Cara Menggunakan Asuransi Reliance [Klaim & Beli Online]

cara menggunakan asuransi reliance

Cara menggunakan Asuransi Reliance perlu kamu ketahui jika ingin mengajukan klaim ke perusahaan terkait, baik secara online maupun offline. Jadi, tentunya cara menggunakannya akan disesuaikan dengan polis yang dimiliki.

Misalnya kamu pemilik polis asuransi mobil all risk dan mengalami kecelakaan sehingga terjadi baret atau penyok. Akibat kejadian tersebut, kamu mengalami kerugian finansial dan bisa menggunakan atau mengajukan klaim pada perusahaan asuransi. Masih bingung tentang proses klaim tersebut? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini yuk!

Cara menggunakan Asuransi Reliance Kesehatan

Cara menggunakan Asuransi Reliance akan disesuaikan dengan polis dan risiko yang dialami nasabah. Untuk kamu pemegang polis Reliance Insurance kesehatan maka bisa mengajukan klaim melalui dua metode.

Metode  klaim Asuransi Kesehatan Reliance pertama adalah cashless, dimana kamu hanya perlu menunjukan kartu Asuransi Reliance untuk mendapatkan perawatan medis di berbagai RS Rekanan.

Sementara opsi klaim selanjutnya adalah reimbursement. Pengertian reimbursement adalah cara klaim asuransi kesehatan dimana kamu harus mengeluarkan sejumlah biaya lebih dulu ketika ingin mendapatkan perawatan medis. 

Nantinya biaya yang kamu keluarkan akan diganti oleh perusahaan asuransi terkait ketika kamu mengajukan klaim. Umumnya dalam pengajuan klaim tersebut, kamu juga harus melengkapi dokumen pendukung seperti, bill rumah sakit, surat keterangan dokter, kartu polis, identitas diri dan lain-lain. Berikut informasi mengenai cara klaim Asuransi Kesehatan Reliance selengkapnya.

Proses klaim asuransi kesehatan dengan menunjukan kartu (Reliance Provider Show Card)

  • Mengunjungi RS rekanan PT Asuransi Reliance Indonesia
  • Nasabah menunjukan kartu anggota Asuransi Reliance kepada staf administrasi rumah sakit
  • Nasabah bisa langsung mendapatkan perawatan medis tanpa perlu membayar lebih dulu
  • Proses klaim cashless dengan provider Admedika (Reliance Admedika Provider Swipe Card)

  • Nasabah menunjukkan KTP dan kartu Asuransi Reliance kepada petugas untuk melakukan verifikasi data dan mendapatkan manfaat pertanggungan sesuai polis
  • Nasabah bisa langsung mendapatkan tanpa perlu membayar lebih dulu
  • Ketika nasabah menjalani rawat inap, Manajer HRD bisa mengkonfirmasi untuk keterlambatan pembayaran kelebihan klaim
  • Proses klaim reimbursement Reliance Asuransi kesehatan

  • Nasabah mendatangi rumah sakit terdekat
  • Melakukan proses pendaftaran dan nasabah membayarkan biaya rumah sakit lebih dulu menggunakan dana pribadi
  • Setelah menjalani perawatan simpan bill atau kwitansi atau tanda bayar perawatan rumah sakit
  • Informasikan kepada Reliance Insurance untuk mengajukan klaim 
  • Isi formulir klaim dan dokumen pendukung lainnya ke alamat perusahaan Reliance Insurance
  • Pihak Asuransi Reliance akan melakukan verifikasi data
  • Jika klaim disetujui maka perusahaan asuransi akan membayarkan sesuai ketentuan
  • Dokumen pendukung klaim asuransi kesehatan

  • Polis asli
  • Mengunduh dan mengisi formulir klaim
  • Bukti general check-up
  • Surat keterangan dokter
  • Hasil laboratorium dan/atau radiologi
  • Kwitansi rumah sakit asli
  • Surat keterangan polisi apabila dirawat karena kecelakaan
  • Cara menggunakan Asuransi Mobil Reliance

    Produk Reliance Asuransi Mobil adalah polis Reli-Oto. Polis ini memiliki dua pilihan yaitu all risk dan TLO. Asuransi mobil all risk akan menanggung berbagai jenis kerusakan mulai dari lecet, penyok, sampai dengan kehilangan.

    Sementara untuk asuransi mobil TLO akan memberikan ganti rugi ketika kendaraan tertanggung mengalami risiko kerusakan diatas 75 persen atau terjadi pencurian dan kehilangan. Biasanya untuk harga premi TLO akan lebih murah daripada all risk. 

