Cara Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Boros

aplikasi ponsel

Cara menghemat kuota internet sebetulnya tidak terlalu sulit. Namun, sebelum memasuki bahasan tersebut, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu kuota internet.

Kuota internet adalah batasan jumlah pemakaian data internet. Contohnya, kuota internet sebesar 1 gigabyte (GB) dengan periode pemakaian selama 30 hari. Artinya, Anda hanya memiliki batasan pemakaian data internet hingga 1 GB untuk 30 hari. Selama masa periodenya belum berakhir, Anda tetap bisa menggunakan internet selama kuotanya masih tersedia.

Pada praktiknya, kuota 1 GB tidak banyak jika Anda menggunakan internet untuk berbagai kebutuhan seperti menjelajahi beberapa situs, menggunakan berbagai media sosial atau untuk menonton video di Youtube.

Semakin sering digunakan, maka kuota internet pun akan cepat habis. Dampaknya, Anda harus kembali membeli kuota data berulang kali. Agar penggunaannya tidak terlalu boros, ada beberapa cara untuk menghemat kuota internet Anda. Dengan begitu Anda juga bisa menghemat biaya pengeluaran untuk pembelian kuota internet.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sebagai cara untuk menghemat kuota agar penggunaannya tidak boros.

Mematikan Mobile Data saat Tidak Dibutuhkan

Salah satu yang membuat kuota Anda cepat habis secara tidak sadar adalah karena mobile data yang selalu aktif. Padahal, Anda bisa mematikan atau menonaktifkan mobile data saat tidak digunakan. Misalnya saat sedang mengemudi, saat sedang istirahat atau tidur, dan pada waktu-waktu ketika Anda sedang tidak membutuhkan koneksi internet sama sekali.

Memanfaatkan Wifi Gratis

Manfaatkan Wifi Gratis Sebagai Cara Menghemat Kuota

Selain bisa menghemat kuota, memanfaatkan wifi gratis juga sebenarnya bisa menghemat daya baterai. Oleh karena itu, jika tersedia koneksi wifi gratis, manfaatkan sebaik mungkin.

Wifi gratis tersedia di tempat umum seperti stasiun, terminal, bandara, rumah sakit, dan kafe. Perlu diingat, meskipun wifi gratis bisa menghemat kuota Anda, tetapi juga perlu waspada. Jangan sesekali melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan sambungan wifi gratis karena memiliki risiko terjadinya pembobolan hingga penyalahgunaan data.

Pastikan sambungan wifi gratis aman, sehingga Anda pun nyaman untuk menggunakannya.

Mengatur Notifikasi Data

Beberapa smartphone terbaru sudah memiliki fitur notifikasi penggunaan data. Anda bisa mengatur penggunaan dengan batas yang bisa Anda tentukan. Misalnya, Anda membatasi penggunaan data 3 GB selama 30 hari.

Secara otomatis, akan ada notifikasi data jika penggunaan data Anda sudah melebihi dari limit yang Anda atur. Notifikasi data seperti ini sangat bermanfaat bagi para pengguna smartphone yang menggunakan sistem pasca bayar, sehingga tagihan penggunaan data internet tidak membengkak.

Menonaktifkan Pengunduhan secara Otomatis

Menonaktifkan Pengunduhan Otomatis Sebagai Cara Menghemat Kuota

Pengaturan pabrik biasanya menyetel pengunduhan otomatis jika ada pembaharuan aplikasi maupun sistem operasi. Agar tidak menyedot kuota data, Anda bisa mematikan fitur auto download dan menggantinya secara manual. Sehingga, pada saat Anda terkoneksi dengan wifi, Anda baru bisa menjalankan pembaharuan data, aplikasi, maupun sistem operasi tanpa menggunakan sambungan internet melalui mobile data.

Menonaktifkan Fitur Sinkronisasi Data secara Otomatis

Fitur ini sebetulnya memiliki manfaat agar Anda bisa membuka sebuah data dengan perangkat yang berbeda. Data tersebut akan selalu sama, meskipun dibuka dengan menggunakan perangkat yang berbeda.

Tetapi konsekuensinya, masing-masing perangkat harus melakukan sinkronisasi data. Proses tersebut tentu saja akan menyedot kuota. Apalagi bisa berjalan tanpa Anda sadari. Oleh karena itu, agar bisa menghemat kuota internet Anda, matikan sistem sinkronisasi data secara otomatis. Saat dibutuhkan, Anda bisa melakukan sinkronisasi data secara manual.

Memutar Video dengan Fitur Penghemat Kuota

Fitur Menghemat Kuota Sebagai Cara Menghemat Kuota

Aplikasi pemutar video seperti Youtube saat ini sudah memiliki versi yang bisa menghemat kuota. Misalnya dengan menggunakan aplikasi YoutubeGo. Aplikasi ini memberikan pilihan untuk menonton dengan jenis kompresi data yang diinginkan. Semakin rendah kualitasnya, semakin irit juga kuota yang dibutuhkannya.

Membatasi Aplikasi yang Terhubung Koneksi Internet

Banyak orang yang tidak menyadari hal ini. Beberapa aplikasi bisa berjalan di belakang layar dan tetap terhubung ke internet. Misalnya seperti aplikasi cuaca.

Agar tidak menyedot kuota terus menerus, identifikasi beberapa aplikasi yang berjalan di belakang layar. Kemudian tentukan mana yang bisa dinonaktifkan dan mana aplikasi yang tetap bisa diaktifkan untuk tetap terkoneksi dengan internet. Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri.

Evaluasi Aplikasi yang paling Banyak Membutuhkan Kuota

cek pulsa telkomsel

Ini adalah cara yang bisa Anda lakukan di akhir bulan atau pada saat kuota Anda sudah habis. Dengan menggunakan aplikasi bawaan dari smartphone atau menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda bisa melihat aplikasi mana saja yang paling banyak menyedot kuota internet.

Dari laporan tersebut, Anda bisa menyesuaikan kembali penggunaannya agar kuota internet Anda bisa digunakan lebih efektif lagi.

Manfaatkan promosi paket kuota

Setiap provider SIM Card pasti memiliki cara tersendiri untuk menggaet hati para pelanggannya, salah satu cara yang paling ampuh menarik hati masyarakat Indonesia adalah dengan adanya promosi.

Berbagai perusahaan menawarkan promosi kuota dengan syarat dan ketentuannya yang bervariasi.

Jadi pastikan kamu menggunakan provider yang sesuai dengan gaya penggunaaan kuota harian. Misalnya, ada yang sering memberikan bonus paket di sinyal 3G atau 4G saja, atau bahkan ada yang memberikan kuota lebih buat kamu yang doyan streaming YouTube.

Pinjam hotspot milik teman saat urgent

Cara menghemat kuota internet lainnya pasti sering kamu alami atau teman kamu keluhkan. Tapi, percaya gak percaya tips ini kadangkala emang sangat jitu untuk menghemat paket di saat tertentu.

Misalnya, ketika mau pulang ke rumah tapi paket habis dan gak bisa pesan ojek online. Jadi terpaksa deh meminjam hotspot milik teman.

Namun, yang perlu diingat ini hanya untuk saat tertentu saja lho ya, jangan setiap hari kamu gunakan!

Matikan fitur location jika gak diperlukan

Buat yang suka menggunakan aplikasi penjuk arah atau Google Maps, ada baiknya memerhatikan penggunaannya karena kedua software tersebut ternyata memakan cukup banyak data yang masuk ke HP kamu.

Jadi kalau bisa kamu cek dulu situasi jalanan macet atau gak menggunakan wifi di kantor sebelum mengeceknya di jalanan.

Menggunakan aplikasi pengingat kuota data

Terakhir, kamu juga bisa mencoba mengunduh aplikasi pengingat data internet. Piranti lunak ini berguna saat HP kamu sudah menyerap data dengan jumlah tertentu dan memperingatkan bahwa penggunaannya akan melewati batas sebentar lagi.

Langkah ini berguna banget buat kamu yang malas mengecek paket data setiap waktunya.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat penggunaan kuota internet Anda. Dengan menghemat penggunaan kuota internet, artinya ada uang yang bisa Anda sisihkan untuk kebutuhan lainnya atau bahkan untuk berinvestasi.

Dapatkan Promo