5 Cara Menghemat Uang Bulanan Biar Kantong Tetap Tebal!

Cara menghemat uang

Menghemat uang memang bisa dibilang susah-susah gampang. Kalau dibilang susah banyak orang berhasil menekan pengeluaran, tapi nyatanya gak sedikit juga yang berkali-kali gagal menyisihkan uang bulanannya. Nah, sebenarnya bagaimana sih cara menghemat uang yang efektif dan gak nyiksa? 

Semua itu memang kembali lagi ke pribadi masing-masing orang. Intinya, harus punya tujuan finansial agar bisa mengontrol keuangan dengan baik. 

Misalnya saja, kita ingin menunaikan ibadah umrah tahun depan dengan estimasi biaya sekitar Rp25 juta. Sementara gajimu per bulannya sebesar Rp10 juta. Salah satu cara agar impian umrah tercapai adalah dengan menghemat uang bulanan. 

Dengan begitu, Lifepal ingin membagikan beberapa cara menghemat uang bulanan yang gampang untuk dilakukan. Yuk, simak lima caranya di bawah ini:

1. Membuat anggaran

Tips mengatur keuangan

Cara pertama dan terpenting yang harus dilakukan untuk menghemat uang adalah membuat anggaran bulanan dengan jelas. Misalnya, apa saja pengeluaran pasif yang pasti dikeluarkan setiap bulannya. Seperti bayar cicilan mobil, bayar listrik, kosan, dan lain sejenisnya. 

Setelah menetapkan anggaran, baru kita bisa fokus dengan sisa uang pendapatan bulanan untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Kalau dari contoh di atas adalah pergi umrah. 

Anggaran bulanan yang dibuat pada akhirnya bisa membantu kita untuk lebih fokus menjalankan perencanaan keuangan yang sudah dianggarkan. Jadi lebih sadar dan hati-hati terhadap pengeluaran setiap harinya. 

Meski begitu, perlu diingat bahwa dalam membuat anggaran sebaiknya jangan lebih atau kurang dari pengeluaran sebenarnya. 

Baca juga: 7 Cara Menghemat Uang dalam Keseharian yang Sering Disepelekan

2. Langsung sisihkan pendapatan

Anggaran keuangan

Jika sudah membuat anggaran bulanan, langkah selanjutnya yang dilakukan adalah langsung menyisihkan pendapatan saat gajian. Jadi, kita gak punya alasan untuk menunda mengeluarkan uang untuk pos-pos yang sudah ditetapkan.

Pasalnya, tak sedikit orang langsung merasa ‘tajir’ saat gajian. Ada yang langsung belanja baju atau bahkan traktir makan teman-teman. Ujung-ujungnya keuangan pun jadi amburadul. 

3. Catat setiap pengeluaran

seseorang tengah menghitung dengan kalkulator

Sudah menghemat pengeluaran tapi kok uang masih ludes saja. Nah, itulah pentingnya mencatat setiap uang yang sudah dikeluarkan. Dengan begitu, kita jadi tahu kemana larinya penghasilan kita dan bisa lebih menekan pengeluaran yang kurang penting.

Jadi, mulai sekarang siapkan buku kecil dan catat setiap uang yang keluar dari kantong dan rekening kita. Kalau perlu, bikin seperti jurnal agar lebih mudah dibacanya setelah akhir bulan.

4. Fokus pada kebutuhan, bukan keinginan

Harbolnas

Banyak orang kurang bisa berhemat karena mengeluarkan uang untuk membeli barang yang diinginkan, bukan dibutuhkan. Misalnya, karena tergoda dengan diskon besar-besaran dan akhirnya uang yang harusnya jadi tabungan malah terpakai untuk beli sepatu. 

Karena itu, sebelum mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu apakah barang itu benar-benar dibutuhkan. Kalau hanya keinginan, sebaiknya coba belajar untuk menahan diri, ya. 

5. Buat rekening terpisah

Cara mengetahui nomor rekening

Langkah terakhir adalah, membuat rekening terpisah dan menggunakan sistem autodebet. Ini menjadi salah satu cara yang bisa membuat kita mau gak mau harus berhemat. Namun, sebelum memutuskan untuk autodebet, hitung terlebih dahulu berapa kira-kira pengeluaran pasif yang harus dikeluarkan setiap bulannya. 

Jangan asal menentukan nominal kalau ujung-ujungnya malah bikin kita kesulitan karena gak bisa bayar cicilan atau gak ada uang transport ke kantor.

Itulah lima cara menghemat uang bulanan yang bisa kamu lakukan agar kantong tetap tebal. Dengan menerapkan cara tersebut, siap-siap ucapkan selamat tinggal untuk gaya hidup boros guna mencapai impianmu! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →