Bijaksana dengan Cara Kita Menggunakan Kartu Kredit

Cara Menggunakan Kartu Kredit

Cara menggunakan kartu kredit yang benar akan membawa manfaat saat Anda menerima “kartu sakti” tersebut. Sebab, perlu diakui bahwa kartu kredit memang menawarkan sejumlah kemudahan.

Mulai dari potongan harga di berbagai tempat dan cicilan 0 persen alias hampir tidak dikenakan bunga.

Cara Menggunakan Kartu Kredit

Hanya saja, Anda juga mungkin pernah mendengar cerita-cerita bagaimana nasabah malah terlilit tagihan. Sebenarnya yang salah bukan kartunya, tetapi cara Anda mengelolanya. Jika sudah paham cara mengelolanya, Anda pun bisa menikmati berbagai fasilitas dan kemudahan finansial dari kartu kredit

Baik Anda baru pertama kali atau sudah memilikinya, yuk, simak tips-tips bijak dalam mengelola penggunaan kartu kredit berikut!

1. Pilih Kartu Kredit yang Sesuai

Pengajuan Kartu Kredit BCA

Jenis-Jenis Kartu Kredit

Agar penggunaan maksimal, ada baiknya sedari awal memilih kartu kredit yang memang sesuai untuk Anda. Sebab, antara satu kartu kredit dengan yang lainnya biasanya memberikan benefit berbeda-beda.

Contoh, bila Anda memang senang bertualang dan jalan-jalan, maka pilihlah kartu kredit yang sering memberikan promo untuk travelling. Untuk Anda yang sering berbelanja di supermarket tertentu, sebaiknya pilih kartu kredit yang bekerja sama dengan supermarket tersebut.

Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan bonus-bonus tertentu dari kegiatan yang sering dilakukan tersebut.

2. Menjaga Informasi Kartu Kredit

Cara Membuat Kartu Kredit BRI

Dari sisi keamanan, cara menggunakan kartu kredit yang benar adalah tidak membagikan data Anda. Jaga privasi soal data kartu kredit, seperti nomor kartu kredit, nomor PIN, dan khususnya angka CVV (angka tiga digit di belakang kartu kredit). 

Dengan menjaga data-data tersebut, potensi kartu kredit disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab dapat diminimalkan.

3. Gunakan Kartu Kredit di Merchant Tepercaya

Gunakan Kartu Kredit di Merchant Tepercaya

Menjaga data kartu kredit juga dapat dilakukan dengan cara menggunakannya di toko-toko tepercaya. Contoh, pastikan merchant tersebut memang kredibel. Sementara untuk transaksi online, pastikan situs tempat Anda menggunakan kartu kredit juga aman.

Pasalnya, menggunakan kartu kredit di tempat yang meragukan dapat membuat data Anda berpotensi dicuri. Khususnya pada transaksi online, pastikan situs tersebut tidak menyimpan data kartu kredit tanpa persetujuan Anda.

4. Tidak Perlu Punya Banyak Kartu Kredit

Tidak Perlu Punya Banyak Kartu Kredit

Memiliki satu kartu kredit dengan limit yang besar berbeda dengan memiliki beragam kartu namun dengan limit yang kecil. Dengan punya banyak kartu kredit, Anda mesti membayar banyak biaya tahunan pula.

Jadi, lebih baik pastikan cara menggunakan kartu kredit Anda sangat baik agar skor kredit pun bagus di SLIK OJK. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan limit lebih tinggi lagi.

5. Usahakan untuk Bayar Full

Komponen Slip Gaji

Yang pasti, untuk menghindarkan diri terkena bunga kartu kredit per bulan, usahakan untuk bayar tagihan secara penuh. Umumnya suku bunga utang berkisar pada 2,25 persen/bulan.

Sebagai simulasi, jika terdapat tagihan di kartu kredit Anda senilai Rp10 juta dan Anda dikenai bunga 2,25 persen. Berarti bunga yang harus Anda bayar di bulan tersebut adalah Rp225 ribu. Anda seharusnya dapat menggunakannya untuk bayar tagihan Internet di rumah.

Perlu diketahui juga bahwa terdapat biaya denda jika Anda tidak melunasi pembayaran tagihan saat jatuh tempo. Tanggal jatuh tempo dan besaran denda akan tergantung kepada ketentuan dari bank masing-masing.

6. Teliti dengan Tagihan

Teliti dengan Tagihan

Saat tagihan muncul baik lewat surel atau surat, lihat daftar penggunaan Anda. Pastikan tidak ada “tagihan siluman” yang tidak Anda ketahui dari mana asalnya. Jika ada, silakan hubungi bank penerbit kartu kredit Anda.

7. Hindari Over-Limit

Hindari Over-Limit

Terdapat biaya over-limit apabila Anda menggunakan kartu kredit melebihi batas saldo seharusnya. Biasanya biaya tersebut berbeda-beda antara satu bank penerbit kartu kredit dengan lainnya. Namun, pada umumnya biaya tersebut mulai dari Rp40 ribu sampai ratusan ribu.

Selain dikenakan biaya over-limit, penggunaan kartu kredit melebihi 40 persen dari limit yang diberikan bank berpotensi membuat skor kredit Anda jelek. Apalagi kalau saat itu Anda sedang mengajukan kredit lainnya, misalnya KPR. Bisa-bisa pengajuan KPR malah ditolak karena kualitas kredit Anda kurang baik.

8. Sadari bahwa Kartu Kredit adalah Kartu Utang

Keunggulan dan Kelemahan Uang Giral

Yang pasti, cara menggunakan kartu kredit yang paling bijaksana adalah dengan menyadari bahwa kartu tersebut adalah kartu utang.

Tidak jarang, seseorang mengalami euforia saat menerima kartu kredit. Dia langsung gunakan untuk berbelanja karena lupa bahwa yang dia gunakan adalah kredit alias utang. Dengan kta lain, pembayaran bukan diambil dari rekening pribadi, tetapi dana pinjaman dari bank yang pada nantinya wajib dilunasi.

Dengan memastikan kesadaran ini selalu diutamakan, Anda pun dapat menjadi lebih bijaksana menggunakan kartu kredit.

Yuk, pastikan cara Anda menggunakan kartu kredit sudah benar. Dengan begitu, kartu kredit akan membawa manfaat terbaik dan bukan malah melilit Anda dengan pusaran utang.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →