Cara Hemat Energi Masa Lalu yang Masih Efektif Sekarang

hemat energi

Hemat energi adalah tindakan mengurangi jumlah penggunaan energi. Menghemat energi berarti tidak menggunakan energi listrik untuk suatu hal yang tidak berguna. 

Penghematan energi dapat dicapai dengan memakai energi secara efisien yang mana manfaat yang sama diperoleh dengan menggunakan energi lebih sedikit atau mengurangi konsumsi dan kegiatan yang menggunakan energi. 

Penghematan energi dapat menyebabkan berkurangnya biaya, serta meningkatnya nilai lingkungan, keamanan negara, keamanan pribadi, serta kenyamanan. 

Karena itu, penting bagi kita untuk menghemat penggunaan energi. 

Namun, tidak perlu langsung atas kebutuhan energi seisi kota, kita bisa memulai dari kebutuhan pribadi dalam keseharian. 

Cara hemat energi mudah yang bisa dilakukan sehari-hari

Sumber energi yang kita pakai sehari-hari berasal dari panas bumi yang ditambang dari dalam bumi seperti halnya gas bumi dan BBM yang biasa dipergunakan sehari-hari sebagai bahan bakar kendaraan dan kompor rumah tangga. 

Seiring perkembangan zaman, kebutuhan energi pun semakin bertambah dan sebagai akibatnya meningkat pula risiko kelangkaan sumber daya alam. 

Berikut ini beberapa cara menghemat energi yang bisa kamu lakukan.

1. Mencabut perangkat yang tidak dibutuhkan

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mencabut perangkat elektronik yang tidak digunakan. 

Daripada energi listrik terbuang percuma, lebih baik kamu cabut steker televisi, komputer, kipas angin, dan perangkat lainnya yang sedang tidak dibutuhkan. 

Meski terkesan remeh, hal ini tidak cuma bisa menghindari korsleting listrik, tapi juga bisa menghemat tagihan listrik.

2. Menggunakan lampu hemat energi

Sudah banyak lho berbagai merek lampu hemat energi yang beredar di pasaran. 

Jika di rumah masih menggunakan lampu pijar, mulai deh ganti dengan lampu LED yang mampu menghemat energi. 

Faktanya, lampu jenis LED dengan daya 6 watt sudah mampu menghasilkan cahaya setara dengan lampu pijar berdaya 60 watt. 

Bahkan, lampu jenis ini digadang-gadang mampu menghemat kebutuhan listrik selama setahun. 

Otomatis, kamu sudah membantu penghematan energi sekaligus menghemat anggaran keuangan.

Perbandingan daya lampu

Di Indonesia terdapat tiga jenis lampu yang digunakan, yaitu lampu pijar, CFL (Compact Fluorescent Lamp), dan LED (Light Emitting Diode). 

Ketiga jenis lampu ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Mari simak perbandingannya berikut ini.

Lampu Pijar Lampu CFL Lampu LED
Daya Watt 60 Watt 14 Watt 7 Watt
Konsumsi Listrik 2.400 kWh 560 kWh 280 kWh
Ketahanan 41 Hari 416 Hari 1.666 Hari
Harga Rp7.000 Rp45 Ribu Rp167 Ribu
Biaya Pemakaian Selama 10 Tahun 90 Lampu x Rp7.000 = Rp630 Ribu 9 Lampu x Rp45 Ribu = Rp415 Ribu 2 Lampu x Rp167 Ribu = Rp334 Ribu

Dengan demikian, ternyata pemakaian lampu LED jauh menghemat anggaran dan menghemat kebutuhan energi setiap harinya.

3. Kurangi penggunaan peralatan berlistrik

Alat-alat elektronik seperti mixer, mesin cuci, AC, dan penghisap debu tentunya membantu dan memudahkanmu beraktivitas di rumah. Namun, ada baiknya untuk mengurangi penggunaannya dan melakukannya secara manual. 

Misalnya daripada menggunakan penghisap debu, lebih baik menggunakan sapu. Sama halnya dengan penggunaan mesin cuci lebih baik jika diganti dengan penggunaan papan penggilasan. 

Tarif listrik setelah pengurangan penggunaan barang berlistrik

Setelah menerapkan pengurangan biaya pemakaian listrik dan beralih ke cara manual, maka tarif yang dibebankan terhadap beberapa alat elektronik yang tetap harus digunakan untuk kebutuhan sehari-hari menjadi:

1 unit AC konsumsi daya 360 watt dengan pemakaian 8 jam per hari. Maka total daya 360 x 8 = 2.880 watt

Mesin cuci dengan konsumsi daya 350 watt dengan pemakaian 1 jam dikarenakan sebagian telah dicuci manual. Maka total daya  350 watt.