    Untuk itu berikut ini adalah tahapan ketika kamu menggunakan atau mengajukan klaim Asuransi Mobil Reliance selengkapnya.

  • Laporkan kejadian yang kamu alami kepada perusahaan maksimal 3×24 jam setelah kejadian
  • Perusahaan akan memberikan informasi dokumen apa saja yang harus kamu persiapkan ketika mengajukan klaim
  • Pembayaran klaim atau perbaikan mobil kamu dilakukan setelah dokumen klaim disetujui dan nilai ganti rugi disetujui perusahaan.
  • Dokumen klaim untuk kerusakan mobil sebagian (partial loss)

  • Laporan kerugian termasuk menuliskan kronologis kejadian 
  • Fotokopi polis asuransi
  • Fotokopi SIM pengemudi
  • Fotokopi STNK
  • Fotokopi kartu identitas diri atau KTP
  • Dokumen lain yang dianggap perlu
  • Dokumen klaim untuk kerusakan atau kerugian mobil total (total loss)

  • Laporan kerugian termasuk kronologis kejadian. Kamu bisa menuliskan pada formulir klaim
  • Fotokopi polis
  • Fotokopi SIM pengemudi
  • STNK asli dan fotokopi
  • Fotokopi KTP
  • BPKB asli
  • Faktur pembelian
  • Blanko kwitansi
  • Surat penyerahan hak milik yang ditandatangani nasabah
  • Buku KIR (kendaraan pick up)
  • Surat Keterangan dari kepolisian
  • Bukti pemblokiran STNK
  • Foto kerusakan dan estimasi biaya perbaikan (untuk kerusakan lebih dari 75 persen)
  • Surat tuntutan dari pihak ketiga
  • Dokumen lain yang relevan.
  • Harga premi Asuransi Reliance Indonesia

    Biaya premi Asuransi Reliance sebenarnya berbeda-beda tertanggung polis yang diambil oleh nasabah. Namun untuk harga premi Asuransi Reliance produk Reli-Ku yang dikhususkan memberikan manfaat pertanggungan atas risiko kecelakaan diri, nasabah bisa memilih biaya premi sebagai berikut:

  • Rp5 ribu dengan masa periode 10 hari
  • Rp20 ribu dengan masa periode 90 hari
  • Rp50 ribu dengan masa periode 1 tahun
  • Sementara untuk biaya premi produk lainnya tidak dicantumkan pada situs resmi perusahaan. Jadi kamu bisa menghubungi layanan call center Reliance Insurance di 021) 80823177 (hunting). 

    Namun perlu kamu ketahui, untuk besaran premi asuransi mobil akan mengacu pada Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

    Jadi, bagi kamu yang penasaran tentang besaran premi asuransi mobil kesayangan, yuk lakukan simulasi perhitungan menggunakan kalkulator asuransi mobil Lifepal berikut ini!

    Cara pembayaran premi Asuransi Reliance

    Selain proses klaim yang cepat, pembayaran preminya pun juga sangat mudah. Berikut prosedur pembayaran premi yang bisa kamu ikuti:

  • Internet Banking/Mobile Banking: Lakukan pembayaran melalui internet banking atau mobile banking dengan menunjukkan nomor rekening asuransi atau nomor virtual account Asuransi Reliance seperti yang tertera pada nota tagihan polis asuransi.
  • Transfer melalui mesin ATM atau teller bank: Lakukan transfer bank atau antar bank dengan menunjuk nomor rekening asuransi atau nomor virtual account Asuransi Reliance seperti yang tertera pada nota tagihan polis asuransi kesehatan.
  • Kartu kredit (Visa, MasterCard, BCA Card): Dilakukan dengan cara memberikan informasi melalui telepon atau mengisi formulir pembayaran kartu kredit di kantor Asuransi Reliance agar pembayaran premi dapat dikreditkan pada kartu kredit.
  • Bagaimana cara cek limit Asuransi Reliance?

    Selain cara menggunakan Asuransi Reliance yang mudah, proses klaim maupun cek polisnya juga terbilang tidak bikin ribet. Untuk mengetahui cek limit atau plafon asuransi kamu bisa menghubungi melalui email, call center maupun datang ke kantor PT Asuransi Reliance Indonesia. 

    Berikut informasi mengenai layanan cek limit Asuransi Reliance selengkapnya:

  • Hotline Center Reliance: +62 (21) 80823177 (hunting)
  • Hotline Center Bebas Pulsa: 0800 1000 327
  • Email cek limit untuk asuransi kesehatan hotline@reliance-insurance.com atau customer.care@reliance-insurance.com
  • Email untuk cek limit asuransi mobil hotline.general@reliance-insurance.com atau cust.gen@reliance-insurance.com
  • Kamu bisa menghubungi berbagai layanan tersebut secara online selama 24 jam, untuk mengetahui berapa limit Asuransi Reliance dari polis yang kamu miliki. Jadi, ketika membutuhkan informasi kapanpun dan dimanapun tinggal akses melalui smartphone kamu. 

    Sementara itu, kamu perlu tahu pengertian limit asuransi adalah batasan manfaat yang dapat diterima oleh peserta asuransi. Biasanya limit ini ada untuk polis asuransi kesehatan maupun mobil.

    Limit tersebut juga menjadi angka yang akan menanggung biaya perawatan ketika kamu membutuhkan perawatan medis di RS. Jadi, selama tagihan rumah sakit masih di bawah atau sama dengan angka yang tertera pada limit, kamu bisa langsung pulang tanpa perlu membayar biaya tambahan.

    Cek polis Asuransi Reliance bagaimana caranya?

    Tidak jauh berbeda dengan cara cek limit asuransi, pengecekan polis Reliance juga bisa dilakukan dengan mudah. Kamu bisa menghubungi layanan call center perusahaan ataupun mengunjungi alamat Reliance Insurance untuk mendapatkan informasi polis. Berikut info layanan perusahaan selengkapnya.

  • Kantor Reliance Pluit : Reliance Building, Jalan Pluit Sakti Raya Nomor 27 AB, Penjaringan, Pluit, Jakarta Utara 14450
  • Telepon: (021) 661 7768
  • Fax: (021) 666 75075
  • Reliance Hotline 24 Jam Bebas Pulsa: 08001000327
  • Layanan Mobil Derek: (021) 8082 3177
  • Reli-HIT: aplikasi yang memudahkan nasabah Reliance login untuk mendapatkan informasi dan pengajuan klaim, mencari rumah sakit/jaringan provider terdekat, hingga menghubungi Reliance Hotline 24 Jam.
  • ReliDOC: aplikasi bagi nasabah Reliance Asuransi Kesehatan untuk melakukan konsultasi dokter secara online dan mendapatkan obat secara gratis, dengan kata lain nasabah dapat berobat tanpa harus datang ke rumah sakit.
  • ReliMONIC: fasilitas mobile clinic yang dilengkapi mesin USG 2D/3D/4D dan didukung tenaga medis berpengalaman serta bersertifikat khusus melayani USG kehamilan.
  • Jenis Asuransi Reliance Indonesia

    Sudah mengetahui cara cek polis dan limit Asuransi Reliance, kamu pasti akan bertanya-tanya apa saja produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Berikut ini ada beberapa jenis produk asuransi yang bisa jadi pilihan sebagai proteksi atas risiko finansial kamu:

    Asuransi Reli-Ku

    Produk asuransi kecelakaan diri dari Reliance Indonesia yang dijual dalam bentuk voucher. Kamu bisa melakukan top up selama 5 kali ketika memilih voucher dengan harga premi Rp50 ribu untuk masa asuransi selama 1 tahun.

    Sementara manfaat pertanggungan yang diberikan dari produk ini adalah sebagai berikut:

  • Santunan meninggal hingga Rp25 juta
  • Biaya rawat inap maksimal Rp2.5 juta per periode pertanggungan
  • Santunan duka sebesar Rp1 juta ketika tertanggung meninggal karena kecelakaan
  • Santunan cacat tetap hingga Rp25 juta.
  • Asuransi Reli-Oto

    Jenis produk yang ditawarkan selanjutnya adalah Reli-Oto. Produk ini merupakan polis asuransi mobil dan kendaraan dengan dua pilihan manfaat pertanggungan sebagai berikut:

  • Polis Comprehensive atau all risk memberikan jaminan menyeluruh atas kerusakan sebagian, kerusakan menyeluruh, atau kehilangan.
  • Polis TLO atau total loss only memberikan jaminan atas kerusakan mobil lebih dari 75 persen atau kehilangan akibat tindakan kriminal pihak lain.
  • Reliance Healthcare

    Jenis produk yang ditawarkan selanjutnya adalah asuransi kesehatan. Produknya adalah Reliance Healthcare dengan manfaat pertanggungan cukup lengkap. Nasabah yang membeli produk ini bisa menikmati manfaat pertanggungan mulai dari biaya rawat inap, rawat jalan sampai dengan biaya melahirkan, persalinan atau kehamilan.

    Khusus untuk produk Asuransi Reliance yang dikhususkan bagi karyawan perusahaan juga memberikan jaminan atas risiko kecelakaan. Selain itu nasabah juga bisa bebas memilih rekanan rumah sakit, klinik dan apotek yang bekerjasama dengan perusahaan.

    Tidak hanya itu saja produk Asuransi Kesehatan Reliance yaitu Reliance Hybrid juga bekerjasama dengan BPJS Kesehatan yang sering disebut dengan Asuransi Reliance BPJS. 

    Dimana nantinya nasabah akan mendapatkan manfaat yang optimal dengan adanya COB dengan BPJS tersebut. Contohnya saja ketika kamu mendapatkan fasilitas rawat inap kelas II, dengan menggunakan Asuransi Reliance bisa upgrade kelas lebih tinggi. Sehingga perawatan yang akan didapatkan semakin optimal.

    Keunggulan Asuransi Reliance Indonesia

    Pengalaman menggunakan Asuransi Reliance di klaim oleh nasabah sangat membantu menyediakan berbagai layanan yang memudahkan nasabah. Untuk itu sebagai bahan pertimbangan kamu membeli produknya, berikut ini adalah keunggulan dari Asuransi Reliance:

    1. Aktivasi simpel dan cepat

    Keunggulan yang pertama kali ketika kamu membeli produk Reliance adalah aktivasi simpel dan cepat. Jadi, kamu bisa melakukan aktivasi dimanapun dan kapan saja melalui Reliance Mobile Application.

    2. Provider rumah sakit luas

    Pengalaman menggunakan Asuransi Reliance yang akan kamu dapatkan adalah provider rumah sakit yang tersebar luas di berbagai wilayah. Total lebih dari 1300++ rumah sakit sudah bekerja sama dengan perusahaan. Jadi, kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan perawatan medis.

    3. Customer call one step solution

    Hal lain yang menjadi keunggulan dari Reliance Insurance adalah layanan call center yang bisa digunakan untuk mendapatkan informasi dengan mudah. Kamu nasabah asuransi mobil maupun kesehatan bisa menghubungi layanan call center jika ingin menanyakan seputar polis, klaim dan lain-lain.

    4. Bisa top up hingga 5 kali

    Keunggulan lain yang ditawarkan adalah kamu bisa melakukan top up selama lima kali untuk polis asuransi berbentuk voucher. Tentu saja karena bentuknya voucher bisa semakin praktis dan memudahkan nasabah.

    5. Verifikasi klaim maksimal 7 hari kerja

    Keunggulan yang akan memudahkan kamu ketika membeli produk asuransi kesehatan dari Reliance Asuransi adalah verifikasi untuk klaim reimbursement maksimal dalam 7 hari kerja. 

    Proses ini tentu saja terbilang cukup cepat, sebab dalam 7 hari setelah dokumen lengkap dan diterima claim analyst  maka ganti rugi akan langsung dibayarkan.

    6. Memberikan rasa aman pada karyawan perusahaan

    Keunggulan lain dari produk asuransi kesehatan yang ditawarkan perusahaan untuk asuransi karyawan adalah tidak hanya menanggung biaya perawatan ketika sakit saja. Namun juga biaya perawatan atas risiko kecelakaan.

    Yang artinya, para karyawan pemilik asuransi ini akan merasa lebih aman. Sebab tidak akan terbayang-bayang dengan mahalnya perawatan medis jika terjadi kecelakaan tidak terduga.

    Pertanyaan terkait cara menggunakan Asuransi Reliance Indonesia

     

    Relihit atau Reli-HIT App adalah aplikasi Asuransi Reliance Indonesia yang memberikan kemudahan bagi nasabah untuk mendapatkan beragam informasi. Mulai dari pengajuan klaim, hingga kemudahan mencari rumah sakit terdekat (untuk produk Asuransi Kesehatan Reliance).

    Bagus tidaknya asuransi sebenarnya kembali kepada kebutuhan nasabah. Tapi dalam hal legalitas Asuransi Reliance juga sudah terawasi OJK jadi kamu tidak perlu khawatir ketika membeli produknya.

    Selain itu, perusahaan juga memiliki beberapa manfaat asuransi yang bisa digunakan oleh nasabah seperti:

    • Pertanggungan biaya rawat inap
    • Pertanggungan biaya rawat jalan
    • Pertanggungan biaya melahirkan dan persalinan
    • Pertanggungan biaya penggantian kacamata dan perawatan gigi

    Asuransi Reliance untuk melahirkan bisa kamu temukan pada polis asuransi kesehatan. Untuk manfaat yang ditanggung polis asuransi melahirkan, persalinan atau kehamilan ini adalah:

    • Biaya melahirkan per kehamilan (tanpa operasi atau dengan operasi)
    • Risiko keguguran kandungan
    • Pemeriksaan sebelum dan sesudah melahirkan