepas ban yang bocor. Kamu bisa membaca cara mengganti ban mobil yang benar di sini.
Perlindungan finansial asuransi penting, agar tidak terbebani pengeluaran mendadak yang menguras tabungan. Pilih produk asuransi sesuai kebutuhan, yaitu asuransi kesehatan cashless, asuransi jiwa syariah, asuransi kebakaran, asuransi motor, asuransi rumah, dan lainnya. Cari tahu di Lifepal.
Asuransi mobil merupakan produk pengelolaan keuangan karena membantu kamu mengurangi risiko finansial dengan menjamin biaya-biaya pengeluaran mendadak yang muncul akibat risiko kecelakaan atau penyebab tertentu. Pilihan produk asuransi bervariasi sesuai kebutuhan keuanganmu, yaitu All Risk/Comprehensive dan Total Loss Only (TLO). Dapatkan referensi produk asuransi terlengkap di Lifepal.

Bagi kamu yang tertarik dengan produk keuangan berbasis syariah, kamu bisa memilih asuransi mobil syariah sebagai pilihan produk pengelolaan finansial yang tepat.