Penghisap debu konsumsi daya 400 watt dengan pemakaian 25 menit per hari. Maka total daya 400 x 0,25 = 100 watt

Total watt dari ketiga alat di atas adalah 3.330 watt sehari atau sama dengan 3,33 kWh. Nah, jika Anda pengguna listrik golongan antara 1.300 VA – 6.600 VA maka biaya dasar yang dibebankan adalah Rp1.352 per kWh. 

Jadi, estimasi total biaya per hari yang harus Anda bayar adalah jumlah watt dikalikan biaya dasar listrik seperti berikut:

3,33 kWh x Rp1.352 = Rp4.502,160

Sedangkan estimasi biaya listrik selama sebulan adalah:

Rp4.502,160 x 30 hari = Rp135.064,8

4. Menggunakan kompor secara efisien

Selain menghemat energi listrik, penggunaan energi yang bisa dihemat lainnya adalah gas alam. 

Cara yang bisa dilakukan untuk menghemat energi gas alam adalah dengan mengurangi penggunaan bahan bakarnya, yaitu dengan meminimalkan waktu penyalaan kompor. Mulailah menghilangkan kebiasaan menyalakan kompor sebelum wajan diletakkan di atasnya.

Estimasi biaya kompor setelah dilakukan efisiensi

Harga tabung elpiji tahun 2019 adalah Rp150 ribu dengan durasi penghematan pemakaian maksimal 60 jam. Maka, biaya yang dikeluarkan setiap satu jam pemakaian diperkirakan:

Rp150 ribu / 60 jam = Rp2.500 per jam

Jika setelah menerapkan efisiensi penggunaan kompor dengan mengikuti perkiraan di atas, maka durasi pemakaian gas menjadi 45 menit per hari. Dengan begitu, biaya yang kamu keluarkan selama sebulan menjadi:

Rp2.500 x 0,75 jam x 30 hari = Rp56.250 ribu

Dengan demikian, setelah melakukan efisiensi, biaya yang kamu keluarkan menjadi Rp56.250 atau hanya 37 persen dari total isi gas.

5. Hemat bahan bakar kendaraan dengan angkutan umum

Hemat energi yang dapat dilakukan lainnya adalah mengurangi pemakaian bahan bakar pada kendaraan pribadi.

Jika untuk membeli bensin motor, kamu membutuhkan biaya sekitar Rp20 ribu per hari atau Rp600 ribu per bulan.

Maka dengan menaiki angkutan umum, kamu dapat menghemat konsumsi bensin menjadi yang biasa membeli setiap hari menjadi dua kali dalam sebulan.

Rp20 ribu x 2 = Rp40 ribu

Dengan demikian, selain telah melakukan penghematan energi, kamu juga menghemat pengeluaran anggaran sebesar Rp560 ribu. 

6. Gunakan air secukupnya

Cara hemat energi juga bisa dilakukan dengan memakai air secukupnya, dan jangan menggunakannya secara boros atau berlebihan.

Meskipun cukup, di daerah lain mungkin akan sulit untuk mendapatkan pasokan air bersih, sehingga kamu harus tetap menjaga sumber daya tersebut agar bisa digunakan sebagai sumber daya berkelanjutan.

7. Membuat rumah dengan ventilasi dan penerangan yang cukup

Cara menghemat energi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah mendesain rumah dengan ventilasi, hingga penerangan alami yang cukup.

Ventilasi yang cukup akan membuat aliran udara dari luar bisa masuk ke dalam rumah, dan akan membuat sirkulasi udara di dalam rumah menjadi baik dan bisa mengurangi penggunaan AC.

Penerangan alami yang cukup juga bisa membuat kamu, tidak memerlukan lampu pada siang hari. 

Kamu bisa mendesain jendela yang agak besar, di sekitar ruang tamu, kamar dan kamar mandi. Lumayan bukan, jika kamu tidak perlu lagi menyalakan lampu di siang hari, hanya karena kekurangan penerangan alami dari sinar matahari.

Nah, dari tujuh cara menghemat energi yang telah disebutkan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa menghemat energi juga membantu kamu dalam melakukan penghematan keuangan. 

Jamin keuangan keluarga dengan asuransi jiwa. Berkat manfaat dari asuransi jiwa, keluargamu tidak mengalami kesulitan finansial seandainya ditinggalkan.

Energi alternatif untuk masa depan

Pada awal tahun 1970-an, bermunculan berbagai kegiatan yang mengedepankan sumber energi terbarukan agar manusia bisa terus menggunakannya tanpa bergantung dari sumber energi yang sudah ada. 

Hingga akhirnya saat ini sudah semakin banyak produk hingga sarana transportasi yang menggunakan sumber energi alternatif terbarukan yang hemat daya dan bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Berikut ini delapan sumber energi alternatif terbarukan yang bisa dimanfaatkan untuk hemat energi dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

1. Panas matahari

Sinar cahaya matahari dapat diubah menjadi energi listrik dengan bantuan panel surya. Panel surya ini memiliki rangkaian sel photovoltaic yang diartikan sebagai cahaya-listrik. 

