5 Cara Menghemat Listrik yang Tidak Bikin Kantong Jebol

Menghemat Energi di Rumah

Bergantung dengan perangkat elektronik boleh-boleh saja, tapi Anda juga harus pandai berhemat supaya tidak boros.

Semakin sering menggunakan alat elektronik, maka semakin besar pula kebutuhan listrik Anda. Tidak heran jika tagihan listrik kerap membengkak atau Anda terpaksa bolak-balik membeli token listrik.

Untuk menghindari pengeluaran yang terus membengkak, mau tidak mau Anda harus menghemat penggunaan listrik. Sebagai awalan, Anda bisa membatasi penggunaan alat elektronik dan lebih banyak menggunakan perangkat yang hemat listrik.

Nah, untuk memudahkan target ini, mari mari pelajari dahulu cara menghemat listrik berikut ini.

Cabut Steker Listrik Perangkat yang Tidak Digunakan

Tidak mencabut steker listrik adalah kebiasaan buruk yang harus dihilangkan karena selain bisa merusak alat elektronik, kecerobohan ini akan menyebabkan tagihan listrik membengkak.

Mungkin Anda merasa dengan menekan tombol off saja sudah dianggap menghemat, faktanya tidak mencabut steker listrik berarti aliran listrik tetap mengalir, lho

Daripada listrik terbuang percuma, lebih baik Anda mencabut kabel steker televisi, komputer, charger ponsel, dan lain sebagainya yang sedang tidak digunakan. Langkah ini juga bisa menghindarkan Anda dari korsleting listrik.

Matikan Lampu yang Tidak Dipakai

Tidak cukup dengan mencabut steker listrik yang tidak digunakan, menerapkan cara menghemat listrik yang ideal harus dibarengi juga dengan mulai membiasakan memakai lampu seperlunya. Meski terkesan sepele, namun mematikan lampu yang tidak digunakan penting dilakukan terlebih di siang hari. 

Membatasi Pemakaian Listrik untuk Perangkat Elektronik Berdaya Besar

Apa saja alat elektronik berdaya besar yang ada di rumah Anda? Daya listrik alat elektronik dapat Anda ketahui dengan melihat berapa jumlah watt-nya.

Pada umumnya, alat elektronik berdaya besar seperti oven, rice cooker, dispenser, mesin cuci, pemanas air tenaga listrik, dan air conditioning (AC) akan menyatakan besaran daya pada badan produknya. Apabila Anda sudah mengetahui berapa saja daya yang dikeluarkan dari alat-alat elektronik tersebut, maka kini waktunya Anda untuk mengatur pemakaiannya.

Menghemat alat elektronik berdaya besar dapat dilakukan dengan cara menggunakan seperlunya atau mengirit pemakaian, seperti mencabut steker dispenser dan lebih memilih menggunakan air dingin dari kulkas atau memasak air panas.

Gunakan Alat Elektronik yang Hemat Listrik

Sudah banyak dijual di pasaran berbagai alat elektronik dengan daya yang hemat listrik.  Nah, agar penggunaan listrik Anda tetap hemat, Anda dapat membeli alat elektronik jenis ini.

Misalnya saja,mengganti pemakaian lampu pijar maupun CFL (lampu hemat energi) dengan lampu LED. Faktanya lampu LED berdaya 6-9 watt dapat menghasilkan lumen (jumlah total cahaya) 450 atau setara dengan lampu pijar 60 watt.

Sayangnya, banyak orang enggan mengganti lampunya dengan LED karena harganya yang mahal, yakni sekitar Rp50 ribu sampai Rp120 ribu, sedangkan harga lampu pijar sekitar Rp10 ribu. Meskipun mahal, lampu ini bisa bertahan cukup lama, lho, yaitu bisa mencapai 10-15 tahun. 

Bahkan penggunaan LED 6-8 watt dalam setahun hanya membutuhkan daya listrik sebesar 329 kilowatt sedangkan lampu pijar 60 watt membutuhkan daya sekitar 3.285 kilowatt per tahun.

Kalkulasi pengeluaran jangka panjang seperti ini kerap belum disadari. Lebih baik memilih perangkat yang lebih mahal, namun berdaya listrik jauh lebih rendah. Jangka pemakaian pun lebih awet sehingga tidak perlu membeli berkali-kali.

Cara Mengetahui Tarif Listrik Per Peralatan Elektronik

Tarif listrik dibedakan menjadi beberapa golongan, yaitu golongan 900 VA dikenakan biaya Rp692. Sedangkan golongan 1.300 VA sampai 6.600 VA adalah Rp1.352 per kWh.

Anggap saja pemakaian listrik yang saat ini Anda pakai adalah 1.300 VA.

Maka total biaya untuk pemakaian listrik Anda per hari untuk penggunaan AC, LED TV, kulkas, dan mesin cuci ialah sebagai berikut.

    • 1 unit AC konsumsi daya 389 watt dengan pemakaian 8 jam per hari. Maka total daya 389 x 8 = 3.112 watt
    • LED TV konsumsi daya 50 watt dengan pemakaian 5 jam per hari. Maka total daya 50 x 5 = 250 watt
    • Kulkas 2 pintu memiliki konsumsi daya 115 watt dengan pemakaian 24 jam sehari. Maka total daya 2.760 watt
    • Mesin cuci dengan konsumsi daya 350 watt dengan pemakaian 2 jam. Maka total daya 700 watt.

Jadi, total watt dari seluruh alat elektronik di atas adalah 6.822 watt sehari atau 6,822 kWh.

Setelah mengetahui total angka konsumsi listrik alat elektronik Anda per hari dalam kWh, maka Anda tinggal mengalikannya dengan tarif dasar listrik yang Anda miliki, yaitu Rp1,352 per kWh. Maka, biaya listrik Anda sehari adalah:

6,822 x Rp1.352 = Rp9.223,344

Sedangkan biaya listrik Anda dalam sebulan adalah sekitar:

Rp9.223,344 x 30 hari = Rp276.700,32

Tapi, ingat bahwa angka tersebut dapat berubah tergantung bagaimana Anda menggunakan alat elektronik tersebut, ya.

Hemat Menggunakan Listrik Pascabayar dan Prabayar

Penggunaan listrik di Indonesia terbagi menjadi dua yaitu listrik prabayar dan pascabayar. Listrik dengan sistem prabayar memiliki skema pembayaran yang mirip dengan pulsa, di mana Anda harus membeli voucher listrik atau token terlebih dahulu.

Penggunaan listrik dengan sistem prabayar dapat Anda hemat dengan membeli token listrik sesuai kebutuhan saja dan mengirit selama proses pemakaiannya.

Sedangkan listrik pascabayar memungkinkan pelanggan untuk menggunakan listrik sepuasnya dan membayar tagihan setiap bulan. Risiko untuk mengalami pemborosan lebih tinggi pada sistem kelistrikan semacam ini dikarenakan tidak ada batasan maksimal.

Itulah lima cara menghemat listrik yang dapat Anda lakukan di rumah atau di kantor dengan simpel. Pada dasarnya masih banyak cara lain yang bisa dilakukan, namun semua berawal dari komitmen Anda untuk mau berhemat. Yuk, kita mulai dari sekarang!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →