6 Cara Menghemat Minyak Bumi [Diprediksi Habis 2030]

cara menghemat minyak bumi

Kebayang gak sih kalau cadangan minyak di Indonesia benar-benar habis? Lalu bagaimana cara menghemat minyak bumi kalau kebanyakan aktivitas perekonomian bergantung pada sumber energi tersebut?

Sejak beberapa tahun terakhir, banyak para pakar, pejabat dan aktivis energi yang menyuarakan isu-isu energi terbarukan untuk mengganti cadangan minyak bumi yang diprediksi bakal habis pada 2030.

Sumber daya terbarukan, seperti sinar matahari, air, panas bumi, dan angin terus dikembangkan. Bahkan, kalau kamu jeli, sekarang juga sudah bermunculan kan mobil-mobil hybrid dan rumah atau gedung yang menggunakan energi matahari. 

Hal yang paling gampang mungkin kamu bisa lihat mobil listrik Tesla yang dikembangkan Elon Musk. 

Namun, benarkah cadangan minyak bumi akan segera habis dalam waktu dekat ini? Biar gak panik, kita simak dulu penjelasan dari Lifepal berikut ini.

Benarkah minyak bumi kita habis tahun 2030?

cara menghemat minyak bumi Pertamina

Pada 2018, Kementerian ESDM merilis sebuah laporan yang menyebutkan bahwa Indonesia bakal menghadapi masalah besar dalam waktu dekat karena saat ini cadangan minyak cuma tersisa 3,3 miliar barel. 

Produksi minyak tiap tahun terus menurun dan diperkirakan dalam waktu 12 tahun cadangan minyak Indonesia bakalan kering alias gak punya minyak bumi lagi.

Wah, gawat dong! Lalu, apakah yang bakal terjadi kalau cadangan minyak bumi benar-benar habis dalam waktu dekat? Apakah Indonesia akan kembali menghadapi kerusuhan besar? Tentu saja tidak begitu.

Kementerian ESDM juga menjelaskan bahwa prediksi habisnya cadangan minyak bumi itu maksudnya adalah Indonesia kehabisan sumber-sumber minyak bumi yang baru.

Sebetulnya, Indonesia masih punya sumber minyak bumi tapi memang belum ditemukan lokasinya. Jadi, jangan panik dulu ya, serahkan saja pada para teknisi dan peneliti yang memang ahlinya.

Kalau itu terjadi ya Indonesia akan mengimpor minyak bumi sepenuhnya untuk memenuhi kebutuhan rakyatnya. 

Gak usah kecewa. Sebab sejak beberapa dekade terakhir Indonesia memang bukan lagi dikenal sebagai negara produsen minyak, tapi sebagai importir minyak bumi. 

Ini cara menghemat minyak bumi supaya gak cepat habis

cara menghemat minyak bumi dengan naik MRT Jakarta

Minyak bumi memang bakal habis cadangannya. Namun, selain kita bisa menggunakan energi terbarukan, sekarang pun kita juga bisa melakukan sesuatu dengan cara menghemat penggunaan minyak bumi seperti melakukan hal-hal berikut.

1. Kurangi penggunaan mobil

Sudah jadi kebiasaan untuk menggunakan mobil untuk keperluan sehari-hari, namun kamu bisa menguranginya dengan cara ‘car sharing’ atau berbagi mobil untuk beberapa orang. Ongkos bensin bisa kamu tanggung bersama. 

Kamu juga bisa naik transportasi publik karena beberapa bus kota saat ini sudah menggunakan energi listrik atau jalan kaki saja untuk jarak yang dekat. Ini menjadi salah satu cara menghemat minyak bumi yang simpel dan mudah dilakukan.

2. Pakai energi alternatif

Saatnya move on! Saat ini sudah cukup banyak dan menjadi tren untuk menggunakan sumber energi alternatif semisal tenaga surya sebagai cara menghemat minyak bumi.

Beberapa perangkatnya memang masih tergolong mahal. Namun, bila banyak yang menggunakan, tentu produksinya akan menjadi massal dan lebih murah.

3. Jangan kebut-kebutan!

Kadang saat jalanan kosong, yang terpikir pertama kali adalah memacu kendaraan sekencang-kencangnya. Padahal, semakin tinggi kecepatan akan semakin banyak pula bahan bakar yang dibutuhkan. 

Pertahankan putaran mesin dan jangan melampaui kisaran 2500 hingga 3000 rpm. Dengan tidak kebut-kebutan, kamu berperan dalam menerapkan cara menghemat minyak bumi.

4. Gunakan BBM beroktan tinggi

Karena harga BBM yang lebih murah, BBM beroktan rendah biasanya menjadi incaran. Namun, sebetulnya ini keliru! BBM beroktan tinggi lebih irit dibanding oktan rendah. 

Mesin kendaraan akan mengonsumsi lebih sedikit BBM dengan oktan yang tinggi dibanding oktan rendah. Alih-alih ingin irit, pakai BBM beroktan rendah malah jadi lebih boros.

5. Perhatikan beban kendaraan

Semakin berat beban pada kendaraan, maka mesin juga semakin butuh kerja keras. Artinya bahan bakar yang dibutuhkan juga akan semakin banyak dan bisa membuat kendaraan kamu boros BBM.

6. Bijak dalam gunakan AC mobil

AC mobil sering disepelekan. Padahal, penggunaan AC mobil yang asal-asalan justru menjadi sumber borosnya bahan bakar. Untuk menjalankan kompresor AC, mobil butuh tenaga yang didapat dari bahan bakar. 

Biasanya saat menyalakan mesin, AC langsung dihidupkan dengan kencang untuk mengusir panas, padahal cara ini justru membuat penggunaan bahan bakar semakin boros karena AC harus bekerja ekstra keras mengusir hawa panas. 

Masih panik gara-gara cadangan minyak bumi bakal habis sebentar lagi, sebaiknya mulai sekarang ikuti cara-cara menghemat minyak bumi di atas dan mulailah beralih menggunakan energi terbarukan yang ramah lingkungan.