Kehadiran energi alternatif ini mampu menggerakkan kendaraan, seperti mobil, dan perahu  listrik. 

Sayangnya, penggunaan panel surya masih terbatas karena biaya per wattnya masih relatif tinggi. Bahkan harganya sepuluh kali lipat dari bahan bakar fosil.

2. Angin

Angin dapat digunakan sebagai energi alternatif. Hembusan angin mampu diubah dari energi kinetik dan beralih menjadi energi mekanik kemudian dihubungkan ke mesin generator sehingga menghasilkan energi listrik. 

Di Belanda, penggunaan energi angin digunakan untuk memompa air irigasi ke pertanian untuk penghasil listrik.

3. Hydropower

Energi alternatif ini didapatkan dengan membendung air sungai, lalu mengarahkannya ke  pipa air menuju turbin. 

Energi yang dihasilkan berdasarkan banyaknya air yang jatuh ke turbin. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sangat sangat terbantu dengan sumber energi ini, dan ada banyak sungai potensial di Indonesia yang bisa dimanfaatkan.

4. Biomassa

Energi ini berasal dari sisa kotoran manusia atau hewan (sapi) Energi ini diubah dengan cara dibakar terlebih dahulu atau dicampur dengan bahan lain yang ditampung ke dalam tangki hingga nanti disalurkan melalui pipa instalasi atau yang disebut dengan biogas. Gas tersebut akan menjadi energi alternatif dengan pemakaian gas tabung untuk memasak.

5. Nuklir

Nuklir memiliki energi yang sangat besar. Ukuran 1 gr zat radioaktif dapat menghasilkan energi listrik sebanyak 50 ribu kwh per jam. 

Energi nuklir tidak menghasilkan efek rumah kaca sehingga dapat mencegah pemanasan global. 

Salah satu negara yang sudah mencoba energi ialah negara Jepang bahkan beberapa wilayah di sana sudah menggunakan energi nuklir sebagai energi alternatifnya.

6. Panas bumi

Indonesia menjadi negara terbesar kedua penghasil panas bumi di dunia, setelah Filipina dengan kapasitas PLTP 1.600 MW. 

Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur menjadi kota yang layak untuk dikembangkan sebagai sumber panas bumi, karena Flores memiliki 16 titik potensi panas bumi yang tersebar. 

Menteri ESDM telah menetapkan Flores sebagai Pulau Panas Bumi karena pulau itu berpotensi untuk dikembangkan sebagai sumber listrik maupun sumber non listrik.

7. Ethanol

Etanol adalah bahan bakar berbasis alkohol dari fermentasi jagung, tebu atau gandum. Bahan bakar ini dapat dicampur dengan bensin untuk meningkatkan kadar oktan dan meningkatkan kualitas emisi.

8. Gelombang

Energi gelombang adalah pemanfaatan gelombang laut yang sedang pasang. 

Penggunaannya tidak merusak lingkungan, tapi membutuhkan anggaran yang cukup besar untuk membangun reaktornya. 

Selain itu, kecepatan ombak yang tidak stabil juga menjadi salah satu kendala.

Hemat energi bisa tabung banyak uang, simulasikan sekarang

Beragam cara dan manfaat hemat energi yang bisa dilakukan dari diri sendiri bisa membantu kamu hemat biaya. Dengan menghemat energi, kamu akan bisa menyisihkan uang di tabungan.

Nah, kalau kamu punya target dana yang ingin dicapai, gunakan Kalkulator Menabung Bulanan Lifepal.

Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara mengatasi masalah keuanganmu, konsultasikan kepada pakarnya di Tanya Lifepal.

Pertanyaan seputar hemat energi

Apa itu hemat energi?

 

Hemat energi adalah tindakan mengurangi jumlah penggunaan energi. Menghemat energi berarti tidak menggunakan energi listrik untuk suatu hal yang tidak berguna. 

Penghematan energi dapat dicapai dengan memakai energi secara efisien di mana manfaat yang sama diperoleh dengan menggunakan energi lebih sedikit, atau mengurangi konsumsi dan kegiatan yang menggunakan energi.

Bagaimana cara hemat energi mudah yang bisa dilakukan sehari-hari?

  • Mencabut perangkat yang tidak dibutuhkan
  • Menggunakan lampu hemat energi
  • Kurangi penggunaan peralatan berlistrik
  • Menggunakan kompor secara efisien
  • Hemat bahan bakar kendaraan dengan angkutan umum
  • Gunakan air secukupnya
  • Membuat rumah dengan ventilasi dan penerangan yang cukup.

Apa saja energi alternatif untuk masa depan?

  • Panas matahari
  • Angin
  • Hydropower
  • Biomassa
  • Nuklir
  • Panas bumi
  • Ethanol
  • Gelombang.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →